cara blog ramai pengunjung

Cara Blog Ramai Pengunjung Setiap Hari, Blogger Wajib Tahu!

Semua blogger tentu ingin tahu cara blog ramai pengunjung. Blogging masih menjadi salah satu aktivitas di internet yang dapat menghasilkan dengan pendapatan cukup menjanjikan. Dengan catatan situs Anda mendapatkan lalu lintas yang ramai.

Semua orang bisa membuat blog, namun tidak semuanya, bahkan tidak banyak yang blognya mendapat tingkat kunjungan tinggi. Blog dengan lalu lintas rendah membuat pengiklan tidak berminat memasang iklan di space blog.

Akibatnya, penghasilan dari iklan sulit didapatkan. Nah, kali ini kami akan memberikan solusi bagi Anda yang masih berjuang karena kesulitan mendapatkan visitor di blog.

Berikut Ini Cara Blog Ramai Pengunjung

Tingginya trafik blog dapat memberikan berkah tersendiri. Karena Anda berkesempatan memperoleh penghasilan dari penayangan iklan, mengikuti program afiliasi, endorsement, hingga penjualan produk. Agar blog tidak pernah sepi, lakukan cara-cara berikut ini.

  1. Riset Keyword Sebelum Menulis Konten

Bagi blogger berpengalaman, konsep keyword (kata kunci) tentu sudah sangat dikuasai. Menempatkan keyword potensial adalah salah satu modal awal blog Anda mendapatkan trafik tinggi.

Apakah sebelumnya Anda telah melakukan riset keyword dalam pembuatan artikel? Atau hanya mengandalkan ide yang bersumber dari pribadi saja? Jika sebelumnya konten Anda adalah tentang ide yang bersifat personal, sebaiknya lakukan perubahan.

Cara blog ramai pengunjung adalah dengan melakukan riset kata kunci. Melalui riset, Anda akan mendapatkan keyword potensial yang banyak dicari pengguna. Gunakan keyword bervolume tinggi agar konten Anda muncul di peringkat atas hasil pencarian search engine. Beberapa hal yang perlu diperhatikan saat melakukan riset keyword antara lain:

  • Volume pencarian
  • Tingkat kesulitan
  • Saran kata kunci

Anda bisa menggunakan bantuan beberapa tool untuk mempermudah riset keyword. Misalnya Ubersuggest, Ahrefs, Google Trends, dan tool lainnya.

  1. Buat Konten Bermanfaat dan Berkualitas

Cara blog ramai pengunjung berikutnya yaitu memperhatikan kualitas konten. Rutin memperbarui post memang menjadi salah satu faktor yang berpeluang meningkatkan rangking blog di mata search engine.

Namun bukan berarti Anda hanya berfokus pada pembaruan konten, melainkan juga harus tetap mengutamakan kualitasnya. Mungkin Anda bertanya-tanya apa kriteria sebuah artikel bisa dikatakan berkualitas?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, coba posisikan diri Anda sebagai pengunjung yang sedang mencari informasi tertentu. Kemudian pikirkan apa saja informasi yang ingin didapatkan dengan membaca artikel.

Gunakan cara tersebut sebagai pedoman dalam membuat konten. Pastikan Anda menawarkan manfaat berarti yang sepadan dengan waktu serta mobile data pengunjung.

Jika Anda membuat artikel tutorial, menyertakan gambar berpotensi membuat pengunjung senang karena konten bisa dimengerti secara lebih jelas. Intinya, cara blog ramai pengunjung adalah memahami apa yang diinginkan visitor dan memenuhinya melalui konten.

Panjang artikel juga dapat mempengaruhi peringkat konten di hasil pencarian. Konten yang panjang memungkinkan Anda memberikan informasi secara lengkap. Dengan demikian, ini juga dapat meningkatkan pengalaman pengguna (user experience).

  1. Buat Judul yang Unik

Judul adalah daya tarik pertama yang membuat pengguna melirik konten Anda. Untuk itu, buatlah judul unik yang berpotensi membuat pengguna mengklik artikel pada halaman blog Anda.

Isi artikel berkualitas akan sia-sia jika Anda tidak membuat judul menarik. Karena 8 dari 10 orang mengaku tertarik mengklik suatu konten setelah membaca judulnya. Buat judul yang menggambarkan konten Anda.

Keunikan judul memang salah satu cara blog ramai pengunjung. Meski begitu, hindari melakukan click bait yang hanya mengandalkan judul bombastis saja. Pastikan judul mencerminkan isi konten sebenarnya.

