Apa Pengertian Akuntansi

Pengertian Akuntansi: Fungsi, Cara Kerja, Tips Menjadi Akuntan

Apa Pengertian Akuntansi? Akuntansi bertanggung jawab untuk mengelola pengeluaran-pengeluaran yang terjadi dalam kegiatan suatu perusahaan, menyusun laporan keuangan seperti neraca dan laporan laba rugi pada akhir periode, dan menunjukkan kondisi bisnis yang benar baik di dalam maupun di luar perusahaan. sebuah departemen.

Eksekusi pekerjaan akuntansi yang akurat dan cepat diperlukan untuk manajemen perusahaan yang sehat. Manajemen membuat keputusan manajemen berdasarkan data yang dikumpulkan oleh departemen akuntansi, dan pemegang saham dan investor membuat keputusan investasi berdasarkan angka-angka dalam laporan keuangan, tetapi pekerjaan akuntansi penting untuk mempengaruhi arah perusahaan.
Pada artikel ini, saya akan menjelaskan pengertian akuntansi, isi pekerjaan utama pekerjaan akuntansi, dan isi pekerjaan akuntansi karena perbedaan ukuran perusahaan dan industri.

Apa Pengertian Akuntansi?

Di sini, untuk memahami pengertian akuntansi, kami akan menjelaskan apa itu akuntansi dan perbedaannya dengan akuntansi dan keuangan.

Apa itu akuntansi?

Kata akuntansi adalah singkatan, dan kata hujan adalah manajemen bisnis. Akuntansi memiliki citra yang kuat dalam pegangan aliran masuk dan keluar berbagai jenis uang, tetapi jika menyangkut pengelolaan manajemen, dapat dikatakan memiliki jangkauan yang lebih luas.
Pada kenyataannya, istilah manajemen bisnis tidak memiliki definisi yang mutlak. Posisi akuntansi dalam organisasi akan berubah tergantung pada bagaimana hal itu dirasakan. Namun, dalam manajemen bisnis yang asli, agar dapat mencapai tujuan bisnisnya, diperlukan untuk memanfaatkan sumber daya manajemen secara efektif dan menggerakkan organisasi dengan lancar.

Perbedaan dari akuntansi / keuangan

Selain pengertian akuntansi, akuntansi dan keuangan merupakan tugas-tugas lain yang dapat digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan manajemen. Salah satu ciri akuntansi adalah bahwa ia bertanggung jawab atas pekerjaan akuntansi yang menangani jumlah kecil dengan menangkap pergerakan uang sehari-hari. Akuntansi mencatat aliran uang, dan tujuan akhir adalah menyediakan laporan keuangan baik dalam akuntansi keuangan maupun akuntansi manajemen. Bisnis utama keuangan adalah untuk melaksanakan tiga tugas utama: pembiayaan, perencanaan keuangan, dan pengelolaan anggaran.

Perbedaan antara akuntansi, akuntansi, dan keuangan tergantung pada apakah Anda melakukan pencatatan bisnis dan pengelolaan aliran uang harian atau tidak. Akuntansi dan akuntansi perlu melacak aliran uang harian, tetapi tidak harus melakukannya. Akuntansi bertanggung jawab atas pertukaran uang yang sebenarnya, tetapi akuntansi adalah pekerjaan menangkap seluruh gambaran uang, dan secara konseptual itu tumpang tindih dengan konten pekerjaan akuntansi. Tugas utama keuangan adalah mengumpulkan dana berdasarkan neraca dan laporan laba rugi yang disiapkan oleh akuntansi.

Pekerjaan utama dari akuntansi

Setelah mengetahui tentang pengertian akuntansi mari kita ketahui juga pekerjaanya, Isi pekerjaan utama pekerjaan akuntansi secara kasar dibagi menjadi pekerjaan harian, pekerjaan bulanan, dan pekerjaan tahunan. Masing-masing dijelaskan di bawah ini.

Pekerjaan sehari-hari

Operasi sehari-hari meliputi pengelolaan setoran / kas, pembuatan slip, pembukuan, dan penggantian biaya.

Deposit/cash management secara harfiah adalah cash management. Uang tunai yang ditangani di sini akan digunakan untuk mendanai pembayaran kecil seperti pembelian peralatan, pembayaran rekening tabungan, pembayaran biaya, dan pembayaran pengeluaran seperti sewa kantor. Dalam pembuatan slip, slip seperti kutipan, pesanan pembelian, faktur, dan tanda terima yang dibuat.
Pembukuan mencatat arus masuk dan arus keluar uang, seperti penjualan dan kontes harian. Ini adalah bagian yang berinteraksi dengan apa yang disebut citra “akuntansi”. beban diselesaikan untuk biaya yang telah diganti oleh, seperti biaya perjalanan, hiburan, dan pembelian peralatan. Kami juga dapat menyediakan dokumen terkait pembayaran dan faktur ke luar perusahaan.

