8 Cara Mudah Mengatasi Sinyal HP Hilang

8 Cara Mudah Mengatasi Sinyal HP Hilang Atau Lemot, Untuk Semua Android 2021

Bagaimana mengatasi sinyal HP Hilang atau Lemot di HP android Samsung, OPPO, Xiaomi, vivo, Lenovo serta selainnya?, pastinya sangat menjengkelkan lagi asyik telepon ataupun apalagi main sosial media mendadak terputus gara- gara sinyal yang hilang tiba- tiba.

Banyak masalah yang terjadi mengenai sinyal HP hilang, semacam sehabis terjatuh ketanah, kemasukan air, terbentur suatu ataupun bahkan tanpa ada sebab lalu seketika keadaan sinyal hp anda hilang tidak normal. Dan nyaris seluruh jenis smartphone Android mengalami masalah tersebut bahkan iPhone pun bsia mengalami masalah yang sama.

Ketika Sinyal HP Hilang tiba- tiba, hingga koneksi informasi internet otomatis juga hendak terputus( apabila tidak mengenakan Wi- Fi), begitu pula kita hendak kesusahan melaksanakan sambungan Telepon serta selalu gagal berkirim SMS.

Apalagi Keadaan sinyal yang tidak normal, yang kadangkala timbul kadangkala tenggelam, dapat menimbulkan HP panas serta dampaknya energi baterai pula hendak boros sebab hardware bagian penala signal harus bekerja ekstra buat menstabilkan serta menguatkan kondisi jaringan.

Metode engatasi sinyal HP hilang atau lemot di Android

Sebagai gambaran di awal, permasalahan sinyal hilang di Android ini dapat diakibatkan sebab beberapa perihal, semacam:

  1. Permasalahan sistem
  2. Permasalahan komponen
  3. Serta permasalahan dari provider

Langsung saja, berikut solusinya.

1. Ganti Provider

Pertama, coba yakinkan dahulu, apakah provider yang Kamu pakai lagi hadapi kendala ataupun tidak.

Baca Juga  Harga dan Spesifikasi HP vivo Terbaru 2021

Alasannya, walaupun tidak sering terjalin, sinyal provider bisa jadi saja hadapi loss signal ataupun kendala. Terlebih bila Kamu tinggal di wilayah yang jauh dari perkotaan. Penyebabnya dapat sebab aspek cuaca ataupun terdapatnya revisi jaringan.

Kita tidak dapat secara langsung membetulkan permasalahan ini. Tetapi terdapat 2 pemecahan yang dapat Kamu jalani:

  • Tunggu hingga provider- nya normal kembali.
  • Pakai provider lain sementara.

2. Pengecekan Kartu SIM

Misalkan anda meletakkan kartu SIM di sembarang tempat.

Karna ini berbahaya bisa membuat kartu SIM jadi rusak, bisa jadi penyebab sinyal hilang, ataupun SIM- nya tidak terbaca.

Kebanyakan, pemicu rusaknya kartu SIM itu sebab terdapat bagian yang kerap tergores dibagian kuning masnya, ataupun bisa jadi kotor.

Buat solusinya:

  • Coba ganti kartu SIM Kamu. Jika kartu SIM lain terbaca, berarti SIM pertama tadi memanglah rusak.
  • Coba anda masukkan SIM yang rusak tersebut ke HP yang lain. Jika Sim tersebut terbaca di HP lain, bisa jadi slot SIM di HP anda yang rusak.
  • Cek kembali poin pertama. Bisa saja provider- nya gangguan.

2. Cek Pengaturan HP Anda

Buat Kamu yang suka mengotak- atik HP, ini dapat saja jadi salah satu pemicu hilangnya sinyal HP.

Pengaturan ini umumnya terletak di bagian kartu SIM ataupun jaringan, di mana kita dapat mengubah- ubah bermacam berbagai pengaturan di situ.

Solusinya:

  • Coba ingat- ingat serta kembalikan lagi pengaturan sinyal yang Kamu jalani tadinya.
  • Ubah pengaturan sinyal, misal dari LTE ke 3G. Yakinkan pula pencarian operator telah diatur otomatis

4. Perbarui Sistem HP

Kerusakan sistem alias bug, pula dapat jadi salah satu pemicu permasalahan sinyal lemah, ataupun apalagi hilang.

Bug semacam ini umumnya terjalin di HP- HP BM ataupun KW, yang mana umumnya memakai ROM yang tidak normal.

