fbpx
beragam jenis blog

Cari Tahu Beragam Jenis Blog yang Ada Saat Ini!

Ada puluhan beragam jenis blog yang saat ini dikembangkan oleh masyarakat dunia. Dari jenis-jenis tersebut, berkembang juga ratusan juta situs aktif di internet yang dapat Anda jelajahi satu per satunya.

Perkembangan dunia blogging belakangan ini menjadi lebih pesat dari sebelumnya. Apalagi semenjak internet semakin meluas, banyak blog atau situs dijadikan sumber informasi masyarakat. Bahkan, keberadaannya berpengaruh di hampir semua topik.

Anda dapat membuat berbagai situs sendiri dengan beragam tujuan seperti menginspirasi, mendidik, terhubung ke sesama manusia, dan lainnya. Dengan blogging, Anda dapat mengekspresikan diri dalam bentuk digital dan dilihat dunia.

Beragam jenis Blog yang Saat Ini Berkembang di Dunia Digital

Sebuah situs biasanya berisi tentang artkel di mana membahas masalah dan solusi dari permasalahannya. Biasanya seseorang akan mulai menuliiskan tulisan pertamanya dalam situs menurut sesuatu hal yang disukainya atau bidangnya.

Perlu Anda ketahui, blog merupakan salah satu jenis website yang berisi konten berupa artikel mengenai opini, pengalaman, informasi, maupun pengetahuan. Konten-konten tersebut menjadi nyawa dari sebuah blog dan penentu kesuksesannya.

Saat ini, kepemilikannya bukan hanya perorangan saja, tapi juga bisnis, perusahaan, pemerintahan, dan lembaga lainnya. Sebab itu, pemanfaatannya saat ini menjadi lebih banyak. Berikut adalah Beragam jenis blog yang ada.

1. Personal atau Pribadi

Pada awal perkembangannya sekitar 1999, situs memang dijadikan untuk tujuan pribadi saja. Dapat dikatakan bahwa situs menjadi semacam jurnal harian online di mana pemiliknya bisa menuliskan pengalaman pribadi atau sehari-harinya.

Dalam penulisannya masih belum terdapat aturan-aturan tertentu, blogger bebas menuliskan apa saja di sana. Situs pribadi biasanya akan berisi kehidupan dari seorang blogger dibandingkan dengan audiesnya sendiri.

Situs pribadi biasanya memiliki konten berupa foto, gambar-gambar pemilik atau kesukaannya, dan artikel. Jenis ini juga biasanya lebih terbuka, sehingga audiens dapat berdiskusi melalui kolom komentar.

Beragam jenis blog satu ini bersifat personal, namun tetap mendapatkan pengunjung. Biasanya, orang-orang yang mengunjungi situs personal tersebut memiliki kesamaan atau hobi sama dengan pemilik blognya.

2. Situs Profesional

Berdeda dengan ini, situs professional biasanya akan memiliki konten satu topik. Konten di dalam blognya juga dibuat untuk memperlihatkan atau menunjukkan kepada audiens seberapa professional pemilik blognya.

Blogger professional bukan hanya membuat blognya memiliki banyak konten, di desain dengan tema yang bagus, dan lainnya. Tapi, blogger dapat menghasilkan penghasilan dari kegiatan blogging, tidak peduli sedikit atau banyak.

Setiap orang mungkin bisa menjadi seorang blogger, tapi belum tentu professional. Beragam jenis blog ini biasanya memang dibangun untuk menunjukkan branding, baik bisnis, perusahaan, maupun diri sendiri.

Jika melakukan branding diri sendiri, blogger biasanya akan memperlihatkan kemampuannya. Salah satu contoh pemilik situs professional adalah, Gari Cruze, seseorang yang dikenal sebagai ahli di bidang copywriting.

3. Blog Niche

Sesuai namanaya, blog Niche ini akan berisi konten dengan satu topik saja. Blogger di balik situs dapat berupa personal, perusahaan, maupun lembaga lainnya, yang terpenting hanya memiliki satu topik konten.

Ada banyak niche yang dapat diangkat menjadi konten di sebuah situs. Jadi, Anda dapat menyesuaikannya dengan kesukaan, seperti traveling, fashion, kesehatan dan kebugaran, makanan, keuangan, teknologi, gaya hidup, atau lainnya.

