Aplikasi Jurnal Harian Android Terbaik

Menulis diary atau jurnal harian merupakan kebiasaan masyarakat yang sudah ada sejak berabad-abad lalu. Kalau dulu, orang menggunakan buku khusus untuk menulis. Kini seiring berkembangnya teknologi, banyak aplikasi jurnal harian Android yang bisa dimanfaatkan.

Aplikasi Jurnal Harian Android Terbaik

Aplikasi jurnal harian akan membantu Anda untuk menulis kegiatan sehari-hari supaya lebih praktis. Pasalnya, Anda dapat mencatatnya langsung pada perangkat Android. Anda jadi tak perlu repot-repot membawa buku diary/jurnal kemana-mana, dan berikut rekomendasinya:

Day One

Aplikasi jurnal harian Android yang pertama adalah Day One. Aplikasi ini diketahui mulai muncul sejak tahun 2011. Day One sangat compatible dengan semua perangkat baik itu Mac, ios, hingga Android.

Banyak yang bilang Day One adalah aplikasi diary terbaik Android hingga sekarang. Bahkan, aplikasi ini terpilih menjadi Apple’s Editor Choice di App Store beberapa kali. Day One juga dilengkapi oleh banyak fitur menarik.

Sehingga membuatnya menjadi aplikasi terbaik. Mulai dari pengguna dapat membuat jurnal lengkap dengan keterangan lokasi, menambahkan foto atau video, sampai password.

Pengguna juga dapat memberikan tanda apakah jurnal yang ditulis termasuk penting atau tidak. Ditambah lagi, aplikasi ini didukung dengan interface sederhana namun tetap stylish dan menyegarkan. Anda tidak akan merasa jenuh walaupun menggunakannya lama-lama.

Diarium

Aplikasi jurnal harian Android terbaik berikutnya adalah Diarium ini. Aplikasi ini nyatanya berhasil memperoleh rating tertinggi di Windows 10. Keistimewaan Diarium sendiri adalah dapat menghubungkan perangkat windows dengan Android.

Sehingga pengguna dapat menuliskan jurnal dimana saja. Fitur yang disediakan juga tak kalah lengkak. Salah satunya adalah apabila Anda malas untuk mengetik jurnal, dapat langsung pakai fitur bicara sehingga aplikasi akan menulisnya secara otomatis.

Trending:  Tak Perlu Antri, Cukup dirumah dengan Aplikasi Perpanjang SIM Online

Selain itu, aplikasi terbaik ini juga menyediakan file audio hingga gambar. Bahkan, Diarium pun dapat memberikan nilai untuk mendata tingkat kebahagiaan pengguna di hari tersebut.

Daylio

Beberapa orang memang suka menuliskan diary atau jurnal. Tapi tidak sedikit merasa malas menulis banyak hal. Bagi Anda yang tak terlalu suka menulis panjang-panjang, sangat disarankan untuk menggunakan aplikasi Daylio ini.

Daylio yang menjadi aplikasi jurnal harian Android terbaik sudah dilengkapi oleh banyak fitur menarik. Diantaranya adalah PIN, reminder, hingga backup ke Google Drive. Bahkan, pengguna dapat memilih mood selama menulis jurnal.

Uniknya lagi, Daylio dapat memberikan data statistic selama Anda menulis jurnal/diary pada aplikasi tersebut. Anda harus mencoba aplikasi jurnal satu ini karena dapat diunduh secara gratis. Walaupun juga ada versi premium dengan tambahan fitur yang lebih lengkap.

Journey

Journey adalah aplikasi  terbaik yang bisa Anda coba selanjutnya. Aplikasi ini gratis dan dapat Anda unduh via Google Play Store. Walaupun begitu, pengguna Mac, Chromebook, serta Windows pun tetap bisa menggunakan aplikasi ini dengan mudah.

Sama seperti aplikasi lain yang serupa, dalam Journey Anda dapat menambahkan konten visual dalam jurnal. Beberapa fitur lainnya adalah kalender hingga menampilkan lokasi berdasarkan catatan atau jurnal yang dibuat.

Offline Diary

Adalah aplikasi jurnal harian Android yang dapat Anda gunakan secara offline. Sehingga, Anda tidak perlu harus terhubung ke internet jika mau mengaksesnya. Aplikasi ini memiliki interface yang simple sehingga mudah diakses oleh semua kalangan.

Offline Diary pun dilengkapi dengan sistem UI sederhana dan tanpa gangguan. Bahkan, pengguna juga dapat menggunakan fitur password untuk tingkat keamanan yang lebih tinggi. Selain itu, aplikasi ini juga gratis walaupun ada versi berbayar tanpa iklan seharga USD 1.

Trending:  Nada dering Aplikasi Whatsapp bisa menyebut nama panggilan

Universum

Selanjutnya ada aplikasi  lainnya yaitu Universum. Aplikasi ini bisa dibilang cukup berbeda dengan aplikasi lain yang serupa. Pasalnya, Universum dilengkapi dengan ekspor file backup ke Google Drive dan Dropbox.

Selain itu, masih ada fitur lengkap lainnya seperti mood tracking hingga dark mode. Alih-Alih menggunakan password, sebagai keamanan aplikasi ini lebih memilih sidik jari. Beberapa fungsi lain juga bisa Anda dapatkan dengan hanya mengunduh aplikasi Universum ini.

Misalnya dimanfaatkan sebagai aplikasi diet, travel sampai menjadi jurnal mimpi. Mau menambahkan foto atau video? Anda juga bisa melakukannya pada aplikasi ini.

Memories

Tampilannya memang kelihatan sangat sederhana. Setidaknya jika dibandingkan dengan aplikasi lain yang fungsinya sama. Namun jangan salah, Memories ini juga punya kelebihan yaitu fitur menarik.

Salah satunya adalah “follow up” yang bisa dipakai pengguna untuk menambahkan pesan dan kesan tambahan pada jurnal utama. Selain itu, Anda juga menambahkan foto, rekaman suara, lokasi hingga tag pada aplikasi jurnal harian Android satu ini.

Mau membagi jurnal yang Anda tulis ke orang lain? Memories mampu membantu Anda dengan cara menambahkan orang dalam catatan terlebih dahulu. Apabila ingin menambah teman/orang pastikan mengunduh aplikasi Memories Contact Note seharga USD 1.06.

DayGram

DayGram juga adalah pilihan aplikasi terbaik, Aplikasi ini dilengkapi dengan interface cantik sehingga Anda mungkin betah menggunakannya berlama-lama. Saat Anda menggunakannya tampilan aplikasi ini mirip seperti timeline.

Tersedia banyak tema yang bisa dipilih oleh pengguna. Dari mulai tema danau, cahaya, gelap, dan masih banyak lagi. Bukan hanya tema yang bisa diganti oleh pengguna tapi juga font untuk menulis.

Aplikasi jurnal harian Android ini juga punya fitur seperti reminder, password, hingga backup Dropbox. Anda dapat mengunduhnya secara gratis di Google Play Store sekarang juga untuk mencobanya sendiri.

Trending:  Download Aplikasi Al Quran Indonesia Plus Latin Terbaru 2022

Diaro

Diaro dapat diunduh via Play Store dan menjadi andalan ketika Anda mau mencatat jurnal harian. Keunggulan Diaro adalah fitur pencarian cepat sehingga Anda akan menemukan catatan jurnal yang dibutuhkan dengan mudah. Walaupun terkadang masih muncul iklan.

Itu dia tadi pilihan aplikasi jurnal harian Android terbaik. Bila Anda termasuk orang yang suka menulis diary/jurnal, bisa gunakan salah satu dari aplikasi di atas supaya makin praktis.

Check Also

Cara menonaktifkan WA di HP Android dan iPhone

Cara Menonaktifkan WA di HP Android dan iPhone

Cara menonaktifkan WA tanpa mematikan data di HP Android atau iPhone pasti dicari oleh mereka …