Akuntansi Keuangan

Akuntansi Keuangan: Pengertian, fungsi, Tujuan dan Poin lainya

Operasi akuntansi di sebuah perusahaan secara garis besar dapat dibagi menjadi akuntansi manajemen dan akuntansi keuangan. Banyak orang mungkin tidak dapat secara akurat memahami perbedaan antara keduanya. Pada artikel ini, saya akan menjelaskan perbedaan dan fungsi akuntansi manajemen sekaligus menjelaskan akuntansi keuangan.

Apa itu Akuntansi Keuangan?

Akuntansi keuangan adalah akuntansi perusahaan untuk pelaporan di luar perusahaan. Saat melaporkan, kami akan menyiapkan dan mengungkapkan laporan keuangan. Berikut ini akan kami jelaskan pengertian akuntansi keuangan, isi bisnis, dan kualifikasi yang berguna dalam mendapatkan bisnis.

definisi

Akuntansi keuangan adalah akuntansi untuk memperjelas kondisi keuangan dan bisnis kepada perusahaan luar seperti pemegang saham dan kreditur. Dengan memperjelas kondisi keuangan dan kondisi bisnis, kami memberikan laporan keuangan dan informasi akuntansi lainnya perusahaan kepada pemangku kepentingan di luar perusahaan.

konten bisnis

Isi bisnis akuntansi keuangan dapat dibagi menjadi dua jenis: akuntansi dan keuangan. Dalam akuntansi, tugas saya adalah mengatur catatan transaksi harian. Di sisi lain, dalam sistem keuangan, saya bertanggung jawab atas tugas-tugas yang tidak lazim seperti analisis data yang dikumpulkan dengan akuntansi dan pemantauan angka KPI. Garis besarnya masing-masing adalah sebagai berikut.

Akuntansi adalah singkatan dari manajemen bisnis. Kami terutama melakukan pekerjaan kantor yang terperinci seperti pembayaran, pembukuan, dan pembuatan slip. Penyusunan laporan keuangan dan laporan keuangan yang akan diungkapkan ke luar perusahaan juga termasuk dalam pekerjaan akuntansi ini. Akuntansi juga merupakan departemen yang mengelola aliran uang dalam sebuah perusahaan, dan salah satu tugasnya adalah menyetujui pengeluaran yang digunakan dalam bisnis.

Treasury adalah bisnis yang mengelola arus kas dan anggaran perusahaan. Di bidang keuangan, kami merancang dan melaksanakan rencana keuangan dengan mengacu pada data yang dikumpulkan oleh akuntansi. Bisnis utama adalah pengadaan dana seperti pinjaman bank dan penerbitan saham, serta pengelolaan kelebihan dana seperti investasi dan M&A.

Kualifikasi yang berguna untuk operasi akuntansi keuangan
Kualifikasi yang berguna untuk pekerjaan akuntansi keuangan meliputi Pembukuan Nissho, Ujian Akuntansi Bisnis, dan Akuntan Pajak. Dari sini, saya akan menjelaskan ketiga kualifikasi tersebut.

Pembukuan Nissho

Anda dapat memperoleh berbagai pengetahuan akuntansi seperti kemampuan memahami laporan keuangan dan metode pembukuan yang benar. Ini adalah kualifikasi yang terkenal dan praktis.
Pembukuan Nissho memiliki pemula dan kelas 3 hingga 1, tetapi dikatakan mudah untuk memperoleh keterampilan praktis di kelas 2. Umumnya, target evaluasi dalam pekerjaan akuntansi adalah Level 2 atau lebih tinggi.

Sertifikasi akuntansi bisnis

Anda dapat memperoleh pengetahuan dasar akuntansi yang diperlukan untuk pengusaha. Secara khusus, dengan memperoleh kemampuan membaca laporan keuangan, Anda akan dapat menganalisis perusahaan dari perspektif akuntansi. Tingkat kesulitannya tidak tinggi, sehingga direkomendasikan bagi yang ingin memperoleh pengetahuan dasar akuntansi.

Akuntan pajak Seorang akuntan pajak tidak hanya ahli dalam pengukuran pajak tetapi juga ahli dalam konsultasi pinjaman. Salah satu tempat akuntan pajak berperan aktif dalam akuntansi keuangan adalah penyusunan laporan keuangan. Jika Anda memiliki kualifikasi, Anda akan dapat melihat ke depan ke poin-poin yang ditunjukkan dalam penyusunan “neraca” yang akan menjadi dasar bagi bank untuk memutuskan pinjaman, dan Anda akan dapat mengambil tindakan proaktif.
Kualifikasi untuk mengikuti ujian ditetapkan, dan tingkat kelulusannya adalah 15 hingga 20%, yang merupakan tugas yang sulit, tetapi juga merupakan kualifikasi yang sangat berguna untuk pekerjaan akuntansi keuangan.

