Aplikasi Wajib Windows 10 untuk Mempermudah Penggunanya

Aplikasi Wajib Windows 10 untuk Mempermudah Penggunanya

Selain aplikasi-aplikasi bawaan, Anda juga bisa menginstal berbagai aplikasi wajib windows 10 yang akan banyak membantu dalam berbagai keperluan. Ada banyak rekomendasi, mulai dari aplikasi browsing internet, memutar video dan mp3, editing foto, dan banyak lainnya.

Windows 10 sendiri saat ini memang menjadi pilihan masyarakat karena memiliki tampilan sederhana, menarik, namun juga tetap canggih. Tidak hanya untuk laptop saja, sistem operasi ini dapat digunakan juga untuk perangkat komputer.

Berbagai aplikasi wajib windows 10 ini sendiri ada versi gratis atau berbayar sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan pengguananya. Jika ingin mendapatkan fitur lebih lengkap, maka ada baiknya memilih versi premium dengan kelebihan yang tidak dimiliki versi gratis.

Ada cukup banyak keuntungan yang bisa didapatkan ketika menggunakan sistem operasi ini. Salah satunya adalah aplikasi-aplikasi di store bisa digunakan untuk mobile asalkan aplikasinya sudah mengadopsi UWP.

Rekomendasi Aplikasi Wajib Windows 10

Agar tidak memakan banyak waktu untuk memilih, ada baiknya mempertimbangkan rekomendasi aplikasi wajib windows 10 seusai dengan kebutuhan. Berikut aplikasi-aplikasi terbaik serta penjelasan dan kelebihannya.

  1. Google Chrome

Google Chrome merupakan salah satu software browser yang harus Anda instal, apalagi jika perangkat sudah terhubung dengan internet. Apalagi fitur-fitur di dalamnya sangat mempermudah penggunanya untuk berselancar di dunia maya.

Sistem operasi ini sendiri sebenarnya sudah memiliki dua browser bawaan yaitu Internet Explorer dan juga Microsoft Edge. Keduanya sebenarnya dapat digunakan untuk browsing, namun eksistensi yang tersedia di dalamnya masih sangat sedikit.

Hal inilah yang membuat aplikasi wajib windows 10 seperti Google Chrome sangat dibutuhkan laptop maupun komputer Anda. Tidak hanya memiliki ukuran cukup ringan, fiturnya juga sangat lengkap dengan ketersediaan eksistensi sangat banyak.

Digunakan oleh pengguna terbanyak di dunia, kelebihan dari Google Chrome yang lain adalah performa kecepatannya sangat baik. Bukan hanya itu saja, aplikasi-aplikasi Google lain seperti Gmail, Google Drive, Google Search, dan lainnya juga sudah terintegrasi.

  1. LibreOffice

Aplikasi office sangat dibutuhkan oleh pengguna perangkat laptop maupun komputer apapun sistem operasi yang digunakan. Umumnya, orang-orang menggunakan Microsoft Office berbayar sehingga Anda harus membeli lisensinya terlebih dahulu.

Anda tetap bisa menghindari pembajakan dengan mencoba Office Suite yang tersedia gratis bagi pengguannya. LibreOffice menjadi aplikasi wajib windows 10 terbaik untuk office yang dapat Anda unduh secara gratis.

LibreOffice memiliki tampilan hampir sama dengan Microsoft Office sehingga Anda tentu akan familiar dengan fitur-fitur di dalamnya. Anda dapat membuat dokumen, mengolah berbagai data, juga membuat presentasi.

LibreOffice sendiri terdiri dari beberapa aplikasi, misalnya Writer setara dengan Microsoft Word atau Calc setara dengan Excel. Selain itu, ada juga Impress yang setara dengan Power Point dan Base setara Microsoft Access.

  1. Windows Security

Virus maupun malware bisa sangat berbahaya jika sampai terjangkau di laptop maupun komputer Anda. Selain dapat menganggu berbagai aktivitas, Anda juga bisa kehilangan berbagai file penting dan data-data pribadi.

Hal inilah yang membuat antivirus menjadi aplikasi wajib windows 10 sehingga perangkat bisa terlindung dari ancaman virus maupun malware. Windows Security menjadi aplikasi antivirus bawaan yang sangat mumpuni.

Sudah terinstal secara otomatis, antivirus ini bisa melindungi laptop atau komputer Anda dari berbagai virus, malware, maupun program berbahaya lain. Anda hanya perlu melakukan update berkala sehingga bisa bekerja secara maksimal.

