Asuransi Penyakit Kritis: Apa Itu Dan Siapa yang Membutuhkannya?

Jika Anda beruntung, Anda mungkin belum pernah menggunakan asuransi penyakit kritis kadang disebut asuransi penyakit katastropik. Mungkin Anda bahkan belum pernah mendengarnya. Tetapi jika terjadi keadaan darurat kesehatan yang besar, seperti kanker, serangan jantung, atau stroke, asuransi ini bisa menjadi satu-satunya penghalang antara Anda dan kehancuran finansial.

Banyak orang menganggap mereka sepenuhnya terlindungi dengan rencana asuransi kesehatan standar, tetapi biaya selangit untuk mengobati penyakit yang mengancam jiwa biasanya lebih dari yang dapat ditanggung oleh rencana apa pun.

Apa Itu Asuransi Penyakit Kritis?

Asuransi penyakit kritis memberikan perlindungan tambahan untuk keadaan darurat medis seperti serangan jantung, stroke, atau kanker. Karena keadaan darurat atau penyakit ini sering menimbulkan biaya medis yang lebih besar dari rata-rata, kebijakan ini membayar tunai untuk membantu menutupi kelebihan tersebut ketika asuransi kesehatan tradisional mungkin gagal.

Kebijakan ini datang dengan biaya yang relatif rendah. Namun, kasus yang akan mereka tanggung umumnya terbatas pada beberapa penyakit atau keadaan darurat. Karena penyakit ini memerlukan perawatan dan pengobatan medis yang ekstensif, biayanya dapat melebihi polis asuransi kesehatan keluarga dengan cepat.

Jika Anda tidak memiliki dana darurat atau rekening tabungan kesehatan (HSA), Anda akan lebih sulit lagi membayar tagihan tersebut. Banyak orang sekarang memilih rencana kesehatan yang dapat dikurangkan, yang bisa menjadi pedang bermata dua.

Konsumen mendapat manfaat dari premi bulanan yang relatif terjangkau tetapi dapat menemukan diri mereka dalam keadaan darurat jika penyakit serius menyerang. Asuransi ini dapat membayar biaya yang tidak ditanggung oleh asuransi tradisional.

Uang tersebut juga dapat digunakan untuk biaya nonmedis yang berkaitan dengan penyakitnya, termasuk transportasi, perawatan anak, dan sebagainya. Biasanya, tertanggung akan menerima sejumlah uang untuk menutupi biaya tersebut.

Trending:  Review Asuransi Umum Beserta Jeni-Jenisnya

Batas pertanggungan bervariasi. Anda dapat memenuhi syarat untuk beberapa ribu dolar, tergantung pada kebijakan Anda. Penetapan harga polis dipengaruhi oleh sejumlah faktor, termasuk jumlah dan luas pertanggungan, jenis kelamin, usia, dan kesehatan tertanggung, dan riwayat kesehatan keluarga.

Ada pengecualian untuk pertanggungan asuransi penyakit kritis. Beberapa jenis kanker mungkin tidak ditanggung, sementara penyakit kronis juga sering dikecualikan. Anda mungkin tidak dapat menerima pembayaran jika penyakit datang kembali atau jika Anda menderita stroke atau serangan jantung kedua.

Beberapa pertanggungan mungkin berakhir ketika tertanggung mencapai usia tertentu. Jadi, seperti segala bentuk asuransi, pastikan untuk membaca polis dengan cermat. Hal terakhir yang ingin Anda khawatirkan adalah rencana darurat Anda.

Mengapa Ini Mungkin Penting?

Anda dapat membeli asuransi penyakit kritis sendiri atau melalui majikan Anda (banyak yang menawarkannya sebagai manfaat sukarela). Anda juga dapat menambahkannya ke paket asuransi jiwa Anda saat ini sebagai pengendara, yang mungkin merupakan pilihan yang lebih terjangkau dengan manfaat yang sama.

Salah satu alasan mengapa perusahaan tertarik untuk menambahkan rencana ini adalah karena mereka menyadari bahwa karyawan khawatir dengan pengeluaran yang tidak terduga dengan rencana yang dapat dikurangkan tinggi.

