9 Aplikasi untuk Belajar Bahasa Asing Menyenangkan

9 Aplikasi untuk Belajar Bahasa Asing Menyenangkan

Apakah Anda sedang mencari aplikasi untuk belajar bahasa asing yang bisa memudahkan Anda dalam belajar? Anda berada pada laman yang tepat. Kita hidup di dunia serba canggih, dan tentu saja ada banyak sekali aplikasi belajar bahasa yang bisa Anda coba.

Jadi, meskipun Anda tidak terlalu memiliki waktu luang, Anda tetap bisa membuat jadwal mandiri yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan kemampuan bahasa asing Anda. Mempelajari bahasa baru memiliki segudang manfaat kognitif.

Ini berkorelasi dengan nilai tes standar yang lebih tinggi, hipotesis yang lebih baik dalam sains, dan memori yang lebih baik dan pemikiran kritis secara keseluruhan. Dan penelitian menunjukkan bahwa mereka yang belajar bahasa baru memiliki persepsi yang lebih positif terhadap orang-orang dari budaya lain, sesuatu yang dapat kita gunakan saat ini.

Daftar Aplikasi untuk Belajar Bahasa Asing Yang Menyenangkan

Dengan aplikasi untuk belajar bahasa asing yang Anda unduh langsung di ponsel, Anda dapat memulai dengan bahasa baru dalam hitungan menit. Banyak dari mereka memiliki pelajaran yang berkisar dari tingkat pemula hingga hampir lancar.

Aplikasi pembelajaran bahasa terbaik juga ekonomis, apalagi jika dibandingkan dengan sekolah formal atau bimbingan belajar dengan ahli bahasa. Banyak yang memiliki pengenalan suara, yang merupakan kunci untuk memastikan Anda memiliki pengucapan yang tepat. Lainnya menawarkan beberapa pilihan bahasa, yang ideal ketika Anda ingin mengambil beberapa bahasa.

Dan tentu saja dalam berbagai metode penyampaian yang sesuai dengan gaya belajar Anda.  Anda juga bisa melakukannya untuk anak-anak dengan melihat aplikasi obrolan video favorit untuk mereka. Berikut adalah beberapa rekomendasi yang disarankan untuk Anda.

1. Aplikasi untuk Belajar Bahasa Asing dari Mondly

Rekomendasi pertama yang bisa Anda coba adalah Mondly. Aplikasi ini memungkinkan Anda mempelajari bahasa apa pun dari bahasa pertama Anda daripada mengharuskan semua orang untuk belajar dari bahasa Inggris.

Mondly diklaim lebih cepat dan lebih alami daripada aplikasi lain bagi mereka yang bukan penutur asli bahasa Inggris. Versi anak-anak juga berarti seluruh keluarga dapat menggunakan istilah mereka. Aplikasi ini tersedia di Web, iOS, dan Android.

2. Mango

Dengan platform yang dibuat untuk bisnis, sekolah, perpustakaan, dan bahkan pemerintah, Mango adalah aplikasi untuk belajar bahasa asing tangguh yang bekerja dalam 70 bahasa. Perangkat lunak ini beradaptasi saat Anda belajar, sehingga Anda bisa mendapatkan kefasihan dengan kecepatan Anda sendiri.

Anda juga dapat menjeda pelajaran dan kembali lagi nanti, fitur praktis yang tidak disediakan oleh semua aplikasi. Beberapa perpustakaan menawarkannya secara gratis, jadi periksa apakah perpustakaan Anda salah satunya.

3. Memrise

Dengan video rumahan penutur asli, Memrise memberi pengguna gambaran tentang bagaimana sebenarnya bahasa baru itu terdengar. Ini juga menggunakan teknik memori yang telah terbukti untuk menyatukan pelajaran ke dalam otak Anda lebih cepat.

Tidak lupa mereka juga menyertakan algoritme yang menyesuaikan dengan kecepatan dan gaya belajar Anda. Itu juga melacak kata-kata yang telah Anda kuasai, bagi mereka yang menyukai catatan kesuksesan.

4. Drops – Aplikasi untuk Belajar Bahasa Asing

Jika Anda benar-benar ingin mengasah kosakata, Drops menggunakan serangkaian latihan lima menit untuk mempelajari kata-kata baru. Batas waktu memberikan elemen gamified yang akan membuat Anda tetap waspada dan fitur “pembicaraan perjalanan” akan mengajari Anda frasa yang terutama Anda perlukan saat berada di luar negeri.

5. Busuu

Selain pelajaran bahasa dengan rencana belajar dan teknologi yang mendukung pembelajaran mesin yang meniru kelas tradisional, Busuu menawarkan umpan balik dari penutur asli untuk membantu menyempurnakan teknik Anda. Aplikasi untuk belajar bahasa asing ini juga memiliki mode offline, sehingga Anda dapat berlatih bahkan di luar jangkauan Wifi.

6. Rosetta Stone

Perangkat lunak pembelajaran bahasa online telah ada dalam permainan selama lebih dari 25 tahun. Pelajarannya mencakup program pengenalan ucapan TruAccent, yang membantu Anda menyempurnakan pengucapan sehingga Anda bisa terdengar seperti orang lokal.

Rosetta Stone juga memiliki program imersi yang memperkenalkan Anda pada bahasa baru tanpa bantuan Anda sendiri, pengalaman yang lebih intens yang akan meniru kehidupan di luar negeri, di mana pun Anda berada.

7. Duolingo

Anda mungkin juga pernah mendengar tentang Duolingo, aplikasi pembelajaran bahasa yang mengubahnya menjadi game. Aplikasi ini membantu Anda tetap termotivasi dengan pengingat dan penghargaan yang sering untuk kemajuan.

Maskot burung hantu yang menggemaskan memandu Anda melalui pelajaran Anda, dan menanggung konsekuensinya jika Anda tidak mematuhinya. Aplikasi ini bisa Anda download di Play Store secara gratis.

8. Pimsleur

Bagi mereka yang ingin fokus pada percakapan, Pimsleur menawarkan latihan berbicara saat bepergian yang membantu Anda belajar dengan menjawab pertanyaan dan mengulangi kosakata dengan keras. Program ini juga memiliki kartu flash digital, tantangan bermain peran, dan permainan lainnya untuk membantu memperkuat pengetahuan Anda.

9. Babbel

Aplikasi ini menggunakan pelajaran berukuran kecil masing-masing 10-15 menit untuk membantu Anda belajar di samping jadwal sibuk Anda. Program ini mengulangi kosakata di setiap level, metode yang terbukti membantu pelajar mempertahankan kata-kata baru.

Pelajaran juga dibuat bersama dengan penutur asli dan mencakup skenario yang benar-benar akan Anda gunakan. Jadi, aplikasi ini bisa menjadi salah satu andalan Anda untuk belajar tidak hanya teori saja melainkan juga praktiknya.

Anda juga dapat melihat kata-kata baru yang Anda pelajari yang digunakan dalam percakapan umum, mendengarkannya jika Anda memilih untuk mengaktifkan audio, mengulangi frasa, dan mempelajari lebih lanjut tentang kelompok kata kerja.

Itulah beberapa aplikasi untuk belajar bahasa asing yang bisa Anda coba untuk meningkatkan kemampuan bahasa. Anda juga tidak perlu khawatir jika masih tahap pemula. Karena hampir semua aplikasi sangat ramah dan mudah untuk dipahami. Semoga membantu!