10 Aplikasi Esensial untuk PC Maupun Laptop Windows

10 Aplikasi Esensial untuk PC Maupun Laptop Windows

Sudahkah komputer Anda dilengkapi dengan aplikasi esensial untuk PC maupun laptop? Jika belum harus segera melengkapinya agar produktivitas semakin baik dan pekerjaan juga dapat selesai lebih cepat.

Kebanyakan orang tidak mengetahui apa saja aplikasi atau program penting bagi komputer mereka. Biasanya saat membeli sudah terisi program standar dan merasa cukup dengan itu. Padahal bisa jadi, program-program yang ada di PC/laptop Anda belum lengkap.

Agar dapat mengetahui apakah sudah lengkap atau belum sangat penting untuk memiliki pengetahuan mengenai aplikasi-aplikasi apa saja wajib ada. Jadi, kali ini kami akan berbagi informasi tersebut dengan Anda.

10 Aplikasi Esensial untuk PC atau Laptop

Pada dasarnya setiap laptop baru sudah diisi program di dalamnya sehingga pembeli bisa langsung menggunakannya. Sangat jarang sebuah laptop dibeli dengan kosongan kecuali oleh mereka yang sudah berpengalaman dan bisa mengisi aplikasinya sendiri.

Kalau Anda ingin membeli laptop maupun PC baru pastikan bahwa 10 aplikasi berikut sudah ada di dalamnya:

  1. Chrome Browser

Pertama yang harus ada di sebuah komputer adalah app digunakan melakukan pencarian di mesin pencari, yaitu kegiatan browsing atau sering disebut browser. Anda bisa memilih Chrome untuk kebutuhan browsing tersebut.

Meskipun sudah dilengkapi browser bawaan seperti Microsoft Internet Explorer, tapi tanpa adanya Chrome komputer Anda terasa tidak lengkap. Jika aplikasi esensial untuk PC ini belum tersedia di PC/laptop Anda bisa unduh sendiri.

Tinggal gunakan browser bawaan kemudian cari link unduhannya dan unduh lalu instal. Setelah terinstal, Anda bisa menggunakannya browsing lebih cepat dan nyaman, juga bisa mengaksis berbagai fitur terbaik dari Chrome lainnya.

  1. Winrar (Archive Manager)

Selanjutnya jangan lupa harus melengkapi PC/laptop dengan app WinRAR karena sangat penting untuk kebutuhan kompresi maupun ekstraksi file. Apalagi jika Anda bekerja pada pengiriman dan penerimaan data/file harus punya app ini.

Trending:  Ini Dia Arti Emoji Hati Sesuai Warna

Aplikasi esensial untuk PC ini dapat membantu membuka berkas dalam bentuk .rar, .zip, atau .7z maupun berbagai arsip kompresi lainnya. Mintalah pada toko tempat Anda membeli menginstal app ini atau bisa unduh di internet.

Tidak sulit untuk mencari WinRAR gratisan, cukup cari menggunakan Chrome yang sudah Anda instal sebelumnya. Kemudian unduh dan pasang di PC/laptop Anda.

  1. Zoom

Kenapa harus punya zoom? Sebab sekarang bekerja bisa dilakukan di mana saja, bahkan di rumah. Salah satu app pendukung untuk bekerja di rumah adalah Zoom. Fungsinya untuk melakukan meeting/rapat melalui media daring.

Kebanyakan perusahaan menggunakan Zoom untuk kebutuhan meeting online, terutama saat pandemi melanda beberapa waktu lalu. Bahkan sampai saat ini masih banyak yang mengandalkan aplikasi ini.

Selain dapat digunakan untuk pekerjaan formal, Anda juga bisa menggunakannya mengikuti berbagai seminar online. Jadi, tambahkan zoom dalam list app harus dimiliki.

  1. VLC Media Player

Siapa yang suka menonton video di PC/laptop? Kalau Anda salah satunya, maka aplikasi esensial untuk PC VLC Media Player harus dimiliki. Meskipun sudah ada aplikasi bawaan dari sistem operasi, tapi biasanya kemampuannya terbatas.

Beberapa jenis video tidak bisa dibuka dengan pemutar video biasa sehingga dibutuhkan pemutar video serba bisa, yaitu VLC Media. Fiturnya cukup lengkap dan selalu berkembang karena dikembangkan secara open-source.

Anda bisa unduh sendiri aplikasi ini dengan mencarinya di internet atau bisa kunjungi situs resminya untuk mendapatkan app legal. Versi gratis tersedia dan bisa diupgrade apabila ada versi baru tersedia.

  1. Internet Download Manager (IDM)

Untuk Anda yang doyan download harus punya aplikasi esensial untuk PC satu ini, yaitu IDM. Pengunduhan menggunakan IDM bisa super cepat, karena memaksimalkan koneksi internet Anda.

