Bagaimana Sistem Asuransi Jiwa Bekerja? Yuk, Simak Ulasannya!

Ada banyak jenis asuransi yang ada, salah satunya adalah asuransi jiwa. Awalnya dirancang untuk membantu menutupi biaya pemakaman dan merawat janda dan anak yatim, asuransi ini sekarang menjadi produk keuangan yang fleksibel dan kuat.

Asuransi ini adalah aset yang sangat umum yang menjadi bagian dari perencanaan keuangan jangka panjang banyak orang. Membeli polis asuransi ini adalah cara untuk melindungi orang yang Anda cintai, memberi mereka dukungan keuangan yang mungkin mereka butuhkan setelah Anda meninggal.

Misalnya, Anda dapat membeli asuransi untuk membantu pasangan Anda menutupi pembayaran hipotek atau tagihan sehari-hari atau mendanai pendidikan perguruan tinggi anak-anak Anda.

Bagaimana Sistem Asuransi Jiwa Bekerja?

Saat membeli asuransi, penting untuk memahami cara kerjanya dan bagaimana penerima manfaat Anda dapat menerima hasil polis Anda. Ini dapat membantu dalam memilih opsi pembayaran yang paling sesuai untuk tujuan perencanaan perumahan Anda. Berikut adalah penjelasan lebih lanjut mengenai topik satu ini.

Apa itu Asuransi Jiwa?

Asuransi jiwa adalah kontrak antara Anda dan perusahaan asuransi. Anda melakukan pembayaran premi secara teratur ke perusahaan asuransi. Sebagai gantinya, perusahaan membayar manfaat kematian kepada ahli waris Anda ketika Anda meninggal.

Tergantung pada jenis polis yang Anda beli, asuransi ini dapat menanggung kematian alami, kematian akibat kecelakaan dan bahkan penyakit atau cedera saat Anda masih hidup. Pada dasarnya ada dua jenis asuransi ini: term life dan permanent life.

Term life melindungi Anda untuk jangka waktu tertentu sementara asuransi jiwa permanen melindungi Anda sampai akhir hidup Anda. Umumnya, asuransi ini berjangka lebih murah untuk dibeli daripada kehidupan permanen.

Namun, polis kehidupan permanen, seperti asuransi jiwa seumur hidup, membangun nilai tunai dari waktu ke waktu dan tidak kedaluwarsa, jika Anda telah membayar premi Anda. Polis berjangka tidak memiliki nilai jika Anda hidup lebih lama dari kontrak.

Trending:  Bagaimana Cara Mendaftar Asuransi Jiwa Yang Tepat? Ini Tipsnya!

Apa yang Dilindungi?

Tergantung pada asuransi yang Anda beli, manfaat kematian dapat menutupi banyak biaya. Setelah pasangan atau pasangan, atau orang tua meninggal, begitu juga pendapatan tahunan mereka.

Sehingga polis asuransi ini dapat membantu mengisi kesenjangan untuk membayar kewajiban keuangan seperti biaya sewa atau hipotek, biaya pemakaman dan penguburan, uang sekolah, hutang pribadi seperti pinjaman mahasiswa atau kartu kredit, dan bahkan, menambah pendapatan yang hilang, untuk membantu membayar pengeluaran sehari-hari.

Tentu saja, banyak orang yang membeli asuransi ini untuk melindungi penerima manfaat mereka dari kesulitan keuangan. Dimungkinkan untuk membeli polis asuransi untuk meninggalkan warisan kepada anak atau cucu Anda yang sudah dewasa, anggota keluarga besar, atau organisasi nirlaba.

Beberapa polis, seperti asuransi utuh atau universal, memungkinkan Anda mengakses dana asuransi ini saat Anda masih hidup. Anda mungkin dapat meminjam terhadap kebijakan Anda selama Anda terus membayar premi untuk membayar rumah atau kuliah untuk anak-anak Anda.