Buat poin ini, cukup cek system pembaharuan di HP Kamu. Jika tersedia, coba pembaharuan sistemnya. Barangkali dengan memperbaruinya, permasalahan ini juga dapat menghilang.

Baca Juga  Trik Mengatasi Hp Oppo Agar Tidak Lemot/ Ngelag Untuk Semua Series

Metode ceknya:

  1. Langkah pertama klik Settings
  2. Buka About Phone
  3. Cek System Updates

5. Reset HP

Sudah di- update sistemnya, tetapi masih belum teratasi pula? Berarti pembaharuan tersebut masih belum dapat melenyapkan bug yang tersimpan.

Buat permasalahan ini, aku sarankan buat me- reset HP Kamu. Dengan begitu, HP Kamu hendak kembali ke Pengaturan Pabrik lagi dengan kondisi sistem semacam baru lagi.

Reset HP ini dapat dicoba lewat recovery HP, ataupun dapat pula lewat setelan HP. Triknya:

  1. Langkah pertama buka Settings.
  2. Masuk ke Backup and Reset.
  3. Klik Factory Reset.

6. Flash Ulang HP

Flash ulang HP, umumnya dicoba buat membetulkan banyak kerusakan di HP. Contohnya semacam HP lemot, error, bootloop, apalagi mati total (Matot).

Dapat dibilang flash ulang ini merupakan salah satu metode sangat jitu buat membetulkan bermacam kerusakan di Android. Termasuk sinyal hilang.

Terlebih jika kerusakan yang Kamu alami merupakan kerusakan di bagian sistem, semacam ROM yang mengalami bug sebagaimana yang saya katakan sebelumnya.

Catatan:

  • Buat melakukan flash ulang HP, triknya dapat silakan searching lagi di Google.
  • Yakinkan metode flash- nya cocok dengan merek serta jenis HP yang Kamu pakai. Sebab jika salah, HP- nya bisa menyebabkan hp anda jadi mati total (Matot).

7. Perbaiki Invalid IMEI

IMEI merupakan no yang terdapat pada HP selaku identitas. IMEI ini memiliki no yang berbeda- beda di masing- masing HP.

Nah, sinyal hilang ini pula berhubungan erat dengan IMEI, lho.!

Ketika IMEI Invalid, HP jadi tidak hendak dapat membaca kartu SIM. Serta ini hendak membuat sistem tidak dapat menangkap sinyal.

Jujur, buat menanggulangi IMEI invalid ini gampang-gampang susah. Karena, bisa saja IMEI- nya dapat dikembalikan, bisa juga gagal.

Baca Juga  Rekomendasi 10 HP Xiaomi Terbaik 2021 Serta Kelebihan dan Kekurangannya.

Solusinya:

  • Cek IMEI Kamu. Kamu dapat memakai aplikasi tertentu( dapat pakai WiFi dahulu buat mengunduhnya) ataupun memakai kode dial*#06#
  • Membetulkan IMEI dapat coba cari tutorialnya di web ini. Pakai fitur search kemudian cari“ Metode Memperbaiki IMEI Invalid“

8. Servis HP

Apabila Hp anda masih error? Berarti jalan terakhirnya dengan metode servis HP.

Jika Kamu telah berupaya dengan cara- cara sebelumnya tetapi masih gagal, bisa jadi komponen di HP Kamu yang mengalami kerusakan. Terutama di bagian slot kartu SIM ataupun penangkap sinyalnya sudah rusak.

Saya sarankan membawa HP Kamu ke Service Center( resmi) yang sesuai dengan merk hp anda buat menemukan mengganti komponen-komponen yang rusak.

Terlebih jika HP yang dipakai masih terdapat garansi. Itu biasanya ada keringanan bagi anda yang mengalami kerusakan hp anda terutama sinyal ataupun yang lainnya. Ada kemungkinan anda akan mendapatkan Hp baru sesuai tipe dan Merk hp anda akan tetapi jika hp anda rusak karna jatuh ke tanah ataupun ke air anda tidak dapat mengganti hp anda dengan yang baru.

Akhir Kata

Nah, sekian artikel tentang Metode Menanggulangi HP Android Hilang Sinyal atau lrmah. Terdapat sebagian metode yang tidak saya masukkan di sini, sebab dirasa kurang relevan. Contoh, semacam berpindah ke tempat yang banyak sinyalnya, ataupun me- restart HP. Sebab bagi saya, 8 metode di atas telah mewakili seluruh panduan serta trik yang mau saya sampaikan di sini. Mudah- mudahan berguna buat anda. Selamat mencoba dan Terima kasih.

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *