Cara Klaim Asuransi Mobil Kredit, Sangat Mudah

Cara Klaim Asuransi Mobil Kredit, Sangat Mudah

Cara Klaim Asuransi Mobil Kredit – Cara Anda mengklaim asuransi mobil kredit tergantung pada jenis asuransi yang Anda gunakan. Setiap perusahaan sepertinya memiliki prosedurnya masing-masing.

Tapi tenang. Karena kali ini kami mengajak Anda untuk melihat proses beberapa perusahaan asuransi besar. Siapa tahu salah satunya adalah yang kalian gunakan?

Metode klaim asuransi ini mungkin diperlukan bagi mereka yang baru saja mengalami kecelakaan serius di dalam kendaraan mereka. apakah itu kecelakaan atau kerugian.

Asuransi mobil bisa sangat bermanfaat dalam situasi ini. Premi yang dikeluarkan hingga saat ini tidak sia-sia.

Jika Anda membeli mobil baru secara kredit, kemungkinan Anda sudah memiliki asuransi. Cari tahu asuransi apa yang Anda miliki.

Secara umum, ada dua jenis asuransi mobil: komprehensif dan total loss only (TLO). Ada juga yang disebut asuransi serikat pekerja.

Dari namanya saja sudah bisa ditebak. Untuk tipe ini merupakan kombinasi dari Komprehensif dan TLO.

Penting untuk mengetahui jenis asuransi yang Anda gunakan. Alasannya adalah untuk memahami ruang lingkup perlindungan.

Jangan buang waktu dan tenaga. Ketika klaim diajukan, masalah yang mereka hadapi tampak tidak terlindungi.

Setelah klaim yang Anda ajukan disetujui, kendaraan Anda dapat diperbaiki di bengkel rekanan.

Anda dapat mengetahui lebih lanjut tentang jenis-jenis asuransi itu sendiri pada informasi di bawah ini.

Baca JugaMengenal Jenis Jenis asuransi

Perbedaan Asuransi TLO, Komprehensif dan Kombinasi

Jenis asuransi TLO bisa dibilang paling populer. Wajar saja, harga premiumnya paling murah di antara tipe lainnya.

Perbedaan premi dipengaruhi oleh besaran proteksi yang diberikan oleh masing-masing jenis asuransi.

Apa itu Asuransi TLO?

Asuransi TLO memberikan perlindungan paling dasar. Perusahaan asuransi hanya akan memberikan layanan penggantian jika kendaraan Anda hilang atau rusak parah akibat pencurian.

Dalam hal ini, jika biaya perbaikan adalah 70% atau lebih dari harga kendaraan sesaat sebelum kerusakan, itu dianggap sebagai kerusakan material.

Oleh karena itu, jika hanya terdapat goresan pada mobil, maka dapat dipastikan bahwa pihak asuransi tidak bertanggung jawab.

Apa itu Asuransi Komprehensif?

Asuransi komprehensif kadang-kadang disebut sebagai asuransi semua risiko. Jenis asuransi ini memberikan perlindungan yang lebih luas daripada TLO.

Meliputi kerusakan ringan, sedang, dan besar. Bahkan jika kendaraan Anda hilang, perlindungan Anda akan tetap berlaku.

Apa itu Asuransi Kombinasi?

Asuransi mobil serikat ditawarkan sebagai bagian dari paket pinjaman mobil. Pada dasarnya, jenis asuransi ini menggabungkan perlindungan TLO dengan asuransi komprehensif.

Misalnya, dalam beberapa tahun pertama, konsumen mendapatkan perlindungan menyeluruh untuk mobil yang mereka beli secara kredit. Pada tahun berikutnya, perlindungan diubah menjadi TLO.

Jika Anda menggunakan asuransi serikat pekerja, Anda harus mengingat berlakunya perlindungan Komprehensif

dan kapan TLO Anda berlaku. Karena pengalaman menunjukkan bahwa sangat mudah untuk melupakannya.

Misalnya, mobil mengalami lecet pada tahun pertama kredit. Anda tetap mendapatkan perlindungan Komprehensif, sehingga Anda dapat membayar perbaikannya.

Dan hal serupa terjadi di tahun kedua. Upaya untuk mengajukan klaim akan ditolak. Meskipun kita sudah merasa damai karena akan diganti.

Hal ini dapat terjadi karena dipastikan bahwa masa perlindungan komprehensif telah berakhir.