Meskipun Anda berisiko menurunkan manfaat kematian, jika Anda tidak mampu membayar kembali pinjaman, polis asuransi jiwa ini dapat membantu. Polis itu sendiri biasanya mencakup penyebab alami dan kecelakaan dari kematian dan pembunuhan. Dalam beberapa kasus, itu mencakup bunuh diri, meskipun bijaksana untuk meneliti polis yang ingin Anda beli.

Mungkin ada kondisi terlampir yang harus dipenuhi sebelum penerima manfaat menerima manfaat kematian mereka dalam beberapa kasus.

Cara Kerja Berjangka

Asuransi jiwa berjangka adalah pertanggungan yang berlangsung selama jangka waktu yang dipilih saat pembelian. Jenis asuransi ini biasanya mencakup periode 10, 20 atau bahkan 30 tahun.

Jika Anda meninggal selama periode pertanggungan, polis akan membayar ahli waris Anda sejumlah yang tercantum dalam polis. Jika Anda tidak mati selama waktu itu, tidak ada yang dibayar.

Trending:  Ini Cara Menawarkan Asuransi yang Tepat Supaya Cepat Laku, Mau Tahu?

Kehidupan berjangka populer karena menawarkan pembayaran besar dengan biaya lebih rendah daripada kehidupan permanen. Ini juga solusi sementara. Itu ada untuk alasan yang sama dengan tato temporer dan pewarna rambut — kadang-kadang cukup lama.

Ada beberapa variasi pada polis jiwa berjangka yang khas. Polis yang dapat dikonversi memungkinkan Anda untuk mengubahnya menjadi polis seumur hidup permanen dengan tarif yang lebih tinggi, memungkinkan cakupan yang lebih lama dan lebih fleksibel.

Kebijakan term life yang menurun, seperti asuransi perlindungan hipotek, memiliki manfaat kematian yang menurun seiring waktu, sering kali dibarengi dengan utang besar yang perlahan dilunasi.

Cara Kerja Asuransi Jiwa Permanen

Polis asuransi jiwa permanen melindungi Anda sampai kematian, dengan asumsi Anda membayar premi Anda. Seumur hidup adalah versi paling terkenal dari jenis asuransi ini, tetapi ada rasa lain, termasuk kehidupan universal dan kehidupan variabel.

Polis jiwa permanen membangun nilai tunai seiring bertambahnya usia. Sebagian dari pembayaran premi ditambahkan ke rekening tunai, yang dapat memperoleh bunga atau diinvestasikan, tergantung pada jenis polis yang Anda pegang.

Nilai tunai biasanya naik dengan cepat di awal masa pakai polis, saat Anda lebih muda dan lebih murah untuk diasuransikan. Kebijakan seumur hidup meningkatkan nilai tunai pada tingkat bunga tetap, sementara kebijakan universal berfluktuasi dengan pasar.

Butuh waktu untuk membangun nilai tunai dalam akun ini, yang harus Anda pertimbangkan saat membeli asuransi ini. Anda dapat menggunakan nilai tunai dari asuransi ini Anda saat Anda masih hidup. Anda dapat meminjam darinya, melakukan penarikan atau hanya menggunakan pembayaran bunga untuk menutupi premi di kemudian hari.

Anda bahkan dapat menyerahkan polis, memperdagangkan manfaat kematian Anda dengan nilai saat ini di akun, dikurangi beberapa biaya. Itulah ulasan mengenai cara kerja asuransi jiwa yang bisa Anda ketahui. Semoga membantu!

Trending:  Asuransi Kendaraan Bermotor; Jaminan Keselamatan Kendaraan Bermotor Anda

Check Also

Alasan Pentingnya Asuransi Yang Wajib Anda Pertimbangkan Untuk Masa Depan

Tidak semua orang menyadari bahwa pentingnya asuransi menjadi salah satu landasan kehidupan masa depan atau …