Apa itu uang muka? Penjelasan dan Poin-Poin Penting

Apa itu uang muka? “Pembayaran di muka” adalah rekening sementara yang digunakan ketika harga produk atau layanan diterima sebagian atau seluruhnya sebelum pengiriman atau penyediaan, dan perlu untuk melihat kembali penjualan segera setelah pengiriman produk atau layanan selesai. adalah. Untuk memahami uang muka dengan benar, artikel ini akan memberi Anda gambaran umum tentang uang muka, poin yang dapat dengan mudah dikacaukan dengan uang muka, poin untuk membedakan uang muka, bentuk utama mengenai uang muka, tindakan pencegahan mengenai uang muka pembayaran, dan sistem manajemen penagihan yang direkomendasikan.

Apa itu uang muka?

Pembayaran di muka adalah rekening yang digunakan saat Anda menerima sebagian atau seluruh harga produk atau layanan sebelum mengirimkan atau menawarkannya. Meskipun akan menjadi penjualan di masa depan, itu tidak dapat dicatat sebagai penjualan karena produk dan layanan belum diberikan kepada pelanggan saat uang diterima. Namun, karena saya menerima uang itu, saya perlu memprosesnya sementara di beberapa subjek.

Secara khusus, kami menerima uang muka untuk produk dan layanan tidak berkelanjutan seperti deposito, deposito, uang muka untuk penjualan, uang muka untuk konstruksi, deposito, pembayaran antara, dan saldo yang dihasilkan dalam transaksi real estat. Setelah Anda benar-benar selesai menyediakan produk atau layanan, transfer ke item akun “Penjualan”.

Baca Juga: Apa itu Akuntansi Keuangan? Pengertian, fungsi, Tujuan dan Poin lainya

Akun yang mudah dikacaukan dengan pembayaran di muka

Akun yang mudah dikacaukan dengan pembayaran di muka termasuk “penghasilan di muka”, “deposito”, “penerimaan sementara”, dan “piutang usaha”. Di sini, kami akan menjelaskan perbedaan antara masing-masing fitur dan uang muka.

Apa itu pendapatan yang belum diterima?

Akun ini digunakan ketika Anda menerima pembayaran di muka ketika Anda terus memberikan layanan berdasarkan kontrak tertentu. Contoh khusus dari pendapatan diterima dimuka termasuk pendapatan bunga, sewa, biaya, sewa, dan sewa. Ingatlah bahwa pembayaran di muka digunakan untuk layanan yang tidak berkelanjutan, tetapi pendapatan diterima dimuka berbeda karena digunakan untuk layanan berkelanjutan.

Trending:  Cryptocurrency terbaik untuk diinvestasikan

Selain itu, pendapatan diterima dimuka akan menjadi pendapatan dari periode berikutnya dan seterusnya dari waktu ke waktu, sehingga harus ditangguhkan. Pembayaran uang muka dan pendapatan diterima dimuka keduanya diperlakukan sebagai kewajiban, tetapi waktu entri jurnal adalah bahwa pembayaran uang muka dalam periode, sedangkan pendapatan diterima di muka adalah pada saat penyelesaian. Selain itu, pembayaran di muka memerlukan transfer pada awal periode, sedangkan pendapatan diterima dimuka harus ditransfer pada awal periode berikutnya.

Apa itu deposito?

Merupakan uang simpanan sementara dari petugas, pegawai, uang transaksi, dll. Rekening yang digunakan untuk memproses uang yang akan dikembalikan kepada prinsipal atau dibayarkan kepada pihak ketiga atas nama prinsipal di kemudian hari, seperti pemotongan pajak penghasilan dan pajak penduduk yang akan dipotong dari gaji yang harus dibayarkan ke kantor pajak .

Perlu diingat bahwa simpanan meliputi uang yang terjadi dalam transaksi biasa, uang yang dibayarkan dalam jangka pendek setelah terjadi, dan uang yang terjadi di luar transaksi normal dan dilunasi dalam waktu satu tahun. Perbedaan uang muka dengan uang muka adalah tidak mempengaruhi keuntungan dan kerugian setelah itu pada prinsipnya. Hal ini karena titipan diperlakukan sebagai penjualan setelah penyerahan barang dan pemberian jasa selesai, sedangkan titipan hilang dengan membayarkan uang titipan di suatu tempat.

Apa itu tanda terima sementara?

Rekening ini digunakan sementara ketika alasan penyetoran atau jumlahnya tidak diketahui. Misalnya, gunakan ini ketika Anda telah menerima setoran dari mitra bisnis di rekening tabungan Anda, tetapi Anda tidak tahu alasan penyetoran itu. Setelah Anda mengetahui alasan setoran dan jumlah pastinya, Anda harus mentransfernya ke rekening yang benar. Ketika penerimaan sementara diterima, kewajiban di neraca akan meningkat, dan pada prinsipnya, jurnal harus dikreditkan.

Trending:  Apa Pengertian Akuntansi? Fungsi, Cara Kerja, Dan Tips Menjadi Akuntan

Perbedaannya, kwitansi di muka digunakan jika alasan penyetoran jelas, sedangkan kwitansi sementara digunakan ketika alasan penyetoran tidak diketahui. Uang muka akan ditransfer ke “Penjualan” segera setelah pengiriman barang dan penyediaan layanan selesai, tetapi pembayaran sementara akan ditinjau segera setelah alasan pembayaran menjadi jelas, sehingga waktu pemrosesan akan berbeda .

Apa itu piutang?

Merupakan hak untuk menagih harga barang dan jasa yang dijual kepada mitra usaha nantinya, dan merupakan akun yang digunakan saat memproses barang yang belum dibayar. Piutang yang dihasilkan dari aktivitas bisnis atas dasar transaksi berkelanjutan dengan mitra bisnis. Contoh khusus mencakup bagian piutang dari harga jual, bagian piutang dari harga penagihan, dan bagian piutang dari biaya layanan.

Perbedaan dari uang muka adalah bahwa piutang telah diserahkan dan layanan telah diberikan, tetapi uangnya belum diterima. Meskipun uang muka telah diterima di muka, namun penyerahan barang dan pemberian jasa belum selesai. Ini adalah akun yang dapat dengan mudah dikacaukan, tetapi mari kita bedakan dari faktor-faktor seperti apakah produk telah dikirimkan atau layanan telah diberikan, apakah uang telah diterima di muka atau dibayar di muka, dan seterusnya.

Originally posted 2022-01-21 03:53:41.

Check Also

Cara Mengelola Uang Untuk Pengusaha

Mengelola uang untuk pengusaha – Hal penting yang perlu diketahui pengusaha dalam pengelolaan uang adalah …