Membiasakan Diri? Gunakan Aplikasi Habit Tracker Ini!

Melakukan kegiatan yang tidak seperti biasa memang sulit. Terlebih lagi, jika harus rutin agar bisa mengubah kebiasaan buruk. Maka dari itu, aplikasi habit tracker sangat diperlukan untuk kondisi seperti ini.

Habit tracker sendiri umumnya merupakan sebuah cara untuk membangun kebiasaan dengan mencatatnya. Memang awalnya, pencatatan ini dilakukan secara manual, tapi tidak harus begitu sekarang. Itu karena perkembangan teknologi yang membuat kamu bisa mencatat kebiasaan secara digital.

Tidak dipungkiri kalau banyak aplikasi yang dipublikasikan, begitu juga dengan aplikasi habit tracker. Meski begitu, tentu saja ada aplikasi yang direkomendasikan. Nah, aplikasi habit tracker ini cocok bagi kamu yang mau membuang kebiasaan buruk.

EZ HabitSimple Habit Tracker

EZ Habit merupakan aplikasi buatan AWey Dev yang rilis setahun lalu, yaitu 2021. Aplikasi ini terbilang baru, sih, tapi cocok bagi kamu yang tidak suka ribet. Sebab, aplikasi ini simple dan colorfull.

Interface yang rapi dengan tampilan kalendar kecil, kamu bisa melihat seberapa sering kebiasaannya dilakukan. Apalagi, dengan berbagai warna yang bisa digunakan untuk menandai. Menariknya lagi, kamu bisa melacaknya dengan adanya informasi statistik di aplikasi yang satu ini.

Aplikasi EZ Habit sendiri bisa diunduh secara gratis di Playstore. Nah, kalau ingin memiliki fitur yang lebih lengkap bisa beralih ke versi premium. Tapi, versi gratisnya sendiri sudah sangat cukup untuk menjadi habit tracker bagi kamu yang baru memulai kebiasaan.

Aplikasi HabitHubHabit Tracker & Goal Tracker Motivation

Seperti namanya, aplikasi habit tracker ini diharapkan bisa memotivasi agar membuatmu terus maju. HabitHub sendiri sudah hadir di Playstrore sejak 2016. Berbeda dengan EZ Habit yang rapi, HabitHub lebih terstruktur.

Hal ini dibukatikan dengan disediakannya fitur menu, kategori, arsip, hingga tema. Menariknya lagi, untuk men-tracking sesuatu lebih mudah karena ditampilkan berdasarkan target. Tentu saja, ada tampilan titik berwarna untuk melacak.

Meski begitu, aplikasi  yang satu ini juga bisa menampilkan berdasarkan kalendar, lho. Bukan hanya itu, ada juga fitur pengingat, serta fitur catatan juga. Benar-benar melebihi habit tracker secara manual, ‘kan?

Masih ada lagi keunggulannya, lho, yaitu aplikasi HabitHub ini tersinkronisasi dengan smartwatch. Jadi, kamu bisa langsung menandai melalui jam tanganmu, ya. Ditambah lagi, datanya juga bisa secara otomatis dicadangkan ke eksternal atau diimpor ke aplikasi lain.

Sama dengan sebelumnya, aplikasi  kali ini juga bisa melihat statistiknya. Terlebih lagi dengan adanya widget, kamu bisa melacaknya dari beranda. Sangat membantu dan mudah menggunakannya, ‘kan?

Habitify: Simple Habit Tracker

Aplikasi habit tracker yang direkomendasikan kali ini merupakan garapan Unstatic. Habitify sendiri sudah tersedia di Playstore sejak 2018 lalu. Jadi, bagi kamu yang ingin mencobanya, tinggal download saja karena gratis.

Meski mengunduhnya gratis, tapi untuk fiturnya sendiri, aplikasi habit tracker ini dibagi dua. Pertama, fitur untuk aplikasi Habitify gratis atau biasa dan kedua adalah fitur premium. Tapi, dengan fitur awal pun, kamu tidak akan sulit melacak kebiasaanmu.

Untuk fiturnya sendiri, yang pertama adalah fitur untuk memanajemen kebiasaan. Di fitur ini, kamu bisa membuat serta mengatur target kebiasaan. Selain itu, bisa menandai target tersebut sudah diselesaikan atau terlewati.

Di aplikasi yang satu ini, juga ada juga fitur untuk merencanakan rutinitas harian. Ditambah lagi dengan disediakannya fitur pengingat. Sudah pasti tidak akan lupa melakukannya, nih, kalau begini.

Nah, kalau ingin melacak, memang paling nyaman pakai statistik, ‘kan? Di sini, kamu bisa lihat statisktik dari berbagai sudut. Ada statistik berdasarkan tren, tingkat penyelesaian, kalendar, rata-rata harian, hingga totalnya.

Loop Habit Tracker

Aplikasi habit tracker yang satu ini dibuat oleh Alinson S Xavier. Loop Habit Tracker sendiri diperkenalkan ke publik pada tahun 2016. Kita sudah bisa mengunduhnya di Playstore sejak itu.

Dari segi tampilan sendiri, aplikasi Loop Habit Tracker terlihat simple dan minimalis. Namun, di saat yang bersamaan juga modern dan efektif. Meski minimalis, tapi tulisan serta grafiknya berwarna.

Terlebih lagi, di aplikasi ini, bisa membuat target yang lebih kompleks dari sebelumnya. Selain itu, untuk penandaannya tidak hanya ceklis dan silang saja. Kamu juga bisa menggunakan satuan seperti miles atau pages.

Bukan hanya itu, aplikasi Loop Habit Tracker, juga mempunyai fitur pengingat dan smartwatch. Ada juga fitur statistik yang bisa melihat perkembangan, histori berupa bagan dan garis, serta kalendar. Menariknya lagi, tidak ada iklan dan source code-nya open source sehingga siapapun bisa mengembangkannya.

Habit Tracker

Aplikasi Habit Tracker adalah rekomendasi terakhir aplikasi yang bisa digunakan untuk mencatat kebiasaan. Seperti namanya, Habit Tracker juga merupakan aplikasi sederhana. Kamu bisa tracking kebiasaan per minggu, bulan, dan per target.

Selain itu, ada juga statistik berupa bagan, serta persentase setiap target. Benar-benar aplikasi yang sangat simple, ya. Nah, aplikasi ini cocok dengan kamu yang tidak suka ribet.

Itulah lima aplikasi yang paling direkomendasikan untuk Anda. Memang untuk berubah itu tidak mudah. Maka dari itu, kita tidak bisa terburu-buru, harus perlahan.

Namun, jika dengan sedikit demi sedikit, tentunya akan sulit melihat perkembangannya, ‘kan? Nah, itulah fungsi habit tracking supaya kamu bisa melihat perkembangannya. Jadi, kamu bisa pilih aplikasi habit tracker yang fiturnya memadai dan cocok denganmu, ya.