Alasan Pentingnya Asuransi Yang Wajib Anda Pertimbangkan Untuk Masa Depan

Tidak semua orang menyadari bahwa pentingnya asuransi menjadi salah satu landasan kehidupan masa depan atau masa tua yang lebih baik. Mengapa? Karena dengan asuransilah semua jaminan hidup Anda akan diatur.

Tapi, seringkali kita menghindar untuk membeli asuransi, berpikir mengapa saya perlu membeli asuransi jiwa atau kesehatan karena masih muda dan sehat? Atau, mengapa saya membutuhkan asuransi untuk mobil saya, saya memiliki keterampilan mengemudi yang baik?

Apa itu Asuransi?

Sebelum membahas terkait pentingnya asuransi, mari kita bahas terlebih dahulu definisi asuransi itu sendiri. Konsep asuransi sangat sederhana untuk dipahami. Anda membayar biaya bulanan atau tahunan kepada perusahaan asuransi untuk mengasuransikan hidup Anda, kesehatan, kendaraan, properti, dll untuk jangka waktu tertentu.

Sebagai imbalannya, perusahaan asuransi membayar ganti rugi finansial jika terjadi kerugian pada orang atau objek yang diasuransikan. Jadi, Anda mengalihkan risiko kerugian finansial yang mungkin Anda alami karena ketidakpastian hidup kepada perusahaan asuransi dengan biaya yang kecil.

Misalnya, jika Anda mengalami kecelakaan mobil dan perlu dirawat di rumah sakit. Polis asuransi kesehatan Anda akan menanggung biaya pengobatan untuk rawat inap. Dan, asuransi mobil Anda akan membayar kerusakan mobil Anda.

Sementara itu, jika Anda meninggal dalam kecelakaan, keluarga Anda akan menerima sejumlah uang sekaligus untuk asuransi berjangka Anda. Hal ini akan sangat berguna untuk kehidupan Anda kedepannya. Nah, berikut ini adalah beberapa alasan lain yang bisa Anda ketahui mengenai peran asuransi.

Asuransi Melindungi Orang Kecil

Ketika Anda melihat industri Anda, Anda melihat “orang-orang besar” dan “orang-orang kecil”. Jika risiko salah, orang-orang besar akan mampu bertahan. Mereka bisa menerima pukulan. Mengapa itu bisa terjadi? Karena mereka memahami pentingnya asuransi.

Trending:  Asuransi Kesehatan untuk Hari Tua; Investasi Seumur Hidup

Tapi orang-orang kecil tidak bisa menerima pukulan. Akibatnya, mereka lebih menghindari risiko, dan dalam beberapa kasus, mereka menjual kepada orang-orang besar. Jika cukup banyak orang kecil meninggalkan industri dan satu orang besar menelan mereka, Anda memiliki monopoli.

bagaimanapun, orang-orang kecil memiliki dukungan jika mereka ingin mengambil risiko, yang berarti mereka bertahan lebih lama. Apa yang terjadi adalah bahwa  asuransi membantu mencegah terbentuknya monopoli .

Pentinya Asuransi Memastikan Stabilitas Keluarga dan Bisnis

Asuransi adalah jaring pengaman ketika risiko salah. Asuransi jiwa dapat menopang kehidupan sebuah keluarga, jika ada anggota yang meninggal. Ini mirip untuk bisnis. Jika ada anggota kunci atau peralatan yang kehilangan komisi, bisnis dapat berjalan, berkat asuransi.

Alasan asuransi itu penting sangat cocok dengan ketenangan pikiran. Semuanya kembali ke gagasan bahwa asuransi, ketika diaktifkan, membuat pemegang polis utuh kembali.

Pentingnya Asuransi: Pemberi Pinjaman Membutuhkan Asuransi

Alasan ini terkait dengan nomor satu bahwa pemberi pinjaman mengharuskan Anda memiliki asuransi. Pikirkanlah, pemberi pinjaman hipotek menginginkan bukti asuransi sebelum Anda membeli atau membangun gedung baru.

