Aplikasi Penjernih Foto

5 Aplikasi Penjernih Foto Yang Blur atau Buram Modal HP

Apakah foto kamu buram karena efek terburu-buru? Tidak lagi deh. Mari cari tahu di artikel ini aplikasi penjernih foto buram atau blur.


Sangat disayangkan memiliki ponsel yang bergaya tetapi tidak menggunakannya secara maksimal. Apalagi jika menyukai selfie, kamu harus memiliki aplikasi yang akan membuat foto mu lebih menarik.

Selama kamu memiliki ponsel yang bagus, kamera ponsel mu canggih, cuacanya mendukung tapi hasil foto kamu buram atau blur dan tidak punya waktu untuk mengambil foto lagi.

Dengan sedikit usaha, foto buram akan tetap muncul di feed Instagram mu. Berikut ini beberapa aplikasi penjernih foto yang buram bermodalkan HP saja.

Baca Juga : 11 Aplikasi Edit Foto Aesthetic Android dan iOS Terbaik

Daftar Aplikasi Penjernih Foto

1. Snapseed

Google telah membuat aplikasi hebat untuk mengedit foto ponsel cerdas yang disebut Snapseed.

Ada banyak jenis fitur untuk dijelajahi di Snapseed karena alatnya sangat lengkap dan banyak. Selain alat, Snapseed menyertakan filter menarik untuk setiap tema foto yang ingin diedit.

Profesional akan merasa nyaman dengan aplikasi ini karena Snapseed memiliki fitur menarik untuk membuka dan mengedit foto dalam format file JPG atau RAW.

Selain itu, jika kamu telah mengedit foto di Snapseed, kamu dapat menyimpan tema yang telah diedit sebelumnya untuk diterapkan kembali ke foto lain. Keren, benar!

Cara mempertajam foto buram di aplikasi Snapseed:

  • Buka aplikasi Snapseed dan pilih menu Tools.
  • Setelah itu akan muncul beberapa menu untuk mengedit, pilih Details.
  • Selanjutnya, kamu dapat memilih antara Struktur atau Penajaman.
  • Struktur yang menekankan dan mempertajam outline dalam sebuah foto berguna untuk mempertajam detail dalam sebuah foto.
  • Kamu bisa mengaplikasikan keduanya atau salah satunya dengan menggeser ke kiri atau ke kanan tergantung selera edit foto mu.

Cara dan langkah untuk aplikasi lain pada dasarnya sama, kamu hanya perlu mencari menu untuk mempertajam atau menyorot area yang tampak buram.

2. PicsArt

PicsArt adalah aplikasi mempertajam foto terbaik dengan lebih dari 6 juta unduhan. Aplikasi penjernih foto ini ini merupakan salah satu yang trending saat ini.

Membuat foto transparan juga akan membuat foto bertitik karena aplikasi PicsArt menggunakan efek overlay untuk mengedit foto dengan hasil yang menarik.

Jika kamu biasanya perlu menggunakan aplikasi lanjutan melalui komputer, PicsArt memungkinkan mu mengedit foto hanya menggunakan ponsel.

Mirip dengan aplikasi Photo Grid, PicsArt juga menawarkan berbagai stiker yang dapat kamu tambahkan bersama dengan teks pada foto yang diedit.

aplikasi blur foto> Aplikasi Blur Foto PicsArt

Baca Juga : Situs dan Aplikasi Edit Foto Ucapan Ramadhan Beserta Caranya

3. Remini

Jika kamu memiliki kualitas foto yang buruk, Remini sudah memiliki berbagai fungsi pemrosesan gambar menggunakan AI.

Kamu tidak hanya dapat memperbaiki foto tetapi juga video yang tidak fokus untuk membuatnya tampak lebih tajam. Remini dapat mengurangi blur atau blur bahkan pada foto yang diambil dengan kamera lama.

Caranya sangat mudah. Setelah instalasi, masuk dan ikuti langkah-langkah sederhana ini.

  • Untuk mengurangi blur pada foto, pilih menu Enhance.
  • Lalu ketuk ‘Aktifkan’.
  • Setelah itu, file foto akan ditampilkan dan pilih salah satu foto buram.
  • Pilih tanda centang untuk memulai proses pengeditan.
  • Karena ini adalah aplikasi gratis, kamu akan melihat iklan video yang harus Anda tonton sampai akhir.
  • Setelah selesai menonton, Remini akan menunjukkan hasil edit mu.
  • Pilih logo unduhan di sudut kanan atas untuk menyelesaikan. Gambar tajam yang kamu harapkan disimpan ke telepon mu.

Ada juga sejumlah fitur menarik, seperti kemampuan mewarnai foto hitam putih, menganimasikan foto dan lainnya.

