fbpx
Aplikasi Dan Web cek plagiarisme Untuk Mengecek Konten

11 Aplikasi Dan Web cek plagiarisme Untuk Mengecek Konten

Aplikasi Dan Web cek plagiarisme – Plagiarisme atau penjiplakan konten tidak hanya membuat konten yang Anda buat tidak dapat diandalkan, tetapi juga dapat memengaruhi penilaian Google terhadap konten Anda. Maka dari itu Pentingnya menjaga keaslian dan orisinalitas konten Anda dengan mengeceknya.

Dengan semakin banyaknya konten di internet, kami menemukan cukup banyak duplikasi, baik disengaja maupun tidak.

Untuk mencegahnya, kreator harus mengecek keaslian konten yang dibuat sebelum mengunggahnya. Konten orisinal yang disajikan oleh kreator menjaga kredibilitas sebagai kreator konten dengan meningkatkan minat dan kepercayaan penonton.

Jika situs web Anda berisi banyak konten yang dijiplak, pengguna akan menyerah, yang memengaruhi SEO Anda. Google juga tidak menerima konten yang dibuat secara otomatis.

Ini adalah tantangan bagi pembuat konten untuk membuat konten yang menarik dan orisinal, tetapi mereka harus melakukannya agar lebih dapat dipercaya dan menjadi referensi utama bagi pengguna.

1. Plagiarisma

Plagiarisma

Aplikasi ini dapat digunakan oleh siapa saja, termasuk siswa, guru, dan penulis.

Yang unik dari aplikasi ini adalah tersedia dalam banyak bahasa. Sekitar 190 bahasa dapat diperiksa dengan aplikasi ini.

Selain itu, Anda dapat melihat dokumen hanya dengan URL atau mengunggah file secara manual.

Anda dapat langsung memeriksa teks dengan menginstal add-on atau plug-in di browser Internet Anda, seperti di Chrome.

Baca Juga : Teknik SEO Writing Agar Artikel Berhasil di Page One Google

2. DupliChecker

DupliChecker

Salah satu aplikasi pengecekan plagiarisme gratis adalah DupliChecker. Meski tampilannya sederhana, akurasi pemeriksaannya cukup tinggi.

Meskipun gratis, Anda perlu membuat akun untuk mendapatkan 50 cek plagiarisme gratis per hari.

Jika tidak, DupliChecker hanya dapat memindai satu dokumen saja.

3. PlagScan

PlagScan

Salah satu situs dan software terbaik untuk cek plagiarisme adalah PlagScan. Situs web atau perangkat lunak ini menawarkan masa percobaan gratis, setelah itu Anda harus membayar untuk terus menggunakannya. Ada tiga opsi berlangganan yang dapat anda pilih tergantung pada kebutuhan dan kemampuan Anda.

Perangkat lunak ini juga menyediakan laporan dalam bentuk persentase teks yang mirip dengan teks lain, beserta tautan ke sumber.

Penggunaannya juga dapat dengan mudah mengecek masalah plagiarisme. Artinya, cukup masukkan teks yang ingin Anda periksa atau unggah dokumen yang ingin Anda periksa dan PlagScan akan mulai memindai.

4. Grammarly

Grammarly

Grammarly merupakan aplikasi pemeriksa tata bahasa Inggris yang populer, sebenarnya Grammarly memiliki fungsi pemeriksa plagiarisme.

Untuk memeriksa plagiarisme dengan Grammarly, cukup masukkan teks yang ingin diperiksa, dan Grammarly akan memprosesnya menggunakan databasenya sendiri.

Menurut Codeless, Grammarly memiliki 16 miliar database, menjadikannya salah satu database terbesar di dunia.

Oleh karena itu, meskipun tersedia secara gratis, namun keakuratannya tidak diragukan lagi.

5. Turnitin

Turnitin

Turnitin adalah salah satu aplikasi pengecekan plagiarisme paling populer, terutama di kalangan akademisi.

Aplikasi ini memeriksa teks untuk memastikannya tidak mirip dengan konten lain di internet, seperti situs web, buku, artikel, dll.

Sayangnya, bagaimanapun, Turnitin tidak tersedia secara cuma-cuma.