Tidak seperti tunjangan kesehatan lainnya, pekerja umumnya menanggung seluruh biaya rencana penyakit kritis. Itu membuatnya menjadi penghemat uang bagi perusahaan dan pekerja.

Biaya Rendah, Cakupan Terbatas

Bagian dari apa yang membuat kebijakan ini menarik adalah bahwa mereka umumnya tidak membutuhkan biaya banyak, terutama ketika Anda mendapatkannya melalui pemberi kerja. Beberapa ahli kesehatan skeptis, apakah mereka benar-benar bagus untuk konsumen.

Satu kekhawatiran menyeluruh adalah bahwa mereka hanya akan mengganti Anda untuk berbagai penyakit yang agak sempit. Jika penyakit yang Anda diagnosa tidak sesuai dengan definisi penyakit yang ditanggung, Anda kurang beruntung.

Trending:  Mengapa Anda Butuh Asuransi Rumah? Yuk, Simak Alasan Di Sini!

Alternatif Asuransi Penyakit Kritis

Orang dalam menunjukkan bahwa ada bentuk pertanggungan alternatif tanpa semua batasan ini. Asuransi disabilitas, misalnya, memberikan penghasilan ketika Anda tidak dapat bekerja karena alasan medis, dan perlindungan finansial tidak terbatas pada serangkaian penyakit yang sempit.

Ini adalah pilihan yang sangat baik bagi siapa saja yang mata pencahariannya akan terkena dampak signifikan dari ketidakhadiran kerja yang berkepanjangan. Konsumen dengan rencana pengurangan tinggi juga dapat memberikan kontribusi ke rekening tabungan kesehatan atau rekening pengeluaran fleksibel.

Apa Yang Diberikan Asuransi Penyakit Kritis untuk Bantuan?

Asuransi penyakit kritis dapat membantu mendanai tagihan penyakit yang mengancam jiwa seperti serangan jantung, stroke, atau kanker.

Sesuai kebijaksanaan Anda, manfaat dari polis penyakit kritis dapat mencakup apa saja mulai dari biaya pengobatan yang tidak ditanggung oleh polis perawatan kesehatan hingga tagihan rumah tangga untuk utilitas, pembayaran sewa atau hipotek, atau tagihan bahan makanan.

Apa Kelebihan Asuransi Penyakit Kritis?

Asuransi penyakit kritis memberikan sejumlah uang ketika Anda didiagnosis menderita penyakit yang tercakup dalam polis. Pembayarannya dapat digunakan untuk kebutuhan apa pun, termasuk biaya nonmedis seperti pembayaran hipotek, transportasi atau peralatan, atau bahkan liburan saat Anda pulih.

Apa Kekurangan Asuransi Penyakit Kritis?

Beberapa jenis kanker mungkin tidak ditanggung, dan penyakit kronis sering kali dikecualikan. Kekambuhan penyakit kritis, seperti stroke kedua atau serangan jantung, mungkin tidak menerima pembayaran.

Pertanggungan dapat berakhir atau berkurang ketika tertanggung mencapai usia tertentu. Penting untuk dicatat keadaan tertentu di mana suatu kebijakan mencakup suatu kondisi, karena beberapa kebijakan penyakit kritis menetapkan pembatasan yang sempit.

Penyakit Kritis Manakah yang Memenuhi Syarat untuk Asuransi Ini?

Cakupan biasanya terbatas pada krisis medis yang melibatkan serangan jantung, stroke, gagal ginjal, kanker, kelumpuhan, dan beberapa lainnya. Setiap rencana memiliki daftar khusus, yang bervariasi dari rencana ke rencana.

Trending:  Asuransi Bca Life Kartu Kredit

Itulah sedikit ulasan mengenai asuransi penyakit kritis yang bisa Anda ketahui. Barangkali di masa akan datang Anda akan membutuhkan jenis asuransi ini. Semoga membantu!

Check Also

Alasan Pentingnya Asuransi Yang Wajib Anda Pertimbangkan Untuk Masa Depan

Tidak semua orang menyadari bahwa pentingnya asuransi menjadi salah satu landasan kehidupan masa depan atau …