8 Prosesor yang Cocok untuk Edit Video Profesional

Bagi Anda yang bekerja sebagai videografer pasti merasa tidak nyaman jika sedang melakukan editing video tapi PC Anda terasa kurang support. Memang ada banyak variabel yang mempengaruhi cepat-lambatnya sistem komputer bekerja antara lain prosesor, RAM (random access memory), memori internal, software yang digunakan, banyak sedikitnya software yang dibuka, dan sebagainya. Disini kami akan secara khusus mengulik lebih dalam apa saja prosesor edit video profesional yang layak untuk Anda pilih sebagai hardware PC Anda.

Demi mendukung kelancaran pekerjaan Anda tentu prosesor menjadi alat dukung yang vital terlebih jika rate Anda sudah tinggi diantara videograger lain. Kebutuhan akan hardware yang mumpuni terbilang tinggi. Sebab pekerjaan sebagai videografer profesional tidak hanya ada di kota besar melainkan juga menjamah kota kecil di seluruh Indonesia.

Pasalnya, orang zaman sekarang enggan melewatkan momen indah yang dilewati tanpa diabadikan dengan hasil yang bagus dan membanggakan jika di posting di sosmed.

Kebutuhan akan prosesor pengeditan inj diperlukan oleh para videografer dari mulai film, iklan tv, iklan sosial media, maupun keperluam dokumentasi pribadi, company atau organisasi. Tentu jumlahnya sangat tinggi, terutama videografer wedding yang mana hampir setiap minggu secara reguler mereka harus bekerja keras menyajikan hasil render video yang cantik sesuai kemauan klien.

Bayangkan saja jika alat yang digunakan untuk edit video tidak tampil prima. Tentu akan menghambat kelancaran kerja Anda, bukan? Anda masih bingung mencari prosesor yang bagus untuk upgrade kualitas editing video Anda, simak disini.

Daftar 8 Prosesor Edit Video Profesional yang Ciamik

Prosesor Intel i9 9900kf

Seri prosesor keluaran Intel generasi kesembilan ini sedang menjadi incaran banyak videografer yang menginginkan otak komputernya memiliki kestabilan endurance dan fitur yang mumpuni untuk menunjang kinerja editing.

Trending:  Download Aplikasi NTMC TV, Pantau Arus Mudik Real-Time

Prosesor keluaran tahun 2019 ini support untuk RAM kapasitas besar hingga mencapai 128GB sehingga performa PC Anda akan sangat siap untuk bekerja berat. Bagaimana tidak, file video mentahnya saja bisa bergiga-giga, belum diubah ke software editing, ditambah audio, ditambah warna, efek, dan lain sebagainya untuk mempercantik hasil video.

Prosesor AMD Athlon 3000G

Prosesor generasi sebelumnya memiliki kerentanan terhadap panas, maksudnya banyak prosesor yang jika digunakan pada cuaca yang panas akan mempengaruhi kinerjanya, belum lagi memang kerja yang berat membuat suhunya naik.

Maka AMD Athlon 3000G adalah pilihan cocok untuk menghindari prosesor dari lag karena terlalu panas, suhu prosesor ini dibuat untuk tahan sampai 95°C. Keren banget prosesor edit video profesional keluaran AMD ini, yang mana pastinya akan super cepat untuk edit video dengan kapasitas besar sekalipun dan dapat dipastikan kerjaan Anda akan lancar sebagai editor.

Prosesor AMD Ryzen 5 5600G

Ada beberapa pengguna PC yang menggunakan OS dari Linux meskipun mayoritas penggunanya menggunakan OS keluaran Microsoft, biasanya pengguna Linux ingin terhindar dari ancaman virus, Linux dianggap lebih safe.

Prosesor AMD Ryzen seri 5 5600G ini support untuk kedua OS, cocok untuk Windows 10 ke atas bagi pengguna Microsoft, cocok untuk Ubuntu x86 bagi pengguna Linux. Kebutuhan sebagai videografer menuntut kesiapsediaan alat kerja yang mumpuni demi kelancaran saat bekerja, tak boleh ada kesalahan kecil yang dapat berakibat fatal terhadap video klien.

