Aplikasi Mobile Banking, Cara Kerja dan Jenisnya

Kelebihan Aplikasi Mobile Banking, Cara Kerja dan Jenisnya

Aplikasi mobile banking atau m-banking kini semakin banyak digunakan oleh nasabah karena cara kerjanya yang lebih praktis dan efisien. Layanan ini memungkinkan Anda hanya membutuhkan smartphone saja untuk melakukan berbagai aktivitas perbankan.

Dengan m-banking, proses transaksi dapat dilakukan secara online tanpa Anda harus datang ke bank atau ATM seperti cara offline. Dengan berbagai kelebihan dan fungsinya sehingga aplikasinya bisa memberikan banyak kemudahan penggunanya.

Hampir setiap bank kini memiliki aplikasi mobile banking dengan banyak fitur yang mempermudah para nasabahnya. Tidak hanya transfer atau mengecek saldo saja, Anda bahkan bisa membeli pulsa, token listrik, juga lainnya kapanpun dan di mana saja.

Tidak mengherankan jika m-banking semakin banyak digunakan dan semakin tidak asing bagi orang-orang yang menyimpan uang. Meski demikian, tidak ada salahnya untuk mengetahui pengertian, cara kerja, maupun kelebihan yang dimiliki aplikasi ini.

Mengenal Pengertian Aplikasi Mobile Banking

Aplikasi mobile banking merupakan fasilitas yang diberikan bank kepada nasabahnya sehingga memungkinkan melakukan transaksi secara online. Untuk menggunakan fasilitas ini, tentu saja Anda membutuhkan smartphone serta jaringan internet.

Layanan ini sangat membantu para nasabah karena Anda tidak perlu datang ke ATM atau bank ketika melakukan transaksi. Bukan hanya itu saja, prosesnya juga cepat sehingga sangar efektif dan efisien.

Sudah tersedia sistem keamanan transaksi sehingga Anda tidak perlu lagi khawatir ketika menggunakannya. Apalagi setiap kali akan menggunakannya, Anda harus memasukkan password yang telah didaftarkan sebelumnya sehingga tidak dapat diakses orang lain.

Mungkin sebagian orang masih belum memahami perbedaan dari aplikasi mobile banking dengan internet banking. Apalagi keduanya sama-sama menggunakan jaringan internet untuk proses perbankan secara online.

Sebenarnya secara sederhana, keduanya memiliki fitur sama yang memungkinkan para nasabah bertransaksi di mana saja. Meski demikian, m-banking dan internet banking memiliki sedikit berbedaan satu dengan lainnya.

Internet banking merupakan layanan perbankan yang memungkinkan nasabahnya melakukan aktivitas perbankan dengan cara mengakses website. Sementara itu, aplikasi mobile banking dapat diunduh menggunakan smartphone terlebih dahulu sebelum bisa digunakan.

Fitur dari kedua layanan tersebut sebenarnya hampir sama, meski begitu m-banking umumnya memiliki fitur-fitur yang lebih lengkap. Oleh karena itulah sekarang lebih banyak nasabah yang menggunakan layanan mobile ini.

Cara Kerja Aplikasi Mobile Banking

Banyaknya orang menggunakan apk mobile banking tidak terlepas dari berbagai fitur andalan yang memudahkan nasabah. Beberapa di antaranya adalah layanan informasi saldo, suku bunga, mutasi rekening, juga lokasi cabang maupun ATM terdekat.

Selain itu, Anda juga bisa melakukan transaksi maupun transfer tanpa harus pergi ke ATM. Dengan menggunakan m-banking ini, Anda juga bisa membayar pajak, premi BPJS, dan juga berbagai asuransi lainnya.

Bukan hanya itu saja, layanan perbankan ini juga membantu dalam pembayaran listrik, PDAM, paket internet, dan lainnya. Pembelian maupun top up saldo e-wallet seperti shopeepay, gopay, OVO, maupun lainnya juga bisa dilakukan.

Cara kerja aplikasi mobile banking cukup sederhana sehingga bisa memberikan kemudahan dan bisa lebih praktis. Sebenarnya transaksi yang dilakukan hampir sama seperti transaksi-transaksi pada umumnya, hanya saja menggunakan perangkat smartphone.

Anda hanya perlu melakukan pendaftaran akun terlebih dahulu. Nantinya jika sudah terdaftar, Anda hanya tinggal menggunakannya untuk berbagai transaksi dengan memasukkan user ID atau password dan juga PIN.