Perbedaan dengan akuntansi manajemen

Operasi akuntansi perusahaan meliputi akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen. Dari sini, saya akan menjelaskan tentang akuntansi manajemen dan apa yang harus dikelola.

Apa itu akuntansi manajemen?

Akuntansi manajemen adalah metode akuntansi untuk mengelola bagian dalam perusahaan. Hal ini dilakukan oleh manajer atau penanggung jawab untuk memahami kondisi bisnis perusahaan. Oleh karena itu, tujuannya berbeda dengan akuntansi keuangan yang menyasar pemangku kepentingan di luar perusahaan.

Informasi akuntansi manajemen dapat digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan manajemen. Hal ini juga berguna untuk mengukur dan mengevaluasi bagian dalam jaringan. Karena akuntansi manajemen adalah untuk penggunaan internal, tidak ada format tetap seperti akuntansi keuangan. Jangka waktu dan jumlah eksekusi juga diputuskan oleh perusahaan atas kebijakannya sendiri.

Konten yang akan dikelola

Isi yang akan dikelola tidak ditentukan, tetapi yang khas adalah pengendalian biaya dan pengendalian anggaran.

Pengendalian biaya adalah perhitungan biaya produksi suatu produk. Kami terutama mengamankan keuntungan dan mengelola risiko. Secara khusus, dengan mengklasifikasikan biaya menjadi “biaya tetap” dan “biaya variabel”, Anda dapat menghitung titik impas dan membuat anggaran yang akurat.
Khususnya dalam akuntansi manajemen, “titik impas” itu penting. Jika Anda mengetahui titik impas, yang merupakan garis batas di mana keuntungan dan kerugian berbeda, Anda akan dapat menghitung berapa banyak keuntungan yang akan Anda hasilkan sehubungan dengan biaya, dan akan lebih mudah bagi Anda untuk membuat keputusan manajemen.

Pengendalian anggaran adalah apa yang dibutuhkan perusahaan untuk menetapkan tujuan yang ingin dicapai dan dikerjakan dalam suatu bisnis. Selain memperjelas target penjualan perusahaan, dengan mengecek kinerja penjualan secara berkala, dapat mencegah penyebaran kerugian dan mendeteksi tanda-tanda bahaya. Ini adalah bisnis yang sangat diperlukan untuk manajemen.

Fungsi akuntansi keuangan

Di sini, kami akan menjelaskan berbagai fungsi akuntansi keuangan.

Fungsi penyediaan informasi

Fungsi penyediaan informasi adalah untuk menyediakan laporan keuangan, dll yang dapat digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan investasi dan pinjaman di luar perusahaan. Misalnya, beberapa investor berinvestasi di perusahaan yang tidak mengungkapkan informasi apa pun.
Di sisi lain, jika Anda dapat memberikan informasi yang sangat kredibel, itu akan menjadi faktor penilaian dan akan mendorong investasi. Dalam pengertian ini, akuntansi keuangan dapat dikatakan sebagai pengungkapan informasi untuk menerima investasi dan pinjaman.

Fungsi penyesuaian pasak

Fungsi penyesuaian bunga adalah fungsi yang menyesuaikan kepentingan di luar perusahaan. Contoh spesifik dari penyesuaian pemangku kepentingan adalah hubungan kepentingan antara pemegang saham dan kreditur.
Misalnya, pemegang saham mungkin ingin menerima dividen sebanyak mungkin dari perusahaan, sementara pemasok perusahaan dan bank mungkin ingin menghemat uang sebanyak mungkin untuk transaksi dan pembayaran yang stabil. ..
Oleh karena itu, pemangku kepentingan di luar perusahaan memeriksa aliran dana dari laporan keuangan yang disediakan oleh manajemen keuangan. Dengan memeriksa aliran dana, pemegang saham dapat melihat berapa banyak dividen yang dapat mereka harapkan, dan kreditur dapat melihat untuk apa perusahaan menghabiskan uang. Hal ini memungkinkan pemangku kepentingan di luar perusahaan untuk menyesuaikan kepentingan mereka berdasarkan perkiraan mereka sendiri.

