Bisnis Asuransi Properti Di Indonesia

Properti merupakan aset berharga yang harus dikelola dengan sebaik mungkin. Mengingat besarnya modal yang dibutuhkan untuk harga pembelian, sangat disarankan agar Anda mengasuransikan properti Anda.Saat membeli rumah melalui Kredit Pemilikan Rumah (KPR), bank biasanya menyertakan asuransi properti langsung dalam cicilan. Jangka waktu berlakunya asuransi properti tetap berlaku selama tingkat suku bunga masih berlaku.

Oleh karena itu, bagi Anda yang telah memutuskan untuk membeli properti. Misalnya, jika Anda membeli rumah dengan uang tunai atau real estat bekas lainnya, pertimbangkan untuk membeli jaminan properti untuk perlindungan yang maksimal.

Asuransi Properti Adalah?

Asuransi harta benda dan korban jiwa sedikit berbeda dengan asuransi kebakaran. Beberapa perusahaan memisahkan asuransi properti dan kecelakaan dari asuransi kebakaran. Di perusahaan lain, asuransi kebakaran merupakan bagian dari jaminan properti.

Namun pada intinya, asuransi menawarkan Anda berbagai macam jenis perlindungan untuk properti milik Anda.

Risiko-risiko yang dimaksud ini termasuk terjadinya kebakaran, pencurian dengan kekerasan (perampokan), kerusuhan, tanggung jawab hukum pihak ketiga, biaya arsitek/penyelidik dan konsultan, dan risiko kerusakan akibat tabrakan dengan kendaraan.

Bukan hanya itu, nyatanya jaminan properti dan korban jiwa juga memiliki sebuah fitur all-risk yang juga familiar dalam suatu asuransi mobil. Lalu apa sih asuransi all risk?

Asuransi ini All-Risk adalah suatu polis all-risk yang dapat memberikan perlindungan jika terjadi kebakaran pada properti Anda, terkena petir, terjadi ledakan, adanya kecelakaan pesawat dan asap, bencana alam, dan pencurian serta perampokan.

Manfaat asuransi properti

Kebanyakan orang masih membandingkan investasi dengan asuransi. Faktanya, premi bulanan yang dibayarkan kepada perusahaan asuransi bukanlah investasi yang menjamin keuntungan di masa depan.

Namun, beberapa perusahaan asuransi memasukkan sistem dalam premi mereka sebagai manfaat tambahan bagi pelanggan mereka. Mengutip Investopedia, asuransi properti dan kecelakaan memiliki banyak manfaat dan Anda bisa menyadari betapa pentingnya memiliki produk ini.

Trending:  Asuransi Alianz Syariah Tidak Kalah dengan Asuransi Konvensional

Pertama, asuransi ini akan menanggung biaya kerusakan properti, termasuk rumah Anda, bahkan jika itu disebabkan oleh adanya pohon tumbang yang ternyata menimpa halaman rumah Anda.

  1. Ganti rugi atas kerusakan yang disebabkan oleh bencana alam

Asuransi properti akan memberikan penggantian atau perbaikan apabila properti Anda rusak karena kebakaran, angin topan, gempa bumi, hujan es, adanya kilat, ledakan, letusan gunung berapi, atau bahkan bencana alam lainnya.

Namun, banjir dan bencana akibat ulah manusia tidak termasuk dalam asuransi properti. Selain itu, beberapa perusahaan asuransi juga menawarkan perlindungan sementara jika terjadi bencana alam.

  1. Kompensasi kebakaran

Dalam kasus asuransi ini, ada yang hanya mengkompensasi bentuk kerusakan fisik akibat dari kebakaran. Namun, asuransi properti all-risk sepenuhnya dapat mencakup semua bencana yang Anda alami.

Jika ada kontrak khusus untuk terjadinya kebakaran, maka asuransi kerusakan tentu saja akan mengganti kerugian yang ditimbulkan sesuai dengan nilai asuransi yang disetorkan.

