Begini Tips Mencari Asuransi Mobil yang Efektif, Wajib Coba!

Pada dasarnya, tips mencari asuransi mobil  sendiri sangat gampang untuk diterapkan oleh semua orang. Tetapi sayangnya masih banyak orang yang asal-asalan dalam memilihnya sehingga asuransi mobil yang didapatkan tidak memberikan pelayanan yang maksimal.

Ini Tips Mencari Asuransi Mobil Yang Gampang Dilakukan  

Fungsi lain dari asuransi mobil sendiri tidak lain yaitu untuk melindungi kendaraan Anda dari berbagai macam kerusakan yang bisa saja terjadi. Baik itu dari kerusakan karena kecelakaan, tindak kejahatan, hingga bencana alam sekalipun.

Tentunya asuransi mobil menjadi satu hal yang wajib untuk dimiliki dengan begitu nantinya kendaraan Anda dapat terlindungi. Bagi Anda yang masih belum mengetahui tips mencari asuransi mobil  tersebut, maka dari itu coba simak ulasan artikel yang ada di bawah ini.

  1. Cari Jenis Asuransi Mobil yang Tepat

Langkah pertama yang wajib Anda lakukan terlebih dahulu yaitu dengan cara memilih jenis asuransi mobil yang tepat tentunya. Dengan kata lain, Anda wajib mengetahui manakah asuransi  yang sesuai untuk mobil Anda nantinya.

Jangan sampai Anda justru malah menggunakan jenis asuransi mobil yang menyimpang. Dengan begitu nantinya Anda  akan mendapatkan risiko yang tidak diinginkan kedepannya dari asuransi mobil tersebut.

Maka dari itu, tips mencari asuransi mobil  yang pertama ini wajib untuk Anda perhatikan pastinya. Sebagai saran tambahan, lebih baik gunakan sistem TLO alias total loss only dan juga all risk maupun komprehensif.

Dengan begitu nantinya Anda akan terhindar dari berbagai macam risiko terjadinya kerusakan hanya dengan menggunakan sistem tersebut pastinya. Selain itu, Anda juga wajib mengetahui bahwa usia dari kendaraan nantinya akan mempengaruhi pilihan polis asuransi.

Sebab umumnya asuransi dengan sistem all risk sendiri hanya dibatasi untuk usia mobil sampai dengan 10 tahun saja. Sedangkan sistem TLO sendiri bisa mencapai 15 tahun lamanya.

Trending:  Tips Ampuh Dalam Memilih Asuransi Mobil Honda HRV

Namun meskipun begitu, kedua sistem itu tadi bisa saja berubah setiap waktunya. Sebab hal tersebut bergantung pada setiap perusahaan asuransi mobil. Ada juga yang menawarkan asuransi all risk dengan maksimal usia kendaraan selama 8 tahun  dan lain sebagainya.

  1. Tips Mencari Asuransi Mobil : Pastikan Perusahaan Telah Kredibel

Setelah menjalankan tips yang pertama tadi, maka langkah selanjutnya yang wajib  dilakukan yaitu memastikan bahwa perusahaan asuransi tersebut kredibel. Dimana perusahaan asuransi tersebut mempunyai rekam jejak yang telah bagus pastinya.

Hal yang satu ini sangat penting untuk Anda perhatikan dan jangan disepelekan karena akan berdampak pada service yang diberikan nantinya. Sebagai saran tambahan, lebih baik cari kesehatan keuangan dari perusahaan asuransi tersebut untuk mengetahui kredibilitasnya.

Caranya sendiri sangat gampang yaitu Anda bisa melihatnya dari risk based capital atau lebih sering disingkat dengan RBC. Dimana nantinya Anda harus memastikan bahwa nilai RBC dari perusahaan asuransi tersebut minimal berada di prosentase 120 %.

Hal tersebut menandakan bahwa perusahaan asuransi yang akan Anda pilih itu tadi mempunyai sistem keuangan yang dianggap sehat. Dengan begitu Anda menjadi lebih yakin untuk memilih perusahaan asuransi tersebut  pastinya.

Setelah itu, tips mencari asuransi mobil  selanjutnya yang bisa Anda lakukan yaitu dengan cara melihat review atau rating dari perusahaan  tersebut. Dimana Anda dapat melihatnya di situs website resmi milik perusahaan asuransi itu tadi tentunya.

Pastikan bahwa rating maupun review yang diberikan oleh pelanggan sebelumnya mempunyai tanggapan yang positif. Apabila hasilnya bagus maka tidak ada salahnya untuk mencoba perusahaan asuransi mobil tersebut pastinya.

Namun jika ternyata hasilnya buruk, lebih baik cari perusahaan asuransi mobil lainnya saja. Dengan kata lain, jangan hanya memilih satu jenis perusahaan asuransi mobil saja tetapi lakukan perbandingan juga.

  1. Cari Tahu Layanan yang Diberikan  

Jika Anda sudah menyelesaikan kedua tips mencari asuransi mobil  yang ada di atas itu tadi, maka selanjutnya cari tahu layanan yang diberikan oleh perusahaan tersebut. Selain itu, Anda juga wajib mencari tahu harga yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi.

Trending:  Asuransi Nelayan Agar Berlayar Menjadi Aman

Tetapi satu hal yang harus Anda ingat yaitu jangan sampai memilih perusahaan asuransi yang menawarkan dengan harga yang murah. Namun pastikan terlebih dahulu bahwa layanan yang perusahaan asuransi tawarkan tersebut sesuai dengan kebutuhan Anda.

Apabila Anda ingin menambahkan rider maupun beberapa kebutuhan lainnya jangan segan untuk menanyakan hal tersebut pada perusahaan asuransi mobil. Dengan begitu mereka akan memberikan solusi di setiap polis asuransi yang Anda butuhkan tersebut pastinya.

  1. Utamakan Asuransi yang Memiliki Banyak Bengkel Rekanan  

Terakhir  yang harus dilakukan yaitu utamakan perusahaan yang memiliki rekanan bengkel banyak. Sebab semakin banyak rekanan bengkel  tersebut maka nantinya proses untuk melakukan klaim asuransi menjadi jauh lebih gampang pastinya.

Bahkan, Anda juga wajib memperhatikan bahwa asuransi mobil  tersebut sudah mempunyai lisensi atau berada dalam lindungan hukum. Dengan begitu nantinya perusahaan asuransi mobil tersebut bisa dipercaya karena aman, mengingat sudah berlisensi.

Selain itu, manfaat bengkel rekanan yang luas tersebut nantinya akan memudahkan Anda untuk memilih tempat yang terdekat untuk melakukan service. Sebagai contoh, Anda bisa memilih bengkel dengan lokasi yang mudah dijangkau.

Selain itu pastikan juga bahwa standar perawatan dan juga suku cadangnya mempunyai kualitas yang tinggi. Tentunya semua itu disesuaikan dengan jenis kendaraan milik Anda terlebih dahulu.

Demikian keempat tips mencari asuransi mobilyang telah diulas tadi, dengan begitu Anda bisa langsung menerapkannya. Bukan tidak mungkin jika nantinya Anda bisa mendapatkan pelayanan asuransi mobil yang maksimal melalui penerapan semua langkah tersebut.

Check Also

Alasan Pentingnya Asuransi Yang Wajib Anda Pertimbangkan Untuk Masa Depan

Tidak semua orang menyadari bahwa pentingnya asuransi menjadi salah satu landasan kehidupan masa depan atau …