Baca JugaJenis Asuransi Dan Manfaatnya yang Paling Penting

Cara Klaim Asuransi Mobil Kredit

Mengutip informasi di halaman asuransi resmi Garda Oto, klaim asuransi mobil kredit tidak ada bedanya dengan mobil berbayar. Berikut langkah-langkahnya:

Asuransi Garda Oto

  1. Laporkan segera kejadian atau kerusakan tersebut. Dokumentasikan kondisi mobil Anda dalam format foto pada tahap ini.
  2. Siapkan dokumen seperti SIM, STNK, polis asuransi, surat keterangan polisi, dll. Hal ini terutama benar ketika tingkat kerusakan kendaraan adalah 70% atau lebih tinggi.
  3. Datang ke cabang terdekat. Pada tahap ini, konsumen disarankan untuk mengisi laporan terlebih dahulu melalui aplikasi Garda Mobile Otocare untuk mendapatkan nomor antrian khusus.
  4. Pantau prosesnya melalui aplikasi. Pada tahap ini, petugas polisi menyelidiki kondisi kendaraan.
  5. Jika semuanya berjalan lancar dan tidak ada masalah, mobil Anda bisa diperbaiki.

Asuransi Adira

  1. Laporkan klaim dengan mengunjungi kantor kami atau dengan menelepon Adira Care (1500 456) hingga 5 hari kerja setelah kecelakaan.
  2. Harap membawa dokumen yang diminta dan foto kerusakan kendaraan.
  3. Melakukan proses survey dan analisa billing.
  4. Pergantian Tagihan sesuai dengan ketentuan.

BCA Keuangan

FYI, BCA Finance sebenarnya adalah perusahaan pembiayaan, bukan perusahaan asuransi. Namun, tampaknya bekerja dengan banyak perusahaan asuransi untuk melindungi konsumen kredit mobil.

Jika terjadi kerusakan parah atau kehilangan mobil, prosedurnya adalah sebagai berikut:

  1. Laporkan ke BCA Finance dalam waktu 3×24 jam.
  2. Dokumen lengkap meliputi kwitansi polis, STNK asli, kunci kontak asli dan duplikat, SIM dan fotokopi KTP Tertanggung, formulir klaim, surat keterangan dari Mabes Polri setempat.
  3. Surat Blok, untuk kendaraan yang hilang.

Dalam kasus kecelakaan parsial:

  1. Laporkan dalam waktu 3×24 jam.
  2. Ajukan klaim resmi dengan dokumentasi termasuk fotokopi STNK, fotokopi SIM, fotokopi KTP tertanggung, dan formulir klaim.
  3. Dokumen tambahan seperti tanda terima laporan polisi diperlukan jika terjadi kerusakan parah pada mesin atau pencurian oleh orang jahat.
  4. Tagihan pihak ketiga, jika ada.

Dari ketiga perusahaan di atas, terdapat banyak kesamaan dalam proses pengajuan klaim asuransi. Semuanya dimulai dengan proses pelaporan, pengumpulan dokumen, dan survei untuk menentukan apakah suatu klaim diterima atau tidak.

Jika asuransi Anda tidak tercantum di atas, langkah-langkahnya kemungkinan tidak jauh berbeda. Oleh karena itu, jika Anda mengalami kecelakaan dengan kartu kredit Anda, sebaiknya segera laporkan ke perusahaan asuransi Anda.

Baca Juga : Pilih investasi atau asuransi? Mana yang harus diprioritaskan?

Bersiaplah Untuk Biaya Own Risk

Jangan heran jika Anda masih diminta mengeluarkan sejumlah uang saat klaim asuransi Anda disetujui. Salah satunya adalah biaya risiko Anda sendiri.

Jumlahnya tidak banyak, tetapi Rp 300.000 sesuai kebijakan masing-masing asuransi sesuai ketentuan OJK. Maksud dari deductible adalah untuk mengingatkan pemilik mobil agar selalu berhati-hati saat berkendara.

Adanya biaya risiko Anda sendiri juga dapat mempertimbangkan apakah Anda harus menuntut ganti rugi yang terjadi.

Anda harus mempertimbangkan untuk mengajukan klaim jika kerusakan tergolong ringan dengan perkiraan biaya perbaikan kurang dari biaya risiko Anda sendiri.

Selebihnya, asuransi mobil merupakan perlindungan yang sangat berguna bagi kendaraan Anda. Sangat direkomendasikan untuk mereka yang memiliki anggaran terbatas.

Berapa harga ini? Sebagai contoh kasar, untuk plat nomor DKI Jakarta yang diterbitkan pada tahun 2020, Rp. Untuk mobil seharga 200 juta, rata-rata per tahun Rp. 800.000 hingga Rp. 1 juta untuk asuransi TLO.

Asuransi Komprehensif pasti mahal. Dengan dasar yang sama, sebuah mobil akan berharga sekitar 4,8 hingga 6 juta rupiah per tahun. Bukan angka yang sedikit jika mengingat untuk membayar pajak setiap tahun.

Itulah Cara Klaim Asuransi Mobil Kredit, Sangat Mudah. Semoga artikel ini bermanfaat.