Cara membuat privacy policy di blog WordPress dan Blogspot

Cara membuat privacy policy di blog – Apa yang dimaksud privacy policy? Privacy policy atau jika diartikan kedalam bahasa Indonesia berarti Kebijakan Privasi ialah suatu uraian penjelsan yang berisi kebijakan atau aturan-aturan dari pemilik/pengelola suatu blog.

Privacy Policy ini dibuat dengan bertujuan supaya setiap pengunjung blog dapat mengetahui tentang aturan-aturan khususnya yang menyangkut privasi dari setiap pengunjung dan pengelola blog itu sendiri.

Menggudanak Privacy Policy dalam sebuah blog boleh dibilang salah satu bagian terpenting karena merupakan aspek pendukung kelengkapan sebuah blog supaya terlihat profesional dan mengindikasikan blog tersebut dirawat dan dikelola secara kontinyu.

Selain itu, Peran Privacy Policy pada sebuah blog menjadi suatu keharusan karena merupakan syarat juga jika blog tersebut ingin didaftarkan ke program penerbitan iklan seperti Google Adsense atau program periklanan lainya yang berbasis PPC, seperti kliksaya.com, Adchoice dll.

Dalam isi halaman privacy policy tentunya berisi aturan-aturan dan kebijakan yang berupa teks yang terdiri dari poin-poin tentang kebijakan tersebut.

Kamu juga bisa saja membuatnya secara manual dengan merangkai kata-kata sendiri, Namun tentunya akan sangat menguras waktu, belum lagi memikirkan terkait standar penulisan privacy policy yang baik itu seperti apa, lumayan nguras otak lah.

Tapi jangan khawatir, saat ini sudah tersedia tool gratis yang menyediakan pembuatan Privacy Policy secara online, atau biasa disebut juga Privacy Policy Generator.

Oke langsung saja daripada berlama-lama, lebih baik kita langsung cek ke tutorialnya.

Cara membuat privacy policy di blog WordPress dan Blogspot

Pada dasarnya membuat privacy policy di blog WordPress dan Blogspot sama sajah namun jika di pisahkan mukin akan memudahkan sobat blogger.

Cara membuat privacy policy di Blogspot

1. Kunjungi link http://www.privacypolicyonline.com/ Lalu Isi form yang sudah tersedia sesuai dengan data blog sobat masing-masing. Berikut saya contohkan.

Cara membuat privacy policy di blogPada Tab Cookies, klik radio button pilih Yes, My site use cookies
Pada tab Advertiser on your site, sobat bisa pilih/centang Google Adsense jika memang nantinya blog sobat hendak didaftarkan ke program AdSense.

Cara membuat privacy policy di blogCara membuat privacy policy di blogSetelah selesai, klik tombol Generate Policy

2. Tunggu beberapa saat setelah tombol Generate Policy diklik Maka akan muncul halaman baru yang berisi teks Privacy Policy blog sobat. tampilannya kira-kira seperti ini. Nah, teks inilah yang nantinya akan kita copy untuk dijadikan posting di halaman blog kita.

Cara membuat privacy policy di blog

3. Copy semua teks Privacy Policy yang tampil dengan menekan “Copy to Clipboard”. Selanjutnya masuk ke dashboard blogspot sobat. Buat halaman (static page) dengan menekan menu Halaman lalu klik Halaman Baru seperti pada gambar dibawah ini.

Cara membuat privacy policy di Blogspot

4. Setelah muncul halaman posting beri judul “Privacy Policy” atau “Kebijakan Privacy” juga bisa. Kemudian paste/tempel teks Privacy Policy yang telah kita copy tadi di bagian posting mode Tampilan HTML. Setelah selesai, jangan lupa klik “Publikasikan”

Cara membuat privacy policy di Blogspot

5. Dan selesai, sekarang blog sobat sudah memiliki halaman privacy policy sebagai elemen kelengkapan sebuah blog.

Cara membuat privacy policy di WordPress

Bagi pengguna wordpress silahkan masik ke dhasboar sobat masing masing dan cari menu “Laman” lalu tekan “Tambah Baru”,

Kebijakan pribadi

Setelah muncul halaman posting beri judul “Privacy Policy” atau “Kebijakan Privacy” juga bisa. Kemudian paste/tempel teks Privacy Policy yang telah kita copy tadi di bagian posting mode Tampilan Teks. Setelah selesai, jangan lupa klik “Publikasikan”

Tips tambahan:

Teks yang dihasilkan dari Privacy Policy Generator ialah berbahasa Inggris. Sebenarnya tidak masalah jika kita menggunakan teks dalam bahasa Inggris ini di halaman blog seperti yang sudah dicontohkan di atas, Tapi jika situs atau blog sobat berbahasa Indonesia, dan ingin terlihat lebih relevan dan mudah dimengerti oleh pengunjung, maka sobat bisa ubah atau kita terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia.

Salah satu tool yang bisa di gunakan untuk terjemahan setiap bahasa pastinya dari Google Translate.
Silahkan sobat kunjungi http://translate.google.com karena hasil terjemahan yang diberikan cukup berkualitas, bisa diedit sedikit-sedikit jika ada rangkayan kata yang kurang mengena.

Oke cukup sekian tetnang pembahasan Cara membuat privacy policy di blog WordPress dan Blogspot, semoga bermanfaat.