Dengan memakai IDM mengunduh berbagai file bisa lebih cepat, bahkan untuk file berukuran besar sekalipun. Namun, juga tergantung dari koneksi jaringan yang digunakan. Makin cepat jaringannya, makin cepat proses download.

Trending:  Aplikasi Dompet Digital Paling Membantu di Tahun 2022 Aplikasi dompet digital

Speed unduhan akan dipercepat sebanyak 5x dari kecepatan standar jaringan Anda sehingga sangat cocok untuk kebutuhan kerja maupun pribadi. Produktivitas akan makin meningkat dan pekerjaan semakin cepat diselesaikan.

  1. Pengolah Dokumen

Salah satu aplikasi esensial untuk PC yang tidak boleh tertinggal adalah program pengolah kata. Sebab tanpanya Anda tidak akan bisa melakukan pekerjaan yang berhubungan dengan dokumen.

Program pengolah dokumen di Windows biasanya adalah Microsoft Office, tapi paket software pengolah dokumen ini biasanya membutuhkan lisensi dan harganya cukup mahal. Jika Anda mampu membeli silakan menggunakannya.

Namun, jika ingin versi gratis dapat menggunakan WPS Office. Kinerjanya sama seperti Microsoft Office yang dapat mengolah dokumen seperti .doc, .docx, .xls, .ppt, dan lain sebagainya.

  1. Spotify Music

Kenapa harus punya app satu ini? Sebab Anda butuh hiburan di tengah banyaknya pekerjaan menumpuk dan deadline pengerjaan. Dengan adanya musik yang menemani, maka bisa lebih rileks saat bekerja dan juga membantu fokus.

Di Spotify banyak pilihan lagu yang dapat didengarkan online maupun offline. Jika Anda menggunakan aplikasinya bisa memakai berbagai fitur di dalamnya, seperti Play, next, Pause, juga terdapat shortcut previous, juga penampil lirik.

Tenang, app satu ini tidak akan membebani RAM komputer karena ringan dan bisa diletakkan di taskbar. Jangan terlalu serius bekerja sampai stress, selingi dengan mendengarkan musik dan bersantai.

  1. Adobe Acrobat Reader DC

Selanjutnya, aplikasi esensial untuk PC adalah pembaca PDF yaitu Adobe Acrobat Reader DC. File pdf sangat sering ditemukan di internet, karena bentuk penyimpanan pdf lebih ringan sehingga memudahkan upload ke internet.

Baik file e-book, dokumen, dan lain sebagainya banyak menggunakan format ini sehingga Anda membutuhkan app untuk membukanya, yakni Adobe Reader.

Trending:  8 Aplikasi Kajian Agama Islam Terbaik Untuk Smartphone

App ini cukup ringan sehingga tidak akan memakai memori besar dan pasti akan sangat sering digunakan.

  1. Game Booster

Aplikasi esensial untuk PC lainnya adalah game booster yakni Razer Cortex, sangat diperlukan untuk Anda yang doyan main game. Kalau tidak suka main game mungkin aplikasi ini bisa diskip.

Biasanya game-game di PC/laptop membutuhkan memori besar sehingga akan memakan sebagian besar kinerja CPU dan RAM. Untuk membantu performa OS dalam bermain game, maka diperlukan booster.

Booster ini akan membantu peningkatan ekosistem komponen PC sehingga dapat mendukung performa bermain game lebih baik. Razer Cortex akan membantu meningkatkan kinerja komputer untuk bermain game.

Fiturnya berupa membersihkan sistem dari pemrosesan yang sudah di-cached atau tersimpan di sistem. Juga untuk FPS boost guna mengalokasikan sistem ke game yang sedang dijalankan.

  1. Your Phone

Terakhir adalah aplikasi esensial untuk PC yang membantu sinergi antara PC/laptop dengan ponsel pintar Anda. Dalam pekerjaan atau kebutuhan sehari-hari sangat sering Anda perlu memindahkan data dari ponsel ke laptop atau sebaliknya.

Terkadang proses transfer data ini sangat lamban, bahkan pada PC/laptop smartphone sering tidak terbaca. Untuk mengatasi permasalahan ini coba gunakan app Your Phone sehingga OS Windows Anda bisa bersinergi dengan smartphone.

Setiap aplikasi memiliki fungsinya sendiri dan diciptakan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Anda tidak perlu memiliki semua aplikasi yang ada, hanya app dibutuhkan saja. Oleh sebab itu, pastikan apa saja kebutuhan Anda kemudian memenuhinya.

Bagi pengguna PC/laptop bersistem operasi Windows terutama Windows 10 pastikan aplikasi yang dibutuhkan sudah didapatkan. Karena akan sangat membantu mendongkrak produktivitas komputer Anda.

Pastikan semua aplikasi esensial untuk PC maupun laptop di atas sudah terinstall dan siap Anda gunakan.

Check Also

Ini Dia Arti Emoji Hati Sesuai Warna

Berkirim pesan sekarang rasanya kurang lengkap jika tidak menambahkan emoticon. Terutama untuk yang sedang senang …