Breaking News
koneksi internet lambat

Koneksi Internet Lambat ? ikuti langkah ini agar internet kamu ngebut

 

Ada banyak alasan koneksi Internet lambat. Ini bisa menjadi masalah dengan modem atau router kamu, sinyal Wi-Fi, kekuatan sinyal pada saluran kabel kamu, perangkat di jaringan kamu  yang memenuhi bandwidth kamu, atau bahkan server DNS yang lambat. Langkah pemecahan masalah ini akan membantu kamu menemukan penyebabnya.

Berikut langkah merubah koneksi internet lambat menjadi cepat

Koneksi Internet Lambat
1. Pastikan matikan terlebih dahulu WEB yang ada di browser kamu

agar koneksi internet lambat menjadi lebih baik hal yang pertama kamu lakukan , kamu harus  mengonfirmasi bahwa internet kamu lambat, kamu harus mencoba menghubungkan ke beberapa situs web dan menggunakan beberapa perangkat di rumah kamu jika koneksi internet kamu lambat. Jika kelambatan hanya dengan satu situs web, kemungkinan itu masalah dari situs web itu sendiri, bukan masalah internet kamu. Tidak ada yang benar-benar dapat kamu lakukan tentang ini kecuali menunggu orang yang bertanggung jawab atas situs web kamu untuk memperbaikinya.

mematikan terlebihdahulu WEB  yang ada di browser kamu akan membantu kamu memperbaikinya. Apakah kelambatan hanya terjadi di satu komputer, atau semua perangkat kamu? Jika hanya satu komputer, kamu tahu solusinya mungkin ada di sana. kamu mungkin hanya perlu me-reboot komputer, atau kamu mungkin perlu melakukan pemindaian malware dengan antivirus pilihan kamu untuk memeriksa apakah semuanya baik-baik saja. Jika kelambatan terjadi pada beberapa perangkat , misalnya,  komputer dan telepon kamu . maka hampir pasti itu adalah masalah jaringan, dan kamu harus pergi ke router kamu.

2. Priksa kecepatan kamu dan bandingkan dengan paket data kamu

Sebelum melalui banyak pemecahan masalah di pihak kamu, ada baiknya menjalankan tes kecepatan menggunakan situs web seperti Speedtest.net untuk melihat seberapa baik kinerjanya. Pastikan untuk menghentikan unduhan, unggahan, streaming Netflix, atau aktivitas internet berat lainnya sebelum menjalankan tes untuk memastikan sesedikit mungkin gangguan pada hasil.

Baca Juga  3 Cara Cek HP Samsung Asli Ataupun Replika Terbaru 2021

Bandingkan hasil kecepatan yang diukur dengan kecepatan yang diharapkan dari koneksi Internet yang kamu bayar. Jika kamu tidak mengetahuinya, kemungkinan besar kamu dapat menemukannya di tagihan untuk koneksi Internet kamu atau situs web penyedia layanan Internet kamu.

Ada beberapa peringatan di sini. Tes kecepatan terkadang tampak agak tinggi, karena beberapa penyedia layanan Internet mungkin memprioritaskannya dan mereka mungkin memiliki server yang sangat dekat dengan kamu. Jika kecepatan koneksi kamu tampak agak rendah, itu bisa jadi normal . kamu bisa membayar untuk menambahkan kecepatan pada koneksi internet kamu . Kecepatan juga mungkin bisa lebih lambat pada waktu-waktu sibuk, contohnya  ketika semua orang di lingkungan kamu menggunakan koneksi Internet pada jam kerja mereka.

Tentu saja, bisa juga karena kamu membayar untuk paket internet yang sangat lambat (murah) dalam hal ini kamu harus menghubungi penyedia internet kamu dan membayar lebih untuk meningkatkan layanan kamu!

Namun, jika kamu membayar untuk kecepatan koneksi tertentu dan secara konsisten menerima hasil tes kecepatan yang jauh di bawah itu, saatnya untuk beralih ke langkah pemecahan masalah di bawah ini.

3. Reboot Modem dan Router kamu

 

Seperti halnya komputer, modem dan router terkadang terjebak dalam kondisi yang buruk, lambat, dan kelebihan beban. Masalah ini dapat diperbaiki dengan reboot. Jika kamu belum me-reboot router dan modem kamu dalam beberapa saat, kamu harus melakukannya sekarang.

Jika kamu memiliki unit modem/router gabungan , kamu mungkin hanya memiliki satu perangkat untuk di-boot ulang. Tetapi ada kemungkinan kamu perlu me-reboot dua perangkat keras: router dan modem. Router terhubung ke modem, yang terhubung ke kabel yang keluar dari dinding.

Baca Juga  Rekomendasi Processor Hp Gaming Terbaik Berdasarkan Sekor Antutu

Untuk mem-boot ulang, cabut masing-masing dari stopkontak masing-masing saluran selama sepuluh detik sebelum mencolokkannya kembali. Mungkin perlu beberapa menit agar modem kamu terhubung kembali ke penyedia layanan Internet kamu dan membuat koneksi Internet kamu online, jadi bersabarlah. Periksa apakah kecepatan kamu meningkat setelah reboot.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Game Petualangan PC Terbaik Layak Dicoba