Singkatnya, untuk mendapatkan uang yang dibutuhkan bisnis Anda untuk terus berjalan, kemungkinan besar Anda menikmati manfaat asuransi.

Tanpa asuransi, model bisnis Anda yang unggul tidak dapat memperoleh pendanaan yang dibutuhkan untuk mengambil langkah pertama, atau model bisnis Anda yang sudah mapan tidak dapat memperoleh pendanaan untuk berkembang dan bersaing dengan lebih baik.

Pentingnya Asuransi Membantu Melindungi Tabungan Anda

Dengan tingkat inflasi yang meningkat di seluruh dunia, dapat menjadi sangat mahal untuk membeli kebutuhan dasar seperti perawatan medis atau bahkan perbaikan mobil. Akibatnya, pengeluaran tak terduga dapat membakar lubang di saku Anda dan memaksa Anda untuk menggunakan semua tabungan Anda.

Trending:  Mengenal Lebih Jauh Terkait Ansuransi Jasa Tania

Namun, jika Anda memiliki polis asuransi yang tepat, Anda dapat tetap aman secara finansial terhadap likuidasi dana Anda untuk banyak pengeluaran tak terduga, seperti kecelakaan atau penyakit.

Pentingnya Asuransi Mendukung Keluarga Anda Ketika Anda Sudah Tidak Ada

Polis asuransi jiwa menawarkan sejumlah uang yang telah ditentukan sebelumnya kepada calon ketika pemegang polis meninggal dunia. Hal ini terbukti pentingnya bagi keluarga pemegang polis karena meskipun tidak ada sumber pendapatan dalam rumah tangga tersebut, mereka tidak perlu khawatir untuk memenuhi kebutuhan dasar mereka.

Dana ini dapat diambil sebagai jumlah sekaligus untuk mengatasi pengeluaran besar atau dapat direncanakan dan diterima setiap bulan sebagai sumber pendapatan tetap. Akibatnya, keluarga Anda tidak perlu khawatir tentang menyimpan makanan di atas meja bahkan saat Anda tidak ada.

Pertanggungjawaban Premi

Kenyataan bahwa premi yang dibayarkan untuk bentuk pertanggungan tertentu memenuhi syarat untuk pengurangan pajak.  Misalnya, premi yang Anda bayar untuk berbagai polis asuransi kesehatan memenuhi syarat untuk mendapatkan manfaat pajak berdasarkan dari undang-undang pajak saat ini.

Anda dapat mengklaim manfaat pajak ini atas premi yang Anda bayarkan untuk asuransi kesehatan Anda sendiri serta rencana asuransi kesehatan untuk pasangan Anda, anak tanggungan, dan orang tua lanjut usia.

Mendukung Perjalanan Investasi Anda

ULIP, kependekan dari Unit Linked Insurance Plans, adalah asuransi yang tidak hanya menawarkan perlindungan asuransi jiwa tetapi juga membantu Anda mengelola dan memelihara portofolio sekuritas.  Oleh karena itu, polis asuransi ini menjadi alat investasi yang hebat bagi banyak investor yang menghindari risiko.

Sebagian besar ULIP memungkinkan Anda untuk menetapkan bobot investasi ekuitas dan utang dalam portofolio Anda dan karenanya, membantu Anda memperoleh pengembalian yang paling sesuai untuk tujuan keuangan jangka panjang Anda.

Trending:  Ketahui Pentingnya Asuransi Kesehatan Umum Untuk Masa Depan Anda

Itulah beberapa alasan pentingnya asuransi yang bisa Anda pikirkan untuk miliki kedepannya. Dengan adanya asuransi, Anda mulai menata kehidupan yang jauh lebih baik dan terjamin, baik untuk diri Anda sendiri maupun keluarga. Tertarik untuk memulai melakukan asuransi? Semoga membantu!

Check Also

Ketahui Jenis Polis Asuransi Yang Wajib Dimiliki Anak Muda

Tahukah Anda bahwa ada polis asuransi yang wajib dimiliki anak muda lho! Asuransi adalah pertanggungan …