Apa itu Asuransi Kelautan? Yuk, Simak Ulasan Di Sini!

Asuransi kelautan sering disalahartikan oleh banyak orang yang membutuhkannya karena sifat bisnis kelautan yang kompleks. Banyak kapal melakukan perjalanan internasional, yang dapat membuat peraturan dan persyaratan asuransi sedikit lebih sulit untuk dipahami.

Terlepas dari itu, sangat penting bagi bisnis yang terlibat dalam semua jenis bisnis kelautan untuk diasuransikan dengan benar untuk menghindari situasi yang sangat mahal jika terjadi kecelakaan.

Apa Yang Dilindungi Oleh Asuransi Kelautan?

Asuransi mencakup bisnis yang beroperasi di air. Baik untuk perdagangan, perjalanan, atau liburan, bisnis ini menghadapi risiko unik yang memerlukan rencana pertanggungan yang dirancang khusus.

Sementara syarat dan manfaat khusus sangat bervariasi di seluruh dunia, banyak polis asuransi laut yang dibuat khusus untuk pengiriman tertentu. Beberapa prinsip umum berlaku untuk seluruh industri yang penting untuk dipahami. Beberapa cakupannya meliputi berikut ini:

Cakupan Untuk Barang

Meskipun tidak ada undang-undang yang melarang membawa atau mengangkut barang tanpa asuransi, ini bisa berarti kerugian finansial bagi Anda jika Anda tidak dilindungi jika terjadi kecelakaan. Tanpa asuransi, Anda akan bertanggung jawab secara pribadi atas biaya kerusakan serta semua barang yang hilang.

Bahaya Tertutup

Bahaya yang ditanggung yang termasuk dalam banyak rencana asuransi laut seringkali bervariasi berdasarkan kebutuhan unik klien. Bahaya paling umum yang terdaftar termasuk pencurian, tenggelamnya kapal, penanganan kapal yang tidak tepat, pembajakan, paparan air asin, dan banyak lagi.

Kuncinya di sini adalah untuk mengetahui bahwa ketika bekerja dengan spesialis asuransi kelautan, Anda dapat yakin bahwa Anda akan mendapatkan semua pertanggungan yang diperlukan yang relevan dengan operasi Anda.

Lokasi Tertutup

Penting bahwa polis asuransi Anda sangat jelas tentang lokasi yang dicakupnya. Tersedia kebijakan untuk melindungi barang selama dalam perjalanan, tetapi kerusakan juga dapat terjadi saat kapal berada di pelabuhan, saat barang dalam perjalanan ke gudang, atau saat berada di gudang itu sendiri.

Trending:  Apa Saja Manfaat Asuransi Bisnis? Begini Ulasannya!

Variasi ini membuatnya penting untuk dicakup dengan cara yang sama di semua lokasi tempat bisnis Anda berinteraksi. Maka ada baiknya bicarakan asuransi dengan orang yang tepat dan professional.

Kontrak Ganti Rugi

Asuransi laut adalah kontrak ganti rugi. Artinya, perusahaan asuransi hanya bertanggung jawab untuk mengganti kerugian sebesar kerugian yang sebenarnya diderita. Tidak ada tanggung jawab yang terletak di pihak perusahaan asuransi jika tidak ada kerugian yang sebenarnya diderita.

Sebagai contoh, katakanlah seorang tertanggung memiliki polis asuransi kelautan seharga Rs.25 lacs. Dalam hal kerugian, kerugian yang sebenarnya diperkirakan sebagai Rs.15 lacs. Dalam hal ini, tertanggung tidak akan menerima ganti rugi lebih dari Rs.15 lac meskipun pertanggungannya adalah Rs.25 lac.

Bunga yang Dapat Diasuransikan

Asuransi laut hanya berlaku jika tertanggung memiliki kepentingan yang dapat diasuransikan pada subjek (properti yang dapat diasuransikan) pada saat kerugian. Persyaratan kepentingan yang dapat diasuransikan untuk hadir hanya pada saat kerugian membuat polis asuransi laut ‘dapat dialihkan secara bebas’.

