Asuransi Pendidikan Indonesia; Investasi Untuk Sang Buah Hati

Sudah menjadi rahasia umum bahwa pendidikan dianggap sebagai senjata ampuh yang dapat mengubah dunia. Melalui pendidikan, anak bangsa dapat melakukan perubahan agar kualitas hidup di Indonesia bergerak ke arah yang lebih baik. Terlebih, pendidikan Indonesia didukung oleh adanya asuransi pendidikan Indonesia yang menjamin biaya pendidikan.

Lantas, apakah persoalan tentang pendidikan hanya terbatas pada sulitnya menghafal rumus, memahami materi, dan mengikuti ujian? Tentu jawabannya tidak. Pada kasus yang sering terjadi, banyak orang tua yang mengalami kekhawatiran dalam menghadapi biaya pendidikan anak-anaknya, terutama orang tua dengan finansial menengah ke bawah.

Namun, Anda tidak perlu khawatir. Selain subsidi pendidikan dari pemerintah berupa beasiswa, bisa menjadi solusi atau terobosan yang tepat untuk mengatasi persoalan pendidikan anak Anda.

Fungsi dari asuransi pendidikan Indonesia

Asuransi pendidikan Indonesia dapat membantu dalam merancang perencanaan biaya pendidikan anak-anak di Indonesia. Pendidikan yang tidak sebentar yang dimulai sejak masa taman kanak-kanak (TK) sampai kuliah tentu memerlukan cara yang cerdas dalam mengolah dan mengatasi biaya pendidikan.

Lalu, bagaimana cara mengatur keuangan untuk asuransi pendidikan secara efektif? Berikut ini ada beberapa cara yang dapat membantu Anda dalam mengatur biaya pendidikan anak sejak dini.

Cara mengatur biaya pendidikan anak

  1. Siapkan biaya pendidikan untuk sang buah hati sejak dini

Cara ini merupakan cara ampuh yang masih banyak diacuhkan oleh masyarakat. Faktanya, dengan menabung sejak awal, Anda akan membantu anak untuk tetap terjamin biaya pendidikannya jika sewaktu-waktu Anda mengalami kesulitan finansial atau keadaan darurat lainnya.

Dengan menyiapkan biaya pendidikan sejak dini, Anda akan tergabung dalam asuransi yang dapat memotivasi orang lain agar turut serta untuk bersama-sama menjamin biaya pendidikan anak.

  1. Tetapkan jumlah biaya pendidikan secara spesifik atau lebih

Dewasa ini, biaya pendidikan semakin meningkat seiring berkembangnya ilmu disipliner yang semakin berkembang. Dengan menetapkan jumlah biaya pendidikan atau menambahnya, maka Anda tidak perlu khawatir jika anak Anda ingin mengembangkan bakatnya di suatu bidang yang memerlukan biaya yang cukup tinggi.

Trending:  Tips Ampuh Dalam Memilih Asuransi Mobil Honda HRV

Tentu saja, selain biaya pendidikan berupa uang bulanan seperti SPP atau UKT di tingkat  universitas dan uang uang transportasi, juga perlu diperhatikan biaya lainnya seperti uang saku, buku, alat-alat tulis, dan perangkat sekolah yang lainnya. Hal tersebut dikarenakan biaya yang diperlukan anak di dunia pendidikan akan bertambah sesuai dengan kebutuhannya.

  1. Mengumpulkan informasi terpercaya mengenai perusahaan asuransi pendidikan Indonesia

Menyiapkan masa depan yang terbaik untuk anak tentu tidak boleh sembarang. Anda harus mengumpulkan informasi dari beberapa teman dekat atau orang-orang yang biasa menggunakan asuransi.

Rekomendasi asuransi pendidikan Indonesia

Jika Anda merasa bingung dalam mencari asuransi yang terbaik dan terpercaya, berikut terdapat beberapa rekomendasi yang bisa Anda coba.

  1. Manulife

Asuransi pendidikan Manulife yang bernama Manulife Education Protector ini sudah dikenal akrab oleh masyarakat di Indonesia. Manulife dapat membantu Anda dalam menyiapkan perancangan dana atau biaya pendidikan anak di masa yang akan datang.

Secara umum, asuransi Manulife bergerak secara praktis. Kelebihan dari Manulife ini yakni dapat berlaku hingga penanggung berada di usia 70 tahun.

  1. Eduplan

Asuransi pendidikan Indonesia terbaik selanjutnya yaitu asuransi pendidikan hasil dari produk salah satu bank terkemuka di Indonesia yakni BCA. Bersama perusahaan asal Hong Kong, BCA merilis polis asuransi pendidikan yang relatif baru bernama EduPlan.

Meski terbilang cukup baru, asuransi pendidikan EduPlan ini memiliki berbagai pilihan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Anda dapat membayar premi dengan jangka waktu 3 tahun, 10 tahun, hingga 15 tahun. Sementara itu, tunjangan pendidikan akan dijamin uang penjamin sebanyak 200 persen saat anak berusia 18-21 tahun.

  1. AXA Mandiri

Saat ini, masih banyak yang mungkin tidak mengetahui asuransi pendidikan AXA mandiri. Hal tersebut dikarenakan AXA Mandiri merupakan perusahaan asuransi pendidikan baru produk dari penggabungan AXA Group dan bank Mandiri. Perusahaan ini juga menawarkan asuransi pendidikan terpercaya yang membantu merencanakan masa depan pendidikan anak Anda untuk mencapai mimpinya.

Trending:  Asuransi Kesehatan untuk Hari Tua; Investasi Seumur Hidup

Terdapat dua jenis asuransi yang ditawarkan oleh AXA Mandiri yakni Asuransi Mandiri Tabungan Rencana yang menyiapkan biaya pendidikan, persiapan, hingga pensiun dan Asuransi Mandiri Sejahtera Cerdas Syariah yang didirikan untuk membantu perencanaan keuangan terutama dalam hal pendidikan ketika menghadapi bencana yang tidak terduga.

  1. Prudential

Prudential adalah perusahaan di bawah perlindungan PT Prudential Life Assurance atau Prudential Indonesial. Asuransi ini didirikan pada tahun 1995 dan mencakup dua layanan utama yaitu Pru My Child dan pro link edu.

Pru My Child merupakan produk asuransi yang memberikan perlindungan secara komprehensif atau menyuluruh sejak anak berada dalam kandungan hingga menginjak usia dewasa, sedangkan pro link edo erat kaitannya dengan investasi.

Adapun premi bulanan asuransi pendidikan Indonesia Prudential pun cukup terjangkau yakni mulai dari Rp 500.000 per bulan dan anak Anda dapat terjamin hingga usia 25 tahun.

Itulah beberapa rekomendasi yang terpercaya. Anda juga dapat mengunjungi website-nya secara langsung dan memastikan bahwa asuransi untuk anak Anda terlindungi dengan aman, efektif, dan bermanfaat untuk keberlangsungan biaya pendidikan anak.

Dengan demikian, masa depan anak akan terjamin melalui asuransi  sehingga nantinya mereka akan dapat melanjutkan studi dan berkontribusi dalam pengembangan kualitas negeri.

Bagaimana, sudah jelas bukan bahwa urgensi mengetahui asuransi pendidikan Indonesia sangat penting? Yuk, mulai menabung untuk anak sejak dini dan berikan kualitas hidup yang baik untuk mereka.

Check Also

Alasan Pentingnya Asuransi Yang Wajib Anda Pertimbangkan Untuk Masa Depan

Tidak semua orang menyadari bahwa pentingnya asuransi menjadi salah satu landasan kehidupan masa depan atau …