10 Aplikasi Mahasiswa Desain Grafis yang Wajib Ada di Laptop

10 Aplikasi Mahasiswa Desain Grafis yang Wajib Ada di Laptop

Bagi Anda yang tengah mengenyam pendidikan bidang desain grafis, aplikasi mahasiswa desain grafis wajib ada di laptop maupun PC masing-masing. Karena aplikasi-aplikasi ini dapat menunjang pengerjaan tugas kuliah lebih cepat dan akan berguna saat bekerja nanti.

Di era digital kebutuhan akan produk digital memang sangat tinggi sehingga banyak sekali profesi di bidang ini bermunculan. Salah satunya desainer grafis yang kerjanya membuat desain menggunakan program di komputer kemudian merealisasikannya.

Banyak anak muda tertarik dengan jurusan desain grafis membuat persaingan di sektor ini cukup tinggi. Jika Anda ingin bersaing, maka harus menguasai keahlian menggunakan beberapa aplikasi pendukung.

Kali ini, kami akan berbagi informasi mengenai aplikasi-aplikasi desain yang penting dikuasai oleh para mahasiswa jurusan tersebut.

10 Aplikasi Mahasiswa Desain Grafis yang Wajib Dimiliki

Saat berada di bangku kuliah merupakan saat paling tepat untuk mengasah dan mengembangkan skill. Dengan menguasai berbagai keahlian akan meningkatkan kesempatan di dunia kerja.

Terutama untuk mahasiswa desain grafis, sangat penting untuk memiliki dan menguasai aplikasi-aplikasi berikut:

  1. Canva

Pertama Anda akan kami ajak berkenalan dengan Canva, yaitu aplikasi editing yang saat ini sangat banyak digunakan. Bukan hanya oleh mahasiswa tapi masyarakat umum. Bahkan digunakan untuk promosi bisnis maupun jualan.

Aplikasi mahasiswa desain grafis bernama Canva ini punya banyak fitur menarik yang dapat membantu membuat logo, poster, browser, banner, presentation. Flyer, ID card, dan berbagai produk digital lainnya.

Canva termasuk app yang mudah digunakan, tapi punya fitur lengkap. Ketersedian diakses gratis membuat banyak orang menyukainya. Kalaupun ingin akses berbayar juga tidak mahal, bahkan bisa patungan.

Anda juga bisa memasukkan template sendiri dan menyediakannya untuk digunakan orang lain. Jadi, bisa membantu diri sendiri juga banyak orang.

  1. Adobe Illustrator Draw

Aplikasi mahasiswa desain grafis dari Adobe sudah tidak asing lagi, karena Adobe memang sudah mengeluarkan berbagai jenis aplikasi untuk kebutuhan desainer sehingga sudah sangat dikenal.

Trending:  Aplikasi Idul Fitri, Idul Adha - Stiker Baru Gratis

App Addobe Illustrator Draw ini memiliki keunggulan berbagai fitur menarik di dalamnya dan dapat digunakan di smartphone. Kelebihannya adalah pengguna dapat zoom hasil karya hingga 64 kali sehingga bisa melakukan pengeditan lebih detail.

Jika Anda membutuhkan aplikasi untuk pengeditan mendetail, baik ukuran, bentuk, warna, dan lainnya, gunakan Adobe Illustrator Draw ini.

  1. Adobe Photoshop Express

Lanjut ke aplikasi berikutnya yang juga dari Adobe, yaitu Adobe Photoshop Express. Photoshop merupakan salah satu aplikasi yang sudah dikenal oleh banyak pengguna internet. Jadi, penggunanya sudah sangat umum, bukan hanya mahasiswa saja.

Banyak fitur unggulan yang ditawarkan oleh app satu ini, di antaranya bisa menyimpa file dengan berbagai jenis. Anda dapat menyimpan dengan format jpg, png, arw, cr2, crw, orf, per, srw, dan lain sebagainya.

Selain itu, photoshop express juga sangat mudah dipelajari. Mulanya mungkin akan sulit, tapi setelah dipelajari dengan baik dan sering latihan akan ahli dalam menggunakannya. App ini dapat diunduh gratis dan diinstal di OS Windows juga.

  1. PiscArt

Selanjutnya, kami ajak Anda berkenalan dengan aplikasi mahasiswa desain grafis PicsArt. App ini bisa dikatakan sebagai salah satu pelopor program pengeditan gambar di smartphone.

Dari awal muncul hingga saat ini sudah banyak sekali orang mengunduh dan menggunakannya untuk pengeditan. Karena hasil editingnya memang sangat bagus, bahkan bisa digunakan mendesain 3D.

Salah satu keunggulannya adalah apabila Anda selesai melakukan pengeditan bisa langsung diunggah ke media sosial. Penggunaan PisArt bukan hanya di ponsel saja, tapi juga bisa di laptop.

  1. Inkscape

Aplikasi mahasiswa desain grafis berikutnya bisa diunduh gratis dan bisa di berbagai sistem operasi. Bisa di Windows, Mac, maupun Linux. Langsung saja unduh di website resmi Inkscape.