Polis asuransi dapat diberikan secara bebas sebelum atau setelah terjadinya kerusakan atau kerugian kecuali syarat dan ketentuan polis membatasinya. Selain itu, polis asuransi laut bekerja berdasarkan prinsip itikad baik sepenuhnya.

Pemilik barang atau properti yang akan diangkut harus mengungkapkan semua informasi yang diperlukan secara akurat kepada perusahaan asuransi pada saat menggunakan asuransi laut. Tidak diungkapkannya, misdeskripsi, atau misrepresentasi fakta dan informasi oleh tertanggung membuat polis asuransi laut batal pada saat klaim.

Pembayaran Premi

Perlindungan asuransi kelautan juga akan dimulai sejak tanggal pembayaran premi. Jika pembayaran dilakukan dengan cek, tanggal realisasi uang akan dipertimbangkan untuk memberikan pertanggungan risiko.

Trending:  Mengenal Lebih Dekat Dengan Asuransi Kesehatan

Selain itu, polis ini juga bekerja berdasarkan prinsip subrogasi. Tetapi hak subrogasi timbul hanya setelah pembayaran dilakukan kepada tertanggung. Setelah menyelesaikan klaim asuransi laut, penanggung memiliki semua hak untuk menuntut pihak ketiga yang bertanggung jawab atas kerugian tersebut.

Dalam hal ini, penanggung dapat memulihkan jumlah ganti rugi yang dibayarkan kepada tertanggung dari pihak ketiga. Tujuan dari prinsip subrogasi dari asuransi kelautan adalah untuk memastikan bahwa tertanggung hanya menerima ganti rugi atas kerugian yang sebenarnya diderita.

Apa Manfaat Asuransi Laut?

Sekarang setelah kita memiliki pemahaman yang lebih baik tentang jenis pertanggungan yang paling umum ditemukan dalam rencana asuransi laut umum, mari kita lihat mengapa rencana ini sangat penting.

Hemat

Seperti yang kami sebutkan, perbaikan kapal bisa sangat mahal. Baik untuk perawatan atau akibat kecelakaan, perbaikan ini dapat menghabiskan puluhan ribu dolar jika Anda tidak dilindungi dengan benar oleh asuransi kelautan yang tepat!

Kedamaian Pikiran

Sebagai manajer bisnis kelautan, kemungkinan besar Anda memahami tekanan harian dan sifat bisnis yang serba cepat ini. Kecelakaan bisa terjadi kapan saja, dan Anda tidak ingin ketahuan tidak siap ketika kecelakaan itu pasti terjadi.

Dengan rencana asuransi kelautan yang dirancang dengan baik, Anda dapat fokus untuk menyelesaikan pekerjaan dan bukan tentang bagaimana Anda akan membayar kerusakan yang terkait dengan kecelakaan baru-baru ini.

Cakupan Tanggung Jawab

Kapal kargo jatuh di dekat pantai membutuhkan asuransi dengan cara yang sama seperti Anda bisa menabrak mobil lain di jalan, kecelakaan juga bisa terjadi di dalam air. Jika Anda terbukti bersalah atas kecelakaan yang melibatkan perahu atau orang lain, Anda akan memerlukan asuransi pertanggungjawaban untuk menutupi kerusakan dan biaya hukum.

Trending:  Lengkap! Ini Dia Tips Memilih Produk Asuransi Yang Terpercaya

Mempertimbangkan betapa mahalnya kecelakaan kapal, ini adalah jenis pertanggungan yang signifikan dan keuntungan penting dari memiliki rencana asuransi laut yang dirancang dengan baik yang disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Itulah beberapa alasan pentingnya asuransi kelautan. Semoga membantu!

Check Also

Alasan Pentingnya Asuransi Yang Wajib Anda Pertimbangkan Untuk Masa Depan

Tidak semua orang menyadari bahwa pentingnya asuransi menjadi salah satu landasan kehidupan masa depan atau …