4 Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Asuransi Agar Tidak Rugi

Banyak orang yang memilih menggunakan asuransidengan harapan ketika menghadapi kesulitan finansialdapat terbantu. Namun pada perjalanannya banyak yang merasa tidak mendapatkan hasil yang sesuai. Sehingga banyak nasabah yang penasaran bagaimana cara membeli asuransi tidak rugi.

Pada umumnya asuransi sebenarnya hanyalahmemberikan ganti rugi sesuai dengan pertanggungan yang telah disepakati sebelumnya. Sehingga terkadang karenapemahaman yang berbeda membuat nasabah merasadirugikan setelah membayar asuransi selama bertahun-tahun.

Yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Asuransi Agar Tidak Rugi

Bahkan bentuk dari ganti rugi pertanggungan yang diberikan kepada nasabah berbeda-beda. Tergantung produk asuransi yang dibeli, misalnya asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuransi kendaraan dan lain-lain. Nah agar anda mendapatkan ilmu membeli asuransi tidakrugi maka bisa menyimak panduan dibawah ini:

1. Menyesuaikan Dengan Kebutuhan

Langkah yang pertama tentu saja adalah denganmenyesuaikan sesuai kebutuhan Anda saat memilihasuransi. Cara ini juga termasuk salah satu cara yang menguntungkan dibandingkan dengan cara yang lainnya. Sehingga Anda tidak mengalami kerugian karena tidaksesuai dengan harapan.

Cermati semua produk asuransi yang ditawarkan pelajaridengan detail keuntungan dan kerugiannya untuk Anda. Anda bisa mendapatkan keuntungan ketika memilihproduk asuransi yang sesuai. Contohnya ketikamempunyai mobil maka Anda dapat membeli asuransimobil.

Sementara kalau tidak mempunyai kendaraan akan lebihmenguntungkan dengan mengambil asuransi kesehatan, atau asuransi lainnya yang sesuai dengan kebutuhan saatini. Ketika anak-anak masa menjelang sekolah maka akanmemilih asuransi pendidikan pasti menguntungkan.

Asuransi sebenarnya bukan produk investasi yang memberikan keuntungan setiap waktu. Namunkeuntungan yang akan didapatkan oleh nasabah saatmembeli asuransi adalah perlindungan, ketenangan, danmeminimalkan risiko finansial apabila terjadi kondisiyang diluar kendali.

Trending:  Mengenal Jenis Asuransi Kendaraan Beserta Perbedaannya

Selain itu, dengan memilih untuk mempunyai asuransiAnda akan lebih terpacu untuk menabung. Karenamotivasi harus membayar premi setiap bulan dengan tepatwaktu.

2. Membeli Asuransi Dwiguna

Kemudian Anda dapat memilih untuk membeli asuransidwiguna atau unit link ketika ingin mendapatkankeuntungan sebagai investasi atau tabungan masa depan.Karena dengan memilih produk asuransi ini Anda akanmendapatkan dua manfaat dalam satu polis, yakniperlindungan dan investasi.

Anda tidak akan rugi ketika memutuskan membeli denganpolis yang satu ini, karena ada keuntungan yang menggiurkan. Salah satunya Anda akan mendapatkanuang pertanggungan yang lebih besar dibandingkandengan unit umum, pada dasarnya, uang pertanggunganunit link jauh lebih tinggi.

Kemudian ketika Anda membeli asuransi unit link jugaakan mempunyai risiko yang lebih rendah dibandingkandengan memilih asuransi umum. Sehingga Anda akanmerasa tenang dengan uang yang sudah disetorkan. Tidakperlu cemas kalau uang tersebut akan hangus setelahperiode berakhir.

Bahkan keuntungan lainnya yang sangat menyenangkanbagi nasabah adalah bahwa dana asuransi juga lebih stabildan minim kerugian. Hal ini disebabkan karena dana tidakdigunakan untuk keperluan investasi.

