Asuransi Kendaraan Bermotor; Jaminan Keselamatan Kendaraan Bermotor Anda

Memiliki kendaraan bermotor adalah tanda bahwa Anda memanfaatkan teknologi yang semakin canggih dan praktis. Terlebih, saat ini terdapat asuransi kendaraan bermotor yang dapat menjamin dan melindungi kendaraan bermotor Anda.

Asuransi  meliputi berbagai jenis kendaraan bermotr yang biasa dimanfaatkan oleh masyarakat, seperti sepeda motor, mobil, bus, pick up, dan lain-lain yang sangat memengaruhi laju kecepatan untuk sampai pada tujuan.

Namun, di balik kendaraan bermotor yang praktis itu memiliki risiko tidak terduga seperti kehilangan atau kerusakan. Dalam hal ini, menjadi solusi penjamin kerugian pada kendaraan bermotor Anda. Bagaimana bisa? 

merupakan sebuah jaminan yang melindungi pemilik kendaraan bermotor terhadap situasi yang merugikan. Jaminan tersebut bisa berupa ganti rugi atau biaya perbaikan yang disebabkan karena kecelakaan, pencurian, kebakaran, dan lainnya.

Artinya, asuransi jenis ini dapat melindungi kendaraan Anda di bawah naungan polis atau kontrak perjanjian antara pemilik.

Manfaat asuransi kendaraan bermotor

  1. Memberi rasa aman terhadap pemilik kendaraan bermotor

Manfaat ini adalah hal utama yang dapat dirasakan pemilik kendaraan dari adanya asuransi. Tentu tidak bisa dipungkiri bahwa harga kendaraan bermotor yang relatif mahal membuat pemiliknya menjaga dengan baik kendaraan bermotornya agar tidak lecet atau rusak.

  1. Melindungi dari kerugian akibat pencurian

Seperti yang kita ketahui, kriminalitas pencurian kendaraan bermotor masih marak terjadi di Indonesia. Banyak kriminal yang memperjualbelikan hasil curiannya dalam bentuk uang. Oleh karena itu, adanya asuransi akan membantu meredakan rasa was-was pemilik kendaraan bermotor.

  1. Menjamin biaya perbaikan mobil jika terjadi kerusakan

Kerusakan yang terjadi pada mobil yang disebabkan karena kecelakaan, kejauhan barang tajam, dan lainnya memerlukan biaya yang tidak sedikit. Hal tersebut bergantung pada merek mobil. Namun, asuransi menjamin biaya perbaikan mobil sehingga pemilik kendaraan bermotor tidak perlu terlalu mengkhawatirkan soal biaya.

Trending:  Mengenal Pengertian Asuransi Digital Berikut Kelebihan Dan Kekurangannya

Tentu saja, di samping beberapa manfaat di atas masih banyak manfaat yang lainnya. Oleh karena itu, urgensi dari pengetahuan akan asuransi wajib diketahui oleh pemilik kendaraan bermotor sehingga nantinya kendaraan mereka terjaga dengan baik dan hemat biaya dalam perbaikan.

Jaminan dari asuransi kendaraan bermotor

Asuransi kendaraan bermotor memberikan beberapa jaminan yang cukup spesifik kepada pemilik jaminan

  1. Jaminan atas terjadinya pencurian kendaraan
  2. Jaminan atas pemogokan
  3. Jaminan atas terjadinya bencana alam
  4. Jaminan atas kerusakan kendaraan seperti terbentur, terbakar, dan terbalik
  5. Jaminan atas kecelakaan pengendara maupun penumpang
  6. Jaminan atas biaya pengobatan pengendara maupun penumpang

Daftar asuransi kendaraan bermotor di Indonesia

Setelah mengetahui jaminan, Anda wajib mengetahui apa saja asuransi kendaraan bermotor di Indonesia dan memanfaatkan fungsinya secara maksimal. Pastikan Anda memilih asuransi yang terpercaya sesuai dengan kebutuhan kendaraan Anda.

  1. Asuransi ACA

Asuransi ACA ini memberikan jaminan kendaraan bermotor yang berjenis mobil. Salah satu manfaat asuransi menarik yang ditawarkan oleh asuransi ACA adalah layanan penggantian mobil 5×2 jam selama mobil dalam perbaikan.

Penggunaan asuransi kendaraan bermotor jenis ACA dapat digunakan melalui situs resmi milik asuransi ACA. Pemmilik kendaraan bisa memilih produk asuransi perjalanan yang diinginkan pada situs tersebut. Setelah itu, masukkan data dan lunasi pembayaran.

Adapun langkah selanjutnya yakni memasukkan tujuan perjalanan, durasi perjalanan, dan jumlah penumpang. Langkah terakhir, pendaftar asuransi ACA diminta untuk memasukkan data pribadi, mengumpulkan dokumen yang diperlukan, lalu membayar premi asuransi.

  1. Asuransi Tugu Pratama

Jika Anda pemilik kendaraan bermotor jenis motor, jenis asuransi ini akan sangat bermanfaat bagi Anda. Premi asuransi Tugu Pratama cukup murah dan terjangkau yakni Rp10 ribu per bulan dan juga terdapat biaya ganti rugi atas kerusakan atau kehilangan motor melebihi 75%. Tidak hanya motor, asuransi jenis ini juga tersedia untuk mobil.

  1. Asuransi Sinar Mas

Asuransi Sinar Mas memperkenalkan produk asuransi kendaraan bermotor dengan manfaat yang komprehensif. Asuransi ini cocok bagi Anda yang mencari asuransi mobil klasik karena Sinar Mas melindungi mobil yang berusia 12 tahun ke bawah.

Trending:  Cara Klaim Asuransi Mobil Kredit, Sangat Mudah

Cara memanfaatkan pada asuransi Sinar Mas pun bisa dilakukan dengan mudah. Anda cukup mengalami asuransi secara online maupun mengunjungi bengkel milik Sinar Mas jika terjadi kerusakan pada mobil klasik Anda.

  1. Asuransi Perjalanan Allianz

Daftar rekomendasi terakhir yakni Asuransi Perjalanan Allianz. Asuransi ini banyak digandrungi oleh masyarakat karena merupakan asuransi perjalanan online. Asuransi ini bisa dimanfaatkan di seluruh negara, kecuali negara yang mengalami konflik seperti Iran, Afganistan, dan lain-lain.

Cara mendaftar Asuransi Perjalanan Allianz sedikit lebih rumit. Pendaftar harus menunjukkan identitas yang dimiliki seperti KTP, visa, KITAP, dan lain-lain. Di samping itu, pendaftar juga wajib memperhatikan beberapa ketentuan lain seperti membayar premi  secara utuh dan memastikan berapa lama perjalanan pulang-pergi hingga kembali ke Indonesia dengan catatan maksimal perjalanan selama 183 hari.

Namun, pendaftar tidak perlu khawatir karena terdapat premi khusus  jika pendaftar akan melakukan perjalanan selama lebih dari maksimal perjalanan yang ditentukan.

Bagaimana, apakah Anda sudah tertarik untuk memiliki asuransi kendaraan bermotor? Yuk, segera klaim jaminan Anda, rasakan manfaatnya secara maksimal, dan nikmati perjalanan Anda dengan jaminan yang membuat Anda merasa nyaman!

Check Also

Alasan Pentingnya Asuransi Yang Wajib Anda Pertimbangkan Untuk Masa Depan

Tidak semua orang menyadari bahwa pentingnya asuransi menjadi salah satu landasan kehidupan masa depan atau …