fbpx

15 Aplikasi Edit Video Untuk HP Android Terbaik, Mudah dan Gratis

Saat ini, aplikasi edit video untuk ponsel Android hadir dalam berbagai pilihan. Setiap aplikasi dilengkapi dengan fitur menarik.

Aplikasi edit video ini membuat pembuatan dan pengeditan video menjadi lebih cepat dan praktis karena Anda hanya perlu mengaksesnya melalui ponsel.

Dengan cara ini, pengguna dapat langsung mengunggah video yang dibuat langsung dari ponsel mereka ke saluran YouTube atau platform lain tanpa perlu mengirim atau memindahkan file.

Menariknya, banyak dari aplikasi tersebut yang mudah digunakan dan hampir semuanya bisa diunduh dengan atau tanpa biaya.

Dengan semakin banyaknya pengguna media sosial berbasis video pendek seperti TikTok, kebutuhan akan aplikasi edit video bebas watermark pun semakin meningkat. Selain itu, sebagian orang awam membutuhkannya untuk menyelesaikan proyek, tugas, dan kebutuhan sehari-hari lainnya. Berikut rekomendasi aplikasi edit video HP Android yang bisa jadi pilihan.

15 Aplikasi Edit Video Untuk HP Android

1. Kinemaster

Kinemaster

Kinemaster sangat populer dikalangan para editor. Selain banyak vidio tutorial tentang mempelajari aplikasi ini, KineMaster juga gratis untuk digunakan. Meski begitu, mereka juga menawarkan versi berbayar dengan lebih banyak fitur.

Selain berbagai fitur edit video yang biasa anda temukan, software ini juga dilengkapi fitur chroma key yang biasa digunakan para Youtuber gaming untuk mengedit videonya menggunakan green screen. Sayangnya, jika menggunakan versi gratis, terdapat watermark pada video yang diedit dengan KineMaster.

Baca Juga : 11 Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Android Terbaik 2022

2. FilmoraGo

FilmoraGo

Salah satu software edit video terbaik yang bisa Anda coba adalah FilmoraGo. Aplikasi ini gratis dan mudah digunakan bahkan untuk pemula sekalipun. Meskipun demikian, fitur-fiturnya cukup lengkap dengan pengeditan tanpa watermark. Menampilkan 1000+ koleksi musik pilihan, 5000+ opsi filter dan stiker, kemampuan untuk menambahkan teks, audio, emotikon, dan latar belakang.

Beberapa fitur tersebut adalah pemotongan dan penggabungan video, pemisahan video, kontrol kecepatan, penambahan teks dan font animasi, penyesuaian kontras, saturasi, dan kecerahan. Selain itu, Anda dapat menyesuaikan audio, kecepatan, dan volume fade in/out video.

3. PowerDirector

PowerDirector

Selain opsi di atas, Anda juga dapat menggunakan perangkat lunak PowerDirector untuk mengedit video di Android. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk dengan mudah mengedit video dalam kualitas 4K dengan berbagai fitur seperti alat pengeditan video, menambahkan efek video, kolase, musik latar, dan animasi.

Anehnya, perangkat lunak pengeditan video ini dilengkapi dengan fitur kunci kroma yang memungkinkan Anda mengedit video di layar hijau. Selain itu, ia memiliki stabilisasi video untuk mengurangi guncangan video, pengubah suara, dan overlay.

4. Magisto

Magisto

Magisto adalah aplikasi editor video yang tersedia untuk smartphone Android atau iOS. Dengan perangkat lunak ini, Anda dapat secara otomatis dan mudah mengedit video dari foto dan video yang diambil di ponsel Anda.

Ada banyak fitur yang dapat membuat video Anda lebih menarik. Beberapa di antaranya mengubah transisi video, memotongnya, menambahkan musik dan efek. Anda juga dapat dengan mudah membagikan video yang telah diedit di media sosial.

5. VivaVideo

VivaVideo

Aplikasi edit video yang direkomendasikan selanjutnya adalah VivaVideo. aplikasi ini sangat mudah dipahami sehingga pengguna tidak perlu ahli terlebih dahulu. Fitur dasar dari aplikasi ini sudah lengkap. Yaitu, potong, rapikan, dll.

Aplikasi ini memungkinkan Anda menambahkan efek luar biasa. Anda bisa menyisipkan video yang sudah ada terlebih dahulu lalu memanfaatkan efek yang ada.

