Aplikasi Al-Quran Yang Bisa Temani Anda

Sebagian umat muslim, menjalankan Ibadah mengaji. Kini, ibadah mengaji tidak hanya bisa dari alquran. Anda bisa menggunakan aplikasi Al-Quran yang sudah hadir dalam ponsel pintar Anda. Sehingga Anda tidak perlu repot membawa alquran.

8 Aplikasi Al-Quran di Android

Menariknya, beberapa aplikasi ini tidak hanya menawarkan Al Quran digital tetapi menghadirkan fitur-fitur Islami lainnya seperti arah kiblat, jadwal sholat, dan lain-lain jadi sangat membantu Anda untuk beribadah dimanapun Anda berada.

Berikut daftar aplikasi Al Quran dengan rating dan penilaian terbaik di Google Play Store yang menjadi rekomendasi terbaik.

1.     Al’Quran Bahasa Indonesia

Seperti nama yang dibuat, aplikasi Al-Quran ini akan memudahkan pengguna untuk membaca Al Quran karena menggunakan bahasa Indonesia. Untuk membantu Anda dalam membaca dengan lebih mudah, Al’Quran Bahasa Indonesia memiliki fitur warna untuk tajwid.

Namun, untuk pengguna versi gratis, fitur warna tajwid hanya tersedia di dua surat pertama. Jadi, jika Anda ingin mengakses fitur tajwid secara penuh, Anda harus upgrade ke fitur advanced.

Fitur lainnya yang akan ditawarkan di dalam aplikasi ini antara lain pengingat salat, pengingat doa, menambahkan ayat ke favorit, menyalin ayat, membagikan ayat ke media sosial, serta audio pembacaan bahasa Arab dalam setiap surah

2.     Quran for Android

Quran for Android termasuk salah satu aplikasi Al Quran terbaik yang ada di Google Play Store. Aplikasi buatan pengembang Quran.com ini sudah memiliki tampilan yang sederhana dan mudah untuk digunakan.

Agar Anda tetap nyaman mengaji di malam hari, Quran for Android memiliki fitur mode malam. Fitur lain yang akan ditawarkan antara lain bookmark, terjemahan bahasa hingga 20 bahasa, pemutaran audio, menandai dan membagikan ayat Qur’an.

3.     Quran Best

Quran Best adalah salah satu aplikasi Al Quran yang merupakan buatan muslim Indonesia. Aplikasi ini dirancang sedemikian rupa mirip dengan Al Quran cetak sehingga lebih nyaman saat dibaca.

Fitur Al Quran yang tersedia di aplikasi ini cukup lengkap, mulai dari terjemahan dan tafsir, pencarian ayat berdasarkan kata kunci, bookmark, mode malam, hingga murottal 30 juz dari para qori terbaik di dunia.

Quran Best pun mempunyai fitur pendukung untuk membantu Anda dalam beribadah lainnya seperti jadwal sholat dan azan, pencatat jumlah lembar tilawah, podcast Islami, pencari masjid terdekat, serta Group Ngaji lewat fitur chat,

4.     Al-Quran (Tafsir & by Word)

Selanjutnya ada aplikasi Al-Quran (Tafsir & by Word) yang menyediakan tafsir dan terjemahan ke dalam lebih dari 35 bahasa, termasuk bahasa Indonesia. Aplikasi ini dikhususkan hanya untuk membaca Al Quran tanpa ada fitur ibadah lain, tapi fitur Al Quran yang ditawarkan juga cukup lengkap.

Al-Quran (Tafsir & by Word) mempunyai fitur pemutaran mp3 untuk 30 juz atau 114 surah dari 30 qori. Sistem audionya pun sangat lengkap dengan fitur repeat dan group playback yang memudahkan Anda untuk menghafal Al Quran dengan mudah.

5.     Umma

Umma adalah sebuah aplikasi komunitas muslim, tercipta dari buatan anak bangsa yang kini sudah dikenal. Aplikasi Umma menghadirkan banyak fitur yang bisa membantu umat muslim beribadah, mulai dari aplikasi Al Quran digital, jadwal sholat, petunjuk arah kiblat, hingga ada kelas belajar agama uClass.

Untuk membantu Anda mengaji di perjalanan, fitur Al Quran yang tersedia di Umma memiliki beberapa fitur tambahan seperti terjemahan dalam beberapa bahasa, panduan tajwid, fitur pencari surah ataupun juz yang spesifik, dan bookmark yang berfungsi untuk menandai posisi bacaan terakhir.

6.     Quran Pro Muslim

Aplikasi Al Qur’an berbahasa Indonesia lain yang wajib Anda download adalah Quran Pro Muslim. Aplikasi besutan Quantic Apps ini telah memiliki banyak fitur esensial dimana salah satunya adalah tafsir ke Bahasa Indonesia dan lebih dari 30 bahasa lainnya.

Selain itu, aplikasi Al Qur’an ini menyediakan suara bacaan yang dilantunkan oleh qori terbaik dan ternama dari seluruh dunia, antara lain Fatih Seferagic, Abdul Rahman Al Soudais, Maher Al Mueaqly, dan lainnya.

Tidak hanya bacaan dari para qori yang merdu, aplikasi ini juga telah menyediakan terjemahan dari penafsir ahli seperti Dr. Mohsin, Dr. Mahmood, & Dr. Yusuf Ali. Anda pun bisa memahami arti dari tiap ayat dengan baik sehingga Anda bisa menerapkannya di kehidupan sehari-hari.

7.     Al Quran Indonesia

Aplikasi yang tercipta dari developer Andi Unpam ini menghadirkan Al Quran terjemahan bahasa Indonesia dan audio mp3 murottal full, 114 surah, atau 30 juz.

Aplikasi Al Quran Indonesia terbilang cukup kaya akan fitur, seperti fungsi menyalin, membagikan serta bookmark ayat Al Quran, serta backup-restore bookmark, lalu ada fitur opsi membaca al Quran dalam mode landscape atau portrait juga bisa dalam mode malam, tajwid berwarna, hingga penanda bacaan terakhir ke cloud.

Tersedia juga fitur pelengkap seperti jadwal sholat, imsakiyah, arah kiblat dan kalender hijriah. Semua fitur ini dapat Anda akses secara offline dan gratis.

8.     Aminin

Terakhir nama aplikasi Al Quran buatan anak negeri lainnya yaitu Aminin. Aplikasi ini dikembangkan oleh Bahaso Intermedia Cakrawala, developer ini juga pengembang aplikasi belajar bahasa Bahaso.

Aplikasi ini akan menampilkan Anda surah-surah Al Quran dalam kartu warna-warni yang membuat Anda membaca lebih mudah dan menarik untuk dibaca. Di bagian bawah setiap kartu terdapat tombol play yang apabila ditekan akan memutar lantunan ayat yang dibaca oleh qori.

Tidak hanya untuk mengaji, Aminin juga mempunyai fitur untuk menguji kemampuan Anda dalam membaca dan memahami Al Quran. Fitur pendukung lainnya antara lain terjemahan dan tafsir, bookmark, penanda ayat, dan fitur membagikan ayat ke media sosial Anda.

Demikian beberapa rekomendasi aplikasi Al-Quran dalam bahasa Indonesia terbaik dan terbaru tahun 2022. Anda pun bisa manfaatkan aplikasi  ini untuk memperkaya amalan ibadah Anda.

Check Also

Mendengarkan Musik Mudah Melalui Aplikasi Musik Offline

Berkembangnya teknologi semakin membuat manusia merasakan manfaat terbesar di dalam hidup mereka setiap harinya. Terkadang, …