4. Tingkatkan Sinyal Wi-Fi kamu

Mungkin saja internet kamu baik-baik saja, tetapi Wi-Fi kamu (yang menghubungkan kamu ke internet) mengalami masalah sinyal. Koneksi Wi-Fi yang buruk bisa tampak seperti masalah koneksi Internet, terutama karena dapat memengaruhi semua perangkat di rumah kamu. Ada beberapa alasan kamu mungkin memiliki sinyal Wi-Fi yang buruk. Gelombang udara bisa padat dengan terlalu banyak perangkat di sekitar, terutama jika kamu menggunakan 2,4 GHz dan bukan 5 GHz , yang dapat mendukung lebih banyak perangkat. Ini adalah masalah yang sangat umum di daerah perkotaan yang padat—misalnya, jika kamu tinggal di kompleks apartemen dengan tetangga yang memiliki banyak router nirkabel dan perangkat lain.

kamu juga bisa saja memiliki zona mati, sesuatu yang mengganggu sinyal Wi-Fi kamu, atau komunikasi yang buruk di seluruh rumah kamu. Konsultasikan panduan kami untuk mempercepat Wi-Fi kamu dan mendapatkan sinyal yang lebih baik untuk tips lainnya.

Jika kamu memiliki rumah atau halaman yang lebih besar dan membutuhkan jangkauan Wi-FI yang lebih baik, pertimbangkan untuk mendapatkan sistem Wi-Fi mesh yang menyediakan beberapa BTS yang dapat kamu tempatkan di sekitar rumah atau properti kamu.

5. Berhenti Menjenuhkan Koneksi kamu (atau Coba QoS)

koneksi internet lambat

Koneksi Internet kamu digunakan bersama oleh semua perangkat di rumah kamu, sehingga perangkat lain di jaringan kamu dapat memenuhi koneksi Internet kamu, memperlambat segalanya untuk semua orang.

Baca Juga  Keunggulan MSI GF63, Laptop Gaming Yang Banyak Dicari

Misalnya, jika dua orang melakukan streaming Netflix dan satu orang mencoba mengunduh file dengan BitTorrent , pengalaman setiap orang akan melambat. Hentikan (atau perlambat) beberapa unduhan lain untuk mempercepat.
Jika ini adalah masalah yang sering terjadi, kamu mungkin harus mengupgrade paket internet kamu. Namun, kamu juga dapat melihat apakah router kamu memiliki fitur Quality of Service (QoS) , yang memungkinkan router kamu untuk secara otomatis mengelola dan menetapkan berapa banyak bandwidth yang diterima perangkat dan layanan yang berbeda. Misalnya, itu dapat secara otomatis membatasi bandwidth BitTorrent untuk menghindari memperlambat aliran Netflix.

6. Periksa Pemisah Coax

 

koneksi internet lambat

Jika kamu memiliki Internet kabel dan kamu memiliki pembagi kabel koaksial yang terhubung ke modem kabel kamu, ini dapat menurunkan kekuatan sinyal kamu dan menyebabkan koneksi Internet lambat. Pemisah bervariasi dalam kualitas, yang buruk dan murah dapat menurunkan kekuatan sinyal kamu jauh lebih banyak daripada kualitas yang lebih tinggi. Sejumlah besar splitter juga dapat menyebabkan masalah koneksi Internet lambat.

Jika kamu memiliki pemisah di saluran kabel, coba putuskan sambungan untuk memecahkan masalah koneksi Internet kamu . Lihat bagaimana kinerja koneksi Internet kamu tanpa splitter di telepon. Jika kamu memiliki kecepatan koneksi Internet yang jauh lebih cepat, kamu telah menemukan masalah kamu.

7. Coba Server DNS Lain

koneksi internet lambat

Dalam beberapa kasus, beralih server DNS dapat membantu mempercepat kecepatan koneksi kamu jika server DNS penyedia layanan Internet default kamu lambat.

Begini cara kerja DNS : Saat kamu terhubung ke situs web seperti google.com, komputer kamu menghubungi server DNS-nya dan menanyakan “Alamat IP numerik apa yang dikaitkan dengan google.com?” Itu mendapat jawaban kembali dan terhubung ke alamat IP itu, yang mungkin seperti 216.58.193.78 dan kemudian terhubung ke alamat itu.

Baca Juga  Sistem Operasi (OS) Terbaru, Android 12

Biasanya, server DNS kamu disediakan oleh penyedia layanan Internet kamu. Namun, jika lambat atau kelebihan beban, kamu mungkin bisa mendapatkan kecepatan yang lebih baik dengan beralih ke set server DNS lain. Google Public DNS dan OpenDNS keduanya cukup populer.

8. Hubungi ISP kamu dan Laporkan Masalah

Jika kamu telah menjalankan semua langkah pemecahan masalah ini dan tidak dapat memperbaiki masalah, ada kemungkinan besar bahwa itu bukan masalah yang dapat kamu perbaiki ketika koneksi Internet lambat. Ini mungkin masalah penyedia layanan Internet kamu. Misalnya, mungkin ada masalah dengan saluran kabel yang mengalir dari rumah kamu ke ISP kamu, atau dengan beberapa peralatan lain yang mereka miliki. Dalam hal ini, kamu harus menghubungi penyedia layanan Internet kamu dan melaporkan masalahnya.

kamu membayar penyedia layanan Internet kamu untuk menyediakan koneksi internet lambat menjadi stabil, dan tugas mereka adalah memperbaiki masalah apa pun dengannya. Pastikan itu benar-benar masalah mereka, dan bukan masalah di pihak kamu seperti masalah sinyal Wi-Fi.

nah inilah langkah-langkah yang harus di lakukan untuk merubah koneksi internet lambat menjadi cepat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *