Apa itu Asuransi Kecelakaan dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Asuransi kecelakaan membantu Anda membayar biaya medis dan biaya pribadi lainnya yang mungkin Anda keluarkan setelah cedera yang tidak disengaja. Ini termasuk perawatan darurat, rawat inap di rumah sakit, pemeriksaan kesehatan, serta biaya lain yang mungkin Anda hadapi seperti kebutuhan transportasi dan penginapan.

Rencana asuransi kecelakaan dibeli seperti jenis rencana asuransi lainnya. Anda akan membayar premi untuk pertanggungan Anda, yang akan bervariasi berdasarkan lokasi Anda dan paket spesifik yang Anda pilih.

Ada banyak penyedia asuransi yang menawarkan berbagai paket asuransi kecelakaan di setiap negara bagian. Salah satu broker berlisensi akan dengan senang hati membantu Anda menemukan rencana terbaik untuk kebutuhan dan anggaran spesifik Anda.

Apa itu Asuransi Kecelakaan?

Asuransi kecelakaan mencakup cedera yang memenuhi syarat, yang mungkin termasuk anggota badan yang patah, kehilangan anggota badan, luka bakar, laserasi, atau kelumpuhan. Jika Anda meninggal karena kecelakaan, asuransi kecelakaan akan membayarkan uang kepada ahli waris yang Anda tunjuk.

Sementara perusahaan asuransi kesehatan membayar penyedia atau fasilitas Anda, asuransi kecelakaan membayar Anda secara langsung. Asuransi kecelakaan dianggap sebagai asuransi tambahan dan paling membantu bila digunakan dalam kombinasi dengan rencana medis utama.

Cakupan kecelakaan Anda akan menanggung biaya yang tidak ditanggung oleh rencana medis Anda, seperti pembayaran bersama dan pengurangan Anda. Ini juga akan mencakup biaya non-medis seperti hipotek atau sewa, tagihan listrik, dan pengeluaran harian lainnya.

Asuransi Kesehatan Jangka Pendek

Rencana kesehatan jangka pendek menawarkan pertanggungan sementara ketika Anda tidak dapat mendaftar dalam pertanggungan permanen. Cakupan ini dapat melindungi Anda dari tagihan medis yang mungkin timbul dari keadaan darurat atau perubahan kesehatan saat Anda tidak memiliki rencana medis besar.

Trending:  Cara Klaim Asuransi Mobil Kredit, Sangat Mudah

Anda mungkin memenuhi syarat untuk asuransi kesehatan jangka pendek jika Anda kehilangan pertanggungan berbasis majikan Anda dan Anda menunggu pertanggungan untuk memulai dengan majikan baru atau Anda keluar dari periode pendaftaran terbuka.

Rencana kesehatan jangka pendek biasanya tidak menawarkan cakupan komprehensif yang sama dengan rencana medis jangka panjang, tetapi mereka dapat menawarkan pendaftaran cepat, premi rendah, dan pertanggungan untuk biaya pengobatan tak terduga.

Asuransi Penyakit Kritis

Asuransi penyakit kritis dirancang untuk melindungi Anda jika terjadi penyakit yang ditanggung, seperti stroke, serangan jantung, atau diagnosis kanker. Tidak seperti rencana medis tradisional yang mengganti biaya rumah sakit atau dokter untuk perawatan yang Anda terima; asuransi penyakit kritis membayar sekaligus kepada Anda secara langsung untuk menutupi biaya yang mungkin timbul sebagai akibat dari kondisi Anda.

Seperti rencana kesehatan jangka pendek, asuransi penyakit kritis dapat diperoleh dengan cepat dan Anda dapat membelinya kapan saja sepanjang tahun. Anda dapat memilih tingkat pertanggungan yang ingin Anda terima, dan penyakit tertentu yang ditanggung juga dapat bervariasi dari satu paket ke paket lainnya.

Asuransi Ganti Rugi Tetap

Asuransi ganti rugi dirancang untuk melindungi hal-hal yang mungkin Anda hilangkan selama acara kualifikasi, seperti kecelakaan, cedera, atau penyakit serius. Seperti paket tambahan lainnya yang tercantum di sini, pembayaran dari paket ganti rugi langsung diberikan kepada Anda alih-alih dokter atau rumah sakit Anda.

