fbpx
15 Aplikasi Dokter Untuk Konsultasi Kesehatan Online

15 Aplikasi Dokter Untuk Konsultasi Kesehatan Online

Di zaman Sekarang semakin banyaknya layanan online yang mempermudah setiap urusan, seperti layanan toko online dan lainnya. Tidak hanya toko dan perusahaan online, layanan konsultasi kesehatan online melalui aplikasi juga mulai bermunculan.

Adanya aplikasi dokter untuk konsultasi kesehatan tampaknya menjawab permintaan masyarakat kota yang tidak mau repot mengantri untuk konsultasi kesehatan.

Aplikasi konsultasi dokter ini dapat diunduh secara gratis di Google Play Store (Android) dan App Store (iOS).
Dengan hanya mengunduh aplikasinya, Anda dapat lebih mudah berkonsultasi dengan pakar di bidangnya. Berikut:

Aplikasi Dokter untuk Konsultasi Kesehatan Online

1. Alodokter

Alodokter

Aplikasi ini sangat menarik karena Alodokter telah mendapatkan label “Pilihan Editor” di Google Play Store. Alodokter menyediakan layanan konsultasi dokter online 24 jam, untuk mendiagnosa penyakit dan memberikan metode pengobatan awal.

Alodokter juga menampilkan berbagai artikel yang membahas topik terkait kesehatan. Jangan lupa, ada layanan perlindungan kesehatan bernama Proteksi Alodokter.

2. Klik Dokter.

Klik Dokter.

Sebelum tersedia melalui aplikasi, Klikdokter sudah ada sejak tahun 2008 dalam bentuk website. Seiring kemajuan teknologi, aplikasi ini telah mengembangkan layanan yang menyediakan konseling online.

Anda dapat berbicara dengan dokter 24 jam sehari melalui fitur live chat. KlikDokter juga menawarkan fitur topikal chat yang memuat berbagai topik kesehatan sehari-hari.
Ada banyak artikel tentang topik kesehatan yang disediakan oleh aplikasi. Artikel ini valid karena ditulis oleh dokter yang ahli di bidangnya.

Ini memiliki beberapa fitur utama. Salah satunya adalah fitur berupa kalender masa subur untuk memprediksi hari subur. Ada juga kalender kehamilan untuk membantu ibu tetap mengetahui perkembangan bayinya dan banyak lagi.

3. SehatQ

SehatQ

Aplikasi dokter berikutnya adalah SehatQ yang menyediakan berbagai layanan informasi kesehatan. Ini memiliki dua fitur paling populer dan favorit bagi pengguna: Penjadwalan Dokter dan Obrolan Dokter.

Aplikasi kesehatan ini juga memiliki database nama penyakit dan obat yang sesuai. Anda juga dapat mengikuti forum kesehatan untuk tanya jawab. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan informasi tentang layanan kesehatan terdekat karena aplikasi ini memberikan rekomendasi.

4. Halodoc

Halodoc

Halodoc adalah salah satu aplikasi untuk konsultasi dokter secara online. Melalui aplikasi satu ini Anda dapat berkonsultasi dengan dokter berlisensi di Indonesia.
Konsultasi tersedia 24 jam sehari. Anda dapat berkonsultasi melalui chat dokter online. Setelah konsultasi, dokter mungkin akan meresepkan obat sesuai diagnosis penyakit yang Anda keluhkan.

Anda dapat melihat resep Anda nanti dan membeli obat yang disediakan. Obat Anda kemudian akan dikirim langsung ke rumah Anda.

Halodoc juga menawarkan layanan pengujian laboratorium. Hasil dari lab ini dikirim langsung ke smartphone Anda melalui notifikasi.

5. Go-Dok

Go-Dok

Go-Dok adalah layanan yang dapat Anda percayai untuk konsultasi online dengan dokter. Selain itu, aplikasi konsultasi dokter online gratis ini menyediakan berbagai informasi terkait kesehatan secara cepat, mudah, dan terpercaya.

Fitur aplikasi Ask a Doctor memungkinkan Anda untuk berkonsultasi mengenai berbagai masalah kesehatan. Dokter jaga merupakan dokter yang terdaftar di IDI.