Struktur teoritis akuntansi keuangan

Karena akuntansi keuangan diklasifikasikan sebagai akuntansi perusahaan yang terbuka untuk umum, maka dibuat berdasarkan struktur teoritis akuntansi perusahaan.

Dasar dari struktur teoritis adalah “aksioma akuntansi”. Struktur teoritis akuntansi keuangan adalah struktur piramida tiga tingkat yang terdiri dari substruktur “Standar Akuntansi”, kemudian struktur perantara “Prinsip Akuntansi”, dan akhirnya suprastruktur “Prosedur Akuntansi”.

Dari sini, saya akan menjelaskan “aksioma akuntansi”, “prinsip akuntansi”, dan “prosedur akuntansi” yang membentuk struktur teori akuntansi keuangan.

Aksioma Akuntansi

Aksioma akuntansi adalah ide dasar yang ditetapkan untuk menetapkan setiap prinsip akuntansi. Perusahaan wajib melakukan kegiatan ekonomi berdasarkan standar akuntansi. Oleh karena itu, segala sesuatu tentang akuntansi tidak akan mungkin terjadi tanpa aksioma akuntansi.
Ada dua jenis utama aksioma akuntansi. Ada “aksioma struktural” yang menunjukkan kerangka struktural akuntansi perusahaan yang sangat diperlukan untuk akuntansi, dan “aksioma permintaan” yang menunjukkan tujuan dan proposisi akuntansi perusahaan.

Ada tiga aksioma struktural yang menunjukkan kerangka struktural akuntansi perusahaan.

  1. Aksioma entitas perusahaan
  2. Aksioma kelangsungan usaha
  3. Aksioma evaluasi moneter

Ada dua aksioma yang diperlukan yang menunjukkan tujuan dan proposisi akuntansi perusahaan.

  1. Aksioma Kemanfaatan
  2. Aksioma Keadilan

Prinsip – prinsip akuntansi

Prinsip akuntansi adalah norma akuntansi yang harus dipatuhi oleh semua perusahaan dalam melakukan perlakuan akuntansi. Ini juga merupakan prinsip standar untuk menilai kesesuaian laporan keuangan sebelum melakukan audit akuntansi.

Prinsip akuntansi memiliki tiga karakteristik. Berikut ini adalah rangkuman singkat dari ketiga kepribadian tersebut.

Yang pertama adalah “hal-hal yang telah menjadi kebiasaan dalam praktik dan diterima secara umum sebagai hal yang wajar dan wajar”,
yang kedua adalah “standar yang harus dipatuhi akuntan ketika mengaudit laporan keuangan”, dan
yang ketiga adalah “undang-undang dan peraturan akuntansi”. Apa yang harus dihormati ketika memberlakukan, mengubah atau menghapus ”

Prinsip akuntansi tidak dapat ditegakkan secara hukum. Namun, undang-undang menetapkan bahwa akuntansi perusahaan diterima secara umum sebagai wajar dan sesuai, dan ditafsirkan bahwa perusahaan harus mematuhi prinsip-prinsip akuntansi berdasarkan undang-undang ini.

prosedur akuntansi

Dalam prosedur akuntansi, perlakuan akuntansi khusus dilakukan berdasarkan aksioma akuntansi dan prinsip akuntansi. Dalam akuntansi keuangan, prosedur akuntansi adalah untuk mengumpulkan informasi yang menjelaskan manajemen dan situasi keuangan seperti laporan keuangan.

Pentingnya akuntansi keuangan

Apa pentingnya menyediakan bahan pertimbangan ke luar perusahaan melalui akuntansi keuangan? Dari sini, kami akan menjelaskan signifikansinya dari sudut pandang kreditur seperti bank, investor seperti modal ventura, dan mitra bisnis.

Kreditur seperti bank

Bank memeriksa laporan keuangan, meninjau pinjaman, dan menentukan kondisi tertentu. Laporan keuangan ini secara khusus adalah neraca, laporan laba rugi, laporan arus kas, dll. Bank memberikan pinjaman berdasarkan “laporan laba rugi” dan “neraca” sebagai kriteria utama.

Ketika lembaga keuangan seperti bank memberikan pinjaman, hal yang paling ditakuti adalah utang macet. Oleh karena itu, ketika memutuskan apakah akan meminjamkan, kami fokus pada neraca, yang berisi semua informasi keuangan perusahaan, daripada laporan laba rugi, yang menunjukkan kinerja bisnis selama satu tahun.

