fbpx

13 Aplikasi Penting Yang Harus Ada Di Laptop Baru.

Apakah anda baru saja membeli leptop? Nah, itu pertanda anda harus segera mengisi laptop anda dengan berbagai aplikasi penting untuk laptop anda. supaya  kinerja leptop baru anda lebih optimal.

Sebelum Anda mulai menginstal aplikasi, pastikan Anda telah menginstal sistem operasi di laptop baru Anda. Jika Anda ingin mencoba OS terbaru, Anda dapat menggunakan Windows 11. Namun jikaAnda masih kesulitan, Maka gunakan windows 10 saja di leptop anda, Berikut adalah:

13 Aplikasi Penting Di Leptop Baru

1. Microsoft Office

Microsoft Office

Microsoft Office sangatlah penting dan merupakan software yang wajib ada di laptop Anda. Pasalnya, Microsoft Office menyediakan aplikasi perkantoran yang dirancang untuk bekerja di OS Windows dan Mac OS X.

Anda mungkin tidak asing dengan Microsoft Windows, Excel, dan PowerPoint, bukan? pastinya anda pernah menggunakan salah satu dari ketiga aplikasi Office di atas setiap harinya. Oleh karena itu, sangat penting untuk menginstal Microsoft Office di laptop Anda.

2. Google Drive

Google Drive

Google Drive merupakan layanan penyimpanan cloud Google yang tersedia gratis untuk pengguna Google. Email Google (Gmail) sudah cukup dan Anda dapat menggunakan layanan ini hingga 15GB. Google Drive adalah tempat Anda menyimpan file penting, foto, video, dan lainnya.

Jika Anda membutuhkan lebih banyak penyimpanan cloud, Google Drive juga menawarkan paket yang berbayar. Tarif mulai Rp26.000 untuk kapasitas 100GB.

3. Antivirus Avast

Antivirus Avast

Avast Antivirus sudah ada sejak tahun 1988. Padahal, sebelumnya teknologi berkembang pesat seperti saat ini. Faktanya, ini adalah program antivirus pertama yang dirancang khusus untuk sistem operasi Windows x64. Namun, jika saat ini Anda menggunakan laptop dengan sistem operasi Windows 10 atau Windows 11, Anda tetap dapat menginstal Avast Antivirus versi terbaru.
Seperti antivirus lainnya, Avast dibuat untuk melindungi laptop Anda dari virus, malware, atau spyware yang mengancam komputer Anda. Avast adalah antivirus yang sangat ringan dan tidak akan memperlambat laptop Anda.

4. Winrar

Winrar

Dengan lebih dari 500 juta pengguna di seluruh dunia, WinRAR adalah alat kompresi terpopuler di dunia! WinRAR menyediakan cara yang lebih baik untuk mengompres file untuk transfer file yang efisien dan aman.
Dan juga menyediakan pengiriman email yang cepat dan opsi penyimpanan data yang terorganisir dengan baik, WinRAR juga memberikan solusi bagi pengguna yang bekerja di semua industri dan sektor.

RAR dan WinRAR kompatibel dengan OS Windows terbaru. Dan menyediakan lebih dari 50 bahasa dan dalam 32-bit dan 64-bit. Ini adalah satu-satunya perangkat lunak kompresi yang kompatibel dengan beberapa Sistem Operasi (OS) dan dapat bekerja dengan Unicode.

5. Google Chrome

Google Chrome

Setiap laptop pasti memiliki browser untuk berselancar di dunia maya. Oleh karena itu, salah satu aplikasi yang wajib Anda miliki di laptop yang baru adalah browser. Peramban web yang paling banyak digunakan saat ini adalah Google Chrome.

Kepopuleran Chrome telah memusnahkan beberapa browser lain yang sudah ada, seperti Internet Explorer, Opera, dan Mozilla Firefox. Google Chrome saat ini menjadi salah satu browser yang paling banyak disukai dan dipasang di leptop saat ini.

Baca Juga : Download Aplikasi Nonton Piala Dunia 2022 Live Streaming Di Qatar

6. Internet Download Manager

Internet Download Manager

Internet Download Manager atau IDM merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk mengunduh berbagai file dari Internet dengan mudah dan cepat. IDM mengklaim bahwa aplikasi ini dapat mempercepat download hingga 5x lipat dengan fitur resume dan penjadwalan download.

Selain itu, IDM memiliki fitur resume dan pemulihan kesalahan yang komprehensif untuk melanjutkan unduhan yang terputus karena kehilangan koneksi masalah jaringan, komputer mati atau pemadaman listrik yang tidak terduga.

Aplikasi ringan ini dapat diunduh secara gratis dari situs resminya. Namun, karena IDM adalah aplikasi berbayar, Anda harus memasukkan lisensi untuk menggunakannya.

7. VLC

VLC

Siapa yang tidak tahu pemutar media VLC? Aplikasi pemutar video PC ini masih banyak digunakan hingga saat ini. Ya, fungsionalitas dan kepraktisan aplikasi ini merupakan nilai tambah dan pengguna akan tetap menggunakan VLC.

Ya, sampai sekarang saya masih menggunakan VLC Media Player untuk berbagai keperluan. seperti, menyalakan musik dan menonton film. VLC Media Player mendukung pemutaran video dan audio dalam banyak format. Misalnya MP4, AVI, MKV, MP3, AAC, dll. VLC juga dapat digunakan untuk memutar CD atau DVD.
Saat memutar film, Anda juga bisa menambahkan file subtitle sesuai kebutuhan. Meski tampilannya kurang modern dibanding aplikasi serupa lainnya, aplikasi open source ini tetap cocok untuk dipasang di laptop baru.

