fbpx
Cara Membuat Artikel untuk Blog

Blogger, Ini Cara Membuat Artikel Menarik dan Enak Dibaca!

Cara membuat artikel adalah pengetahuan wajib bagi blogger. Meskipun saat ini sudah banyak jasa content writer yang siap membuatkan artikel berkualitas, namun untuk mengawali sebagai blogger professional tentu harus memiliki skill menulis.

Terutama bagi Anda blogger pemula, membayar jasa content writer mungkin membuat Anda terbebani karena masih pada tahap pengembangan website. Biar bagaimanapun, menulis bukan hanya sekadar menyambungkan kata demi kata.

Pekerjaan ini membutuhkan skill khusus sehingga bisa menghasilkan tulisan menarik yang enak dibaca dan mudah dipahami. Untuk itu, kami akan memberikan beberapa tips agar hasil tulisan Anda diminati pengunjung.

Cara Membuat Artikel untuk Blog

Pada dasarnya pengunjung hanya menginginkan informasi yang mereka butuhkan. Mereka menyukai konten yang membuatnya nyaman saat dibaca serta mudah dipahami. Lantas, bagaimana cara membuatnya?

  1. Tentukan Topiknya

Menentukan topik adalah hal mendasar dalam pembuatan artikel. Temukan topik apa yang menarik dan penting untuk banyak orang. Pada dasarnya tujuan menulis artikel adalah untuk dibaca orang lain.

Percuma saja jika Anda mengerahkan tenaga dan pikiran sedemikian rupa namun tidak ada pembaca yang tertarik dengan pembahasan tersebut. Setelah menemukan topik paling pas, selanjutnya Anda bisa mencari data terkait topik tersebut.

Cara membuat artikel berkualitas harus didasari referensi atau sumber-sumber terpercaya. Dengan begitu, pengunjung merasa yakin dengan apa yang Anda sampaikan. Ingat, informasi yang Anda sajikan sebaiknya bisa dipertanggung jawabkan.

Penentuan topik juga berfungsi untuk membatasi arah tulisan Anda. Semakin spesifik topiknya, semakin khusus pula pembahasan yang disajikan. Selain itu, topik spesifik memungkinkan Anda membuat uraian yang lebih mendalam.

  1. Buat Pertanyaan Inti

Untuk memudahkan Anda dalam mencari data, buatlah daftar pertanyaan inti mengenai topik yang hendak diangkat. Coba posisikan diri Anda sebagai pembaca, kemudian pikirkan hal-hal apa saja yang ingin Anda ketahui terhadap suatu fenomena.

Berbekal dari daftar pertanyaan tersebut, Anda bisa melakukan riset untuk mendapatkan jawabannya. Jawaban juga harus disertai argumen yang jelas dan logis. Dengan daftar pertanyaan inti, cara membuat artikel akan lebih mudah, efektif, serta efisien.

Kemudian Anda bisa mencatat poin-poin sebagai outline artikel berdasarkan pertanyaan serta jawaban tadi. Dari outline dan draf kasar lalu dikembangkan menjadi tulisan yang lebih lengkap dan rapi.

  1. Buat Judul Menarik

Judul adalah kepala artikel yang menjadi petunjuk singkat untuk menggambarkan isi tulisan. Inilah kesempatan pertama Anda untuk membuat orang-orang terkesan. Judul yang menarik akan membuat orang penasaran sehingga ingin membacanya sampai habis.

Cara membuat artikel berkualitas, ada beberapa trik yang bisa Anda lakukan untuk membuat orang tertarik melalui judul, antara lain:

  • Menggunakan judul pendek, simple, dan langsung ke inti masalah
  • Menerangkan manfaat utama secara jelas
  • Mengumumkan berita menarik yang orang pedulikan
  • Judul yang mengandung pertanyaan
  1. Ciptakan Kesan pada Paragraf Pertama

Setelah judul, paragraf pertama juga menjadi penentu apakah pengunjung akan terus membaca konten Anda. Untuk itu, pastikan Anda tetap fokus saat menulis paragraf pertama.

Berikan kalimat terbaik Anda sebagai pembuka artikel untuk menahan pengunjung agar tidak meninggalkan tulisan tersebut. Kunci membuat paragraf pertama yang berkesan adalah menuangkan pertanyaan penting dengan susunan kalimat yang padat dan jelas.

  1. Langsung ke Inti

Cara membuat artikel yang enak dibaca dan disukai adalah berpegang pada prinsip to the point. Pengunjung hanya peduli pada apa yang mereka inginkan. Semakin cepat Anda memberikan inti tulisan yang menjawab permasalahan, maka semakin bagus.

