Aplikasi Wajib Pengguna Macbook Sesuai Penggunaan Standar

10 Aplikasi Wajib Pengguna Macbook Sesuai Penggunaan Standar

Satu dekade terakhir pengguna Macbook makin meningkat di Indonesia, bagi pengguna laptop dengan OS tersebut, maka perlu tahu aplikasi wajib pengguna Macbook. Sebab aplikasinya tidak seperti yang digunakan pada PC atau laptop biasa.

Macbook memiliki operating system yang berbeda sehingga aplikasinya harus disesuaikan dengan sistem operasi tersebut. Terutama bagi pengguna baru tentu belum memahami benar tentang mana aplikasi penting yang harus dimiliki agar produktivitas berjalan baik.

Akan lebih mudah apabila saat membeli sudah dilengkapi semua aplikasi atau app yang dibutuhkan. Namun, jika tidak, maka harus melengkapinya sendiri. Masalahnya, kalau tidak tahu mengenai aplikasi atau program yang harus diinstal, maka akan sulit.

Kali ini, kami akan berbagi informasi mengenai berbagai program penting dan wajib ada di Macbook Anda. Agar penggunaannya dapat memenuhi kebutuhan pengguna serta meningkatkan produktivitas.

10 Aplikasi Wajib Pengguna Macbook Standar

Di masyarakat Macbook dianggap sebagai sebuah produk untuk kalangan menengah ke atas, karena harganya bisa dikatakan cukup mahal. Oleh sebab itu, kinerjanya harus bisa total memenuhi kebutuhan penggunanya.

Jadi, agar dapat maksimal dipergunakan dan mendukung pekerjaan maupun kegiatan lainnya, maka 10 aplikasi ini harus ada di Mabook Anda:

  1. VLC Player

Pertama Anda harus memasang aplikasi wajib pengguna Macbook yaitu VLC Player. Ini merupakan app gratis dari Mac yang dapat digunakan untuk menonton video. Basisnya open source sehingga selalu ada perbaharuan.

Namun, jangan khawatir karena gratis setiap kali upgrade ke versi baru tidak perlu bayar. Hanya perlu mengupdatenya saja menggunakan Wifi agar lebih hemat.

Berbagai fitur dalam VLC Player sangat membantu pengguna, sebab dapat membuka hampir semua jenis format fle multimedia. Jadi, urusan pekerjaan maupun keperluan pribadi dapat berjalan lancar.

  1. Vanilla for Mac

Berikutnya adalah aplikasi wajib pengguna Macbook sakti, karena dapat menyembunyikan semua ikon di menu bar. Jadi, tampilan layar awal Macbook Anda akan terlihat sangat keren.

Trending:  Cara Membuat Stiker WA Bergerak Mudah Dengan Gif

Salah satu keunggulan Macbook adalah desain keren, elegan, dan berkesan mahal. Dengan adanya program Vanilla for Mac ini akan mengoptimalkan ketiga kesan tersebut.

Fungsinya menyembunyikan semua ikon di Menu Bar sehingga tampilan menu menjadi lebih rapi. Penataan menu bar yang berantakan akan membuat tampilan Macbook tidak bagus dan terkesan amburadul.

Kalau tidak mau repot mengatur sendiri, maka bisa gunakan Vanilla for Mac untuk melakukan tugas tersebut.

  1. The Unarchiver

Selanjutnya adalah sebuah aplikasi yang dapat memastikan bahwa semua tipe dokumen maupun file bisa dibuka. Nama app-nya adalah The Unarchiver, fungsinya untuk membuka beragam jenis file, seperti ZIP, XAR, ISO, atau RAR.

Fungsinya bukan hanya itu, karena sekarang sudah semakin berkembang sebab telah dibeli oleh pengembang MacPaw. Jadi, ada banyak fitur tambahan sudah disematkan ke dalam The Unarchiver, nanti Anda bisa eksplor sendiri setelah mengunduhnya.

  1. App Cleaner

Berikutnya adalah aplikasi wajib pengguna Macbook untuk bersih-bersih, yaitu App Cleaner. Setelah diinstal tugasnya adalah memastikan ketika Anda menghapus sebuah aplikasi, maka tidak akan meninggalkan dokumen maupun file terkait.

Jadi, setelah menghapus sebuah app akan terhapus secara menyeluruh. Karena biasanya setelah menghapus aplikasi masih ada saja sisa file tertinggal dan memakan memori.

Dengan menggunakan App Cleaner dapat dipastikan bahwa dokumen sisa tidak akan tertinggal tanpa Anda harus bersusah payah menghapusnya secara manual.

  1. Mac Tracker

Aplikasi wajib pengguna Macbook berikutnya adalah Mac Tracker. Kenapa harus punya Mac Tracker? Sebab semua pengguna setia Apple memang harus memilikinya. Alasannya app ini memberikan laporan mengenai produk Apple yang digunakan.

Dalam aplikasi ini, pengguna bisa mendapatkan informasi terkait produk Apple yang digunakan maupun produk lainnya. Anda bisa mengetahui tentang produk-produk lama maupun produk baru rilis.

