Aplikasi Pengolah Data yang Sangat Membantu dalam Proses Mengolah Data

Demi menghasilkan hasil olah statistik informasi yang unik dan menarik, anda perlu bantuan dengan menggunakan aplikasi pengolah data yang pas dan tepat.

Di zaman sekarang ini yang serba digital ini, untuk mengolah data pun kini tersedia aplikasi untuk membantu dan memudahkan anda. Ada berbagai macam aplikasi pengolah data. Data sendiri adalah sekumpulan fakta dari hasil pengukuran.

Data inilah yang jika diubah maka akan menghasilkan informasi. Dalam proses mengolah data ini tentu kita perlu untuk menggunakan app pengolah data untuk menghasilkan informasi yang lebih valid dan akurat. Penasaran, aplikasi – aplikasi apa saja yang bisa digunakan untuk mengolah data ?

Apa Sih Pengertian Aplikasi Pengolah Data?

Sebelum melihat beberapa aplikasi pengolah data, ada baiknya jika kita mengetahui terlebih dahulu apa sih aplikasi pengolah data itu ?

Jadi, aplikasi pengolah data adalah aplikasi yang dapat mengubah sekumpulan data menjadi informasi. Aplikasi seperti ini sangat diperlukan di zaman seperti ini. Salah satu contohnya juga mahasiswa akhir yang tentunya membutuhkan aplikasi ini untuk mengolah data hasil penelitian.

Lalu, apa keuntungan menggunakan aplikasi pengolah data? Setiap jenis aplikasi tentunya punya kelebihan masing – masing tetapi secara umum, dengan menggunakan aplikasi pengolah data, maka informasi yang diperoleh akan lebih akurat .

Rekomendasi Aplikasi Pengolah Data

Microsoft word

Program yang dikeluarkan oleh microsoft office adalah salah satu aplikasi pengolahan data terbaik, khususnya pada data yang berupa teks, dokumen dan lain – lainnya.

Untuk saat ini, fitur table di microsoft word juga sudah bisa digunakan untuk mengolah data yang berupa angka, namun tentunya tidak sekomplit di microsoft excel. Dan untuk versi 2010 dan 2013 kini tersedia tool yang bisa digunakan untuk convert file yang ingin diubah ke pdf atau yang lainnya.

Trending:  Download Aplikasi Sholawat Nissa Sabyan offline Terbaru 2022

Microsoft acces

Aplikasi yang telah diluncurkan sejak 1992 ini bisa digunakan untuk pengolahan data dengan skala yang kecil. Namun, kekurangan dari aplikasi ini adalah tidak dapat digunakan secara gratis, karena untuk menggunakannya aplikasi ini berbayar.

Microsoft excel

Masih dari mocrosoft office, microsoft excel merupakan aplikasi yang dapat digunakan untuk mengolah data yang berupa angka. Mungkin, tidak ada lagi orang yang tidak mengenal dan menggunakan aplikasi ini.

Dengan menggunakan aplikasi ini, maka hasil data yang diolah bisa di sajikan dalam bentuk tabel ataupun grafik. Selain itu, aplikasi ini juga bisa mengolah rumus – rumus, sehingga data – data yang ada bisa terjumlah atau yang lainnya secara otomatis.

Begitu banyak fitur yang tersedia dalam aplikasi ini yang sangat membantu dari proses pengolahan data anda.

Microsoft powerpoint

Aplikasi  selanjutnya masih dari keluaran microsoft office. Sama seperti dua keluaran sebelumnya aplikasi ini juga menjadi aplikasi terfavorit yang telah digunakan banyak orang.

Aplikasi ini dikhususkan untuk memudahkan anda jika hendak melakukan presentasi. Jadi anda bisa mendesain sendiri bagaimana model yang anda inginkan untuk menghasilkan presentasi yang menarik.

Ada banyak fitur – fitur yang membantu dan memudahkan ada dalam aplikasi satu ini. Itulah mengapa banyak orang yang nyaman menggunakan aplikasi ini untuk membuat presentasi yang menarik.

Oracle database

Mungkin ada dari beberapa orang yang masih asing dengan aplikasi ini. Aplikasi ini adalah aplikasi gratis yang bisa anda gunakan untuk mengolah data.

Yang menjadi salah satu keunggulan dari aplikasi Oracle database adalah kemampuannya yang mempu menampung data hingga ukuran tera byte. Luar biasa bukan.

Keunggulan lainnya adalah, untuk menggunakan aplikasi ini terbilang cukup mudah bahkan untuk pemula sekali pun tidak akan kesulitan. Dan aplikasi ini bisa digunakan di berbagai jenis perangkat loh.

Trending:  Viral Aplikasi MyHeritage yang Dapat Hidupkan Foto.

SPSS

Aplikasi ini mungkin tidak asing lagi ditelinga mahasiswa, khususnya mahasiswa akhir yang telah dan mulai melakukan penelitian.

Aplikasi satu ini sangat tepat digunakan jika anda ingin mengolah data statistik. Sudah banyak versi dari spss dan kini dikembangkan oleh IBM. Di versi terbaru fiturnya lebih lengkap dari versi lama.

Namun, untuk menggunakan spss yang versi terbaru anda harus mengeluarkan sedikit budget karena versi terbaru dari aplikasi pengolah data ini berbayar.

SAS

SAS juga menjadi salah satu aplikasi pengolah data yang bisa anda gunakan jika ingin mengolah data statistik. Namun, aplikasi ini dirancang dengan menggunakan bahasa pemrograman. Jadi, jika anda tidak mengerti bahasa pemrograman, maka aplikasi ini tidak disarankan.

AMOS

Aplikasi berikutnya adalah AMOS. Sama seperti sebelumnya aplikasi ini sangat cocok digunakan oleh mahasiswa akhir yang telah menyusun skripsi. Karena, hitungan dan penyederhanaan angka di aplikasi ini lebih gampang dibaca.

Stata

Stata merupakan singkatan dari statistik dan data. Aplikasi ini bisa membantu anda jika melakukan penelitian dalam bentuk kuantitatif maupun kualitatif dan hasil olah aplikasi ini bisa dikatakan cukup detail.

SEM

Aplikasi pengolah data yang terakhir adalah SEM atau Structural Equation Modeling). Aplikasi ini bisa digunakan untuk menyelesaikan suatu masalah dengan cara bertingkat dengan menggunakan persamaan regresi linear biasa. Tentunya, aplikasi ini cocok Anda gunakan, terutama jika berkaitan dengan statistika atau sejenisnya.

Nah, anda tertarik menggunakan aplikasi yang mana ? pada dasarnya semua aplikasi pengolah data memiliki kelebihan, kekurangan dan fungsi masing – masing. Jadi, anda hanya perlu memilih aplikasinya berdasarkan kebutuhan pengolahan data anda sehingga bisa menghasilkan informasi yang akurat.

Check Also

Ini Dia 6 Aplikasi Traveling Terbaik

Traveling atau bepergian merupakan kegiatan yang penting bagai keseimbangan mental kita semuanya. Banyak yang melakukan …