Meskipun cukup mudah, namun Anda juga perlu memperhatikan beberapa hal ketika melakukan aktivitas perbankan menggunakan m-banking. Misalnya dengan tidak membagikan kode OTP maupun PIN pada siapapun agar tidak terjadi penipuan.

Pastikan juga jaringan internet berjalan dengan baik agar prosesnya lebih lancar, namun hindari menggunakan jaringan WiFi publik untuk menghindari hal tidak diinginkan. Selain itu, jangan gunakan VPN ketika bertransaksi agar aman dari hacker.

Berikut Jenis Aplikasi Mobile Banking

Mungkin tidak banyak orang mengetahui jika mobile banking memiliki beberapa jenis yang berbeda. Setiap jenisnya memiliki sistem dan juga keunggulan yang juga tidak sama meskipun tetap memberikan kemudahan bagi penggunanya.

Jenis pertama adalah m-banking native yang secara spesifik menggunakan sistem operasi tertentu. Jenis ini sendiri juga memiliki keunggulan dibandingkan dengan jenis lainnya yaitu perfoma tinggi sehingga memberikan kepuasan terhadap pengguna.

Selanjutnya adalah mobile banking web yang dijalankan menggunakan batuan situs browser, bisa berupa HTML5, JavaScript, maupun CSS. Aplikasi mobile banking ini sendiri juga dirancang responsif sehingga tampilannya menyesuaikan layar ponsel dari nasabah.

Terakhir adalah mobile banking hybrid yang merupakan kombinasi dari jenis-jenis sebelumnya. Pada aplikasinya terdapat kode back-end, native shell, maupun tampilan web sehingga jauh lebih mudah dan cepat ketika menggunakannya.

Kelebihan dari Aplikasi Mobile Banking

Menjadi salah satu layanan yang banyak digunakan oleh nasabah, mobile banking memang memiliki cukup banyak kelebihan daripada dilakukan offline. Berikut adalah beberapa kelebihan m-banking yang dapat Anda rasakan.

  1. Mudah Melakukan Transfer

Ada kalanya Anda perlu mentransfer uang untuk berbagai urusan, termasuk pembayaran belanja online. Dengan adanya m-banking ini, Anda akan lebih mudah dan cepat jika ingin mengirimkan uang ke orang lain.

Anda bisa melakukan transfer ke bank lain bahkan dalam waktu tidak sampai 5 menit tanpa harus repot datang ke ATM atau bank. Anda juga tidak perlu lagi mengantri lagi ke teller, cukup menggunakan smartphone dan jaringan internet saja.

  1. Mudah Membayar Tagihan

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, aplikasi mobile banking memiliki banyak sekali fitur termasuk untuk membayar tagihan sehingga lebih mudah dan cepat. Sama seperti transfer, Anda tidak perlu lagi datang ke loket PLN, PDAM, dan lainnya untuk membayar tagihannya.

Proses pembayaran tagihan sendiri hampir sama seperti ketika mentransfer uang, yaitu cukup menggunakan smartphone dan hanya beberapa kali klik saja. Nantinya setelah proses selesai, semua tagihan Anda sudah akan terbayarkan.

  1. Memantau Saldo Rekening

Saldo rekening sudah seharusnya terus dipantau, sebab sudah ada banyak kejadian saldo rekening nasabah berkurang secara tiba-tiba. Biasanya saldo ini diambil oleh orang yang memang sudah berniat jahat.

Terkadang orang tidak menyadari jika saldo rekening terus berkurang karena tidak bisa melakukan pengecekan saldo langsung. Berbeda halnya dengan menggunakan m-banking sehingga Anda bisa mengecek saldo kapanpun dan di mana saja.

Jika saldo Anda tiba-tiba berkurang tanpa melakukan transaksi apapun, maka bisa langsung menelepon costumer service atau datang langsung ke kantor bank. Nantinya, permasalahan Anda akan bisa diatasi lebih cepat.

  1. Lebih Aman

Menggunakan aplikasi m- banking jauh lebih aman jika dibandingkan transaksi dengan lewat ATM. Selama Anda bisa menjaga akun m-banking, maka akan menambah keamanan proses perbankan dari berbagai resiko yang mungkin sedang mengintai.

  1. Gratis

Ketika akan membuat rekening baru, biasanya bank akan memberikan syarat saldo awal dengan jumlah minimal beragam. Meski begitu, ketika Anda menggunakan m-banking, pihak bank tidak akan mengenakan biaya tambahan.

Dengan menggunakan m-banking, maka aktivitas perbankan bisa menjadi lebih mudah dan praktis. Tidak mengherankan jika banyak nasabah memanfaatkan aplikasi mobile banking dengan berbagai fitur dan kelebihan yang diberikan.