Beberapa tips membuat judl yang unik antara lain:

  • Buat judul yang tidak terlalu panjang, batasi maksimal sekitar 60 karakter
  • Mencantumkan poin penting yang menjadi kekuatan konten
  • Gunakan kata sifat yang kuat, seperti jitu, efektif, terlengkap, ampuh, dan sebagainya
  • Gunakan angka pada judul
  1. Gunakan Template Ringan dan SEO Friendly

Tidak ada orang yang mau membuang waktu untuk berselancar di satu blog. Pengunjung cenderung mengutamakan blog yang aksesnya cepat. Untuk itu, usahakan memilih template ringan serta SEO friendly.

Template SEO friendly lebih unggul karena halamannya lebih disukai search engine. Ada banyak pengembang yang menyediakan template ringan dan SEO friendly secara gratis. Meski begitu, template berbayar biasanya menawarkan lebih banyak keunggulan.

  1. Gunakan Template Mobile Friendly

Cara blog ramai pengunjung selanjutnya adalah memastikan bahwa template yang Anda gunakan bersifat mobile friendly. Hampir semua orang kini mengakses internet setiap hari melalui smartphone.

Maka, memilih tema yang ramah untuk perangkat handphone adalah suatu keharusan. Fitur dark mode (mode gelap) juga banyak disukai pengguna karena memberikan kenyamanan lebih saat berselancar di blog.

  1. Desain Blog yang Menarik

Siapa, sih, yang tidak senang melihat tampilan blog yang menarik? Pilih font yang jelas dan mudah dibaca karena kenyamanan visitor wajib diutamakan.

Saat sudah nyaman dengan konten sekaligus desain blog, mereka tidak akan segan untuk kembali lagi. Hindari memasang widget terlalu banyak karena dapat mengurangi kenyamanan serta membuat template lebih berat.

Desain simple dan minimalis kini banyak disukai. Dengan menu navigasi yang mudah dan simple, pengunjung dapat mengakses informasi yang tersedia tanpa kesulitan. Cara blog ramai pengunjung harus Anda pertimbangkan.

  1. Gunakan Plugins Bermanfaat Saja

Platform CMS atau website builder seperti WordPress menyediakan ribuan plugins dengan berbagai fungsi. Plugin akan memudahkan Anda dalam membangun blog sesuai keinginan.

Meski begitu, gunakan plugin-plugin bermanfaat saja. Hindari menggunakan plugin terlalu banyak yang tidak terlalu diperlukan. Selain mengurangi fungsionalitas, terlalu banyak plugin juga dapat mengganggu performa blog Anda.

  1. Update Konten Secara Rutin

Cara blog ramai pengunjung setiap hari adalah memperbarui konten secara rutin. Ribuan blog bersaing untuk mendapatkan trafik sebanyak-banyaknya. Bahkan tidak sedikit blog memperbarui beberapa artikel setiap harinya.

Untuk blogger pemula, Anda dapat menjadwalkan update konten secara perlahan. Misalnya membuat satu artikel baru setiap 3 hari sekali. Di samping jadwal update konten, ada baiknya Anda merencanakan jadwal kegiatan penting lainnya berkaitan dengan pembuatan konten.

Misalnya membuat rencana manajemen konten, membuat draf konten, mencatat ide, dan sebagainya.

  1. Buat Related Post

Cara blog ramai pengunjung berikutnya adalah dengan membuat related post (post terkait). Ini adalah konten yang memiliki keterkaitan dengan artikel-artikel di halaman lain.

Related post memungkinkan pengunjung menemukan informasi tambahan yang berhubungan dengan topik di suatu halaman. Cara ini mengajak visitor untuk berlama-lama menelusuri blog Anda.

Untuk memudahkan pengguna menemukan related post, ada baiknya menyematkan link internal yang mengarah ke halaman lain dengan topik serupa. Jadi, visitor dapat menelusuri konten Anda lainnya dengan sekali klik.

  1. Share Konten ke Media Sosial

Manfaatkan sosial media Anda untuk mendongkrak trafik blog. Caranya dengan membagikan konten ke akun sosial media. Bisa juga dengan membagikannya ke forum-forum yang sedang membicarakan topik terkait.

Jika konten Anda berkualitas dan memberikan manfaat, tentu pembaca akan kembali lagi untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.

Mengelola blog adalah salah satu cara yang masih efektif untuk menghasilkan uang secara online. Namun ada banyak tantangan yang perlu Anda hadapi secara strategis. Ketahui cara blog ramai pengunjung agar memperoleh penghasilan tinggi.