Bagaimana Cara Memilih Asuransi Yang Tepat? Begini Tipsnya!

Tidak sedikit orang yang masih bingung terhadap cara memilih asuransi yang baik dan benar. Padahal, asuransi menjadi salah satu hal yang sangat penting untuk menjamin kesehatan seseorang maupun memberikan proteksi yang lebih maksimal.

Apalagi risiko gangguan kesehatan saat ini begitu sulit untuk diprediksi. Maka dari itu, lebih baik lakukan proteksi diri beserta keluarga melalui asuransi. Dengan begitu nantinya Anda akan menerima berbagai macam manfaat dari perusahaan asuransi tersebut tentunya.

Prinsip Asuransi Yang Baik sebagai Cara Memilih Asuransi

Sebelum melangkah ke tips pemilihan asuransinya sendiri, alangkah lebih baiknya lagi jika Anda mengetahui prinsipnya terlebih dahulu. Dengan mengetahui prinsip asuransi yang baik tersebut nantinya Anda bisa langsung menentukan produk yang tepat sesuai dengan kebutuhan, berikut ulasannya.

Punya Interest

Hal yang pertama yang wajib dimiliki oleh sebuah perusahaan asuransi yaitu mempunyai kepentingan maupun interest. Tentunya objek yang diasuransikan tersebut juga harus legal alias tidak melanggar ketentuan yang berlaku.

Sebagai contoh, apabila jika suatu saat terjadi masalah maupun musibah yang mengakibatkan objek si pemilik asuransi rusak, maka nantinya pihak yang mengasuransikan pastinya akan memperoleh sejumlah biaya  yang berguna untuk mengganti kerusakan tadi pastinya.

Cara Memilih Asuransi Bertikad Baik

Selain mempunyai kepentingan, pastinya semua perusahaan asuransi harus memiliki itikad baik atau utmost good faith. Dimana setiap penanggung jawab asuransi tersebut wajib jujur dan juga terbuka dalam menerangkan seluruh layanan yang dimilikinya. Dengan kata lain semua harus diterangkan dengan jelas, benar, dan juga teliti.

Memiliki Kontribusi

Apabila setiap nasabah mengasuransikan objek ke dalam perusahaan tersebut, maka tentunya si pemberi asuransi  tersebut wajib memberikan kontribusi. Dimana nantinya mereka harus memberikan perlindungan maupun proteksi dari layanan asuransi yang dimilikinya tersebut.

Trending:  Simak Resiko Asuransi dan Cara Mengelola Asuransi

Misalnya saja ada seorang nasabah hendak mengasuransikan satu unit dan juga isi kendaraan miliknya dengan nilai sebesar seratus juta rupiah kepada 3 perusahaan asuransi. Dimana perusahaan A diasuransikan sebesar dua ratus juta rupiah dan perusahaan B diasuransikan sebesar seratus juta rupiah.

Sedangkan perusahaan C sendiri sebesar seratus juta rupiah maka dari itu perusahaan asuransi wajib menggantinya. Dengan catatan apabila nantinya terjadi kecelakaan maupun hal-hal yang mengandung risiko yang mana bisa membuat kendaraan tersebut rusak. Tentunya ketiga perusahaan asuransi tersebut wajib untuk menggantinya.

Mempunyai Pengalihan Hak Atau Perwalian

Terakhir, pengalihan hak bisa dilakukan dari si pihak tertanggung kepada pihak penanggung. Dengan catatan, apabila si penanggung tersebut telah membayar biaya ganti rugi kepada pihak yang tertanggung.

Ini Dia Cara Memilih Asuransi Yang Baik dan Benar

Untuk menjaga kebugaran dan juga kesehatan tubuh, pastinya tidak cukup hanya dengan memperbaiki pola makan yang teratur hingga olahraga saja. Melainkan, risiko gangguan kesehatan dan juga kematian sendiri juga bisa menyerang kapan saja maupun dimana saja. Untuk itu butuh asuransi untuk mengurusnya, berikut tipsnya.

Lakukan Riset Terlebih Dahulu

Langkah pertama yang wajib Anda lakukan terlebih dahulu yaitu dengan cara riset terkait produk asuransi tersebut. Dimana di negara Indonesia sendiri kurang lebih ada sekitar 10 produk asuransi yang ditawarkan.

Tentunya manfaat hingga pertanggungan dari setiap asuransi tersebut juga berbeda. Maka dari itu, Anda wajib memilih jenis asuransi sesuai dengan kebutuhan pastinya. Setelah itu pastikan juga bahwa perusahaan asuransi tersebut telah terpercaya.

Tanyakan Kepada Agen Atau Konsultan Asuransi Yang Berlisensi

Cara memilih asuransi yang ketiga yaitu dengan menayakan kepada pihak agen maupun konsultan yang telah memiliki lisensi. Dengan begitu nantinya Anda tidak perlu ragu dan juga khawatir laagi terhadap produk asuransi yang akan dipilih tersebut tentunya.

Trending:  Perusahaan Asuransi Yang Masuk Ke Daftar BEI

Pahami Dengan Benar Produk Asuransi Yang Akan Dipilih

Sebelum benar-benar memilih jenis asuransi tersebut pastikan juga bahwa Anda telah memahaminya dengan baik dan benar. Dengan begitu, nantinya Anda tidak keliru atau bahkan merasa menyesal ketika telah memilih produk asuransi tersebut pastinya.

Ketahui dengan pasti apa saja manfaat yang bisa Anda dapatkan hingga pertanggungannya melalui perusahaan asuransi tersebut. Selain itu tanyakan juga bagaimana proses untuk mendapatkannya hingga pencairannya maupun pembayaran biaya preminya setiap bulan.

Jangan Tunda Pembelian Produk Asuransi

Di sisi lain, Anda jangan sampai keseringan menunda pembelian produk asuransi tersebut. Hal ini tidak lain karena sebagian besar orang masih merasa bahwa produk asuransi tersebut tidak membawa keuntungan secara langsung alias hanya membuang-buang biaya saja.

Namun jangan salah, asuransi sendiri sangat penting untuk menjamin hari tua Anda nantinya. Sehingga jangan menyepelekan hal yang terlihat remeh ini hanya karena tidak mendatangkan keuntungan yang instan atau saat itu juga. Mengingat semua jenis asuransi memang tidak ada yang bisa didapatkan secara instan  tentunya.

Anda juga harus tahu bahwa harga premi tersebut akan selalu naik atau mahal setiap waktunya. Selain itu hal tersebut juga  disebabkan karena biasanya perusahaan asuransi tersebut akan melakukan medical check up terlebih dahulu. Dengan begitu nantinya akan pihak asuransi tersebut akan mengetahui kondisi kesehatan Anda.

Dengan begitu dapat dikatakan juga bahwa kondisi kesehatan Anda sendiri  nantinya juga akan mempengaruhi harga premi produk asuransinya. Maka dari itu, lebih baik beli produk asuransi tersebut sejak dini saja sebab biasanya di umur yang masih tergolong muda kesehatan Anda masih membaik.

Demikian ulasan artikel mengenai cara memilih asuransi tersebut. Dengan tips yang telah dijelaskan di atas tadi tentunya bisa Anda jadikan pertimbangan sebelum memilih produk asuransi yang sesuai kebutuhan tentunya.

Trending:  Perbedaan Investasi Dan Asuransi Yang Perlu diketahui

Check Also

Alasan Pentingnya Asuransi Yang Wajib Anda Pertimbangkan Untuk Masa Depan

Tidak semua orang menyadari bahwa pentingnya asuransi menjadi salah satu landasan kehidupan masa depan atau …