Investor seperti modal ventura (VC)

Modal ventura (VC) adalah perusahaan investasi yang berinvestasi di perusahaan start-up. VC berinvestasi di perusahaan kecil dan bertujuan untuk mendapatkan keuntungan modal untuk mendapatkan keuntungan dengan menjual saham atau bisnis ketika perusahaan tumbuh.

VC tidak berinvestasi di perusahaan dengan informasi yang tidak pasti. Kami akan mengumpulkan informasi dan melakukan investasi jika kami menentukan bahwa perusahaan akan berkembang pesat. Oleh karena itu, laporan keuangan yang dapat menunjukkan pertumbuhan dan keuangan suatu perusahaan dapat dikatakan sebagai judgement factor yang penting bagi VC untuk mengidentifikasi tujuan investasi.

Pemasok

Untuk perdagangan yang efisien antar perusahaan, kita sering melakukan “transaksi kredit” di mana pembayaran diterima setelah menerima layanan atau mengirimkan produk. Kredit berarti “menunda pembayaran dengan memberikan kredit kepada pihak lain”. Ketika sebuah perusahaan melakukan transaksi kredit, ia melakukan pemeriksaan kredit, menilai kredit, dan kemudian menentukan batasnya.

Saat melakukan transaksi kredit, hal terpenting yang harus diperhatikan adalah kondisi keuangan perusahaan mitra. Oleh karena itu, laporan keuangan yang dapat menangkap keadaan keuangan pihak lain diperlakukan sebagai salah satu informasi penting yang menentukan peringkat kredit.

Cara membuat akuntansi lebih efisien

Akuntansi, yang mencatat transaksi menurut standar akuntansi, adalah tugas yang melelahkan dan memakan waktu dan tidak praktis. Bagaimana Anda bisa membuat akuntansi Anda lebih efisien? Dari sini, kami akan fokus pada penggunaan Excel dan perangkat lunak akuntansi sebagai sarana untuk meningkatkan efisiensi pemrosesan akuntansi.

Pemanfaatan Excel

Excel, perangkat lunak perhitungan yang sangat serbaguna, juga dapat digunakan untuk pekerjaan akuntansi. Ada dua keuntungan utama menggunakan Excel untuk pekerjaan akuntansi.

Pertama-tama, biaya awal menggunakan Excel rendah. Perangkat lunak akuntansi mahal untuk diinstal dan dirawat, tetapi Excel sering kali sudah diinstal sebagai perangkat lunak dasar saat Anda membeli komputer, sehingga Anda dapat menggunakannya tanpa mengeluarkan biaya tinggi. Juga, karena diakui secara luas, tidak ada biaya pendidikan atau waktu untuk beroperasi.

Keuntungan lain dari Excel adalah relatif mudah untuk dikustomisasi. Perangkat lunak akuntansi hanya memiliki fungsi tertentu, tetapi Excel dapat menyesuaikan format sesuai dengan situasi. Misalnya, Anda dapat menyortir item atau menambahkan fitur untuk memungkinkan pemrosesan khusus.

Di sisi lain, untuk membangun sistem yang dapat mengotomatisasi pemrosesan akuntansi di Excel, perlu mempelajari fungsi dan makro, dan juga membutuhkan presisi. Jika Anda melakukan kesalahan, akan membutuhkan banyak waktu dan upaya untuk memperbaikinya, dan mungkin membutuhkan waktu lebih lama. Selain itu, merupakan beban berat untuk memperbarui sendiri ketika undang-undang yang terkait dengan akuntansi diubah. Penting juga untuk dicatat bahwa jika orang sistem yang akrab dengan Excel pensiun tanpa penyerahan yang memadai, ada risiko bahwa sistem itu sendiri akan menjadi tidak dapat digunakan.

Pemanfaatan software akuntansi

Meskipun perangkat lunak akuntansi mahal untuk dipasang dan dipelihara, ia dapat mengotomatiskan berbagai tugas seperti manajemen sistem dan pembaruan, sehingga tidak perlu memiliki personel dengan keahlian khusus yang ditempatkan di perusahaan untuk membangun sistem.
Selain itu, meskipun perangkat lunak akuntansi lebih rendah daripada Excel dalam hal kemampuan penyesuaian, ia memiliki berbagai fungsi untuk setiap industri, sehingga Anda dapat mulai menggunakannya segera setelah instalasi. Selain itu, ia memiliki fitur unik yang tidak dimiliki Excel. Misalnya, salah satunya adalah kemampuan untuk memvisualisasikan status bisnis secara real time.