Begini Cara Agar Laptop Tidak Lemot

Laptop saat ini sudah menjadi salah satu perangkat yang dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Baik itu untuk bekerja maupun belajar. Masalah yang seringkali dirasakan penggunanya, laptop terasa lemot dan nge-lag. Lalu, bagiamana cara agar laptop tidak lemot?

Ternyata ada banyak cara untuk mengatasi agar laptop tidak lemot. Bahkan hal-hal yang sering dianggap sepele juga mempengaruhi kinerja laptop. Tidak banyak orang yang tahu cara mengatasinya, untuk itu kita akan membahas cara mengatasinya.

Cara Laptop Agar Tidak Lemot

Cara agar laptop tidak lemot

Laptop lemot sangat menganggu aktivitas. Terutama saat bekerja, masalah ini dapat mempengaruhi kinerja kita. Berikut ini, cara yang dapat kamu lakukan atau cara laptop tidak lemot.

Cara Agar Laptop Tidak Lemot: Pasang antivirus

Salah satu penyebab laptop lemot karena mesin terserang virus malware. Untuk itu, kamu disarankan untuk memasang anti virus, berjaga-jaga terserang virus malware atau lainnya.

Pastikan kamu selalu mengecek aplikasi antivirus dan melakukan update, agar laptop tetap aman dari serangan virus. Antivirus ini memiliki fungsi membaca virus-virus yang menyerang laptop.

Pasang aplikasi sesuai kapasitas laptop

Hal kedua yang seringkali menjadi penyebab laptop lemot, terlalu banyak memasang aplikasi. Ya, memasang banyak aplikasi tapi tidak sesuai dengan kapasitas laptop mampu membuat laptop menjadi lemot dan ngefreez.

Gunakan atau pasang aplikasi sesuai kebutuhan. Hapus aplikasi yang kamu anggap tidak terlalu penting. Sebelum membeli laptop, pastikan kamu tahu spesifikasinya dengan detail, nantinya kamu bisa menyesuaikan dengan aplikasi-aplikasi yang akan dipasang.

Bersihkan Desktop dan Aplikasi

Cara laptop tidak lemot yang ketiga, kamu harus membersihkan desktop. Terlalu banyak aplikasi di desktop bisa membuat laptop lama merespon pengguna. Hal ini tidak akan menjadi masalah besar jika laptopmu memiliki RAM besar.

Trending:  Laptop Gahar GS66 Stealth

Usahakan juga jangan terlalu banyak aplikasi yang berjalan saat laptop start-up. Kamu bisa mematikan aplikasi melalui file manager, kemudian pilih start-up. Kemudian perhatikan aplikasi apa saja yang sedang berjalan ketika start-up.

Usahakan jangan banyak aplikasi yang terlalu banyak berjalan. Karena aplikasi tersebut diam-diam bekerja di background dan mengambil kapasitas RAM.

Cara Agar Laptop Tidak Lemot: Tambah RAM

Kamu bisa menerapkan cara laptop tidak lemot berikut ini. Jika kamu membeli laptop dengan RAM kecil misalnya 4 GB, kamu bisa menambahnya menjadi 8 GB atau 16 GB. Bertambahnya RAM akan membuat kinerja laptop menjadi lebih cepat dan tentu saja tidak lemot lagi.

Saat menambahkan RAM perhatikan juga komponen RAM lainnya dengan rinci. Sebelum itu, kamu juga perlu memerhatikan berapa kapasitas RAM yang dapat ditampung oleh laptop. Hal ini agar tidak menambah masalah baru, alih-alih menjadi lebih baik malah tidak bisa digunakan.

Gunakan Cooling Pad

Laptop yang terlalu panas akan mengganggu kinerja software dan membuat laptop lebih lambat dari biasanya. Nah, cara laptop tidak lemot berikut ini, mengharuskan kamu untuk menggunakan perangkat cooling pad. Berfungsi sebagai kipas tambahan agar suhu laptop tetap terjaga dan tidak terlalu panas.

Atau kamu juga bisa menggunakan vacum cooler, berguna untuk menyedot keluar udara panas yang ada pada laptop. Keuda komponen ini sangat membantu agar laptop tidak terlalu panas dan tidak lemot.

Bersihkan Drive C

Laptop yang sudah lama digunakan, misalnya hampir 3 tahun lamanya pasti kinerjanya berkurang. Nah, untuk mengatasi laptop lemot ini kamu bisa dengan rutin membersihkan Drive C.

Kemudian kamu bisa memilih aplikasi mana yang terlalu berat, tidak digunakan, dan tidak terlalu penting. Lakukan uninstall pada aplikasi-aplikasi ini supaya kinerja laptop lebih baik dan tidak lemot lagi.

Trending:  Yuk Ikuti Beberapa Tips Memilih Laptop Bekas Berikut Ini!

Reset Windows

Cara laptop tidak lemot selanjutnya, lakukan reset Windows. Mereset windows membantu kinerja laptop lebih baik, terutama laptop yang sudah berusia bertahun-tahun lamanya. Laptop lama berpengaruh pada sistem windows, sistem menjadi seringkali eror dan menyebabkan laptop menjadi lemot.

Maka dari itu kami sarankan untuk me-reset windows. Sebelum itu, lalukan back-up terlebih dahulu, agar data-data penting tidak hilang. Cara ini dianggap manjur untuk mengatasi laptop lemot.

Rutin Hapus Folder Temp

File yang tersimpan di folder temp, merupakan hasil ekstrak dari aplikasi editing desain. Pengguna laptop biasanya lupa ada banyak file yang tersimpan secara otomatis ke laptop. Jika tidak rutin kamu bersihkan, file ini akan semakin menumpuk banyak dan mampu menghambat sistem kerja laptop.

Hal inilah yang membuat laptop menjadi lemot. Untuk itu, pastikan kamu selalu membersihkan file-file di folder temp. Kamu bisa menggunakan cara ini untuk menghapusnya;

  • Tekan Windows + R
  • Ketik %temp% di kolom yang tersedia, dan tekan enter.
  • Blok semua file dengan CTRL + A.
  • Kemudian tekan Shift + Delete, agar file di folder temp terhapus semuanya.
  • Bersihkan file di Folder Prefetch

Cara laptop tidak lemot berikutnya, kamu juga harus menghapus atau membersihkan file di folder prefetch agar laptop tidak lemot lagi. File yang terdapat di folder ini sangat disarankan untuk dihapus, tidak berpengaruh pada laptop justru semakin membuat performa laptop lebih baik.

Cara menghapusnya seperti ini;

  • Pilih tombol Windows + R
  • Ketik prefetch di kolom yang ada, kemudian tekan enter.
  • Lalu klik OK jika ada permintaan izin.
  • Hapus seluruh file yang ada di folder prefetch.

Itulah cara laptop tidak lemot yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi laptop lemot. Seringkali kita lupa memerhatikan hal-hal di atas sehingga membuat kinerja laptop menjadi berkurang.

Trending:  6 Trik Mengecek Spesifikasi Laptop dan Komputer (Pc) Yang Sangat Mudah Dilakukan.

Check Also

Tips Memilih PC Komputer yang Penting Untuk Diperhatikan

Di era serba digital seperti saat ini, perangkat teknologi seperti smartphone hingga PC komputer menjadi …