Menariknya, Anda bisa memilih dokter favorit melalui fitur pemilihan dokter. Kemudian ada berbagai artikel dan video yang membahas tentang dunia medis, penyakit, kedokteran, tips kesehatan, gaya hidup dan keluarga.

6. Dokter Diabetes

Dokter Diabetes

Sedikit berbeda dengan aplikasi pemeriksaan dokter lainnya, Dokter Diabetes merupakan aplikasi konsultasi dokter online gratis untuk penderita diabetes. Di sini, pengguna terhubung dengan dokter ahli dan ahli gizi .

Aplikasi dokter online ini disediakan untuk memudahkan para penderita diabetes dan pengasuhnya dalam mencari informasi seputar penyakit diabetes. Ada beberapa manfaat dari aplikasi ini seperti konsultasi gratis dengan dokter umum, spesialis dan ahli gizi.

Manfaat lainnya adalah pengguna dapat memperoleh referensi untuk resep obat sehat bagi penderita diabetes, menghitung dan memantau jumlah karbohidrat yang dibutuhkan tubuh, mencatat dan memantau kadar gula darah serta berat badan ideal.

7. PakDok

PakDok

PakDok adalah layanan “dokter virtual” yang memberikan layanan konsultasi dan rujukan kesehatan gratis 24 jam sehari, 24 jam sehari, non stop melalui aplikasi. Dokter yang memberikan pelayanan di aplikasi PakDok sudah memiliki izin praktik dari dinas kesehatan setempat.
Selain itu, aplikasi dokter ini menyediakan informasi medis terpercaya, data rekam medis elektronik melalui hasil konsultasi online, hasil kunjungan institusi medis, dan data medis yang diunggah sendiri oleh pengguna.

Baca Juga : 8 Aplikasi Diet Terbaik untuk Kesehatan Tubuh

8. ProSehat

ProSehat

ProSehat adalah aplikasi dokter online yang tidak hanya menyediakan layanan konsultasi, tetapi juga memungkinkan Anda memanggil dokter ke rumah Anda dengan mudah dan cepat. Area layanan  ini meliputi Jakarta, Tangerang, Serpong, Depok, Bekasi, Bogor, dan lainnya.

Tidak hanya itu, melalui aplikasi dokter online ini Anda dapat menghubungi terapis fisik rumah dan membeli makanan sehat, alat kesehatan, multivitamin, obat herbal, dan lainnya.

9. YesDok

YesDok

YesDok memberikan kemudahan menerima layanan konsultasi dokter online dengan cepat, mudah dan terpercaya. Aplikasi ini juga telah bekerja sama dengan mitra dokter yang terdaftar di Dewan Kesehatan Indonesia.
Melalui aplikasi YesDok, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter pilihan Anda selama 24 jam sehari melalui berbagai cara seperti chat, telepon, dan video call. YesDok juga satu-satunya aplikasi konfirmasi dokter yang menawarkan panggilan video dengan dokter.

dokter akan memberikan resep setelah konsultasi. selain itu YesDok juga menawarkan pengiriman obat ke rumah.

Menariknya, Anda bisa berkonsultasi ke dokter secara gratis. Caranya, cukup dengan membaca artikel kesehatan yang tersedia di YesDok, Anda bisa mendapatkan poin yang nantinya bisa Anda tukarkan dengan konsultasi gratis.

10. Pulse

Pulse

Pulse adalah aplikasi kesehatan online bertenaga AI yang menyediakan manajemen kesehatan holistik. Misalnya, ada fungsi untuk mengecek gejala penyakit. Fitur ini berupa layanan chat atau obrolan yang menganalisis masukan awal pengguna dan mengajukan pertanyaan.

Didukung oleh teknologi AI, fitur ini memandu pengguna ke layanan kesehatan yang tepat berdasarkan gejala suatu penyakit dan memberikan informasi tambahan tentang penyebabnya.