Trending:  Cara Pinjam Uang KUR BRI Berikut Syarat, Bunga, Dan Tabel Angsuran

Meskipun operasi akuntansi beragam, mereka tidak memperoleh keuntungan langsung, sehingga cenderung dibebani oleh jumlah kecil orang. Selain itu, karena sifat dari bisnis penanganan uang, selalu ada tekanan untuk tidak menoleransi kesalahan. Akibatnya, kecepatan dan efisiensi hemat, dan cenderung menjadi hal yang biasa diliput oleh pekerjaan non-inti yang rutin.

Pekerjaan bulanan

Operasi bulanan termasuk penggajian, manajemen piutang / hutang, dan manajemen inventaris.

Penggajian harus dilakukan jika Anda tertarik pada seorang karyawan. Ada gaji pokok dan tunjangan kerja yang tidak fluktuatif dari bulan ke bulan, tetapi upah lembur dan berbagai tunjangan berfluktuasi, dan tingkat kesulitannya tinggi.

Selain itu, produk dan layanan dapat dikirimkan sebelum pembayaran dilakukan karena kontrak yang dibuat karena aktivitas penjualan. Harga yang tidak tertagih yang dihasilkan dalam kasus-kasus seperti itu disebut piutang dari pihak yang menyerahkan barang dan jasa, dan utang dari pihak yang diserahkan, dan tagihan, pembayaran, dan konfirmasi pembayaran yang tidak tertagih. disebut manajemen piutang / hutang dagang.
Pengendalian persediaan adalah pekerjaan mengelola persediaan yang ada di suatu perusahaan sebagai bahan baku, barang dalam proses, produk, dll, sehubungan dengan kegiatan seperti penyelesaian dan penjualan sehingga dapat disimpan dalam jumlah dan kondisi yang optimal. .

pekerjaan tahunan

Pekerjaan yang akan dilakukan setiap tahun meliputi penyesuaian akhir tahun, perhitungan bonus, penyusunan laporan keuangan dan final SPT.
Penyesuaian akhir tahun adalah gaji/upah satu tahun (Januari-Desember) yang digunakan untuk penerima gaji dan penghasilan yang dipotong pada sumbernya, yang pada prinsipnya dihitung pada tanggal pembayaran terakhir pada bulan Desember. kelebihan dan kekurangan.
Dalam perhitungan bonus, jumlah total gaji tambahan yang digunakan hingga tiga kali setahun dan jumlah total pembayaran setiap karyawan dihitung berdasarkan bonus, yaitu kinerja perusahaan dan setiap karyawan. ..

Penyelesaian rekening biasanya dilakukan dua kali setahun, dan melaporkan situasi perusahaan ke luar. Secara khusus, dengan membuat laporan keuangan seperti neraca, laporan laba rugi, dan laporan arus kas, kita dapat menunjukkan kinerja bisnis dan status keuangan kita. Pajak seperti pajak perusahaan dan pajak yang dibayar dalam waktu dua bulan sejak bulan penyelesaian, sehingga pengajuan dan pembayaran juga dilakukan pada saat ini.

Pekerjaan akuntansi ada perbedaan masing-masing dari ukuran dan industri perusahaan

Pengertian akuntansi tentang pekerjaanya akan berubah tergantung pada ukuran perusahaan dan jenis bisnis. Saya akan menjelaskannya satu per satu di bawah ini.

Ketika ukuran perusahaan berbeda

Di sini, kami akan menjelaskan perbedaan antara UKM, perusahaan besar, dan perusahaan terafiliasi asing.

Usaha kecil dan menengah Dalam

banyak kasus, urusan umum, urusan personalia, tenaga kerja, dll. digabungkan menjadi satu untuk pekerjaan akuntansi, jadi satu orang yang bertanggung jawab atas akuntansi mungkin juga bertanggung jawab atas semua ini. Selain pekerjaan asli akuntansi, memerlukan berbagai pengetahuan bisnis, responsif fleksibel, dan kemampuan bisnis serba untuk menangani manajemen personalia, penggajian, penanganan keluhan, dan nasihat kepada manajer.

Perusahaan besar

Urusan umum, urusan personalia, dan tenaga kerja adalah departemen independen, tetapi mereka membutuhkan pengetahuan khusus tingkat tinggi. Untuk perusahaan yang tercatat, kami mencatat laporan keuangan triwulanan dan laporan sekuritas tahunan, dan mengungkapkan informasi kepada Badan Jasa Keuangan, pemegang saham, dan investor. Jika Anda memiliki anak atau perusahaan, Anda juga akan diminta untuk menyusun laporan konsolidasi keuangan.

