15 Aplikasi yang Banyak Digunakan di Dunia

15 Aplikasi yang Banyak Digunakan di Dunia

Aplikasi yang Banyak Digunakan di Dunia – Sejak merebaknya COVID-19, jumlah unduhan berbagai aplikasi di jaringan (online) meroket karena terbatasnya aktivitas pihak luar. Selain untuk memenuhi kebutuhan produktivitas seperti telecommuting, tidak sedikit orang yang mengdownload aplikasi untuk mendapatkan hiburan untuk eksperimen kreatif.

Aptopia, perusahaan analitik yang menyajikan berbagai statistik berbagai aplikasi di dunia maya, telah merilis hasil survei aplikasi yang paling banyak didownload dan digunakan di dunia pada tahun 2021. Hasil perhitungan adalah penjumlahan data download dari iOS (App Store). dan perangkat Android (Google Play Store).

Tak tanggung-tanggung, download aplikasi yang tercatat bisa mencapai ratusan juta. Berikut adalah aplikasi yang paling banyak di gunakan di dunia.

Baca Juga: Download Aplikasi Mata-mata Terbaik untuk Android

Daftar Aplikasi yang Banyak Digunakan di Dunia

1. TikTok

tiktok

TikTok telah menjadi aplikasi juara, didownload oleh total 656 juta pengguna pada tahun 2021 saja. TikTok booming sejak pandemi Covid-19 sekitar pertengahan tahun 2020 dan terus menarik perhatian masyarakat global hingga saat ini.

Setelah diremehkan, TikTok telah membalikkan keadaan dan melejit keberadaannya sebagai aplikasi yang paling banyak didownload dan digunakan oleh orang-orang di seluruh dunia. Manfaat yang dicapai oleh TikTok lebih besar daripada berbagai aplikasi di bawah naungan raksasa teknologi Meta. Aplikasi berbagi video ini sangat populer terutama di kalangan anak muda di seluruh dunia.

Tidak bisa dipungkiri bahwa pada tahun 2021, meski menjadi nomor satu, pertumbuhan justru mengalami penurunan sebesar 22,8% dibandingkan tahun sebelumnya.

2. Instagram

instagram

Di tempat kedua adalah Instagram, dengan 545 juta unduhan pada tahun 2021. Aplikasi berbagi foto dan video ini dibuat oleh Kevin Systrom dan Mike Krieger.

Pertumbuhan aplikasi, dipimpin oleh meta, menunjukkan hasil yang positif, meningkat 8% dibandingkan tahun sebelumnya.

3. Facebook

facebook

Aplikasi jejaring sosial besutan Mark Zuckerberg ini menempati posisi ketiga dengan total 416 juta unduhan. Facebook adalah induk dari semua aplikasi yang disponsori Meta.

Trending:  12 Filter Instagram Aesthetic Gelap, Cocok Saat Malam Hari

Sayangnya, seperti TikTok, jumlah unduhan di aplikasi Facebook telah menurun 23% dari tahun ke tahun.

Baca Juga: Aplikasi Mata-mata untuk Melacak Pesan dan Pelacak Lokasi

4. WhatsApp

whatsapp

Aplikasi perpesanan dan panggilan WhatsApp berada di peringkat keempat dengan total 395 juta unduhan selama tahun 2021. WhatsApp yang diluncurkan oleh Brian Acton dan Jan Koum pada tahun 2009, kini juga menjadi salah satu aplikasi yang dimiliki oleh platform Meta.

Pertumbuhan jumlah unduhan aplikasi WhatsApp pada tahun 2021 juga mengalami penurunan sebesar 34,2% dibandingkan tahun sebelumnya.

5. Telegram

Dengan total 329 juta pengguna yang diunduh, Telegram menjadi aplikasi ke-5 yang paling banyak didownload dan digunakan di dunia pada tahun 2021. Aplikasi layanan pesan instan yang dibuat oleh saudara Nikolai dan Pavel Durov ini mencatatkan pertumbuhan positif sebesar 29% dibandingkan tahun lalu.

6. Snapchat

Snapchat mengambil tempat ke-6 dengan 327 juta unduhan pada tahun 2021. Aplikasi perpesanan foto ini dikembangkan oleh Evan Spiegel, Bobby Murphy, dan Reggie Brown saat belajar di Universitas Stanford.

Diluncurkan pada tahun 2011, aplikasi ini masih ada dengan tingkat pertumbuhan rekor 16% pada tahun 2021. Snapchat juga termasuk aplikasi paling terhits di dunia.

7. Zoom

Zoom berada di peringkat ke-7 dengan total 300 juta unduhan pada tahun 2021. Aplikasi video teleconference ini sangat populer sebagai alternatif hosting meeting online terutama di perusahaan, sekolah dan universitas.

Sejak pandemi COVID-19, semua rapat perusahaan, kegiatan pelatihan dan pembelajaran serta kegiatan lainnya telah dilakukan secara online menggunakan salah satu platform rapat online kami, Zoom. Namun, pada tahun 2021, tingkat pertumbuhan mengalami penurunan sebesar 37,1% dibandingkan tahun sebelumnya.

Baca Juga: Download Aplikasi Step Going: Hasilkan Uang Hanya dengan Berjalan

8. Messenger

Messenger berada di peringkat ke-8 dengan 268 juta unduhan pada tahun 2021. Pertumbuhan aplikasi ini turun 33,7% dibandingkan tahun sebelumnya.

