Asuransi Investasi, Jaminan Finansial Jangka Panjang

Seiring bertambah tingginya kesadaran masyarakat terhadap pentingnya jaminan finansial dan kesehatan jangka panjang, masyarakat mulai tidak asing lagi dengan kata asuransi dan investasi. Menanggapi hal itu, banyak penyedia polis asuransi mulai mengeluarkan polis terbaru mereka yaitu polis asuransi investasi, yang merupakan gabungan antara investasi dan asuransi menjadi produk baru.

Sejak awal, asuransi serta berinvestasi merupakan dua jaminan finansial yang bekerja dengan cara yang berbeda. Asuransi merupakan jaminan finansial yang bekerja dengan memberikan jaminan keuangan jika Anda mengalami kecelakaan, sementara investasi merupakan jaminan finansial yang bekerja dengan cara memberikan keuntungan berdasarkan modal yang Anda tanam.

Meskipun merupakan dua jenis jaminan finansial yang memiliki cara kerja yang berbeda, namun ke duanya merupakan produk keuangan yang menyediakan jaminan jangka panjang yang sangat penting untuk Anda miliki. Menyikapi hal itu, Anda dapat memilih produk keuangan yang menggabungkan ke duanya.

Investasi berbentuk sebuah asuransi merupakan produk keuangan yang menggabungkan dua jenis produk yang berbeda, yaitu asuransi dan investasi. Oleh karena itu cara kerja produk ini adalah memberi jaminan kecelakaan sekaligus mendapat keuntungan dari investasi yang dilakukan.

Namun, karena merupakan gabungan dari investasi dan asuransi, maka Anda juga mungkin menghadapi masalah penurunan nilai investasi seperti pada investasi lainnya.

Bila Anda sudah memahami produk gabungan ini, Anda mungkin tertarik untuk membeli polis ini. Untuk itu, sebelum membeli, Anda juga harus mengetahui kelebihan dan kekurangan dari produk ini, sehingga Anda dapat lebih mempertimbangkan untuk membelinya

Kelebihan Polis Asuransi Investasi

  1. Memberikan Dua Manfaat Sekaligus

Seperti yang telah Anda pahami, bahwa polis ini merupakan produk yang menggabungkan asuransi dengan investasi. Oleh sebab itu, bila Anda memutuskan membeli polis ini, Anda akan mendapatkan dua manfaat sekaligus yaitu memberi jaminan kecelakaan dan manfaat berinvestasi, yaitu mendapatkan keuntungan dari berinvestasi Anda.

Trending:  Asuransi Alianz Syariah Tidak Kalah dengan Asuransi Konvensional

Selain itu, jika Anda memilih untuk membeli polis ini, Anda tidak perlu takut mengenai investasi yang Anda lakukan, karena Anda akan dibimbing oleh professional. Hal ini membuat polis asuransi sangat sesuai digunakan oleh orang yang awam dalam hal investasi, tetapi ingin memulai investasi.

  1. Memberikan Tambahan Perlindungan

Dengan menggunakan polis asuransi yang memiliki banyak jenis asuransi tambahan yang tentunya dapat memberikan tambahan perlindungan bagi Anda. Anda dapat menyesuaikan jenis perlindungan yang Anda pilih berdasarkan manfaat yang ingin Anda capai.

  1. Polis Tidak Mengalami Perubahan Meski Dana Investasi Ditarik

Meskipun produk asuransi ini merupakan gabungan, namun Anda tidak perlu khawatir terhadap polis Anda jika Anda ingin menarik uang hasil berinvestasi Anda. Ini karena meskipun Anda menarik uang tersebut, polis asuransi Anda tetap tidak akan berubah.

  1. Meskipun Masa Kontrak Berakhir, Premi Tidak Hangus

Jika Anda menggunakan polis asuransi , Anda tidak perlu cemas dengan klaim asuransi anda, karena meskipun Anda tidak ingat mengklaim premi Anda, premi itu tidak akan hangus.

Selain itu, masa kontrak cenderung lebih lama dibandingkan polis asuransi lainnya. Umumnya Kontrak dalam asuransi investasi berlangsung hingga lima puluh tahun, dan bahkan lebih lama lagi. Sehingga Anda tidak perlu cemas jika Anda lupa mengklaim premi Anda, karena waktu yang Anda miliki sangat panjang.

  1. Memiliki Fasilitas Cuti Premi

Manfaat lainnya yang akan Anda dapatkan saat Anda memutuskan membeli polis asuransi adalah Anda akan mendapatkan sebuah kebijakan bernama Fasilitas Cuti Premi.

Berbeda dengan jenis polis asuransi lainnya, polis asuransi mengizinkan Anda untuk menikmati fasilitas cuti premi. Saat menggunakannya, Anda tidak akan dimintai biaya premi oleh petugas asuransi.

Trending:  Mengenal Jenis Jenis asuransi Yang Dapat Memenuhi Kebutuhanmu

Namun meski saat itu Anda sedang menikmati fasilitas cuti premi, Anda tetap akan menerima semua manfaat dari polis ini dalam berbagai keadaan.

Kekurangan Polis Asuransi Investasi

  1. Harga Premi yang Lebih Mahal Namun Tak Maksimal

Saat memilih polis investasi, Anda akan menemukan diri Anda membayar lebih banyak premi dibandingkan seharusnya. Pembayaran yang lebih tinggi ini tentu disebabkan karena Anda akan menggunakan uang tersebut sebagai modal berinvestasi Anda.

Namun, meskipun harga preminya lebih mahal, penyaluran premi pada asuransi tidak maksimal, terutama pada bidang investasi. Hal ini disebabkan karena uang premi harus dibagi dua

2. Besaran Biaya Terus Meningkat, Namun Perlindungan yang Diterima Lebih Kecil

Hal lainnya yang akan Anda temui saat memilih polis ini maka biaya yang harus Anda bayarkan akan meningkat setiap tahunnya. Namun saat Anda harus menggunakan polis, biaya mereka akan lebih kecil.

  1. Anda Tetap Mungkin Mengalami Kerugian Saat Berinvestasi

Sama seperti jenis lainnya, Anda tetap mungkin mengalami kegagalan saat melakukan investasi meskipun telah dibimbing oleh seorang profesional di bidang investasi. Oleh sebab itu, meski mengambil asuransi investasi, tetap tidak akan menjamin Anda selalu mendapatkan keuntungan saat melakukan investasi.

Karena itu, meskipun Anda membeli dan menggunakan polis untuk mencoba belajar dan melakukan investasi, Anda tetap harus selalu cermat dan siap akan segala resiko yang mungkin Anda dapatkan meskipun Anda membeli polis asuransi.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui sebelum memilih asuransi investasi sebagai jaminan keuangan Anda. Setelah mengetahui banyak hal mengenai asuransi ini, Anda dapat memutuskan apakah akan menggunakannya atau tidak.

Check Also

Alasan Pentingnya Asuransi Yang Wajib Anda Pertimbangkan Untuk Masa Depan

Tidak semua orang menyadari bahwa pentingnya asuransi menjadi salah satu landasan kehidupan masa depan atau …