Rencana ini paling efektif ketika mereka memberikan lapisan perlindungan lain dengan menutupi biaya yang tidak termasuk dalam asuransi kesehatan medis utama Anda. Karena uang tersebut dibayarkan langsung kepada Anda, Anda dapat menggunakan dana tersebut untuk pengeluaran apa pun yang mungkin Anda hadapi sebagai akibat dari penyakit atau cedera Anda.

Trending:  Perlukah Asuransi Rumah Tinggal? Ini Biaya & Manfaatnya

Biaya Apa Saja Yang Dikecualikan?

Kebijakan kecelakaan tambahan hanya mencakup biaya terkait cedera. Mereka mengecualikan obat resep dan perawatan pencegahan (seperti kunjungan dokter prenatal). Mereka tidak harus menutupi kebutuhan medis yang terkait dengan cedera yang sudah ada sebelumnya.

Juga, rencana asuransi kecelakaan tidak akan membayar jika Anda terluka saat melakukan sesuatu yang diketahui berisiko. Manfaat tidak dibayarkan jika Anda terluka dalam situasi seperti: balap mobil, terjun payung, layang gantung, kompetisi atletik profesional atau semi-pro, contoh melukai diri sendiri dan egiatan ilegal (misalnya, mengemudi dalam keadaan mabuk)

Bagaimana Anda Membuat Klaim?

Anda mengajukan klaim setelah orang yang dilindungi — Anda atau anggota keluarga — mengalami cedera yang memenuhi syarat. Ini melibatkan pengisian dan penyerahan formulir klaim ditambah dokumen pendukung yang diperlukan. Kemungkinan dokter Anda juga harus memberikan beberapa informasi.

Sebagian besar rencana mengharuskan klaim diajukan dalam satu atau dua bulan. Dokumen rencana Anda akan menentukan tenggat waktu Anda. Klaim Anda harus diselesaikan dalam waktu satu atau dua minggu. Perusahaan asuransi akan membayar manfaat langsung kepada Anda.

Apa Perbedaan Antara Asuransi Kecelakaan dan Asuransi Kesehatan?

Tujuan asuransi kecelakaan adalah untuk melengkapi — bukan menggantikan — asuransi kesehatan standar. Jika Anda dirawat karena cedera, polis asuransi kesehatan utama Anda akan membayar sebagian besar biayanya. Tapi Anda mungkin masih menghadapi copays besar atau dikurangkan tinggi.

Anda dapat menempatkan pembayaran tunai asuransi kecelakaan Anda untuk biaya-biaya tersebut. Perbedaan lain: Paket kesehatan biasanya mengharuskan Anda menggunakan dokter atau jaringan tertentu. Asuransi kecelakaan akan membayar manfaat tidak peduli siapa yang merawat Anda.

Apa Yang Biasanya Ditanggung Oleh Asuransi Kecelakaan?

Asuransi kecelakaan mencakup biaya pengobatan yang terkait dengan cedera yang memenuhi syarat. Cedera ini sering meliputi: luka bakar, gegar otak, cedera gigi, dislokasi, cedera mata, fraktur dan laserasi. Banyak polis akan membayar klaim untuk prosedur, peralatan, dan biaya terkait pemulihan lainnya.

Trending:  Mengenal Apa Itu Polis Asuransi Berikut Fungsinya

Biaya ini mungkin muncul sebelum, selama, atau setelah insiden medis. Beberapa contoh: transportasi ambulans, biaya ruang gawat darurat, tes dan prosedur diagnostik seperti sinar-X, biaya pemulihan pasca-kecelakaan seperti terapi fisik dan prostetik. Itulah sedikit ulasan mengenai apa itu asuransi kecelakan. Semoga membantu!

Check Also

Alasan Pentingnya Asuransi Yang Wajib Anda Pertimbangkan Untuk Masa Depan

Tidak semua orang menyadari bahwa pentingnya asuransi menjadi salah satu landasan kehidupan masa depan atau …