Aplikasi Emulator untuk PC

Rekomendasi Aplikasi Emulator untuk PC yang Perlu Diketahui

Aplikasi emulator untuk PC sering dijadikan sebagai solusi alternatif ketika ada beberapa aplikasi yang tidak kompatibel dengan suatu sistem operasi. Sistem operasi sendiri sangat penting untuk menjalankan perangkat lunak atau software.

Bagi beberapa orang, game atau aplikasi lebih mudah dijalankan di PC atau laptop daripada smartphone. Salah satu penyebabnya karena layar monitor yang lebih lebar dan didukung oleh keyboard secara mumpuni.

Sebab itu aplikasi emulator digunakan agar aplikasi yang hanya bisa dijalankan di smartphone dapat dijalankan juga pada PC atau laptop. Ketersediaan emulator mendukung beberapa perangkat baik itu Windows, Mac, Linux, Android.

Apa Itu Aplikasi Emulator untuk PC?

Aplikasi emulator untuk PC merupakan perangkat lunak atau aplikasi yang memungkinkan agar sistem komputer (host) dapat meniru fungsi sistem perangkat lain. Aplikasi ini memungkinkan Anda menjalankan fungsi software, hardware, dan komponen.

Tentunya software, hardware, dan komponen tersebut hanya dirancang untuk sistem perangkat yang lain. Bagi pengguna perangkat biasa, menjalankan emulator tidak jauh berbeda seperti menggunakan sistem secara langsung.

Sementara bagi developer atau pihak pengembang, emulator merupakan tools yang berguna untuk melakukan uji coba aplikasi di sistem yang dikembangkannya. Tidak heran jika emulator cukup terkenal di kalangan mereka.

Saat ini, aplikasi emulator banyak digunakan untuk menjalankan game dari Android ke perangkat seperti laptop atau komputer. Oleh karena itu, sistem operasi iOS, Android, dan PC lebih banyak diminati.

Bagaimana Fungsi dan Cara Kerja Aplikasi Emulator?

Menciptakan perangkat lunak tentunya akan disesuaikan secara spesifik untuk platform tujuannya. Oleh karena itu, pihak pengembang akan membuatkan aplikasi khusus secara terpisah untuk masing-masing sistem operasi.

Aplikasi emulator untuk PC memiliki fungsi yang penting untuk mengatasi hal tersebut. Sebab dalam prosesnya, tentu device atau perangkat yang digunakan pihak pengembang tidak sama dengan kebutuhan aplikasi yang dibuat.

Trending:  Deretan Aplikasi Wallpaper HP yang Akan Membuat Tampilan HP Menjadi Lebih Menarik

Untuk cara kerjanya, setiap aplikasi emulator memiliki teknik berbeda-beda tapi tujuannya tetap sama. Aplikasi emulator tetap memberikan pengalaman yang sama bagi pengguna seperti saat menggunakan hardware maupun software aslinya.

Saat ini sudah banyak berbagai pilihan emulator yang dapat digunakan untuk bekerja atau sekadar bermain game mobile. Umumnya, emulator sering dipakai untuk membuka aplikasi Android melalui perangkat Windows, Mac, atau Linux.

Rekomendasi Aplikasi Emulator untuk PC

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi aplikasi emulator untuk PC yang akan sangat berguna jika Anda menginstallnya pada perangkat PC.

  1. MeMu Play

MeMu Play fokusnya untuk meniru game Android agar dapat dijalankan di perangkat PC. MeMu Play bahkan bisa menjalankan lebih dari satu game atau aplikasi secara bersamaan di jendela berbeda sekalipun.

MeMu Play memungkinkan penggunanya untuk dapat mengonfigurasi kontrol. Konfigurasi kontrol dapat dilakukan melalui mouse, gamepad, juga keyboard perangkat PC bersangkutan.

  1. NoxPlayer

Jika Anda sedang mencari emulator terbaik tapi tetap ringan, NoxPlayer adalah jawabannya. Sama seperti MeMu Play, fokus utama dari NoxPlayer ini adalah untuk memainkan game Android di perangkat komputer.

NoxPlayer sangat sederhana dan mudah cara instalasinya. Tampilan interface atau antarmukanya juga sangat luar biasa bersih dan intuitif.

  1. Genymotion

Salah satu aplikasi emulator untuk PC yang sangat mumpuni dalam menjalankan aplikasi android di PC adalah Genymotion. Genymotion hadir dengan berbagai fitur tambahan untuk memuaskan penggunanya.

Tidak hanya itu, Anda dapat menggunakan Genymotion Cloud secara langsung di web. Jadi tidak perlu menginstallnya pada perangkat komputer atau PC.

  1. BlueStacks

Ketika diluncurkan tahun 2011, BlueStacks hanya untuk meniru game android melalui komputer. Namun sekarang, BlueStacks disebut sebagai emulator terbaik karena bisa menjalankan hampir seluruh aplikasi dan game dari Google Play Store.

