10 Aplikasi Edit Video Android yang Cocok untuk Pemula

10 Aplikasi Edit Video Android yang Cocok untuk Pemula

Tersedianya aplikasi edit video Android di smartphone membuat banyak pengguna yang dulunya menggunakan PC maupun laptop untuk pengeditan berganti piranti. Dengan demikian, tidak perlu lagi repot membawa laptop ke mana-mana untuk bekerja.

Karena sudah adanya versi praktis dalam bentuk sebuah aplikasi yang dapat digunakan di smartphone. Selain lebih praktis, pekerjaan juga bisa dilakukan lebih fleksibel, sebab bisa dilakukan kapan saja.

Bagaimana dengan hasilnya? Untuk hasilnya tergantung dari masing-masing fitur aplikasi serta kemampuan si pengedit sendiri, juga bagaimana kualitas dari perangkat yang digunakan.

Untuk Anda yang suka edit video di smartphone atau mau belajar melakukannya, bisa mencoba beberapa aplikasi atau app gratis di Playstore berikut ini.

10 Aplikasi Edit Video Android Mudah Digunakan Pemula

Bekerja dengan menggunakan smartphone saat ini sudah sangat mungkin dilakukan. Mengingat banyaknya ponsel pintar yang telah memiliki berbagai fitur canggih dan spesifikasi mumpuni.

Salah satu pekerjaan yang dapat dilakukan menggunakan ponsel pintar adalah mengedit video. Tentu saja, Anda baru bisa melakukannya apabila menggunakan bantuan dari aplikasi-aplikasi berikut ini:

  1. FilmoraGo

Rekomendasi aplikasi edit video Android pertama dari kami adalah app yang saat ini banyak digunakan oleh pengguna ponsel android, yaitu FilmoraGo. Keunggulannya adalah mudah digunakan dan bisa langsung mengedit video di galeri ponsel Anda.

Terdapat banyak fitur unggulan yang ditawarkan, seperti pemangkasan, pemotongan, penambahan tema, juga musik latar belakang. Tambahan lagi, Anda bisa mengubah rasio, membuat slow motion, menambahkan teks, dan lainnya.

Fitur-fitur ini ada yang bisa dinikmati secara gratis, tapi adapula harus berbayar. Untuk pemula bisa coba fitur gratisnya dulu, kemudian mengupgrade fitur ke berbayar apabila diperlukan.

  1. Alight Motion Pro

Aplikasi edit video Android berikutnya adalah Alight Motion Pro yang tidak memiliki watermark sehingga membuat tampilan hasil pengeditan menjadi lebih baik. Anda bisa menggunakan versi free maupun berbayar tergantung kebutuhan.

Trending:  8 Aplikasi Pengingat Terbaik, Berbayar dan Gratis

Ukurannya hanya 28 MB dan bisa digunakan pada OS minimal Android 6.0, dapat digunakan di perangkat tablet juga. Untuk versi pro terdapat fitur tambahan yaitu penyesuaian warna, menambahkan gambar maupun audio.

Selain itu, pengguna juga dapat mengekspor proyek ke format MP4 atau GIF sehingga satu hasil editing bisa menghasilkan berbagai jenis file. Jadi, saat menyimpan pastikan untuk memilih jenis file penyimpanannya terlebih dahulu.

  1. VN Video Editor Maker – VlogNow

Bagi para content creator mungkin sudah tidak asing lagi dengan app satu ini karena memang sudah banyak digunakan. App VlogNow ini dikatakan sebagai program powerful untuk pengeditan, sebab mampu melakukan pengeditan colore granding.

Banyak editor profesional menggunakan app VlogNow ini karena kualitasnya. Anda yang masih pemula juga bisa menggunakannya, apalagi tersedia secara gratis. Jadi, dapat dicoba dahulu berbagai fitur di dalamnya.

  1. Kinemaster

Berikutnya adalah aplikasi edit video Android yang paling banyak dikenal oleh para Tiktokers, karena banyak digunakan para Tiktokers untuk mengedit video-video mereka sebelum diupload.

Biasanya pengguna pemula suka menggunakan app satu ini, sebab kemudahan dalam pemakaiannya. Para Youtuber gaming juga menyukai aplikasi populer ini, terutama karena tampilannya seperti software profesional.

Unduh app-nya di Google Play dengan ukuran 87 MB dan bisa dioperasikan pada Android 50. Kekurangannya adalah terdapat watermark dalam file hasil editing sehingga setiap kali mengekspornya akan ada tulisan nama app-nya.

  1. PowerDirector

Pengguna ponsel pintar makin dimanjakan dengan banyaknya aplikasi edit video Android yang bisa digunakan. Salah satunya PowerDirector yang cocok digunakan untuk diupload di Youtube.

Jadi, kalau kamu mau jadi Youtuber bisa pakai app ini dulu sebagai permulaan. Di dalamya terdapat berbagai pilihan efek stiker, teks, penyisipan video atau gambar, dan terdapat dua garis waktu audio.