Trending:  Aplikasi Pembuat Poster, Desain yang Mudah Untuk Pemula

Tidak seperti aplikasi media sosial lain yang menyertakan kemampuan berbagi pesan di dalam aplikasi, Messenger tersedia sebagai unduhan terpisah, aplikasi berbagi pesan milik Facebook.

9. Capcut

Aplikasi CapCut menduduki peringkat kesembilan, dengan 255 juta unduhan. Capcut mencatat pertumbuhan yang luar biasa pada tahun 2021 dengan pertumbuhan 230% dari tahun ke tahun. Ini juga termasuk aplikasi yang paling banyak digunakan di dunia.

Aplikasi edit video buatan ByteDance Ltd ini sebelumnya bernama Viamaker. Aplikasi ini populer di kalangan editor pemula dan profesional karena menawarkan kemudahan pengeditan video di perangkat seluler.

10. Spotify

Terakhir di daftar ini, Spotify berada di peringkat 10 dengan total unduhan 203 juta pengguna. Aplikasi streaming musik online ini memiliki pertumbuhan positif sebesar 4% year-over-year pada tahun 2021.

Spotify adalah platform podcast serbaguna yang tidak hanya mendengarkan musik secara digital, tetapi juga gratis untuk semua pengguna. Spotify merupakan aplikasi hiburan yang semakin digandrungi oleh masyarakat di seluruh dunia.

11. Netflix

15 Aplikasi yang Banyak Digunakan di Dunia

Tak bisa dimungkiri aplikasi Netflix ini memang tak lepas dari judul salah satu aplikasi streaming terpopuler saat ini. Di Netflix, kalian bisa menonton sejumlah film dan serial orisinal yang dibuat sendiri oleh Netflix.

Tentunya tidak hanya film atau serial yang berasal dari Amerika Serikat, tetapi juga film dan serial dari banyak negara, bahkan negara Asia. Seri Netflix terkenal termasuk Stranger Things, Squid Game, Money Heist, Bridgerton dan banyak lagi.

Netflix sendiri memiliki beberapa opsi kualitas tampilan. Salah satunya adalah 4K Ultra HD. Ada beberapa jenis paket untuk berlangganan yang bisa kalian pilih, mulai dari mobile hingga premium. Aplikasi ini termasuk yang sering digunakan di dunia.

Langganan mulai dari Rp 50.000.

Baca Juga: Download Aplikasi Android Edit Background Foto

12. Canva

Canva adalah aplikasi multifungsi. Rancang foto, edit video, buat file presentasi yang unik dan menakjubkan, dan banyak lagi. Karena aplikasi ini juga bisa di bilang paling populer di dunia.

Trending:  Ini Dia 9 Aplikasi Yang Paling Banyak Di Pakai Di Tahun 2022

Membuat video presentasi juga sering digunakan di aplikasi ini. Canva sendiri memiliki banyak template desain dengan tema yang berbeda-beda, sehingga pengguna dapat dengan mudah membuat desain sesuai dengan kebutuhannya.

13. VN

VN adalah salah satu aplikasi editor video paling populer di TikTokers. VN menawarkan berbagai fitur pengeditan, dari dasar hingga pro. Ini termasuk multi-layering, menambahkan animasi, masking, dan banyak lagi.

Aplikasi VN juga memiliki beberapa filter dan efek bagus yang bisa digunakan.

14. Inshot

Aplikasi yang satu ini bisa dibilang merupakan aplikasi yang banyak digunakan di dunia dan juga editor video terbaik untuk HP. Kalian bisa dengan mudah mengedit video hanya menggunakan alat pengeditan dasar atau profesional. Di luar itu, bisa juga menambahkan elemen lain seperti filter atau musik sesuai kebutuhan.

Aplikasi ini akan membantu untuk tetap produktif, terutama jika seorang content creator. Aplikasi ini juga termasuk yang paling sering di pakai.

15. Viu

Bagi pengguna yang ingin menonton film streaming melalui aplikasi seperti Netflix atau iflix, ada satu lagi aplikasi streaming yang sesuai dengan seleramu.

Viu adalah aplikasi streaming yang memungkinkan untuk menonton film atau serial seperti drama Korea atau film Asia lainnya seperti Indonesia, Malaysia, Thailand, Myanmar, dll.

Viu menyertakan banyak film dan serial yang tidak tersedia di aplikasi streaming lainnya. Saat sedang mencari film berdasarkan aktor yang benar-benar disukai, kalian bisa memfilter. Nikmati berbagai genre seperti romansa, aksi, drama, dan komedi untuk membuat hari jadi lebih menyenangkan!

Kalian juga bisa menikmati beberapa konten secara gratis. Yang dibutuhkan hanyalah akun berlangganan berbayar untuk menonton film atau serial premium.

Nah itu adalah aplikasi yang paling banyak digunakan, yang terpopuler dan paling banyak di download di dunia. Terima kasih sudah mengunjungi artikel ini dan semoga bermanfaat ya!

Check Also

Cara menonaktifkan WA di HP Android dan iPhone

Cara Menonaktifkan WA di HP Android dan iPhone

Cara menonaktifkan WA tanpa mematikan data di HP Android atau iPhone pasti dicari oleh mereka …