fbpx
13 Aplikasi Belajar Bahasa Arab Terbaik untuk Android

13 Aplikasi Belajar Bahasa Arab Terbaik untuk Android

13 Aplikasi Belajar Bahasa Arab Terbaik untuk Android. Bahasa Arab merupakan bahasa yang penting khususnya bagi umat Islam untuk dipelajari. mengapa? Ini karena bahasa Arab adalah bahasa utama yang digunakan untuk beribadah (yaitu berdoa dan membaca Alquran) oleh umat Islam di seluruh dunia dan merupakan salah satu bahasa yang paling banyak digunakan di planet ini.

Karena pentingnya belajar bahasa Arab, setiap Muslim harus belajar bahasa sejak kecil. Seperti halnya bahasa lain pada umumnya, hal pertama yang perlu diketahui saat belajar bahasa Arab adalah mengenal huruf Hijaiyah (huruf A sampai Z dalam bahasa Latin).
Belajar bahasa Arab bukan hanya soal ibadah bagi seorang muslim, tetapi aspeknya sangat luas. Misalnya, jika Anda ingin berbisnis dengan orang Arab atau mencari ilmu tentang tanah mereka, memahami bahasa mereka akan membuat aktivitas Anda lebih lancar (walaupun sebenarnya Anda bisa berbahasa Inggris).

Baca Juga : 11 Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Android Terbaik 2022

Belajar bahasa Arab (serta bahasa lainnya) di zaman modern tidaklah sulit. Teknologi canggih memungkinkan Anda mempelajari bahasa hanya dengan menggunakan tangan Anda. Ya, Anda bisa dengan mudah menemukan aplikasi untuk membantu Anda menguasai bahasa Arab melalui perangkat smartphone Anda.

Berkaitan dengan itu, 1suara saat ini sedang membahas 13 aplikasi pembelajaran bahasa Arab yang bisa digunakan di smartphone.

Kami berharap aplikasi pembelajaran bahasa Arab ini akan meningkatkan pengetahuan bahasa Anda. Apa itu aplikasi belajar bahasa arab? Simak pembahasan berikut ini.

13 Aplikasi Belajar Bahasa Arab Terbaik untuk Android

1. Nahwu Shorof Bahasa Arab Lengkap

Nahwu Shorof Bahasa Arab Lengkap

Aplikasi dari TKZ Apps ini adalah panduan sempurna untuk belajar bahasa Arab untuk pemula. Ukurannya hanya 29 MB dan kompatibel dengan Android versi 4.0 atau lebih tinggi. Proses pembelajaran bahasa Arab mulai dari tingkat paling dasar.

Isi aplikasi ini sengaja dibuat dan diambil dari kitab Nahwu Shorof. Anda dapat mempelajari kosakata, percakapan, dan belajar menulis bahasa Arab. Bisa dibilang aplikasi ini paling lengkap dan paling mudah untuk belajar bahasa arab.

2. Learn Arabic for Beginners

Learn Arabic for Beginners

Belajar Bahasa Arab Untuk Pemula adalah aplikasi yang cocok untuk pemula yang baru mulai belajar bahasa arab.

Ini karena sebagian besar data yang disajikan dalam aplikasi ini mencakup konten dasar seperti pengenalan alfabet, pengucapan alfabet, dan angka dalam bahasa arab.
Materi yang disajikan dalam aplikasi ini dikelompokkan menjadi 20 pelajaran, dimulai dari pelajaran dasar, dilanjutkan dengan salam, ungkapan santun, pujian, pemilihan waktu, dan pertanyaan umum.

3. Pintar Bahasa Arab Sehari-Hari (Offline)

Pintar Bahasa Arab Sehari-Hari (Offline)

Aplikasi ini dibangun dengan SODADEV Central Java dan cukup ringan dengan ukuran 31MB. Untuk perangkat yang kompatibel dengan Android 4.0.3 atau lebih tinggi.

Fitur yang disampaikan berupa materi amalan bahasa Arab sehari-hari. Meski tergolong ringan, aplikasi ini sangat lengkap fiturnya.
Fasilitas percakapan, kamus, shorof nahwu, kosa kata sehari-hari dan lainnya. Semua fitur tersebut dapat diperoleh secara gratis dan dapat digunakan secara offline tanpa jaringan internet.