Untuk memilih mana niche terbaik yang dapat menunjang kesuksesan blog Anda, gunakan tools seperti Google trends. Hal ini dilakukan untuk melihat dan memastikan niche tersebut berpeluang atau memiliki potensi pasar.

Jika Anda menggunakannya untuk kegiatan personal, pastikan memilih niche yang disukai. Jangan memilih niche yang tidak Anda mengerti, hal ini dilakukan untuk mengantisipasi penulisan konten ke depannya.

4. Blog Multimedia

Beragam jenis blog lainnya adalah multimedia, sebenarnya situs ini memiliki tampilan yang sama dengan lainnya. Namun, isi konten halaman situs ini biasanya berisi konten-konten multimedia.

Multimedia merupakan kombinasi dari foto, suara, dan teks dengan komputer. Jadi, dapat disimpulkan bahwa konten multimedia dari suatu blog berupa video seperti podcast, animasi, broadcasting, desain grafis, fotografi, dan lainnya.

Pada situs multimedia, konten utamanya memang sedikit berbeda yakni berupa video atau foto. Berbeda dengan situs lainnya yang biasanya lebih mengedepankan konten tulisan berupa artikel.

Selain video atau fotografi, konten multimedia juga biasanya berisi kutipan penting. Jadi, Anda dapat dengan mudah membedakan halaman situs biasa dengan blog jenis multimedia ini.

5. Blog Affiliasi

Fokus konten dari situs ini adalah affiliate marketing. Affiliate marketing merupakan teknik pemasaran di mana seseorang mempromosikan produk atau layanan dari pihak ketiga melalui platform digital.

Ciri khas dari situs ini adalah, adanya link atau tautan yang disematkan oleh blogger. Jika audiens klik tautan tersebut nantinya akan diarahkan ke halaman situs lain, biasanya berupa produk.

Saat audiens membeli produk melalui tautan tersebut, blogger sebagai pemilik tautannya akan mendapatkan pendapatan. Beragam jenis blog ini juga mudah diketahui karena memiliki ciri khas tersendiri.

Konten pada situs tersebut umumnya berupa ulasan sebuah produk atau jasa. Salah satu situs yang merupakan jenis affiliate adalah Outdoor Gear Lab di mana situsnya berisi produk peralatan dari Amazon.

6. Blog Reverse

Jenis situs terbalik, di dalamnya tidak ada blogger tunggal yang mengurus halaman situsnya. Halaman situs tersebut ditulis oleh pengguna dengan topik tertentu, sebelum di publikasikan, konten akan disaring terlebih dahulu.

Situs reverse juga dikatakan bahwa kontennya ditulis oleh sejumlah penulis guest atau tamu, jadi bukan blogger yang memiliki halaman situsnya. Beragam jenis blog ini memang jarang ditemui.

Meskipun jarang ditemui, jenis ini cukup populer dikalangan para penulis lepas atau freelance. Hal ini dikarenakan dapat membantu penulis dalam memperluas koneksi dan eksposurnya tersebut.

Beberapa situs tersebut juga memberikan bayaran kepada para penulis lepas yang menyediakan konten. Sebab itu, Beragam jenis blog reverse lebih dikenal oleh para penulis lepas dibandingkan audiens biasa.

7. Blog Bisnis Perusahaan

Jenis halaman situs ini dikelola oleh suatu perusahaan atau organisasi. Beberapa perusahaan dan organisasi, belakangan ini mulai melihat potensi dari halaman situs untuk mempromosikan bisnis atau perusahaannya.

Tujuan utama dari pembuatan dan pengembangannya ini adalah untuk menarik target pasar. Cara menemukan target pasar juga menjadi lebih mudah karena hanya membutuhkan konten untuk disebarluaskan menggunakan internet.

Beragam jenis blog bisnis atau perusahaan ini juga sangat mudah ditemui karena memiliki ciri khas tersendiri. Konten dari halaman situs tersebut bertujuan untuk memberikan informasi kepada para audiens dan branding.

Artikel yang dituliskan juga biasanya terdapat call to action berupa ajakan untuk menggunakan produk atau memakai layanan milik perusahaan tersebut. Perusahaan menggunakan halaman situs juga untuk branding yang professional.

Melalui situs Anda dapat mengekspresikan pendapat, pandangan, dan berbagai hal yang dilalui. Anda bahkan dapat membuat situs dan mulai menghasilkan uang dari sana dengan mengetahui Beragam jenis blog yang ada.