Apa itu asuransi jiwa? kelebihan dan kekuranganya

Apa itu asuransi jiwa?

Secara umum, asuransi untuk manusia adalah asuransi jiwa, dan asuransi barang adalah asuransi non-jiwa. Ada banyak jenis asuransi jiwa, seperti asuransi jiwa seumur hidup, asuransi berjangka tetap, asuransi endowmen, asuransi kesehatan, asuransi kanker, dan asuransi perawatan jangka panjang.

Dengan asuransi jiwa seumur hidup dan asuransi jiwa berjangka, jika tertanggung meninggal dunia, ahli waris akan menerima uang asuransi.

Baca Juga: Mengenal Jenis Asuransi Dan Manfaatnya yang Paling Penting

Sistem asuransi jiwa

Saling Membantu

Ada “gotong royong” sebagai mekanisme dasar asuransi. Hal ini untuk saling membantu ketika pelanggan dalam kesulitan. Oleh karena itu, tidak cocok bagi mereka yang ingin mengambil asuransi dan dibayar (ingin menerima manfaat dll yang melebihi premi yang dibayarkan oleh pelanggan).

Komposisi

asuransi jiwa Asuransi jiwa terdiri dari “kontrak utama”, yang merupakan inti dari kontrak asuransi, dan “kontrak khusus (atau ketentuan khusus)” yang ditambahkan berdasarkan permintaan. Kontrak tidak berlaku.

Cakupan asuransi jiwa di Jepang sekitar 80%

Menurut Survei Asuransi Jiwa Life Insurance Culture Center 2016, persentase orang yang memiliki asuransi jiwa (termasuk asuransi anuitas individu) adalah 81,7% untuk pria dan 83,0% untuk wanita .

Berdasarkan generasi, laki-laki berusia 40-an memiliki rasio tertinggi sebesar 89,4% , dan wanita berusia 50-an memiliki rasio tertinggi sebesar 89,6% .

Selain itu, Asosiasi Asuransi Jiwa edisi 2017 dari “Tren asuransi jiwa”, dan jumlah kontrak yang dimiliki perusahaan asuransi jiwa 41 perusahaan (asuransi individu dan anuitas individu dari total), 100 juta 89.470.000 ulasan adalah juga peningkatan. Banyak orang memiliki asuransi jiwa.

Perbedaan antara asuransi jiwa dan tabungan

Asuransi jiwa dan tabungan efektif sebagai persiapan ekonomi dalam keadaan darurat atau ketika biaya pengobatan diperlukan karena sakit atau cedera.

Tabungan tidak memberi Anda jumlah yang Anda inginkan sampai Anda menyimpannya, tetapi asuransi memungkinkan Anda untuk mendapatkan jumlah yang Anda inginkan segera setelah Anda membelinya. Sebaliknya, asuransi mengharuskan Anda membayar premi.

TRENDING:  Mengenal Jenis Jenis asuransi

Perbedaan antara asuransi jiwa dan asuransi kesehatan

Asuransi jiwa mencakup manusia, tetapi bila dibagi lagi, hanya asuransi yang memungkinkan penerima manfaat untuk menerima asuransi karena kematian atau cacat berat tertanggung yang disebut asuransi jiwa (atau asuransi kematian), dan karena sakit atau cedera. asuransi yang memungkinkan penerima menerima manfaat pada saat dirawat di rumah sakit atau menjalani operasi. Dalam kasus asuransi kesehatan, tertanggung biasanya adalah penerima manfaat.

Bagaimana cara menentukan premi asuransi jiwa?

Rincian premi asuransi jiwa

Premi yang dibayarkan oleh pemegang polis kepada perusahaan asuransi terdiri dari premi bersih dan premi tambahan. Premi bersih adalah sumber dana untuk pembayaran asuransi, dan premi tambahan adalah biaya yang diperlukan perusahaan asuransi untuk menjalankan perusahaan.

Cara menentukan premi bersih dan premi tambahan

Premi bersih didasarkan pada tingkat bunga yang diharapkan dan tingkat kematian yang diharapkan, dan premi tambahan didasarkan pada tingkat biaya operasional yang diharapkan.

Tingkat bunga yang diharapkan Ini

didasarkan pada asumsi hasil investasi di masa depan, dan premi asuransi cenderung meningkat dalam situasi di mana investasi tidak dapat diharapkan terlalu banyak.

Angka kematian yang diharapkan Ini

adalah asumsi tingkat kematian di masa depan, dan dalam situasi di mana rata-rata harapan hidup diperpanjang, tingkat kematiannya rendah dan premi asuransinya cenderung rendah.

Rasio biaya operasi yang diharapkan Ini

didasarkan pada asumsi biaya operasi di masa depan, dan jika perusahaan asuransi mengendalikan biaya operasi, premi asuransi cenderung turun.