Simak Cara Membuat SKCK Online Yang Makin Praktis

Surat Keterangan Catatan Kriminal atau SKCK diperlukan untuk melamar pekerjaan. SKCK kini dapat dibuat secara online melalui ponsel. Lalu bagaimana cara membuat SKCK online melalui handphone?

Kemajuan teknologi telah mempermudah pengelolaan SKCK. Anda dapat mendaftar SKCK dengan mengikuti cara membuat SKCK online berikut ini. Surat yang dikeluarkan polisi ini berisi catatan kriminal seseorang dengan masa berlaku  6 bulan.

Pengertian SKCK

Surat Keterangan Catatan Kepolisian atau SKCK adalah surat keterangan resmi yang dikeluarkan oleh Polri kepada pemohon/warga negara. SKCK dapat digunakan sebagai bukti ada atau tidak adanya catatan orang yang terlibat dalam kegiatan kriminal.

SKCK berlaku selama 6 bulan sejak tanggal diterbitkan. Jika masa berlakunya telah habis, maka SKCK perlu diperpanjang. Nah bagi yang belum memiliki SKCK perlu mengetahui cara membuat SKCK online maupun offline dengan sangat praktis.

Untuk SKCK cara produksi offline, Anda bisa langsung mendaftar di loket pelayanan SKCK masing-masing Polsek. Anda perlu membawa dokumen persyaratan, dan mengisi formulir yang sudah disiapkan petugas kepolisian.

Manfaat Dan Kegunaan SKCK

SKCK merupakan bukti bahwa seseorang memiliki sikap dan perilaku yang baik, tidak melanggar hukum. Surat ini berisi data tentang nama, alamat, tanggal lahir, serta catatan tindak pidananya selama jangka waktu tertentu.

Oleh karena itu, di Indonesia, orang menulis surat ini untuk mendapatkan konfirmasi. Dimana cara membuat skck online ini bertujuan sebagai konfirmasi bahwa kita tidak memiliki catatan kriminal atau pelanggaran dalam data yang terdaftar di kepolisian.

SKCK tentunya memiliki fitur tersendiri yang dibutuhkan masyarakat. Oleh karena itu, permintaan  surat ini selalu ada setiap hari. SKCK biasanya diajukan oleh  pencari kerja di instansi atau organisasi pemerintah, serta beberapa perusahaan.

Trending:  20 Link Twibbon HUT RI 77 dengan Desain Paling Keren

Jadi, jika Anda ingin melamar pekerjaan pegawai negeri sipil, Anda pasti membutuhkan surat  ini. Dengan memiliki SKCK, Anda juga memiliki bukti tertulis bahwa Anda tidak memiliki catatan kriminal.

Fungsi Dari SKCK

Fungsionalitas sertifikat dan cara membuat skck online ini dibedakan berdasarkan tempat penerbitannya. Berikut adalah perbedaan antara sertifikat berdasarkan tempat diterbitkannya:

Mabes Polri

Di lokasi ini melayani pengurusan SKCK untuk keperluan pengangkatan Presiden dan Wakil Presiden, pengangkatan anggota legislatif dan sebagainya. Kemudian juga untuk pengurusan visa, izin tinggal tetap di luar negeri, naturalisasi dan lainnya.

Polda

Di tempat ini digunakan untuk pengurusan surat keterangan untuk keperluan melamar pekerjaan, pembuatan paspor atau visa. Untuk warga negara Indonesia (WNI) akan bekerja di luar negeri, menjadi notaris, pengangkatan pegawai negeri sipil dan lainnya.

Polres

Jabatan ini untuk pengurusan surat keterangan tersebut untuk keperluan Calon Legislatif Kabupaten/Kota, Calon Pegawai Negeri Sipil, Calon Anggota TNI/Polri. Cara ini berupa pengangkatan Pegawai Negeri dan lainnya.

Polsek

Tempat ini melayani manajemen pelayanan kesehatan untuk keperluan melamar pekerjaan. Kemudian juga untuk mengangkat kepala desa, mengangkat sekretaris desa, pindah alamat, belajar lebih banyak.