Prosesor AMD Ryzen 7 3700X Matisse AM4

Seri prosesor edit video profesional peoduksi AMD ini juga layak dijadikan pilihan prosesor PC rakitan Anda, harganya terbilang cukup mahal tetapi sepadan dengan apa yang Anda dapatkan. Prosesor dengan banderol berkisar 5 jutaan ini sudah support RAM DDR4 yang mana memiliki kecepatan dan kestabilan hardware yang sangat baik.

Trending:  6 Aplikasi Edit Video Aesthetik Terbaik Di Android

Prosesor dengan clock speed mencapai 100MHz ini dapat mencapai frekuensi maksimal 4,4GHz yang mana sangat kencang. Dengan 8 cpres dan 16 threads membuatnya dapat tampil optimal saat digunakan bekerja.

Prosesor Intel i9-10900K

Prosesor keluaran Intel generasi kesepuluh ini diklaim dapat mencapai frekuensi 5,3GHz dan dilengkapi dengan fitur menarik lain seperti velocity boost. Kecepatan tersebut bisa diraih dengan mengaktifkan fitur turbo boost max technology 3.0, Intel menyediakan fitur prosesor yang makin lengkap dengan tetap memperhatikan enduramce hardwrae itu sendiri.

Prosesor dengan chip 14nm ini dibuat dengan masih kompatibel pada PCIe 3.0 tetapi tidak dengan PCIe 4.0 karena sudah digunakan oleh produsen lain.

Prosesor Intel i7 11700

Produk prosesor edit video profesional keluaran Intel ini merupakan generasi baru yang kemunculannya memberikan banyak fitur unik terbaru. Prosesor ini juga diklaim dapat bekerja pada rentang antara 4GHz sampai 5,2GHz pada seluruh cores sehingga performanya dijamin sangat apik.

Sayangnya bagi Anda yang akan beralih dari prosesor lama ke prosesor yang baru ini, Anda harus mengganti motherboard Anda karena perbedaan socket yakni LGA1200. Untuk performa optimal demi kelancaran bekerja, rasanya tidak menjadi persoalan jika harus mengeluarkan budget lebih untuk build PC.

Prosesor Intel i7 12700

Prosesor keluaran tahun 2022 ini diklaim memiliki 12 cores dengan 8 performance cores dan 4 efficiemt core. Dan memiliki jumlah untaian sebanyak 20. Dengan pengaktifan fitur turbo max, prosesor ini dapat menyentuh frekuensi 4,90GHz dan kompatibel dengan RAM DDR4 maupun 5 yang saling mendukung kinerja satu sama lain.

Prosesor dengan daya dasar 65W ini kompatibel dengan socket FCLGA 1700, jadi pastikan motherboard yang Anda siapkan memiliki socket serupa. Produk dengan grafis prosesor seri Intel UHD 770 ini kompatibel dengan PCI express 4.0 dan 5.0.

Trending:  Aplikasi Edit Foto di Ponsel Mudah untuk di Gunakan

Prosesor Ryzen Threadripper PRO 3955WX

Produk prosesor edit video profesional besutan AMD ini perform dengan cores berjumlah 16 dan threads mencapai 32 yang menunjukan tingginya kinerja prosesor ini. Prosesor yang tahan hingga suhu 90°C ini cocok dengan socket sWRX8, jadi pastikan socket yang Anda siapkan kompatibel dengan prosesor produksi AMD tersebut. Prosesor keluaran tahun 2020 ini cocok untuk Anda pengguna OS Windows 10 ke atas atau OS keluaran brand lain yang selevel dengan itu.

Sebagai videografer profesional tentu sudah selayaknya Anda berinvestasi pada alat kerja yang mendukung kinerja Anda dengan baik, salah satunya dengan meng-install prosesor edit video profesional pada perangkat PC kesayangan Anda.

Check Also

Rekomendasi Aplikasi Jual Beli Rumah Terbaik Di Tahun 2022

Rekomendasi Aplikasi Jual Beli Rumah Terbaik Di Tahun 2022

Aplikasi jual beli rumah terbaik – Apakah kamu sedang mencari rumah impian dengan kualitas terbaik? …