4. Mondly

Mondly

Aplikasi ini cukup terkenal dan banyak digunakan di seluruh dunia. Dibuat oleh ATI Studios, aplikasi ini dapat digunakan pada smartphone Android minimal versi 4.4 atau lebih tinggi. Ukurannya tergantung pada jenis perangkat yang digunakan.

Mondly menampilkan file audio dialog dan kosakata penting. Selain itu, ia juga memiliki fitur untuk mempelajari konjugasi kata kerja untuk berlatih berbicara bahasa Arab. Meski ditandai sebagai gratis, aplikasi ini memiliki beberapa fitur berbayar.

Fitur canggih seperti audio, dialog teks, dan latihan sengaja disediakan dalam versi berbayar. Pengguna bisa membayar mulai dari Rp 30.000 hingga Rp 1,5 juta. Namun fitur gratisnya saja memudahkan untuk belajar bahasa Arab.

5. BISA Bahasa Arab Nahwu Shorof

BISA Bahasa Arab Nahwu Shorof

Yayasan BISA Indonesia menghadirkan aplikasi belajar bahasa Arab yang sangat ringan yaitu hanya 18MB. Ini dapat digunakan pada smartphone dengan setidaknya sistem Android versi 4.4 atau lebih tinggi.

BISA adalah aplikasi yang memudahkan belajar bahasa arab tanpa membawa buku atau buku tebal. Sudah menyediakan buku-buku shorof nahwu, video ceramah, daftar kosakata penting, kamus bahasa Indonesia-Arab dan kuis latihan.

Aplikasi ini dapat digunakan secara offline maupun online. Materi harus diunduh sebelum dapat digunakan. Aplikasi ini bisa menjadi panduan paling sederhana jika Anda ingin belajar bahasa Arab sekaligus memperdalam Islam.

6. Belajar Bahasa Arab dari Al Qur’an – Quran Progress

Belajar Bahasa Arab dari Al Qur’an – Quran Progress

Pengembang Quran Progress membuat aplikasi untuk mereka yang ingin belajar bahasa Arab, khususnya bahasa yang digunakan dalam Quran. Dilengkapi dengan pengenalan lebih dari 1500 kosa kata Al-Qur’an dengan arti dan pengucapan yang benar.

Untuk lebih meningkatkan pemahaman dan retensi pengguna, aplikasi ini juga menyediakan kuis berkala. Fitur ini dapat digunakan untuk mempertajam ingatan Anda tentang bahasa Arab yang dipelajari sebelumnya.

7. Belajar Bahasa Arab Praktis

Belajar Bahasa Arab Praktis

Pengembang TKZ Apps menawarkan aplikasi belajar bahasa Arab yang praktis dan lengkap dengan ukuran 35MB. Untuk menggunakannya, ponsel cerdas Anda setidaknya harus mendukung Android versi 4.1 atau lebih tinggi.

Bisa dikatakan aplikasi ini memiliki fitur yang sangat lengkap dimana pengguna diajak untuk belajar bahasa arab paling dasar atau tingkat pemula. Memiliki fitur belajar step by step, contoh bacaan, percakapan, kamus, kosa kata sehari-hari, dan beberapa jenis buku bahasa arab.

Itu juga dilengkapi dengan audio sehingga Anda dapat berlatih berbicara seperti orang Arab asli. Fitur yang cukup membantu adalah hadirnya kuis mini ringan untuk menilai pembelajaran Anda. Semua ini dapat digunakan secara offline.

Baca Juga : 15 Aplikasi yang Banyak Digunakan di Dunia

8. Belajar Bahasa Arab + Suara

Belajar Bahasa Arab + Suara

Aplikasi yang dikembangkan oleh Solite Kids ini dirancang khusus untuk anak-anak yang ingin belajar bahasa Arab. Pasalnya, desain antarmuka aplikasi ini justru didesain dengan karakter anime lucu yang disukai anak-anak.

Selain itu, materi pembelajaran yang disajikan difokuskan pada data dasar seperti objek pembelajaran, angka, dan warna.

Menariknya, dengan lebih dari 100.000 unduhan, aplikasi ini juga menawarkan beberapa fitur permainan yang cukup menarik: tebak kata, tebak angka, dan teka-teki kartu.

Belajar Bahasa Arab + Suara memang ditujukan untuk anak-anak, namun tidak ada salahnya menggunakan aplikasi ini untuk orang dewasa, apalagi jika memang ingin belajar materi dasar tentang bahasa Arab.

9. Belajar Bahasa Arab Al-Qur’an

Belajar Bahasa Arab Al-Qur'an

Jika Anda ingin memahami Al-Qur’an dengan baik, Anda perlu memahami bahasa Arab yang digunakan dalam kitab suci Islam ini. Salah satu langkah yang paling tepat adalah dengan menggunakan aplikasi Belajar Al-Qur’an Bahasa Arab Alphadeena Studio.

Aplikasi 1,7 MB tersedia di perangkat Android dengan setidaknya versi 5.0 atau lebih tinggi. Aplikasi ini hadir dengan antarmuka yang sederhana dan sangat unik. Untuk mendukung belajar dan berlatih dengan nyaman

Pengguna dapat berlatih menghafal kosa kata dari Al-Quran. Cukup tunjukkan kartu flash dengan kata-kata Arab dan artinya. Ada kuis mini yang bisa Anda gunakan untuk menghafal dan menebak apa yang telah Anda pelajari.

10. 10 Days of smart arabic

10 Days of smart arabic

Seperti namanya, aplikasi ini mengajak Anda belajar bahasa Arab hanya dalam waktu 10 hari. Aplikasi dari Creative Developer ini berukuran 69 MB dan kompatibel dengan Android versi 4.0.3 atau lebih tinggi. Anda dapat menggunakan secara gratis.

Aplikasi 10 Days of smart arabic ini dapat digunakan sebagai panduan untuk belajar kosakata sederhana, percakapan umum, dan pengucapan yang benar. Ada banyak topik percakapan yang tersedia. Semua dialog ditulis dengan huruf arab, huruf latin dan artinya.

11. Belajar Bahasa Arab – 6000 Kata FunEasyLearn

Belajar Bahasa Arab - 6000 Kata FunEasyLearn

Learn Arabic, seperti namanya, adalah aplikasi yang membantu Anda menguasai lebih dari 6000 kata bahasa Arab yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Selain itu, semua kumpulan kata yang ada di aplikasi ini juga diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia untuk memudahkan pengguna dalam belajar.

Tak hanya itu, aplikasi gratis dengan lebih dari 1 juta unduhan ini juga menawarkan 7 game seru yang bisa kamu mainkan secara offline.

12. Kamus Bahasa Arab Indonesia

Kamus Bahasa Arab Indonesia

Kamus Arab Indonesia disebut sebagai aplikasi kamus bahasa Arab pertama yang dapat menerjemahkan kata dari bahasa Arab ke bahasa Indonesia dan sebaliknya.

Salah satu kelebihan dari aplikasi ini adalah Anda dapat menggunakan definisi kata dalam bahasa Arab Mu’jamul, sehingga Anda juga dapat memahami kata dengan lebih jelas.

Tidak hanya itu, Anda tidak akan diganggu oleh iklan dengan aplikasi yang dikembangkan oleh Riset dan Teknologi Muslim ini. Tidak hanya gratis untuk digunakan, aplikasi ini juga bebas iklan, bersih dan nyaman untuk dipelajari.

13. Percakapan Bahasa Arab Sehari-Hari Lengkap

Percakapan Bahasa Arab Sehari-Hari Lengkap

Aplikasi dari VF Studio ini sangat cocok digunakan oleh orang-orang yang ingin pergi ke negara arab. Misalnya, mereka akan melanjutkan studi di negara-negara tersebut. Ada banyak modul belajar yang bisa Anda pelajari di aplikasi ini.

Kelas yang ada mencakup berbagai topik percakapan seperti perkenalan, keluarga, dan kebangsaan. Ini juga menampilkan kalimat dalam bahasa Arab dan Latin dengan audio penutur asli.

Selain itu, aplikasi ini juga memiliki Al-Jurumiyah, Nadhom Imriti, Kamus, Daftar Kosakata dan Daftar Percakapan. Anda dapat mengunduh semua data terlebih dahulu untuk penggunaan offline kapan saja.

Belajar bahasa Arab sekarang tidak harus secara langsung di pesantren atau sekolah Islam. Dengan adanya aplikasi belajar bahasa arab yang tersedia, anda dapat dengan cepat mempelajarinya. Jangan lupa untuk terus mempraktekan apa yang di pelajari untuk meningkatkan kemampuan bahasa Anda.