Trending:  7 ide bisnis online modal kecil cocok buat sampingan

Perusahaan yang berafiliasi dengan asing Perlu

untuk penyelesaian rekening untuk perusahaan induk di luar negeri dan pembayaran untuk pengajuan pajak di indonesia. Dapat dikatakan bahwa kemampuan bahasa luar negeri sangat penting.

Ketika industrinya berbeda

Dalam bisnis ritel, pembelian, manajemen persediaan, dan penjualan dilakukan secara konsisten, sehingga manajemen pembelian dan manajemen penjualan adalah operasi akuntansi yang utama. Di antara manajemen pembelian, juga ditandai dengan kenaikan bobot penutupan pembayaran dan manajemen pembayaran. Dalam industri manufaktur, pengendalian biaya untuk manufaktur terjadi. Untuk penetapan biaya, Anda perlu melakukan penetapan biaya berdasarkan item pengeluaran, penetapan berdasarkan departemen, penetapan biaya berdasarkan produk, dan menganalisis biaya dan anggaran yang diperoleh darinya. Selain akuntansi biaya yang sama seperti di industri manufaktur, industri konstruksi perlu menerapkan standar kemajuan konstruksi, mencatat sebagian dari pendapatan konstruksi dalam laporan laba rugi sesuai dengan tingkat kemajuan konstruksi.

Industri keuangan yang diperlukan untuk melakukan operasi akuntansi sesuai dengan Companies Act, Undang-Undang Pengendalian Instrumen Keuangan, dan standar akuntansi perusahaan, dan juga penting untuk memastikan transparansi untuk melakukan audit internal dan audit bersertifikat. Perusahaan memiliki banyak pekerjaan pembukuan dibandingkan dengan industri lain, dan perusahaan pelayaran harus melakukan entri data, mengumumkan slip, manajemen operasi, dan sebagainya.

Pengertian Akuntansi tentang Jenis dokumen yang dikerjakan

Ada beberapa jenis dokumen yang dikerjakan dalam pekerjaan akuntansi. Bagian ini menjelaskan jenis-jenis slip dan buku serta jangka waktu penyimpanan dokumen.

Tergelincir

Ada jenis-jenis slip berikut.

  • Slip pembayaran: Slip pembayaran yang akan dikeluarkan saat pembayaran dilakukan ke perusahaan setelah meminta harga. Selalu debet uang tunai saat memposting slip setoran ke buku besar. fiturnya dicetak dengan garis merah.
  • Slip Penarikan: Slip yang akan dikeluarkan saat penarikan seperti biaya transportasi dan pembelian barang habis pakai perusahaan. Kredit saat ini pos penarikan ke buku besar.
  • Slip transfer: Slip yang akan dikeluarkan saat transaksi selain uang tunai dilakukan. Isi debit dan kredit saat membuat jurnal rekening slip transfer.
  • Slip Pembelian : Slip yang dikeluarkan pada saat pengadaan barang dan bahan baku yang dibeli secara transaksi. Digunakan untuk mengatur status kedatangan produk dan bahan baku yang dibeli serta jumlah pesanan yang tersisa.
  • Slip penjualan: Slip yang dikeluarkan ketika transaksi yang meningkatkan penjualan bisnis dilakukan. Bahkan jika Anda menyediakan barang atau jasa dan menerima uang tunai atau tagihan sebagai pertimbangan, salah satu hal akan menjadi slip penjualan dengan piutang, dan kemudian segera diselesaikan dengan uang tunai atau tagihan.

Buku

Buku secara kasar dibagi menjadi dua jenis: buku utama dan buku tambahan.

(1) Buku
utama Buku utama adalah jurnal dan buku besar.
Buku besar adalah buku akuntansi yang berisi semua transaksi berdasarkan akun. Dasar dari buku besar adalah isi jurnal yang terdapat dalam jurnal tersebut.
Dalam jurnal, masukkan urutan dalam kronologis transaksi. Struktur dasarnya adalah tanggal transaksi, kolom keterangan untuk memasukkan rekening masing-masing kredit dan debit, dan kolom debit/kredit untuk memasukkan jumlah masing-masing rekening untuk debit dan kredit.

(2) Buku Pembantu Buku
pembantu adalah buku yang dibuat untuk melengkapi buku induk. Ada buku rekening kas, buku rekening deposito, buku besar piutang (customer ledger), buku besar piutang (supplier ledger), buku besar aktiva tetap, buku entri piutang, buku inventaris produk, buku entri tagihan, dll. Namun, tidak semuanya diperlukan.Misalnya, bisnis tunai yang lengkap tidak memerlukan utang usaha atau buku utang usaha, dan pekerjaan yang tidak memerlukan pembelian tidak memerlukan buku utang usaha.