Trending:  8 Aplikasi Yang Bisa Bikin Kamu Makin Hits dan Terkenal!

Bagi yang baru belajar bisa coba dulu, praktikkan dengan video-video di gallery dan gunakan untuk mengupload di akun media sosial. Meskipun di awalnya sulit, tapi lama kelamaan akan mahir juga.

  1. InShot

Berikutnya ada aplikasi edit video Android bernama InShot, dari namanya saja sudah keren sehingga membuat Anda tertarik mencobanya. App ini memliki fitur editing sederhana sehingga cocok untuk pemula.

Bahkan untuk yang belum berpengalaman dapat langsung menggunakannya karena app-nya cukup sederhana. Di dalam InShot terdapat fitur memotong, mengatur, menambahkan audio, dan fitur menambahkan teks, emoji, serta efek.

Karena fitur-fiturnya sederhana hasil editingnya sangat cocok untuk video ringan di Instagram. Anda bisa menguploadnya untuk feed, story, maupun reels. Ada bermacam stiker dan filter juga ditambah latar belakang buram jika diinginkan.

  1. CapCut

Nama app-nya lucu, tapi fitur di dalamnya bukan buat lucu-lucuan, karena bisa digunakan untuk pengeditan berbagai macam video dengan penambahan banyak sekali fitur di dalamnya.

Keunggulan utamanya adalah gratis dan bisa diunduh di Playstore tanpa perlu bayar, meskipun tersedia juga versi berbayarnya. Namun, Anda bisa coba versi free dulu untuk melihat seberapa bagus hasil diberikan.

Anda dapat menghilangkan watermark sehingga dalam tampilan video tidak aka nada nama aplikasinya, fitur ini juga gratis. Selain itu juga terdapat fitur mirroring video yang simple dengan penggabungan dua video.

  1. Adobe Premiere Rush

Lanjut dengan aplikasi edit video Android selanjutnya, yaitu Adobe Premier Rush, yaitu aplikasi yang sudah dikenal oleh para desainer grafis atau para penggemar editing digital.

Aplikasi ini memang diluncurkan oleh Adobe yang namanya sudah dikenal masyarakat dunia, terutama pengguna internet. Adobe Premiere Rush merupakan versi mobile dari Adobe Primeriere editing video versi PC dengan fitur hampir sama.

Trending:  Rekomendasi Aplikasi Jual Beli Rumah Terbaik Di Tahun 2022

Ada beberapa fitur yang ditambahkan maupun dikeluarkan karena menyesuaikan untuk tampilan mobile. Namun, untuk fitur-fitur utama editing masih tersedia sehingga dapat digunakan untuk pengeditan sederhana.

  1. YouCut

Berikutnya adalah aplikasi edit video Android bernama YouCut. Keunggulannya selain punya fitur standar untuk editing adalah bisa digunakan gratis dan tanpa iklan, kecuali saat mengekspor video.

Jadi, bagi pengguna app gratisan yang tidak suka dengan adanya iklan bisa coba YouCut. Pada dasarnya, YouCut ini seperti InShot hanya saja namanya berbeda, da nada perbedaan dalam segi editor kolase.

Kalau sudah menggunakan InShot sebaiknya tidak perlu pakai YouCut juga. Sebab fitur-fitur di dalamnya hampir sama sehingga cukup pilih salah satu saja.

  1. VLLO

Rekomendasi terakhir aplikasi edit video Android yang cocok untuk pemula dan tidak ada watermark adalah VLLO. App ini juga gratis dengan versi berbayar tersedia, jadi tidak perlu keluar uang untuk menggunakannya.

Pengunduhan gratis di toko aplikasi dengan ukuran ringan dan tidak memakan memori. Keunggulannya adalah memiliki berbagai fitur seperti crop, trim, split standar.

Selain itu, pengguna juga dapat menambahkan stiker gerak, teks, musik, filter, dan berbagai elemen lainnya. Anda juga dapat membuat klip video menjadi format GIF serta menambahkan video overlay. Namun, ini hanya untuk versi berbayar.

Anda tidak perlu bingung lagi kalau hendak mengedit video saat tidak ada PC maupun laptop, karena dapat melakukannya di ponsel saja. Caranya dengan mengunduh salah satu aplikasi rekomendasi kami di atas.

Ada banyak app bisa dipilih dan pemilihannya dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Dapat pilih yang gratisan maupun versi berbayar, tapi untuk pemula sebaiknya gunakan aplikasi edit video Android gratisan dulu.

Check Also

Rekomendasi Aplikasi Pembuat Musik Android Gratis

Rekomendasi Aplikasi Pembuat Musik Android Gratis

Belajar membuat lagu memakai aplikasi pembuat musik merupakan tren terbaru belakangan ini. Terutama karena banyaknya …