Aplikasi Boros Baterai yang Harus Anda Waspadai

Aplikasi Boros Baterai yang Harus Anda Waspadai

Pada dasarnya setiap aplikasi pada ponsel akan menggunakan daya baterai jika digunakan. Namun terdapat beberapa aplikasi boros baterai yang pengunaan daya baterainya lebih besar dari aplikasi pada umumnya.

Bahkan beberapa diantaranya tetap menguras baterai meskipun tidak digunakan sama sekali. Anda harus benar-benar bijak dalam memilih jenis aplikasi karena daya baterai bisa saja terus berkurang meskipun tidak sedang digunakan.

Beberapa aplikasi tersebut bisa tetap Anda pasang pada ponsel namun Anda harus lebih bijak dalam menggunakannya. Terlebih jika terdapat jenis aplikasi yang sangat Anda butuhkan maka aplikasi tersebut mau tidak mau harus tetap digunakan.

Aplikasi Boros Baterai yang Perlu Diketahui

Jika Anda orang yang cukup perhatian terhadap daya baterai maka keberadaan aplikasi yang cukup menguras baterai akan Anda perhatikan pula. Hal ini memang cukup menjengkelkan karena Anda harus lebih sering mengisi daya baterai.

Belum lagi beberapa pekerjaan bisa saja terganggu akibat baterai ponsel yang mulai habis. Sayangnya tidak banyak orang yang mengetahui jenis aplikasi yang cukup menguras baterai sehingga banyak yang tidak menyadari penyebab baterai cepat habis.

Hal ini memang nampak sepele namun pada dasarnya tidak bisa terus dibiarkan begitu saja. Agar Anda bisa mengantisipasi dan mengatasinya terlebih dahulu Anda bisa mengetahui beberapa aplikasi boros baterai seperti pada penjelasan berikut ini.

1. Aplikasi Pembersih Sampah Tambahan

Beberapa orang seringkali membutuhkan aplikasi untuk pembersih sampah meskipun pada ponselnya sudah terpasang aplikasi pembersih sampah bawaan.

Tujuannya tidak lain agar sampah pada ponsel bisa dibersihkan dengan lebih maksimal.

Akan tetapi, faktanya hal ini tetap memberikan dampak yang kurang baik yaitu dapat menguras daya baterai ponsel Anda. Bahkan daya baterai yang terkuras bisa lebih banyak dan lebih cepat sehingga membuat ponsel mudah ngedrop.

Sebagai solusinya Anda bisa menghilangkan atau meng-uninstall aplikasi boros baterai tersebut dan hanya mengandalkan aplikasi pembersih sampah bawaan ponsel.

Jika ponsel Anda belum memiliki aplikasi pembersih sampah barulah Anda bisa menggunakannya.

2. Messenger

Berikutnya terdapat aplikasi Messenger yang merupakan aplikasi untuk chatting yang biasanya terhubung dengan Facebook. Tidak banyak yang mengetahui jika aplikasi ini cukup menguras baterai pada ponsel.

Fitur di dalamnya memang cukup menarik sehingga chatting bisa berlangsung dengan lebih menarik dan menyenangkan. Sayangnya proses kerjanya memerlukan space yang lebih banyak sehingga akan menguras daya baterai yang lebih banyak.

Itulah mengapa Messenger termasuk aplikasi boros baterai yang tidak banyak diketahui banyak orang. Bahkan aplikasi ini juga cukup menguras banyak ruang RAM serta memori internal. Hal ini tentu harus menjadi perhatian bagi Anda.

Namun, hal itu bukan berarti Anda tidak bisa memasang aplikasi tersebut. Anda tetap bisa memasang aplikasinya namun penggunaannya harus sebijak mungkin. Sebisa mungkin gunakan saat diperlukan saja.

3. Game yang Berlebihan Termasuk Aplikasi Boros Baterai

Memasang dan memainkan game secara wajar pada dasarnya tidak akan terlalu menguras baterai. Terlebih jika jenis game yang dipilih juga tidak terlalu berat maka daya baterai tetap aman dan tidak mudah terkuras.

Banyak sekali jenis game yang cukup mudah menguras baterai mulai dari game arcade hingga racing. Contohnya saja Mobile Legend, Vain Glory, Clash of Clans dan masih banyak lagi.

Saat memainkan game tersebut maka daya baterai yang Anda miliki akan lebih cepat habis.

Ditambah lagi jika Anda memainkan game tersebut secara berlebihan maka Anda jangan berharap jika baterai ponsel Anda akan tahan lama. Itulah mengapa game tersebut termasuk aplikasi boros baterai terutama jika dimainkan secara berlebihan.

4. Aplikasi Forum

Selanjutnya, terdapat aplikasi forum atau diskusi online yang isinya terdapat penulis dan pembaca. Tujuan aplikasi ini ialah untuk mendapatkan informasi yang kinerjanya kurang lebih seperti grup Facebook.

Contoh aplikasi tersebut yaitu Babe, Liputan6, UC News dan masih banyak lagi. Aplikasi tersebut termasuk jenis aplikasi forum yang juga memiliki website. Hal ini merupakan sumber informasi yang lebih mudah diakses oleh para pengguna.

Sayangnya aplikasi tersebut termasuk aplikasi boros baterai sehingga tidak bisa digunakan terlalu lama. Anda harus membatasi penggunaannya agar tidak terlalu menguras baterai pada ponsel yang Anda miliki.

Anda bisa menggunakan aplikasi tersebut jika diperlukan saja sehingga tidak terlalu menguras daya baterai. Anda tetap bisa mendapatkan informasi tanpa terlalu banyak menghabiskan daya baterai pada ponsel yang Anda gunakan.

5. Weather Widget

Aplikasi boros baterai berikutnya ialah aplikasi untuk cuaca atau Weather Widget. Aplikasi ini secara umum cukup menarik saat dipasang pada ponsel. Sayangnya hal ini berbanding terbalik dengan kinerjanya yang justru sangat menguras baterai.

Aplikasi ini sangat berdampak pada sistem kerja baterai sehingga membuatnya mudah berkurang dalam jangka waktu yang cukup cepat. Jika tidak begitu diperlukan maka sebaiknya Anda menghapus aplikasi tersebut.

Dengan begitu, ruang penyimpanan bisa lebih berkurang dan daya baterai juga tidak akan lebih mudah habis. Anda tentunya bisa menggunakan ponsel untuk keperluan lain dengan kondisi baterai yang masih terisi penuh.

Beberapa aplikasi tersebut seringkali tidak disadari dapat menguras baterai lebih banyak dibandingkan jenis aplikasi pada umumnya. Hal ini harus Anda ketahui agar menjadi perhatian sehingga baterai ponsel selalu awet dan tidak mudah habis dalam waktu yang singkat.

Hapus aplikasi yang tidak begitu digunakan terutama aplikasi boros baterai dan jika tetap diperlukan maka gunakanlah dengan sebijak mungkin. Anda bisa menggunakan ponsel dengan lebih efektif dan tetap bisa beraktivitas dan menyelesaikan berbagai pekerjaan.