4. Pixlr

Selanjutnya adalah Pixlr. Meski tidak sepopuler PicsAt atau Snapseed, aplikasi ini telah diunduh lebih dari 1 juta pengguna Android di PlayStore. Fitur menonjol dari aplikasi ini adalah fokus foto.

Aplikasi penjernih foto ini bisa membuat foto buram menjadi halus dan tajam, layak untuk diunggah, sehingga kamu dapat mencapai hasil yang hampir sama dengan foto HD.

Langkah-langkah yang dapat kamu lakukan sangat sederhana, karena terdapat banyak fitur yang dapat membuat foto buram menjadi lebih tajam.

  • Buka aplikasi Pixlr yang diunduh.
  • Pilih menu Foto. Kemudian temukan foto buram yang ingin dipertajam.
  • Pilih Alat lalu pilih Penyesuaian.
  • Atur tingkat sorot kecerahan foto dan kecerahan kecerahan latar belakang.
  • Sentuhan terakhir untuk membuat foto buram lebih tajam bisa kembali ke alat.
  • Kemudian cari menu auto-correction untuk memperjelas foto blur tadi.

Jika ada noise atau titik yang menghalangi, kamu bisa menghaluskannya dengan mengatur bagian soft function dari alat tersebut. Sangat mudah, kan!

Baca Juga : Aplikasi Edit Background Foto Merah, Biru Untuk Keperluan KTP Dan Sim

5. VSCO: Editor Foto dan Video

Aplikasi VSCO adalah platform pengeditan foto dengan banyak fitur seperti mengubah kontras warna, saturasi, HSL, dll.

VSCO juga telah dipercaya oleh banyak selebriti untuk membuat foto mereka menjadi lebih baik. Kamu dapat menggunakan app penjernih foto blur ini untuk membuat foto mu lebih mudah.

Pengguna cukup memilih menu Sharpen dan Clarity. Sesuaikan level dengan menggerakkan bilah hingga gambar terasa pas. Kemudian ketuk tanda centang dan simpan foto yang telah diedit.

6. Adobe Photoshop Express

Tidak ada yang tahu tentang reputasi Adobe Photoshop yang sering digunakan oleh fotografer profesional untuk mempercantik foto mereka. Adobe Photoshop telah meluncurkan aplikasi edit foto untuk smartphone sebagai apk edit foto terpopuler di dunia.

Berbeda dengan versi PC yang memiliki banyak alat, versi aplikasi didesain sederhana dengan alat yang dapat dioperasikan dengan mudah oleh siapa saja.

Dengan Adobe Photoshop Express, kamu dapat membuat berbagai efek atau kolase yang menarik dalam hitungan menit. Photoshop tidak hanya memungkinkan untuk mengedit dengan baik, tetapi juga membantu mu mempertajam foto yang buram.

  • Langkah pertama tentunya adalah memiliki aplikasi ini terlebih dahulu.
  • Kemudian buka aplikasi dan ambil/pilih foto blur untuk diedit.
  • Pilih fungsi Adjustment dan kemudian ubah pilihan Sharpen tool.
  • Ini adalah alat penajam untuk membuat foto buram menjadi lebih indah.
  • Ubah saja tingkat ketajaman yang menurut mu cukup baik untuk membuat foto buram menjadi lebih tajam.
  • Cukup gunakan peningkatan otomatis untuk kejelasan, klik dan selesai.

Kamu tidak hanya dapat menggunakan aplikasi editor foto, tetapi juga dapat menggunakan aplikasi kamera seperti Open Camera. Kamu dapat menemukan ini di PlayStore.

Baca Juga : 10 Aplikasi Mirip Ome TV Video Call Aman dan Fitur Lengkap

7. Open Camera

Open Camera adalah aplikasi kamera berbasis open source. Aplikasi kamera ini sangat ringan dengan ukuran hanya 1,59MB, namun sangat powerful dengan fitur yang lengkap.

Aplikasi Open Camera terus mengembangkan fitur baru lainnya. Hal yang keren dari apk ini adalah kamu dapat mengontrol penggunaannya seperti kamera DSLR.

Penyedia layanan foto Open Camera menawarkan beberapa fitur yang pengguna dapatkan ketika mereka menginstalnya. Ini disebut stabilisasi otomatis.

Untuk kendali jarak jauh, Open Camera memiliki pengatur waktu, mode pengulangan otomatis, dan perintah suara. Untuk fitur lainnya, aplikasi ini juga menyediakan scene mode, color effect, white balance, ISO, exposure lock, panorama dan noise reduction.

Meskipun bergaya dan gratis, menarik bahwa dengan Open Camera mu dapat menjalankannya tanpa gangguan iklan.

Akhir Kata

Itulah 7 aplikasi penjernih foto buram atau blur modal HP Android mu. Terima kasih sudah mengunjungi artikel ini dan semoga bermanfaat.