Harga yang ditawarkan oleh Turnitin bervariasi.
Jadi jika Anda ingin menggunakan Turnitin untuk mengecek keunikan konten anda, Anda harus berlangganan terlebihdahulu.

6. Paper Rater

Paper Rater

Jika anda menggunakan aplikasi ini, Anda perlu memperhatikan pengaturan sesuai dengan yang Anda butuhkan dan inginkan.

Hal pertama seperti jenis dokumen, level, dan banyak faktor lainnya.

Tidak hanya Paper Rater sendiri yang digunakan di lebih dari 150 negara, Paper Rater juga dapat memeriksa tata bahasa dan memberikan saran kosa kata untuk hasil tulisan Anda.

Selain itu, prosesnya cepat dan pengembangan dilakukan oleh ahlinya.

7. Unicheck

Unicheck

Unicheck adalah situs pengecekan plagiarisme online yang banyak digunakan di sekolah dan bahkan oleh guru, penulis, dan editor. Anda dapat mengunduh aplikasi atau mengunjungi situs web dan menyalin dan menempelkan tulisan Anda langsung ke dalam kolom.

Versi aplikasi juga dapat dengan cepat memindahkan artikel ke format yang berbeda secara bersamaan. Jadi Anda tidak perlu mengubah formatnya terlebih dahulu agar sama, dan Anda akan langsung mendapatkan laporan di situs yang sama dengan postingan yang Anda lihat.

8. ProWritingAid

ProWritingAid

ProWritingAid adalah aplikasi yang digunakan untuk mengecek plagiarisme, cocok untuk semua jenis tulisan.

Aplikasi ini menawarkan versi gratis untuk uji coba terlebih dahulu, setelah itu Anda dapat membayar jika ingin berlangganan.

ProWritingAid tidak hanya memeriksa plagiarisme, tetapi juga memeriksa kata-kata yang sering diulang dan komponen lainnya untuk lebih menyempurnakan tulisan Anda.

Baca Juga : Kumpulan Aplikasi Scanner Gratis Untuk Mempermudah Pekerjaan Anda

9. Plagiarism Checker (Smallseotools)

Plagiarism Checker (Smallseotools)

Plagiarisme adalah tindakan yang harus dihindari. Oleh karena itu, banyak sekali situs pemeriksa plagiarisme online, termasuk Plagiarism Checker. Hal ini karena penulis harus menyajikan artikel yang 100% asli dan tidak boleh ditandai sebagai salinan dari karya lain.

Anda dapat memeriksa 5000 karakter sekaligus. Misalnya, jika Anda memiliki 10 postingan singkat, Anda dapat melihatnya sekaligus. maksimal pengecekan dari Smallseotools adalah 1000 kata, Namun jika anda ingin memasukan lebih dari 1000 kata, anda bisa memilih metode berlangganan.

10. DustBall

DustBall

Selain dapat mendeteksi plagiarisme dalam esai, situs DustBall juga dapat digunakan untuk memperbaiki tata bahasa dan mencari sumber yang tidak termasuk dalam skripsi.

Hal hebat lainnya tentang situs ini adalah Anda dapat menikmati semua layanannya secara gratis!
Memeriksa plagiarisme di sini juga sederhana. Cukup masukkan teks yang ingin Anda pindai atau unggah dan kemudian sistem akan memindai situs Anda. setelah selesai, DustBall akan memberikan laporan tentang tingkat plagiarisme, bersama dengan tautan ke plagiarisme asli.

11. Writecheck

Writecheck

Salah satu situs cek plagiarisme online gratis yang bisa Anda gunakan adalah Writecheck. Namun, Anda harus mendaftar sebelum menggunakan situs ini.

Pengecekan plagiarisme di situs ini semudah mengunggah dokumen yang ingin dipindai dan menunggu proses pemindaian selesai. Nantinya, situs tersebut akan memberikan laporan jumlah plagiarisme yang ada, beserta link sumber aslinya. Sayangnya, Writecheck tidak tersedia secara gratis.

Karena plagiarisme adalah bentuk kejahatan, maka dari itu sangat diperlukan aplikasi ataw web untuk mengecek setiap artikel untuk menjaga keunikan konten.
Untuk mencegah plagiarisme, cek plagiarisme secara berkala setelah Anda selesai menulis.