Aplikasi ini tidak perlu diragukan lagi karena memiliki rating yang bagus di playstore. Anda juga bisa membuat video dengan efek blur seperti kamera DSLR. Pilihan format videonya juga banyak. Yaitu HD 720p, 1080p dan 4k.

6. Alight Motion Pro

Alight Motion Pro

Pada dasarnya aplikasi edit video dari HP ini banyak digunakan oleh para profesional untuk membuat konten.

Anda dapat bersenang-senang mengedit video tanpa berlangganan paket premium. Beberapa fitur dapat membuat video Anda lebih estetis sebelum diposting di media sosial.

7. Adobe Premiere Rush

Adobe Premiere Rush

Adobe sebenarnya merupakan vendor yang populer dalam mengembangkan aplikasi edit video baik untuk PC maupun smartphone. Aplikasi ini awalnya ditujukan untuk versi desktop sebelum merilis versi mobile.

Fitur ini memungkinkan Anda membuat video pendek untuk diunggah ke media sosial seperti Youtube dan Instagram. Tentu saja, Anda tidak hanya memerlukan fitur dasar untuk membuat video yang unik dan menyenangkan.

Aplikasi Adobe ini juga menawarkan fitur lain yang kaya dan berbeda jika dibandingkan dengan aplikasi lainnya. pengguna aplikasi ini sangat sederhana dan mudah dipahami, bahkan untuk pemula yang baru belajar mengedit video.

8.YouCut

YouCut

Ingin memperkecil ukuran video yang menurut Anda terlalu besar? YouCut dapat melakukan ini tanpa membuat kualitas video terlalu buram. Pada dasarnya, sebagian orang merasa sangat tertekan dengan ukuran video yang mencapai ratusan megabyte di galeri.

Jika terlalu banyak, media penyimpanan akan penuh dan tidak ada lagi video yang bisa direkam. Ini adalah aplikasi edit video untuk ponsel pemula yang memungkinkan Anda menyimpan hasil pengeditan dalam berbagai format.

Aplikasi ini juga dikenal bebas watermark sehingga menjadi pilihan yang baik bagi pembuat konten. Untuk tools dasar, aplikasi ini cukup lengkap sehingga tidak perlu mendownload aplikasi tambahan lainnya.
Anda dapat dengan mudah membagi, menggabungkan, memangkas, memotong, dan mengompres video. Anda bisa mengatur kecepatan dari 0.5x menjadi 2.0x untuk kecepatan editing yang lebih memuaskan. Jika Anda ingin mengubah koleksi foto Anda menjadi film, pembuat tayangan slide adalah salah satu yang dapat Anda gunakan.

9. InShot

InShot

InShot adalah aplikasi yang membantu Anda mengedit video di Android dengan hasil terbaik. Editor video InShot gratis digunakan dengan banyak fitur profesional. Selain mengedit video, anda juga bisa mengedit foto di aplikasi ini.

InShot menyediakan fitur edit video yang lengkap seperti trimming dan cropping video, penggabungan, pengaturan kecepatan, kompresi video dalam format HD, dan konversi foto menjadi klip video. Anda akan memiliki banyak ide untuk membuat video seru dengan bermacam macam efek transisi, filter, emoji, dan beragam musik latar.

Baca Juga : 13 Aplikasi Belajar Bahasa Arab Terbaik untuk Android

10. Likee

Likee

Likee memiliki fitur khusus untuk berbagai stiker, efek, dan emotikon. Aplikasi ini dikenal sederhana, sehingga tidak diperlukan keahlian khusus untuk menggunakannya. Apalagi jika Anda hanya ingin memanfaatkan fitur pengeditan video dasar.

Stiker yang ada di aplikasi ini sangat beragam, dari yang lucu sampai yang keren dan girly. Hal menarik lainnya adalah ia memiliki kemampuan untuk menyinkronkan lagu Anda sehingga audionya dapat dimasukkan dalam proses pengeditan.
Aplikasi ini dapat mengubah video biasa menjadi luar biasa. Hasilnya tidak jauh berbeda dengan apa yang dilakukan para ahli. Pengguna dapat bereksperimen dengan Warna, Template, dan lainnya.

Jika Anda ingin membuat video yang menyenangkan, coba gunakan dubbing video. Kombinasikan dengan musik favorit Anda untuk membuat video Anda lebih hidup dan lebih menarik.