Fitur-fitur di dalamnya sangat lengkap, misalnya fitur real-time protection yang selalu aktif sehingga memberi perlindungan saat mengunduh file atau menyalin dati media lain. Jika fiturnya aktif dan update, Anda tidak perlu khawatir lagi dengan virus atau malware.

  1. CCleaner

CCleaner juga menjadi aplikasi wajib windows 10 karena sangat membantu dalam mempercepat performa sehingga tetap stabil dan ringan. Dengan menggunakan CCleaner, Anda bisa menjaga perangkat tetap bersih dari berbagai file sampah.

Memang ada banyak sekali file tidak penting biasa menumpuk seperti file temporary, cache, leftover, dan jenis sampah lainnya. Jika tidak segera dibersihkan, maka akan menghabiskan memori penyimpanan dan membuat laptop atau komputer menjadi lemot.

Di antara banyaknya pilihan aplikasi cleaner yang tersedia, CCleaner menjadi salah satu rekomendasi terbaik. Aplikasinya memiliki banyak fitur dan mudah digunakan, termasuk bisa bekerja secara otomatis.

CCleaner tersedia dalam dua versi, yaitu free dan berbayar dengan kelebihan dan fitur yang berbeda. Jika Anda memang ingin menggunakan semua fitur di dalamnya, maka sebaiknya membeli versi pro.

  1. VLC atau Media Player Classic

Aplikasi wajib windows 10 selanjutnya adalah VLC atau bisa juga Media Player Classic untuk memutar video. Apalagi konten-konten multimedia dalam perangkat tidak hanya lagi sebatas teks maupun gambar, namun juga konten video yang semakin populer.

Video digunakan untuk banyak sekali keperluan, misalnya untuk pembelajaran, download dari YouTube, hingga menonton film. Pilihan aplikasinya sendiri sebenarnya sangat banyak yang bisa diinstal gratis, namun VLC dan Media Player Classic menjadi terbaik sejauh ini.

Dengan menggunakan aplikasi tersebut, Anda bisa membuka video dengan berbagai format. Selain itu, ada fitur untuk membantu memasukkan translate jika Anda suka menonton berbagai film berbahasa asing.

Sebenarnya, sistem operasi yang digemari masyarakat ini juga menyediakan media player bawaan. Sayangnya fitur-fiturnya tidak lengkap, termasuk tidak ada fitur modifikasi dan juga sinkronisasi subtitle.

  1. AIMP

Selain video, musik menjadi hiburan yang sangat sering diputar apalagi ketika sedang melakukan pekerjaan. Musik dapat meningkatkan suasana menyenangkan dan mengangkat mood sehingga bisa lebih bersemangat ketika bekerja.

Inilah kenapa, aplikasi wajib windows 10 selanjutnya adalah mp3 player terbaik yaitu AIMP yang ringan dan tetap stabil digunakan untuk memainkan musik berjam-jam. Desainnya sendiri tetap klasik sehingga sangat familiar unruk penggunaannya.

Ada cukup banyak fitur yang dibutuhkan jika ingin memainkan musik secara online, juga mendukung format selain mp3 seperti M4a, AC3, AAC, APE, dan lainnya. Anda juga bisa membuat playlist-playlist berisi lagu favorit dengan mudah.

  1. PhotoScape X

Tidak jarang Anda membutuhkan editing foto untuk keperluan tertentu, itulah kenapa PhotoScape X menjadi aplikasi wajib windows 10 selanjutnya. Penggunaannya yang mudah sehingga aplikasinya sangat cocok untuk pemula dan tidak mahir dalam photoshop.

Selain mudah, PhotoScape X juga punya fitur-fitur dasar untuk mengedit foto yang Anda butuhkan. Beberapa di antaranya seperti cropping, manipulasi warna dan kecerahan, resize, watermark dan teks, juga masih banyak lagi lainnya.

Bisa didownload gratis dan resmi di Microsoft Store, terdapat berbagai fitur multi layer lain di dalamnya sehingga akan sangat memudahkan ketika proses editing. Anda juga bisa menggabungkan beberapa foto menjadi satu gambar sesuai dengan keinginan.

Tampilan UI sederhana dan mudah dipahami menjadi kelebihan dari aplikasi wajib untuk windows 10 ini sehingga bisa digunakan bahkan oleh pemula. Jika dibandingkan dengan aplikasi-aplikasi editing lainnya, PhotoScape X juga tergolong ringan.

Windows 10 merupakan sistem operasi yang saat ini banyak digunakan oleh masyarakat karena beberapa alasan. Untuk mendukung pekerjaan penggunanya, terdapat rekomendasi aplikasi wajib windows 10 baik versi gratis maupun berbayar.