Fitur lain dari aplikasi yang dibuat oleh Prudential Indonesia ini antara lain berbicara dengan dokter, pemeriksaan kesehatan, dan riwayat konsultasi. Ada juga layanan PRU, layanan bagi pengguna Pulse yang juga merupakan pemegang asuransi Prudential Indonesia.

11. ApaSakitKu (ASK)

ApaSakitKu (ASK)

Aplikasi dokter online selanjutnya adalah ApaSakitKu (ASK). Seperti namanya, aplikasi pemeriksaan dokter gratis ini dapat mendeteksi kemungkinan penyakit berdasarkan gejala yang dialami seseorang.

Dengan ASK, seluruh pengguna aplikasi ini akan diperingatkan jika penyakit yang dideritanya sudah masuk kategori risiko dan akan disarankan untuk segera dibawa ke rumah sakit.

Aplikasi cek dokter ini juga memiliki fungsi chat untuk konsultasi dokter secara online dan gratis. Namun, perlu diketahui bahwa aplikasi ini hanya membantu memberikan informasi kesehatan terkait kepada setiap pengguna dan tidak membantu untuk memeriksa sendiri.

12. HiDok

HiDok

Ada juga aplikasi kesehatan online bernama HiDok. Aplikasi ini menyediakan fungsionalitas serta konsultasi kepada dokter berlisensi. Karena aplikasi ini sangat mudah digunakan, banyak orang menggunakannya untuk menanyakan langsung kondisi kesehatannya kepada dokter.

Selain itu, aplikasi ini menyediakan layanan kesehatan gratis dan layanan konsultasi dengan dokter konvensional. Di sisi lain, High Dock juga menyediakan berbagai informasi kesehatan yang dapat diakses dengan mudah, cepat, dan terpercaya.

13. Sehatpedia

Sehatpedia

Aplikasi selanjutnya yang bisa kamu coba adalah SehatPedia. Sesuai dengan namanya, aplikasi yang satu ini dibuat oleh Departemen Kesehatan. Kementerian Kesehatan ini menyediakan layanan konsultasi bersama dokter tentang berbagai informasi kesehatan, penyakit, dan fasilitas layanan medis.

Cara menggunakan aplikasi konsultasi dokter gratis ini juga tidaklah sulit. Langlah Pertama, Anda akan diminta untuk mendaftarkan diri anda terlebih dahulu. Jika sudah, Anda dapat langsung menggunakan layanan konsultasi kesehatan melalui live chat atau percakapan langsung dengan dokter pilihan Anda, baik dokter umum maupun spesialis.

14. Doctor Gratis

Doctor Gratis

Dokter Gratis adalah salah satu layanan konsultasi dokter terpopuler. Aplikasi ini memberikan berbagai kemudahan untuk menjaga kesehatan kita dan keluarga. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk bertanya langsung kepada pakar dan dokter umum. Selain itu, respons yang cepat akan memberi informasi yang lebih relevan.

Selain itu, aplikasi ini hadir sebagai bagian dari upaya dokter agar dapat menerima jawaban, pertanyaan, dan pertolongan pertama dengan lebih mudah dan cepat jika terjadi kecelakaan medis.

Baca Juga : Aplikasi Olahraga Terbaik untuk Menjaga Kesehatan Tubuh

15. Practo

Practo

Aplikasi yang diberi nama Practo ini tersedia sebagai aplikasi mobile untuk iOS dan Android serta sebagai website yang dapat diakses melalui komputer. Fungsi utama Practo adalah untuk memudahkan pengguna menemukan dokter yang tepat. Di luar itu, Practo akan memudahkan pengguna untuk menjadwalkan janji temu dengan dokter.

Di sisi lain, Practo juga akan menyediakan berbagai fungsi untuk memudahkan konsultasi dengan dokter umum dan spesialis. Anda juga dapat berkonsultasi dengan dokter berlisensi di Indonesia, sehingga setiap informasi yang anda dapatkan akan jauh lebih akurat.

Hanya itu yang dapat 1suara paparkan tentang aplikasi Konsultasi kesehatan online terbaik saat ini. Tentunya layanan aplikasi ini memungkinkan Anda untuk segera berkonsultasi dengan dokter umum dan spesialis. Semoga informasi ini bermanfaat.