Trending:  10 Fitur Telegram Premium Terbaru Yang Jadi Unggulan

Inkscape merupakan app desain grafis berbasis vector, artinya bisa digunakan untuk membuat ilustrasi, logo, maupun karya seni berbasis vector lainnya. Sangat cocok untuk pembuatan yang mendetail baik ukuran maupun warnanya.

Inkscape ramah dengan pengguna baru, karena sudah tersedia tutorial di web resminya. Jadi, Anda bisa belajar dari dasar hingga tips dan triknya juga. Pemula wajib melihat video tutorialnya dulu sebelum mulai mencoba.

  1. Adobe InDesign

Lagi-lagi aplikasi mahasiswa desain grafis dari Adobe, kali ini adalah Adobe InDesign yang dapat digunakan untuk mendesain tata letak atau layout pada media digital maupun cetak.

Biasanya app ini digunakan oleh pekerja kreatif di dunia industri publikasi atau periklanan. Jika Anda tertarik untuk bekerja di bidang-bidang ini, maka wajib instal dan mempelajarinya.

InDesign juga banyak digunakan untuk membuat layout buku, majalah, atau ebook. Bahkan dapat digunakan membuat poster maupun PDF interaktif. Format penyimpanan dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna.

  1. CorelDraw Graphic Suite

Selanjutnya adalah Coreldraw yang cocok untuk Anda jika ingin membuat desain berbasis vector. Pembuatan logo, poster, brosur, juga undangan pernikahan dengan app ini akan memberikan hasil maksimal.

Keunggulannya adalah ketika Anda melakukan zoom out hasil karya tidak akan pecah sehingga sangat cocok untuk desain percetakan. Misalnya membuat spanduk, jadi saat dicetak ukuran besar hasil tetap solid.

Anda bisa melakukan export maupun import file sesuai kebutuhan. Sebagai contoh file berbentuk Ai, PSD, JPG, PNG, SVG, DWG, dan lainnya.

  1. Affinity Designer

Aplikasi mahasiswa desain grafis satu ini sering dibandingkan dengan Adobe Illustrator, bahkan dikatakan sebagai pengganti apabil Anda tidak memiliki Adobe Illustrator.

Kemampuannya dalam membuat desain UI, logo, iklan dan berbagai produk digital lainnya sangat baik sehingga cocok untuk para desainer digital. Anda bisa membuat karya berbasis vector dengan beralih antara bitmap ke vector atau sebaliknya.

Trending:  Aplikasi Rekam Layar Untuk Smartphone Android

Banyak pengguna mengatakan bahwa bekerja menggunakan Affinity Designer jauh lebih cepat dibandingkan photoshop maupun Adobe Illustrator. Bagaimana jika Anda buktikan sendiri?

  1. GIMP

Mari berlanjut ke aplikasi mahasiswa desain grafis berikutnya yaitu GIMP. Aplikasi ini sebenarnya bernama GNU Image Manipulation Program disingkat GIMP agar lebih mudah diingat.

Anda dapat menggunakannya untuk membuat desain baru, retouching foto, maupun mengubah komposisi gambar. Selain itu, dapat digunakan di sistem operasi Windows, OS X, maupun Linux. Jadi, bisa dikatakan serba bisa.

Mau belajar cara memakai app ini? Bisa cek web resminya, di sana terdapat banyak video tutorial maupun tutorial dasar mengedit foto hingga membuat desain baru.

  1. Gravit Desaigner

Rekomendasi aplikasi mahasiswa desain grafis terakhir dari kami adalah Gravit Designer dengan basis vector. Fungsinya hampir sama seperti app vector lainnya yatu untuk membuat berbagai ilustrasi, IU, web, juga mengedit foto.

Penggunaannya adalah secara daring dan tidak berbayar alias gratis. Pengguna sistem operasi Windows, Mac OS, Linux, Chrome OS, Progressive Wen App, dan lainnya dapat menggunakan aplikasi ini.

Anda juga dapat menggunakannya secara offline, tapi khusus untuk versi berbayar. Jadi, Anda perlu membeli aplikasinya terlebih dahulu.

Bagi mahasiswa jurusan desain grafis keahlian mengolah maupun mengedi photo merupakan hal yang penting. Selain itu, juga harus bisa membuat karya desain baru dengan aplikasi yang sesuai.

Agar bisa bersaing di dunia kerja sangat penting untuk menguasai berbagai keahlian sekaligus, termasuk menggunakan berbagai app desain. Anda bisa mulai berlatih dari sekarang dengan menggunakan beberapa rekomendasi aplikasi mahasiswa desain grafis dari kami di atas.

Check Also

Aplikasi Mobile Banking, Cara Kerja dan Jenisnya

Kelebihan Aplikasi Mobile Banking, Cara Kerja dan Jenisnya

Aplikasi mobile banking atau m-banking kini semakin banyak digunakan oleh nasabah karena cara kerjanya yang …