Trending:  9 Cara Untuk Menghasilkan Uang Di Internet

Periode penyimpanan dokumen

Ada berbagai dokumen yang ditangani oleh akuntansi, tetapi sebagian besar dokumen yang berkaitan dengan uang yang memiliki masa retensi 5, 7, atau 10 tahun tergantung pada jenisnya. Dengan rincian sebagai berikut.

  • Dokumen akuntansi dengan periode penyimpanan 5 tahun: Laporan audit, laporan audit akuntansi), deklarasi yang disimpan oleh lembaga keuangan (deklarasi tabungan bebas pajak, aplikasi tabungan bebas pajak, deklarasi transfer tabungan bebas pajak, dll.
  • Dokumen akuntansi dengan masa retensi 7 tahun: dokumen voucher transaksi, laporan keuangan, catatan elektromagnetik terkait informasi transaksi elektronik, deklarasi dan buku besar terkait ketenagakerjaan, buku dan faktur terkait transaksi kena pajak
  • Dokumen akuntansi dengan retensi periode 10 tahun: laporan keuangan, neraca, laporan laba rugi, laporan arus kas, buku besar, jurnal, buku besar, buku pembantu, dokumen terkait

Tips menjadi seorang akuntan

Untuk menjadi seorang akuntan, Anda memiliki keterampilan yang dibutuhkan dan kualifikasi yang berguna. Masing-masing dijelaskan di bawah ini.

Skill yang dibutuhkan

Berikut adalah tiga keterampilan khas yang diperlukan untuk akuntansi.
Yang pertama adalah Anda memiliki keterampilan komputer. Ini adalah keterampilan yang dibutuhkan tidak hanya dalam akuntansi tetapi juga dalam bisnis perusahaan secara keseluruhan. Dalam beberapa tahun terakhir, telah menjadi umum untuk menggunakan perangkat lunak akuntansi dan sistem cloud, dan jika Anda tidak menguasai metode operasi ini, itu akan menjadi penghambat untuk melanjutkan bisnis Anda.

Kedua, mampu bekerja dengan tekun pada pekerjaan yang serius dan detail. Pekerjaan akuntansi pada dasarnya melibatkan dokumen-dokumen yang sangat dapat diproduksi sesuai dengan aturan internal dan pembukuan. Departemen akuntansi berguna bagi orang-orang yang melakukan pekerjaan dengan serius sambil memperhatikan staf dan departemen terkait di sekitar mereka tanpa membawa gaya mereka sendiri.
Ketiga, adanya keinginan untuk belajar. Karena undang-undang pajak dan perubahan perusahaan setiap tahun, upaya akuisisi pengetahuan dan studi yang berkelanjutan sangat penting untuk mempelajari perubahan tersebut dengan cepat dan mempraktikkannya.

Kualifikasi yang berguna

Kualifikasi pertama yang berguna di departemen akuntansi adalah Tes Pembukuan Nissho. Ini adalah kualifikasi dengan permintaan tinggi dan profil tinggi yang dapat sampai ke tingkat tertentu bahkan di luar departemen akuntansi. Tingkat kesulitan ujian dibagi menjadi 3 level dari 1 hingga 3, dan jika Anda mendapatkannya, Anda dapat menuliskannya di kolom kualifikasi Anda. Level 3 adalah untuk usaha kecil dan usaha perorangan, dan Level 2 adalah level yang dapat digunakan dalam akuntansi umum karena juga bidang membaca laporan keuangan. Level 1 juga mempelajari akuntansi biaya dan akuntansi, dan membutuhkan pengetahuan tingkat lanjut dan keterampilan berhitung yang tinggi.

Jika Anda seorang spesialis akuntansi atau ingin melakukan pekerjaan internasional, kami juga merekomendasikan Akuntan Publik Bersertifikat, Akuntan Publik Bersertifikat AS (USCPA), dan Sertifikasi Akuntansi Internasional (BATIC). Kualifikasi lain yang berguna untuk akuntansi termasuk MOS (Microsoft Office Specialist), Manajer Informasi Dokumen, FP, dan Pemeriksaan Keterampilan Akuntansi (FASS Examination).

Itulah pengertian akuntansi secara detail dari mulai pekerjaan, jenis dokumen yang dikerjakan, dan tips menjadi seorang akuntan.

Originally posted 2022-01-10 12:13:36.

Check Also

11 Ide Jualan Paling Laris di Bulan Ramadhan, Simak Disini Agar Cuan

Selama bulan suci Ramadhan, banyak orang menjual berbagai kebutuhan selama bulan suci ini. Jangan lewatkan …