Alasan Dedicated Server Hosting Banyak Digunakan

Alasan Dedicated Server Hosting Banyak Digunakan

Penggunaan dedicated server hosting sekarang memang sedang banyak diminati oleh pengguna. Padahal dulu sangat sedikit orang menggunakan layanan ini karena dianggap terlalu mahal.

Sebagai salah satu opsi paling hype tentu saja ada alasan tertentu yang membuatnya sampai seperti sekarang. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini kami akan membahasnya sehingga dapat dijadikan referensi.

Mengapa orang mulai berpindah menggunakan opsi tersebut dibandingkan dengan lainnya. Apakah memang benar worth it digunakan atau justru hanya karena ada flux dalam sisi marketing saja.

Pada kesempatan ini akan kami kupas tuntas sehingga Anda tidak perlu ragu ketika hendak menggunakannya. Kami juga akan membahas kekurangan dari setiap aspek agar dapat dijadikan pertimbangan.

Tentu saja ini adalah acuan paling tepat digunakan oleh para calon user hosting tersebut. Dengan mengetahui seperti apa profilnya tentu Anda akan semakin yakin ketika nanti hendak menggunakannya.

Keamanan Dedicated Server Hosting Terjamin

Salah satu alasan mengapa DSH semakin diminati adalah dari faktor keamanan penggunaan jangka panjang. Secara spesifik ada beberapa faktor utama dari sudut pandang keamanan mengapa ini bisa sangat bagus.

Kami akan membedahnya sehingga Anda dapat menjadikannya sebagai referensi ketika ingin menggunakannya. Tentu saja akan cukup aneh jika menggunakan sebuah service tanpa mengetahui aspek keamanannya.

  1. Kontrol jaringan utama

Dedicated server hosting memang memiliki kontrol penuh dari pengguna sehingga membuat tweaking menjadi lebih mudah. Semakin terbatas kontrol maka penanganan keamanan juga menjadi sulit.

Ini adalah faktor dasar mengapa orang lebih mudah mengelola DSH dibandingkan service lainnya. Jika kontrol secara utuh didapatkan tentu saja segala masalah mampu dilakukan pencegahan.

  1. Proteksi berlapis

Ini adalah bahasa paling mudah dipahami oleh orang awam yang belum pernah menggunakan service. Jadi sistem ini memiliki beberapa keamanan berlapis untuk menghindari serangan eksternal.

Apabila trafik sudah tinggi tentu akan semakin meningkat potensi penyerangan dari luar. Adanya proteksi berlapis itu dapat menjadi salah satu solusi ampuh mencegah penyerangan.

  1. Debugging mudah
Trending:  Shared Server Hosting Solusi Kuno di Era Modern

Jika pada dedicated server hosting terdapat sebuah masalah atau bug maka debugging juga mudah dilakukan. Atas dasar itu para pengelola sangat menyukai layanan ini.

Tentu pengguna akan merasa lebih nyaman jika permasalahan mudah diselesaikan. Sehingga sebagai opsi profesional tentu saja dapat menjadi salah satu nilai tambah guna mengoptimalkan penggunaan.

Ketiga detail tersebut merupakan poin paling penting dalam aspek keamanan ketika menggunakannya. Memang masih banyak lagi faktor keamanan ketika kita lihat secara keseluruhan dari layanannya.

Dedicated Server Hosting Memiliki Kontrol Penuh

Ini adalah salah satu service yang memberikan layanan penuh bagi para pengguna. Ada banyak keuntungan ketika hal seperti ini dimiliki oleh sebuah website yang nantinya dikunjungi banyak orang.

Secara tidak langsung pasti suatu ketika akan muncul bug akibat tweaking atau updating tertentu. Tanpa kontrol penuh maka pengelola laman akan kesulitan dalam melakukan debugging problem tersebut.

Karena dedicated server hosting memiliki kendali penuh maka segala macam kustomisasi dapat dilakukan. Ini tentu tidak akan bisa kita temukan pada jenis server lainnya karena banyaknya keterbatasan.

Bagi Anda yang memang memahami pengelolaan website secara kompleks tentu ini akan memudahkan. Jadi dalam melakukan kustomisasi, tweaking, patching, dan updating mampu berjalan mudah.

Tidak perlu ada lisensi akses tertentu agar dapat memperoleh semua fitur tersebut dalam layanan. Jadi ini dapat menghemat waktu juga ketika hendak melakukan perawatan atau maintenance rutin.

Apabila kita lihat secara lebih kompleks kontrol penuh ini memungkinkan adanya peningkatan sistem keamanan. Dalam dunia jaringan memang tidak mungkin ada sistem keamanan sempurna.

Namun untuk menyempurnakan kekurangan yang ada pada jaringan tentu dapat dilakukan. Oleh karena itu penggunaan dedicated server hosting merupakan salah satu opsi terbaik untuk digunakan.

