Cara Cek kecepatan Website Dengan PageSpeed Insights

Cara Cek kecepatan Website Dengan PageSpeed Insights

Sesuai dengan judulnya disini kita akan membahas Cara Cek kecepatan Website melalui PageSpeed Insights, bagi kamu seorang Webmaster pasti tidak asing lagi dengan PageSpeed Insights.

Cara Cek kecepatan Website Dengan PageSpeed Insights

Terdapat berbagai tools yang dapat membantu kamu melakukan pengecekan kecepatan pada website. Beberapa tools yang bisa mengetahui kecepatan website yang dapat kamu gunakan ialah Geek Flare, Pingdom, GTMetrix, WebPageTest, dan Google PageSpeed Insight.

Google PageSpeed Insight (PSI) ialah tool gratis yang disediakan google dan berfungsi menyediakan laporan paling akurat dibanding tool lainnya. Selain itu, Google PageSpeed Insight tool yang resmi dirilis oleh Google menjadikan indikator penilaian yang digunakan sudah sesuai dengan standar Google.

Cara Kerja PageSpeed Insights ialah menganalisis kecepatan konten laman web, lalu memberikan saran agar halaman website/blog menjadi lebih cepat. jadi simpel nya aja setelah kita inputkan domain website/blog kita, PageSpeed Insights akan memberikan informasi analisis dari website kita. Setelah itu akan terlihat hasil ringkasan, score & indikator warna.

Berikut fungsi indikator warna tersebut adalah :

  • Warna Merah : Harus Segera diperbaiki
  • Warna Kuning : Sebaiknya Diperbaiki
  • Warna Hijau : Tidak ada masalah

untuk memulai test kecepatan silahkan kunjungi PageSpeed Insights disini

PageSpeed ​​Insights dapat menganalisa 2 platform berupa Desktop dan Mobile/Tablet.

Menurut saya Cara cek kecepatan Website melalui PageSpeed Insights dirasa sangan membantu menganalisa web/blog.