Trending:  Jalur Khusus, Ini Dia Aplikasi Panduan Bisnis agar Kamu Sukses

Bahkan juga terdapat daftar harga dan lokasi pembelian. Jadi, jika ingin beli produk baru tinggal cek saja di Mac Tracker.

  1. Alfred

Aplikasi wajib pengguna Macbook ini sangat membantu pengguna untuk mendapatkan segala yang dibutuhkan. Seperti pelayan setia Batman (yang punya nama sama persis seperti app ini), Alfred melakukan segala tugas seorang asisten.

Jadi, kebutuhan Anda terkait penggunaan Macbook dapat terpenuhi. Fiturnya lengkap dan tema pengaturannya juga sangat mantap. Pengguna bisa mencari segala hal dengan menggunakan hotkeys, keyword, atau text expansion.

Dengan bantuan Alfred, menemukan segala atau kebutuhan Anda tidak akan sulit. Terutama karena Alfred bekerja dengan kualitas kerja sangat baik sehingga meningkatkan produktivitas Anda.

  1. lux

App dengan nama unik ini ternyata punya tugas penting dan dapat membantu Anda menyelesaikan pekerjaan lebih nyaman. Fungsi utama F.lux adalah memastikan cahaya layar sesuai dengan cahaya ruangan.

Ketika Anda konsentrasi bekerja, mungkin sedang mengejar deadline, terkadang tidak memerhatikan lagi mengenai pencahayaan layar. Padahal apabila pencahayaan kurang tepat dapat memengaruhi kesehatan mata.

Adanya F.lux ini akan membantu menjaga kesehatan mata Anda, karena kerjanya otomatis. Jadi, tidak perlu khawatir lagi apabila harus bekerja lama di depan layar komputer.

Selain itu, juga ada berbagai fitur tambahan lain seperti deteksi lokasi dan mode jadwal kerja sehingga membantu pekerjaan Anda makin optimal.

  1. MacX Video Converter Pro

Berikutnya adalah aplikasi wajib pengguna Macbook yang juga sangat bermanfaat dalam membantu pekerjaan maupun penyelesaian tugas sekolah atau kuliah. MacX Video Converter Pro memiliki fungsi mengubah bentuk file video menjadi mp3.

Bukan hanya itu, tapi juga dapat bantu mengubah berbagai jenis file lainnya. Jadi, bagi Anda yang bekerja di bidang editing, app ini sangat penting untuk dimiliki. Bahkan untuk penggunaan pribadi juga tidak kalah pentingnya.

  1. CleanMyMac & CleanMyDrive
Trending:  4 Aplikasi Belanja Daring Terbaik dan Terpopuler

Salah satu yang membuat kinerja komputer menjadi lemot atau lambat karena penuh dengan sampah. Oleh sebab itu, harus dilakukan pembersihan secara berkala agar kinerja Macbook tetap optimal.

Penumpukan sampah juga membuat memori Macbook Anda akan banyak terpakai sehingga membuat ruang penyimpanan menipis. Jadi, dibutuhkan aplikasi wajib pengguna Macbook untuk pembersihan yaitu CleanMyMc & CleanMyDrive.

App pembersihan ini akan membantu Anda membersijan sampai atau junk files dari dalam Macbook. Selain itu, juga bantu memberikan notifikasi ketika file sampah terlalu banyak. Bahkan Anda juga bisa membuat setting pembersihan otomatis juga.

  1. App Office

Aplikasi wajib terakhir adalah pengolah kata, biasanya sudah disertakan saat Anda membeli Macbook pertama kali. Namun, jika belum ada maka harus langsung diinstal. Sebab pasti akan terpakai, terutama untuk program pengolah kata.

File dokumen dibutuhkan dalam setiap pekerjaan. Jadi, pastikan aplikasi wajib pengguna Macbook ini sudah terinstal di Macbook Anda. Ditambah juga program pengolah kata, pembuat presentase, dan program office lainnya.

Bisa menggunakan Mcrosoft Office atau program lain yang sesuai kebutuhan Anda. Pastikan menggunakan versi terbaru agar mendapatkan fitur-fitur paling anyar untuk menunjang pekerjaan Anda.

Selain beberapa app di atas, Anda juga membutuhkan Flash player, Java, NTFS for Mac OSX, dan Perian. Masing-masing punya fungsi dan manfaat bagi Macbook Anda.

Jadi, bagi pengguna Macbook jangan hanya tahu pakai saja, tapi kenali perangkat yang Anda gunakan dan lengkapi isinya agar penggunaannya optimal. Dengan demikian, produktivas Anda akan meningkat.

Pastikan 10 aplikasi wajib pengguna Macbook di atas sudah diunduh dan diinstal sehingga siap digunakan kapan saja.

Check Also

Aplikasi untuk Traveller Memudahkan Solo Travelling

Aplikasi untuk Traveller Memudahkan Solo Travelling

Berbagai rekomendasi aplikasi untuk traveller sangat penting jika Anda memiliki hobi solo travelling. Sebab aplikasi-aplikasi …