8. Adobe Reader

Adobe Reader

Jika Anda seorang pelajar ataw guru, Anda harus menginstal Adobe Reader di komputer Anda. Aplikasi ini berfungsi sebagai pembaca data PDF, salah satu format dokumen yang paling banyak digunakan di dunia.
Adobe Reader juga memungkinkan Anda mencetak dan membuat anotasi dokumen PDF dengan andal.

Adobe Reader sekarang terhubung ke Adobe Document Cloud, membuatnya lebih mudah untuk bekerja di komputer dan perangkat Anda.

Adobe Reader adalah salah satu pembuka PDF yang mampu membuka dan berinteraksi dengan semua jenis konten PDF, termasuk multimedia dan folmulir. Namun Sayangnya, Adobe Reader tidak gratis. Jika ingin berlangganan Adobe Reader versi Pro hanya dikenakan biaya Rp200 per bulan.

9. CCleaner

CCleaner

Tahukah Anda bahwa salah satu alasan komputer Anda berjalan lambat adalah jumlah sampah yang dikandungnya? Sampah bisa berupa cookie, riwayat browser, dan file yang tidak perlu. Nah, jika tidak rutin membersihkannya, laptop Anda akan berjalan lambat dan mudah lag.

Salah satu solusi untuk menjaga laptop Anda “bersih” dari sampah adalah menginstal CCleaner. Aplikasi yang satu ini membuat laptop Anda berjalan lebih cepat. Anda bisa mendapatkan CCleaner sebagai versi gratis atau premium dengan dukungan fitur yang lebih baik.

10. Zoom

Zoom

Aplikasi seperti Zoom kini menjadi kebutuhan nyata di berbagai kalangan. Mulai dari pelajar dan mahasiswa, serta pekerja kantoran. Zoom sering digunakan di kampus dan sekolah untuk mengadakan rapat kantor virtual atau pembelajaran online.
Jadi, jika Anda seorang pelajar atau guru, aplikasi Zoom pasti ada di daftar program yang harus Anda miliki di laptop baru Anda.

Bagi anda yang awam dengan aplikasi ini, saya akan menjelaskannya secara singkat. Zoom dapat digunakan untuk telekonferensi. Aplikasi ini memungkinkan Anda mengirim pesan singkat melalui kolom obrolan, membuat presentasi dengan slide, dan lainnya.

Anda juga dapat merekam semua panggilan Zoom. Sebagai informasi tambahan, jika Anda menggunakan Zoom versi gratis, Anda dapat melakukan panggilan Zoom selama 40 menit. Di sisi lain, jika Anda memiliki Zoom premium, semua telekonferensi yang Anda lakukan di Zoom tidak terbatas waktu.

11. Spotify

Spotify

Apakah Anda masih sering mengunduh lagu-lagu terbaru melalui browser Anda? Kini anda bisa menggunakan Spotify. Spotify adalah layanan streaming musik gratis yang dapat Anda instal di smartphone atau laptop Anda. Di Spotify, Anda dapat menemukan jutaan lagu baru yang tidak tersedia di situs unduhan yang biasa Anda kunjungi.

Spotify adalah layanan streaming yang sah karena menawarkan manajemen hak digital yang dilindungi oleh konten label rekaman. Yang Anda butuhkan hanyalah koneksi internet untuk mendengarkan musik di Spotify. Kalau anda beli Premium di Spotify, anda bisa putar lagu tanpa shuffle dan iklan.

12. Netflix

Netflix

Para pecinta film pun tidak boleh melewatkan aplikasi Netflix di laptopnya. Pasalnya, Netflix punya banyak sekali film dan juga serial drama yang pasti anda suka. Selain program internasional, Anda dapat menonton film dan serial domestik di Netflix.

Anda dapat mengunduh aplikasi Netflix secara gratis dari Microsoft Store. Namun untuk menikmati semua film dan serial drama tersebut, Anda harus berlangganan dan dikenakan biaya mulai Rp 120.000 per bulan.

Baca Juga : 10 Aplikasi Penghemat Baterai HP Android Terbaik

13. Bitwarden

Bitwarden

Bitwarden berikutnya. Anda dapat menggunakan aplikasi ini untuk mengelola kata sandi Anda. jika anda sering lupa kata sandi akun email atau media sosial Anda, Bitwarden bisa jadi solusi untuk masalah anda.
Anda dapat menyimpan kata sandi, data kartu kredit, dan catatan atau memo rahasia di dalam aplikasi tersebut. Anda dapat menambahkan informasi login yang sering digunakan dengan kata sandi Anda sendiri.

Fitur seperti ini pasti sangat berguna. Anda tidak perlu khawatir lagi tentang banyaknya kata sandi yang harus anda ingat. karena Aplikasi ini sangat mudah dioperasikan dan memiliki user interface yang sederhana.

Aplikasi ini juga menawarkan paket berbayar. Berlangganan untuk fitur fitur yang lebih menarik. Salah satunya adalah autentikasi dua faktor untuk login yang lebih aman.

Dengan 13 aplikasi penting untuk leptop baru anda, kini anda dapat bekerja lebih optimal.