Rekomendasi Aplikasi Membuat Komik

Bagi kamu yang suka menggambar, sebenarnya bisa terus dikembangkan, lho. Apalagi kalau kamu juga suka bercerita maka bisa mencoba untuk membuat komik. Untuk kamu yang pemula, ada rekomendasi aplikasi membuat komik, nih.

Clip Studio Paint

Aplikasi buatan developer Celsys ini tidak bisa dikatakan masih baru, ya. Sebab, aplikasi ini sudah rilis sejak 2001 lalu. Meski begitu, Clip Studio Paint ini lebih unggul karena termasuk aplikasi yang multi device.

Device-nya sendiri bisa digunakan di platform mobile maupun desktop PC. Sedangkan, aplikasi membuat komik ini juga didukung oleh beberapa sistem operasi, lho. Jadi, kamu bisa menggunakan di MacOS, Windows, iOS, Android, iPadOS, bahkan Chrome OS.

Untuk fiturnya sendiri, aplikasi Clip Studio Paint ini termasuk lengkap. Terutama, fitur brush-nya yang bisa disesuaikan seperti yang kamu inginkan. Bahkan dengan brush engine, bisa dengan mudah membuat detail, lho.

Bagi kamu yang masih pemula, tidak perlu khawatir karena di sini juga ada manual tutorialnya, ya. Ditambah lagi, aplikasi yang satu ini menyediakan customer service. Jadi, kalau kamu butuh diskusi masalah teknis, langsung hubungi saja.

Comic Creator

Berbeda dengan sebelumnya, aplikasi Comic Creator ini yang bisa digunakan di PC atau laptop. Selain itu, aplikasi buatan Summitsoft ini juga memang dikhususkan untuk pembuat komik segala usia. Maka dari itu, Comic Creator lebih mudah untuk digunakan.

Meski begitu, aplikasi membuat komik yang satu ini memiliki fitur yang cukup lengkap, lho. Ditambah lagi, aplikasi ini menyediakan banyak template premade. Jadi, lebih mudah untuk menggunakan layout halaman dan karakter, ya.

Bukan hanya itu, fleksibilitas dari alat ilustrasinya juga tidak perlu diragukan lagi. Maka dari itu, kamu bisa lebih leluasa dalam menuangkan kreativitas. Apalagi, dengan adanya fungsi drag and drop dalam penggunaannya.

Trending:  Download Aplikasi NTMC TV, Pantau Arus Mudik Real-Time

Jadi, bagi kamu yang pemula, cocok, nih, belajar membuat komik di aplikasi Comic Creator ini. Bahkan, aplikasi membuat komik ini juga mudah digunakan anak-anak, lho. Sayangnya, komik yang dibuat di Comic Creator lebih terlihat seperti komik klasik daripada 3D.

ComiPo!

Jika Comic Creator, mudah digunakan, ComiPo! menawarkan interface yang lebih simple lagi. Apalagi bagi kamu yang sibuk sehingga tidak sempat atau bahkan tidak percaya diri dengan gambarnya. Sebab, fitur yang disediakan ComiPo! bisa disesuaikan, lho.

Meski fiturnya tidak selengkap aplikasi sebelumnya, tapi ada banyak template yang bisa dipakai, ya. Template-nya sendiri ada karakter premade, pose, properti, hingga efek khusus. Jadi, meski komik yang dihasilkan standar, tapi tetap rekomendasi untuk aplikasi membuat komik instan.

Comic Draw

Siapa, nih, yang biasanya suka menggunakan iPad? Nah, kali ini rekomendasi aplikasi membuat komik hanya ada di iPad, nih. Jadi, jika ingin mencoba aplikasi Comic Draw ini, minimal harus iPad Pro dengan Apple Pencil-nya, ya.

Selain itu, di aplikasi  yang satu ini, kamu bisa dengan mudah memakai alat yang disediakan. Apalagi, jika menggambar memakai pena digital maka hasilnya setara dengan ilustrasi, lho. Tentu saja fitur yang diunggulkan bukan itu saja.

Comic Draw juga memiliki panduan perspektif, lho. Jadi, sangat membantu kalau kamu ingin menggambar lanskap atau bangunan secara akurat. Sayangnya, Comic Draw tidak menyediakan template karena aplikasi ini memang lebih untuk menggambar adegan.

Namun, jangan khawatir karena aplikasi membuat komik ini memiliki fitur pembuat skrip. Jadi, sangat membantu dalam mem-format dialog, ‘kan? Nah, bagi kamu yang ingin mencoba menggunakan Comic Draw, pakai uji coba selama 14 hari saja dulu.

Trending:  Cara Ubah Video Youtube ke MP3 Sangat Mudah Dipahami

Comic Life

Biasanya, kalau tidak bisa menggambar, tapi ingin membuat komik, pastinya mencari alternatif lain, ‘kan? Salah satu alternatifnya adalah mengganti dengan foto. Kalau begitu, Comic Life menjadi rekomendasi yang paling diunggulkan.

Di aplikasi yang satu ini, kamu bisa mengatur foto menjadi halaman komik. Meski art-nya adalah foto, tapi Comic Life menyediakan berbagai fitur template. Jadi, kamu bisa menyesuaikan latar belakang, gambar, bahkan gelembung teksnya.

Dengan menjadikan foto sebagai art utama maka tidak heran jika Comic Life juga menyediakan fitur impor. Ada dua cara yang bisa digunakan untuk mengimpor. Pertama dengan browsing melalui file atau menggunakan drag and drop.

Comic Page Creator

Kali ini rekomendasi aplikasi membuat komik ada di platform mobile Android, lho. Meski sudah dirilis sejak 2016 lalu, tapi aplikasi ini cocok untuk berlatih membuat komik. Sebab, aplikasi buatan BahraniApps ini lebih identik dengan cerita satu halaman.

Comic Page Creator ini sebenarnya aplikasi yang sederhana, tapi bisa membingungkan juga. Itu karena di aplikasi ini tidak ada panduan apapun. Kamu cuma akan mendapatkan satu layar dengan beberapa opsi.

Menariknya, aplikasi  ini memiliki fitur untuk menambahkan karakter dengan slider. Jadi, kamu bisa dengan bebas mengubah pergerakan karakter. Mulai dari mengubah sudut wajah, pergerakan kaki dan tangan, bahkan arah karakter.

Bukan hanya itu, ada juga fitur untuk menambahkan alat peraga untuk karakter. Namun, perlu diingat, kalau aplikasi Comic Page Creator hanya bisa membuat maksimal dua frame, ya. Jadi, kalau mau membuat komik, kamu harus menyatukan sendiri frameframe yang sudah disimpan itu, ya.

Itulah aplikasi membuat komik yang paling direkomendasikan. Tidak hanya untuk satu platform, tapi juga berbagai device dan platform. Aplikasinya juga sangat cocok bagi kamu yang pemula baru belajar membuat komik hingga yang sudah profesional sekalipun.

Trending:  Rekomendasi Aplikasi Menabung Terbaik 2022

Check Also

Cara Menonaktifkan WA Sementara Di HP Realme Dengan Mudah

Cara Menonaktifkan WA Sementara Di HP Realme Dengan Mudah

Ingin tahu cara menonaktifkan WA sementara di HP Realme? Tidak bisa dipungkiri Whatsapp saat ini …