Apa Asuransi? Dan Apa Manfaat Untuk Penggunanya

1suara.com – Apa asuransi?  Asuransi adalah suatu sistem sosial yang bertujuan untuk menciptakan cadangan untuk menghadapi kerugian yang tidak pasti yang dihadapi individu dan lembaga dengan mengalihkan beban risiko dari satu orang ke beberapa orang atau sekelompok orang.

Baca Juga: Kenapa harus punya asuransi? kapan harus ada

Manfaat dari asuransi:

– Mencapai prinsip kerja sama antara sekelompok individu yang menghadapi risiko yang sama dan mengamankan masa depan mereka dengan berpartisipasi dalam menanggung risiko yang mereka hadapi

– Melestarikan kekayaan perusahaan dengan memberikan kompensasi kepada mereka untuk hasil dari bahaya yang mungkin ditimbulkan oleh kekayaan ini terkena, seperti kebakaran dan pencurian …. Mempertahankan kapasitas produksi

Penciptaan dan perluasan kredit melalui pinjaman dijamin dengan dokumen, yang memberikan kontribusi untuk mencapai pertumbuhan ekonomi untuk proyek-proyek.
Kontrak asuransi dan pihak-pihaknya

Kontrak asuransi adalah kontrak kesepakatan antara dua pihak, salah satunya adalah penanggung (perusahaan asuransi) dan yang lainnya adalah pelanggan

(tertanggung) bahwa pihak kedua tertanggung wajib membayar premi disebut premi asuransi kepada pihak pertama, dengan ketentuan pihak pertama menyanggupi untuk membayar ganti rugi yang layak kepada tertanggung atau ahli warisnya dalam hal risiko yang dipertanggungkan terwujud.

biaya asuransi:

Premi adalah sumber pendapatan utama, dan itu adalah jumlah yang terutang oleh tertanggung berdasarkan kontrak asuransi yang dibuat antara kedua belah pihak, dan ia berkewajiban untuk membayarnya kepada tertanggung sebagai imbalan atas perolehannya atau bagi penerima manfaat untuk memperolehnya. kompensasi yang sesuai ketika risiko yang dipertanggungkan terjadi.

kompensasi:

Kompensasi yang layak adalah kompensasi material yang dibayarkan tertanggung kepada tertanggung dalam hal risiko yang dipertanggungkan direalisasikan sehingga mempertahankan posisi keuangan tertanggung dan menempatkannya pada posisi keuangan yang sama sebelum risiko yang dipertanggungkan direalisasikan, dengan ketentuan bahwa jumlah ganti rugi tidak melebihi nilai uang pertanggungan.

TRENDING:  Kekurangan Dan Kelebihan Asuransi

Baca Juga: Mengenal Jenis Jenis asuransi

Jenis asuransi:

1 Asuransi fakultatif

adalah asuransi yang dikontrakkan oleh seseorang untuk mendapatkan keuntungan pribadi dalam mengasuransikan dirinya terhadap risiko tertentu, dan hal itu karena keinginan tertanggung sendiri.

Jenis:

Bahayanya bervariasi sebagai berikut:

  • Risiko cedera akibat kecelakaan ditanggung oleh asuransi kecelakaan diri
  • Risiko penyakit ditanggung oleh asuransi Medicare
  • Risiko kematian ditanggung oleh asuransi jiwa
1 – asuransi jiwa
2 – asuransi umum, yang

risikonya bervariasi sebagai berikut:

Bahaya kebakaran ditanggung oleh asuransi kebakaran
Bahaya Kecelakaan Pesawat Dilindungi Asuransi Pesawat
Bahaya pencurian yang ditanggung oleh asuransi terhadap pencurian dan perampokan
Risiko kecelakaan tenggelam yang ditanggung oleh asuransi laut
Risiko bencana alam dilindungi oleh asuransi terhadap gempa bumi dan angin topan
Risiko kehilangan dan kehilangan keuntungan dan ditanggung oleh asuransi kehilangan keuntungan
Bahaya downtime yang dicakup oleh asuransi downtime
Risiko pertanggungjawaban perdata yang ditanggung oleh asuransi pertanggungjawaban perdata, terutama pemilik bisnis, mobil, kapal, dan lain-lain

3- Asuransi wajib adalah asuransi wajib yang

dikenakan oleh negara yang mencakup tanggung jawab perdata tertanggung terhadap orang lain Ada tiga jenis di Mesir:

  • Asuransi wajib terhadap tanggung jawab perdata untuk kecelakaan mobil.
  • Asuransi wajib terhadap tanggung jawab perdata yang timbul dari penggunaan lift.
  • Asuransi wajib terhadap tanggung jawab perdata pihak ketiga yang timbul dari pekerjaan konstruksi.