Trending:  Mengetahui Tips Jitu Pilih Hosting Ideal untuk Website

Pengelola laman tidak perlu harus membuat ulang ketika ada serangan brutal dari pihak eksternal. Bahkan patching kecil dapat dilakukan secara langsung tanpa perlu mempengaruhi performa laman.

Jika hal tersebut kita jadikan sebagai acuan tentu saja pengelolaannya akan menjadi semakin mudah. Artinya biaya pengelolaan sendiri juga dapat ditekan sehingga mampu dialokasikan pada aspek lainnya.

Akses Root Dedicated Server Hosting

Akses root adalah salah satu pertimbangan penting jika website tersebut akan digunakan untuk kepentingan umum. Misalnya sebuah instansi negara membuatnya untuk pelayanan masyarakat.

Apabila akses root sendiri sulit diperoleh pada layanan maka tracking hampir mustahil dilakukan. Tracking ini penting untuk mengetahui bagaimana potensi para pengunjung dan jam efektif mereka.

Sehingga alokasi performa utama pada dedicated server hosting bisa lebih optimal dijalankan. Konsep tersebut memang jarang dibutuhkan oleh para pengguna biasa, namun krusial pada super user.

Masih banyak orang menganggap bahwa akses root sebenarnya tidak terlalu penting untuk dimiliki. Memang benar, jika laman hanya diakses beberapa orang atau untuk kebutuhan konten tentu tidak masalah.

Namun ketika laman tersebut sudah menyediakan service maka perlu ada akses root secara penuh. Ini akan membantu maintenance dalam bidang keamanan maupun kondisi utama tampilan laman.

Apabila ternyata root tersebut aksesnya terbatas tentu akan mempersulit maintenance terutama patching. Jadi laman harus dimatikan sementara agar dapat dilakukan perawatan terkait patching atau tweaking.

Tentu saja hal tersebut akan mengganggu jalannya bisnis atau urusan dari laman terkait. Apabila menggunakan dedicated server hosting tentu problem tersebut tidak akan perlu terjadi.

Jadi bisa lebih mobile antara maintenance dan pengoptimalan akses pada para pengunjung. Hal seperti itu dalam jangka panjang akan menghemat banyak sumber daya ketika melakukan pengelolaan.

Meskipun banyak user memandang sebelah mata namun akses root itu sangat penting. Terutama jika ingin melakukan kustomisasi sendiri sehingga bisa disesuaikan dengan keinginan.

Trending:  Profil Virtual Private Server Hosting Sebelum Menggunakannya

Dedicated Server Hosting Sangat Fleksibel

Ini adalah alasan terakhir yang sebenarnya dapat diartikan sebagai pedang bermata dua. Karena semua akses mampu diperoleh pengguna artinya user tersebut juga harus mampu mengoptimalkannya.

Jika tidak dapat memanfaatkan secara maksimal DSH tentu saja tidak ada bedanya dengan layanan lain. Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan dari sifat fleksibel tersebut sehingga bisa dijadikan sebagai pertimbangan.

  • Keunggulan

Kustomisasi dapat menjadi lebih kompleks sehingga bisa memunculkan keunikan tersendiri pada laman utama. Bisa juga menggunakan template apabila user masih belum menguasai teknis kompleks.

Berbagai macam fitur keamanan dapat dioptimasi untuk mencegah adanya serangan eksternal. Patching akibat serangan juga mudah dilakukan jika hal tersebut ternyata terjadi.

Pengguna dapat menyesuaikan kustomisasi sesuai dengan selera dan kebutuhannya. Tentu saja ini akan mencegah adanya duplikasi baik UI atau UX pada laman tersebut ketika sudah diluncurkan.

  • Kekurangan

Karena sangat fleksibel harga dari layanan seperti ini tentu saja relatif lebih mahal dibandingkan lainnya. Para perusahaan penyedia juga menaikkan tarif pada service tersebut.

Kemudian pengguna juga membutuhkan kemampuan teknis tinggi agar dapat melakukan optimasi. Jadi bagi para pengguna awam kurang kami sarankan karena akan sulit beradaptasi.

Ini adalah salah satu layanan dengan kebebasan tertinggi sehingga maintenance memang perlu serius. Jika tidak dilakukan secara optimal maka potensi dari DSH juga tidak muncul.

Apabila sudah mengetahui seperti apa pedang bermata dua dari DSH tentu Anda dapat mempertimbangkan. Belum tentu semua orang membutuhkan service terbaik seperti ini karena terlalu overkill.

Jadi setelah mengetahui semua pembahasan tadi tentu Anda dapat mempertimbangkan sendiri. Apakah memang dedicated server hosting dapat menjadi opsi paling tepat atau lebih baik pilih lainnya.

Check Also

Web Hosting Gratis, Cari Tahu Keuntungan dan Kekurangannya

Web Hosting Gratis, Cari Tahu Keuntungan dan Kekurangannya

Menggunakan web hosting gratis memang jadi salah satu opsi yang dimiliki oleh blogger dan web …