Sebaliknya, artikel yang bertele-tele justru akan ditinggalkan. Pengunjung tidak ingin kehilangan waktu berharga mereka untuk bacaan yang sia-sia. Bahkan dampak yang lebih buruk adalah mereka tidak mau lagi klik konten Anda di kemudian hari.

  1. Tulis Secara Terstruktur

Cara membuat artikel yang tidak kalah penting adalah menuangkannya ke dalam struktur-struktur penulisan secara jelas. Struktur dapat dibuat dengan cara menyusun kerangka tulisan yang dibangun dari pertanyaan inti, yang telah Anda susun sebelumnya.

Artikel yang memiliki struktur cenderung lebih disukai pengunjung. Karena struktur-struktur tersebut membahas subtopik-subtopik secara lebih terperinci. Dengan kata lain, tulisan yang terstruktur memudahkan pengunjung mendapatkan informasi penting yang dibutuhkan.

Tidak jarang, mereka melakukan skimming (membaca cepat) untuk mendapatkan informasi yang diinginkan. Dengan adanya struktur tulisan, proses skimming akan lebih mudah dan efektif.

  1. Gunakan Bahasa Sederhana dan Mudah Dipahami

Ini adalah trik cara membuat artikel yang paling dasar namun kerap diabaikan. Inti dari sebuah tulisan adalah bagaimana penulis mengkomunikasikan suatu pesan kepada pembaca.

Sedangkan kunci dalam komunikasi adalah pemahaman bahasa. Dengan demikian, penggunaan bahasa yang tepat sangat penting untuk memastikan informasi yang ingin Anda sampaikan benar-benar sampai secara utuh.

Usahakan membuat kalimat yang pendek dan jelas. Dengan begitu, pengunjung lebih mudah memahaminya. Gunakan pula bahasa sederhana yang diketahui secara umum.

Anda perlu menyadari bahwa pengunjung berasal dari berbagai macam latar belakang. Untuk itu, sangat baik jika Anda tetap menjaga penggunaan bahasa yang sederhana dan santun.

  1. Menjaga Tulisan Tetap Fokus

Sebagai blogger, Anda mungkin ingin mengerahkan kemampuan terbaik dengan memberikan informasi terlengkap kepada pengunjung. Memberikan informasi yang lengkap tentu sangat baik. Namun, ini tidak selalu menjadi cara membuat artikel yang ideal.

Ada kalanya penulis justru menambahkan informasi-informasi yang terlalu luas sehingga kurang relevan dengan topik yang diangkat. Inilah pentingnya menjaga fokus tulisan agar tidak keluar topik.

Dengan tulisan yang fokus, penikmat artikel Anda akan mendapatkan informasi yang koheren dan tidak melenceng kemana-mana. Mungkin Anda perlu menambahkan informasi lain untuk memberikan konteks.

Pastikan untuk tetap membatasi agar tidak keluar jauh dari topik. Sehingga pengunjung juga memperoleh informasi secara fokus. Tulisan yang tidak fokus tentunya dapat membuat pembaca merasa bingung dan kehilangan arah.

  1. Tambahkan Ilustrasi yang Relevan

Menambahkan ilustrasi berupa gambar, video, hingga infografis adalah cara membuat artikel yang bisa mendongkrak kualitas tulisan. Relevansi ilustrasi dengan isi artikel tetap harus diutamakan untuk memperkuat argumentasi Anda.

  1. Buat Artikel dengan Gaya Tulisan Anda

Setiap penulis memiliki gaya masing-masing yang berbeda antara satu dengan lainnya. Agar semakin menarik, buatlak artikel tersebut dengan gaya bahasa Anda sendiri. Ini akan menjadi ciri khas yang membedakan Anda dari blogger lain.

  1. Tambahkan Link ke Rujukan yang Kredibel

Untuk memperkuat opini yang Anda tuangkan dalam tulisan, tidak ada salahnya menyertakan link ke referensi yang Anda gunakan. Menambahkan link rujukan akan mengarahkan pengunjung langsung ke sumber referensi Anda.

Menambahkan link referensi juga merupakan cara membuat artikel yang meningkatkan kredibilitas tulisan Anda. Tentunya, link referensi juga harus didapatkan dari sumber terpercaya dan bisa dipertanggung jawabkan.

  1. Lakukan Editing

Untuk memastikan kualitas artikel Anda, lakukan penyuntingan atau editing. Editing bukan hanya perkara mencermati jika terdapat kesalahan ejaan. Melainkan juga menyunting susunan kalimat, data-data pendukung, dan lainnya.

Setelah artikel sudah jadi, baca ulang kembali dengan seksama. Pada saat membaca ulang, Anda mungkin akan menemukan beberapa kesalahan yang perlu diperbaiki.

Dengan menerapkan cara membuat artikel yang baik, reputasi Anda sebagai blogger akan meningkat karena menyajikan konten berkualitas serta enak dibaca.