  1. Mengganti Kembali Barang yang Hilang

Jika properti Anda dicuri saat Anda sedang berlibur. Maka Anda akan berhak atas pengembalian uang dari bentuk jaminn ini dan kecelakaan milik Anda.

Namun, dokumentasikan pencurian bersama dengan adanya bukti bahwa Anda adalah pemilik dari barang yang hilang tersebut dan Anda juga harus dapat mengajukan laporan polisi kepada perusahaan asuransi Anda.

Nah diatas merupakan pejelasan yang cukup lengkap terkait jaminan properti yang bisa Anda gunakan untuk bentuk perlindungan terhadap properti milik Anda. Anda bisa dapatkan berbagai macam keuntungan dengan mengambil jaminan rumah unik.

Cara Memilih Asuransi Properti

Cara memilih asuransi yang paling utama adalah Anda harus pastikan bahwa produk asuransi yang Anda pilih harus sudah mencakup semua bentuk perlindungan yang Anda inginkan.

Trending:  Mengenal Asuransi Syariah Lebih Dalam

Hal lain yang juga harus Anda pahami, adalah prinsip dari asuransi sendiri. Dimana asuransi berprinsip untuk melindungi Anda dari segala bentuk kerugian yang nantinya bisa ditimbulkan akibat dari sesuatu yang tidak pasti kapan datangnya.

Artinya, apabila bila lokasi yang akan Anda asuransikan merupakan sebuah kawasan yang rentan terkena bencana banjir dipastikan properti itu tidak bisa diikutkan program asuransi banjir.

Begitu pula dengan asuransi kebakaran bila kawasan Anda bersebelahan dengan pemukiman yang padat ataupun tidak ada akses yang tepat untuk mobil pemadam kebakaran. Secara garis besar, ada empat perlindungan yang diberikan oleh perusahaan pemberi asuransi, yakni:

  1. Perlindungan pada struktur rumah Anda
  2. Perlindungan akan harta dan benda di rumah Anda
  3. Tanggung jawab perlindungan kepada Anda
  4. Tambahan dana untuk kehidupan ketika kita tidak bisa tinggal di rumah karena bencana

Atas alasan diatas, maka pada dasarnya tetap diperlukan kehati-hatian dalam memilih jenis asuransi. Anda harus memastikan dengan tepat dan pas bahwa produk asuransi yang Anda pilih sudah bisa mencakup semua perlindungan yang Anda inginkan.

Anda juga harus pastikan juga bahwa perusahaan asuransi yang Anda pilih menjamin kerusakan yang akan terjadi tanpa adanya penolakan klaim. Dan berikut, tiga cara memilih asuransi properti yang benar.

  • Apabila Anda sudah punya asuransi jiwa atau asuransi mobil dari perusahaan X, maka nantinya Anda bisa mengambil bentuk asuransi rumah pada perusahaan X juga (apabila tersedia).

Hal ini nantinya bisa mempermudah proses pengajuan. Selain itu, biasanya suatu perusahaan asuransi rumah akan memberikan suatu diskon atau penawaran khusus yang menarik, kepada konsumen yang menggunakan lebih dari dua program asuransi milik perusahaan tersebut.

  • Jika anggaran dari perusahaan asuransi itu terbatas, pilihlah bentuk proteksi yang sangat sesuai dengan kondisi lingkungan disekitar Anda.
  • Beberapa perusahaan jasa asuransi rumah mungkin ada yang tidak mau menjamin rumah yang terbuat dari unsur kayu. Karena kayu adalah suatu bahan bangunan yang sangat mudah terbakar.
Trending:  Ayo Mengenal Asuransi Kecelakaan Lalu Lintas

Demikianlah informasi mengenai Asuransi properti yang penting untuk Anda ketahui

Check Also

Alasan Pentingnya Asuransi Yang Wajib Anda Pertimbangkan Untuk Masa Depan

Tidak semua orang menyadari bahwa pentingnya asuransi menjadi salah satu landasan kehidupan masa depan atau …