  1. Droid4x
Trending:  Aplikasi Nonton Drama Turki Sub Indonesia Terlengkap

Droid4x merupakan alternatif emulator yang ringan untuk PC dan kompatibel dengan semua versi Windows dari Windows7. Penggunanya menggunakan perekam layar emulator, bahkan Droid4x digunakan pengembang sebagai alat uji coba aplikasi mereka.

  1. Android Virtual Device (AVD)

Rekomendasi aplikasi emulator untuk PC selanjutnya adalah AVD sebagai emulator bawaan dari Android Studio. Selain mempresentasikan smartphone android, juga bisa mempresentasikan tablet, AndroidTV, Wear OS, hingga Automotive OS.

  1. Simulator

Jika AVD untuk android, maka Simulator untuk aplikasi iOS. Simulator digunakan oleh pihak developer untuk mengembangkan berbagai aplikasi iOS ataupun macOS sehingga hanya bisa dijalankan di sistem macOS saja.

Berikut Kelebihan Menggunakan Aplikasi Emulator

Ada beberapa kelebihan mengapa aplikasi emulator untuk PC banyak digemari daripada smartphone Android yang justru dapat menjalankan semua hal. Berikut adalah kelebihan menggunakan aplikasi emulator.

  1. Menjalankan Aplikasi Android di Windfows, macOS, Linux dengan Lancar

PC atau laptop dengan sistem operasi Windows tentunya hanya dapat menjalankan aplikasi yang mendukung platform Windows saja. Sementara macOS Apple juga hanya dapat menjalankan aplikasi pendukung macOS saja.

Begitu juga dengan PC Linux di mana hanya dapat menjalankan aplikasi pendukung platform Linux saja. Namun bagi beberapa orang, aplikasi Android akan terasa lebih memuaskan jika bisa dijalankan pada PC.

Dengan aplikasi emulator untuk PC, maka aplikasi android apapun baik itu game atau software lainnya dapat dijalankan di PC. Jadi Anda tidak akan terhalang lagi oleh sistem operasi dari PC bawaan.

  1. Layar Monitor Lebih Besar dan Bisa Dikontrol

Smartphone merupakan alat elektronik portabel canggih di mana setiap tahunnya terus dibekali oleh peningkatan kemampuan. Namun jika membahas tentang ukuran layar monitor, tentunya smartphone akan kalah dengan PC.

Trending:  7 Aplikasi Wallpaper Bergerak untuk Android dan PC

Memainkan game Android di PC melalui aplikasi simulator akan membantu menampilkan tampilan game pada layar lebih lebar serta memuaskan. Melalui dukungan grafis PC, setiap detail dari visualisasi game akan terlihat jelas.

Karena PC atau laptop menggunakan keyboard, maka ini juga menjadi poin tambahannya. Anda dapat menggunakan pintasan atau shortcut lewat keyboard, gamepad, mouse, ataupun pengontrol lainnya agar permainan lebih maksimal.

  1. Mampu Menyimpan Berbagai Game dan Aplikasi Android

Kelebihan aplikasi emulator untuk PC selanjutnya yaitu mampu menyimpan berbagai game dan aplikasi android. Google Play Store menyediakan beragam game maupun aplikasi menarik yang dapat diunduh penggunanya.

Namun keterbatasan penyimpanan pada smartphone akan menghambat kebebasan tersebut. Jika disimpan pada perangkat PC melalui emulator, maka Anda tidak perlu khawatir lagi PC memiliki kapasitas penyimpanan jauh lebih besar.

  1. Dapat Menjalankan Beberapa Aplikasi Secara Bersamaan

Contoh emulator seperti NoxPlayer atau MeMu Play memiliki fitur untuk menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan. Emulator tersebut dapat menjalankan beberapa versi Android, contoh membuka WhatsApp dan game dalam satu layar.

  1. Performa dan Tampilan Lebih Baik

Emulator membantu penggunanya menyajikan tampilan game yang seharusnya berukuran kecil di smartphone tapi bisa lebar dan jelas pada PC. Performa game berat sekalipun jauh lebih bagus juga lancar dibandingkan lewat ponsel.

Menjalankan emulator memang sangat membantu, namun efek dari penggunaannya adalah kinerja perangkat PC lebih berat, lamban, dan suhu meningkat. Jadi, sebaiknya gunakan aplikasi emulator untuk PC jika memang sangat mendesak dibutuhkan.

Check Also

Rekomendasi Aplikasi Pembuat Musik Android Gratis

Rekomendasi Aplikasi Pembuat Musik Android Gratis

Belajar membuat lagu memakai aplikasi pembuat musik merupakan tren terbaru belakangan ini. Terutama karena banyaknya …