11. VideoShow

VideoShow

Banyak orang menjadi mahir dalam mengedit video saat pertama kali mempelajari video di ponsel mereka. Salah satu aplikasi yang mendukung editing vidio yaitu VideoShow. Contoh fungsi yang populer pada aplikasi ini adalah pemotongan dan pemangkas.

Ada lebih dari 50 tema menyenangkan dan mengasyikkan yang dapat Anda terapkan langsung ke video Anda. Anda juga dapat menambahkan audio ke video Anda sehingga Anda tidak terlihat kesepian. Jika Anda bingung untuk mengubah latar belakang video Anda, aplikasi ini menawarkan ratusan pilihan yang dapat Anda gunakan secara gratis.

Video juga bisa menjadi lebih informatif saat teks ditambahkan. Jenis font yang disediakan juga banyak, sehingga Anda bisa menyesuaikannya dengan keinginan Anda. Pilihan stiker di aplikasi ini juga terus diperbarui dan bisa diunduh secara gratis.

Beberapa fungsi dasar tersedia, misalnya Edit, Merge, Split, Trim, Flip, Rotate, Clone, Video Collage, dan Blur. Jika gambar kurang jelas, Anda bisa melakukan zoom dengan baik dan tidak berlebihan.

12. Quik

Quik

Aplikasi berikutnya yang bisa anda coba adalah Quik. Dibuat dengan kamera aksi terkenal GoPro, aplikasi ini awalnya dibuat untuk mengedit video dari kamera. Quik sekarang tersedia secara gratis dan tersedia di Google Play Store dan App Store.

Quik memiliki fitur unik bernama QuikStories yang secara otomatis mengubah rekaman video Anda menjadi video yang menarik hanya dengan satu klik. Seperti perangkat lunak pengeditan video lainnya, Quik memiliki beberapa fitur editor video yang menarik. Anda juga dapat menambahkan efek transisi video dengan beragam pilihan tema.

13. VidTrim

VidTrim

Beberapa orang lebih memilih aplikasi edit video di ponselnya yang mudah dipahami. Salah satunya yaitu aplikasi VidTrim, yang menyediakan beragam alat untuk mengedit video dasar. Misalnya pemangkasan, penggabungan, efek video, pengambilan bingkai, dan penambahan audio.

Aplikasi edit video ini juga memungkinkan pengguna untuk membagikan hasilnya langsung ke media sosial. Jika ingin menggabungkan beberapa video, aplikasi ini juga menyediakan fungsionalitas dan prosesnya sangat cepat.

Bahkan jika Anda ingin mengonversi format video ke format lain, Anda dapat melakukannya dengan mudah. Jika ingin lebih bereksperimen, Anda bisa menggunakan fitur ganti nama video, merotasi video, dan menambahkan transisi.

14. Funimate

Funimate

Bagi mereka yang ingin menambahkan musik berkualitas ke videonya, aplikasi Funimate sangat direkomendasikan. Aplikasi ini berukuran cukup ringan dan tidak membebani memori ponsel Anda.

Meskipun hanya ada 15 opsi filter, masing-masing dapat membuat video Anda menonjol. Aplikasi ini bisa menjadi pilihan yang baik bagi mereka yang ingin membuat konten untuk Youtube atau Instagram.

Baca Juga : Aplikasi Menggambar di Ponsel

15. Splice

Splice

Aplikasi editor video Splice memungkinkan Anda untuk benar-benar mengedit video di ponsel Android dan iOS Anda. Tampilannya sangat mudah digunakan. Selain itu, Anda dapat menggunakannya secara gratis tanpa iklan yang mengganggu, tanpa watermark, dan tanpa pengeditan. Manfaatkan fitur pengeditan untuk memotong, menggabungkan, dan menambahkan teks, soundtrack, dan overlay video ke video Anda.

Ini adalah salah satu aplikasi pengeditan video yang bagus yang dapat Anda coba di ponsel Android Anda. Sebagian besar juga tersedia untuk perangkat iOS. Secara umum, semua aplikasi video editor di atas mempunyai fitur yang hampir mirip. Aplikasi yang berbeda hanya memiliki sedikit perbedaan dalam cara penggunaannya.

Kami harap artikel ini membantu Anda menemukan aplikasi edit video yang tepat untuk mengedit video anda. Semoga bermanfaat!