Ketika hendak membeli asuransi unit link, alangkahbaiknya kalau mempelajari terlebih dahulu semuarinciannya dengan detail. Sehingga ketika merasa adayang membingungkan dapat langsung bertanya kepadapetugas yang terkait.

3. Membeli Ketika Masih Sehat

Tips asuransi menguntungkan lainnya adalah membelinyaketika kondisi badan masih sehat. Sehingga kesehatanAnda terlindungi setiap saat. Bahkan ketika mendadaksakit atau terkena musibah di saat tidak mempunyaisimpanan uang maka dapat menggunakannya untukmengatasi.

Biasanya pihak perusahaan asuransi akan menolak pengajuan seseorang untuk membeli asuransi kesehatan ketika kondisi tidak memungkinkan. Misalnya pasien sudah mempunyai beberapa penyakit yang cukup parah.

Trending:  Review Asuransi BCA Life

Itulah sebabnya belilah disaat kondisi tubuh masih dalam keadaan sehat, karena kondisi kesehatan calon klien akan dijadikan pertimbangan untuk pengajuan asuransi kesehatan. Selain itu premi yang dibayarkan saat masihsehat juga lebih kecil dibandingkan yang kondisinya sudah tidak sehat.

Biaya premi tentu saja menjadi pertimbangan penting saatmembeli asuransi, karena mempunyai kaitan dengankelancaran pembayaran. Dan juga tidak akanmengganggu kestabilan financial dari calon nasabah, karena asuransi akan berhenti saat nasabah terlambat membayar premi dalam jangka waktu yang sudahdisepakati.

4. Membeli Rider Asuransi

Kemudian tips agar asuransi menguntungkan adalah dengan membeli rider asuransi. Karena produk yang  dapat memberi keuntungan dengan manfaat perlindungan yang lebih banyak. Rider ini adalah provisi tambahan dalam polis asuransi jiwa yang ditambahkan untuk melengkapi polis dasarnya.

Kemudian yang tak kalah penting untuk diketahui adalahketika membeli asuransi tambahan untuk proteksi jiwa. Maka keuntungan yang akan didapatkan adalah:

Accidental Death Benefit

Rider asuransi jiwa merupakan polis yang akan memberikan manfaat perlindungan terhadap risiko meninggal dunia yang diakibatkan karena kecelakaan. Utamanya adalah kecelakaan transportasi publik yang mendapatkan pertanggungan secara utuh jika kematianakibat kecelakaan kurang lebih 90 hari setelahkecelakaan.

Accident Death and Disablement Benefit

Kemudian juga ada keuntungan untuk proteksi jiwa daririsiko yang tidak diinginkan saat membeli asuransi ini. Termasuk perlindungan terhadap risiko cacat total ataucacat sebagian dan kematian akibat kecelakaan. Pertanggungan ini akan diberikan jika tertanggung mengalami cacat karena kecelakaan bukan karena sakit.

Health Benefit

Keuntungan selanjutnya dari rider asuransi ini adalah Anda akan mendapatkan perlindungan ketika dirawat di rumah sakit. Bahkan jumlah pertanggungan dapat disesuaikan dengan tagihan dari rumah sakit jika nominalnya lebih rendah dari nilai pertanggungan maksimal asuransi.

Trending:  Pengertian Asuransi Jiwa, Manfaat dan Jenisnya Yang Harus Diketahui

Alangkah baiknya ketika memutuskan membeli  asuransi  dipertimbangkan dahulu dengan kebutuhan dan budget yang dimiliki. Sehingga tidak akan mendapatkan kerugianakibat tidak sesuai yang diharapkan.

Check Also

Bagaimana Cara Mendaftar Asuransi Jiwa Yang Tepat? Ini Tipsnya!

Tentunya ada berbagai macam tahapan yang harus Anda lakukan ketika ingin mendaftarkan asuransi jiwa maupun …