Persyaratan Dalam Membuat SKCK Online

Dikutip dari situs resmi skck.polri.go.id, Kamis (23/6/2022), berikut syarat dan tata cara pelaksanaan SKCK Online 2022. Adapun ketentuan Produksi SKCK Online 2022 tersebut meliputi:

  • Fotokopi KTP, tunjukkan KTP asli.
  • Fotokopi akta kelahiran atau akta kelahiran atau ijazah atau akta nikah.
  • Fotokopi Kartu Keluarga (KK).
  • Siapkan dokumen sidik jari/formula sidik jari
  • Fotokopi KTP lain (bagi yang tidak memenuhi persyaratan untuk mendapatkan sertifikat).
  • Pas foto berwarna ukuran 4 x 6 sebanyak 6 (enam) lembar dengan latar belakang merah, pas foto berpenampilan rapi dan berkerah sebagai cara membuat skck online.
  • Foto tidak menggunakan aksesoris wajah, wajah terlihat, dan bagi pelamar yang mengenakan jilbab, foto harus menunjukkan wajah penuh.
  • Untuk warga negara asing (WNA), dokumen tambahan diperlukan seperti surat lamaran dari sponsor, perusahaan, atau lembaga yang mempekerjakan atau membawahi orang asing.
  • Jika sponsor adalah warga negara Indonesia (WNI), diperlukan fotokopi KTP dan akta nikah
  • Fotokopi paspor
  • Fotokopi KITAS atau KITAP
  • IMTA copy dari KEMANAKER RI
  • Fotokopi Dokumen Sidik Jari Polisi dan Surat Keterangan Pelapor (STM) Formula Sidik Jari.
Trending:  Cara Membuat Stiker WA Bergerak Mudah Dengan Gif

Cara Membuat SKCK Online 2022

Cara membuat SKCK online dapat didaftarkan melalui website resmi Polri https://skck.polri.go.id/. Pelamar dapat mendaftar secara online dengan mengunggah dokumen yang diperlukan dan mengisi formulir yang tersedia secara berurutan.

Adapun untuk lebih jelasnya, Anda bisa menyimak ulasan lengkapnya berikut ini. Berikut langkah-langkah untuk mendapatkan SKCK secara online:

  • Buka website resminya di https://skck.polri.go.id/
  • Kemudian buka formulir pendaftaran baru yang berada di pojok kanan atas
  • Lalu pilih satuan wilayah yang sesuai KTP
  • Selanjutnya silahkan lengkapi metode pembayaran yang akan digunakan
  • Setelah itu Anda bisa klik pada “Lanjutkan” yang berada di sudut kanan bawah
  • Isi dan review dengan teliti data pribadi yang diperlukan seperti untuk digunakan untuk cara membuat skck online ke dalam lampiran yang diperlukan
  • Terakhir tinggal ikuti instruksi yang didapat.

Setelah mendaftar secara online, Anda akan menerima bukti pendaftaran dan kode untuk membayar biaya SKCK melalui bank. Simpan bukti pendaftaran dan nomor pembayaran online dengan rekening bank virtual  atau bayar tunai di konter.

Terakhir pemohon dapat menyerahkan bukti pembayaran dan mendaftarkan SKCK secara online ke Polres untuk mengambil SKCK aslinya. Untuk biaya Pembuatannya dikenakan sebesar Rp.30.000 untuk WNI dan Rp. 60.000 untuk WNA.

Sekian ulasan terkait cara membuat skck online yang mungkin perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat sebagai referensi dan informasi tambahan yang memudahkan Anda saat akan membuat skck tersebut dengan praktis.

Check Also

20 Twibbon 17 Agustus 2022: Daftar Link dan Cara Menggunakannya

20 Twibbon 17 Agustus 2022: Daftar Link dan Cara Menggunakannya

Twibbon sekarang bisa dicek dalam rangka menyambut HUT RI 17 Agustus 2022. Hari kemerdekaan Indonesia …